cara membuat kolase

Cara Membuat Kolasa Beserta Contohnya[Lengkap]

Cara membuat kolase – Kolase merupakan suatu karya seni rupa dua dimensi yang memanfaatkan berbagai macam bahan-bahan material lainnya.

Kolase dapat dikatakan sebagai kegiatan menempel potongan-potongan seperti:

  • Biji-bijian
  • Kertas
  • Kaca
  • Keramik
  • Logam
  • Batu dan lain-lain.

Kolase dapat dikerjakan dengan mudah. Biasanya kerajinan kolase ini dilakukan pada anak PAUD, TK, dan SD. Para siswa hanya perlu memberikan lem perekat pada gambar yang sudah berpola, kemudian para siswa menaburkan bahan-bahan seperti beras, dedaunan kering, pasir, kertas warna-warni dan bahan lainnya.

Pengertian Kolase

cara membuat kolase
From: Wowkeren.com
Kolase bahasa inggris collonge merupakan sebuah cabang seni rupa yang merupakan kegiatan menempel potongan-potongan kertas atau material lain untuk membentuk sebuah design atau rencangan tertentu.

Sehingga dapat dikatakan kalau karya seni kolase ini dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, koran, foto, pita, kayu, metal bahan barang-barang yang biasanya ditempelkan pada latar belakangnya seperti kertas polos.

Bahan baku kolase pemanfaatannya dapat menghasilkan beraneka ragam jenis yang unik dan menarik yang menghasilkan kolase dua dimensi dan tida dimensi yang memiliki fungsi yang berbeda.

Sejarah Kolase Coller

cara membuat kolase
From: Milenialjoss.com

Kata Kolase berasal “coller” yang memiliki makna sebuah seni atau kegiatan dengan cara “merekatkan dengan lem”, hal tersebut merupakan cara untuk menyenangkan atau cara untuk bereksperimen dengan berbagai macam bahan material, tujuan ini agar mendapatkan hasil yang baik sempurna.

Dalam sebuah buku sejarah, pada jaman dulu seni kolase pernah mengalami berkembangan yang pesat di suatu daerah seperti Venice, Italia sekitar di abad 17.

Kemudian tidak lama kemudian pada kala itu seni kolase semakin kian berkembang pesat hingga dapat masuk di negara-negara besar seperti Perancis, Inggris, Jerman dan kota-kota besar di Eropa lainnya.

Teknik kolase memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat memberikan keunikan tampilan yang luar biasa, sehingga digemari oleh kalangan seniman.

Adapun beberapa pelukis seniman yang populer yang menggunakan karya tulis memakai teknik kolase kertas antara lain adalah:

  • Pablo Picasso.
  • Georges Braque
  • Max Ernst
Putu Sugih Arta adalah seorang penulis sastra di Indonesia dan penggiat seni lukis, memilih untuk mengekspresikan lukisan-lukisanya ke dalam lukisan kolase.

Kolase Dalam Seni Rupa

cara membuat kolase
From: Dekoruma.com

Gambar kolase sangat berlawanan dengan seni lukis, cetak, pahat, yang mana karya yang dihasilkan tidak memperlihatkan asal material yang digunakan. Misalnya seni lukis menggunakan canva putih, yang menghasilkan lukisan warna-warni cantik.

Jika dalam kolase bentuk asli dan material harus tetap terlihat. Sehingga apabila kita ingin membuat karangan, wajib terlihat benda bekas atau potongan foto, agar dikenali bentuk aslinya, meskipun sudah dirakit menjadi satu kesatuan.

Unsur-Unsur Seni Rupa Dalam Gambar Kolase

cara membuat kolase
From: APKPure.com
  • Bintik dan Titik 

Titik unsur terkecil yang tidak mempunyai panjang dan lebar tetapi dapat diwujudkan dari butir-butir pasir laut. Bintik titik yang memiliki ukuran lebih besar yang diwujudkan dari biji-bijian, lada yang berukuran kecil dan sejenisnya.

  • Garis 

Garis adalah sekumpulan titik yang bersatu dalam bentuk memanjang tetapi tidak memiliki lebar. Jika dilihat dari jenis garis dapat dibedakan menjadi beberapa garis diantaranya adalah garis lengkung, garis lurus, garis spiral, garis putus-putus. Dapat dipraktekkan dengan potongan kawat, batang korek, lidi, benang dll.

  • Bidang

Unsur seni rupa bidang terbentuk dari pertemuan beberapa unsur garis. Bidang dapat dibedakan menjadi dua unsur bidang yaitu bidang vertikal dan bidang horizontal. Biasanya bidang yang diterapkan adalah bidang 2 dimensi dan bervolume 3 dimensi.

  • Warna

Warna dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu, primer, tersier, sekunder. Unsur warna pada seni rupa dapat diaplikasikan menggunakaan pita atau renda, cat, kertas warna, dan kain warna-warni.

Baca juga: Kerajinan Fiberglass

Manfaat Kolase

cara membuat kolase
From: ngertiaja.com

Adapun manfaat dari kolase adalah sebagai berikut ini:

1. Manfaat Kolase untuk Anak-anak

  1. Kolase dapat mengembangkan perkembangan otak anak, diantaranya, bermain dan berkreasi, mengasah kemampuan motorik halus, belajar mengenal geometris dan warna.
  2. Membantu berbahasa dengan jalan anak yang bisa menjelaskan makna dibalik hasil karyanya terhadap orang tua maupun gurunya.
  3. Berempati dengan barang-barang yang sudah tidak dipakai.
  4. Melatih kepekaan ekstetis.

2. Manfaat kolase untuk Lingkungan

  1. Kebersihan lebih terjaga dari bahan-bahan bekas yang dapat menjadi sampah.
  2. Melakukan gerakan daur ulang dengan memanfaatkan sampah yang sudah tidak digunakan.
  3. Menyulap dari barang yang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai jual dan seni yang tinggi.
  4. Mengurangi tempat yang digunakan untuk membuang berbagai jenis sampah dari keramik maupun kaca. Sehingga lahan dapat dimanfaatkan dengan hal-hal yang positif.

Bahan-Bahan Membuat Gambar Kolase

Adapun bahan-bahan yang biasanya

  • Serut Pensil/Kayu

cara membuat kolosal
From: Gambarkolosal.com

Kalian wajib mengeringkan terlebih dahulu serut pensil yang akan kalian gunakan. Hal tersebut memiliki tujuan agar warna yang terdapat pada serut pensil tidak berubah, lalu potonglah serut kayu tersebut sesuai dengan yang kalian inginkan.

  • Kaca

cara membuat kolase
From: Pixabaypro

Khusus bahan kaca adalah kaca yang bekas potongan yang sudah tidak dipakai lagi seperti yang biasanya kita temukan ditempat orang memasang bingkai untuk gambar pajangan.

Supaya gambar menjadi berwarna kalian dapat mewarnai kaca tersebut. Jika kalian tidak menemukan pemotongan kaca, maka kalian dapat menghempaskan kaca tersebut ke atas permukaan yang keras.

Cara ini akan menghasilkan kaca yang tidak teratur ada yang kecil dan adapula yang besar. Dan kalian harus berhati-hati dalam mengelola kaca agar tidak terluka.

  • Batu

cara membuat kolase
From: lemkertas.com

Batu yang cocok untuk seni kolase adalah batu akik karena memiliki unsur yang pas. Batu akik juga memiliki berbagai macam macam jenis dan warnanya sehingga kalian tinggal mengasahnya agar terlihat cemerlang.

  • Logam

Untuk menggunakan seni logam dalam kolase, kalian dapat menggunakan seng bekas-bekas seng, kuningan dan aluminium yang sudah tidak digunakan lagi.

Lalu, kalian dapat memotong-motong logam tersebut sesuai dengan yang kalian inginkan dan kemudian didatarkan ke bidang dasar kolase.

  • Keramik

cara membuat kolase
From: caramebuatkerajinan.com

Bahan yang selanjutnya adalah keramik yang memiliki banyak variasi warna yang cukup banyak. Nah, untuk menerapkan pada kolase kalian dapat menggunakan bekas keramik untuk lantai rumah.

Agar semakin mudah menerapkannya kalian dapat memotong keramik ersebut sesuai dengan yang kalian inginkan.

  • Tempurung (Batok Kelapa)

cara membuat kolase
From: BPGuide.com

Tempurung dari batok kelapa juga dapat kalian manfaatkan sebagai bahan seni kolase lho. Untuk mempraktekkan bahan ini, kalian sebaiknya kalian memilih batok kelapa yang setengah tua sampai kelapa yang tua.

Bersihkan serabut kelapa dengan amplas, setelah tempurung kelapa benar-benar bersih kalian dapat memotong tempurung kelapa sesuai dengan yang kalian inginkan, kalian dapat memotongnya dengan gergaji besi.

  • Cara Membuat kolase Biji-Bijian

cara membuat kolase
From: Lancangkuning.com

Bahan biji-bijian juga dapat kalian gunakan untuk membuat seni kolase. Biji-bijian memiliki banyak sekali jenis, bentuk, warna dan juga teksturnya. Sebaiknya kalian keringkan terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan ini.

Karena warna tidak akan berubah serta bentuknya akan menjadi keras dan tidak akan mengalami penyusutan. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kalian kalian juga dapat menggorengnya terlebih dahulu tanpa dengan minyak.

  • Daun-daunan

cara membuat kolase
From: Pixabay.com

Bahan dedaunan juga dapat digunakan untuk seni kolase yang bahannya pun mudah diperoleh. Jika kalian ingin menggunakan bahan ini caranya adalah ambillah daun kering atau daun yang telah gugur.

Kalau bisa kalian memilih dedaunan yang memiliki warna yang berbeda-beda agar penerapannya menjadi sebuah lukisan atau design akan lebih mudah.

  • Cara Membuat Kolase Kulit-kulitan

cara membuat kolase
From: liputan6.com

Kalian juga dapat menggunakan cara membuat kolosal kulit-kulitan buah dan juga dapat menggunakan kulit batang tumbuhan-tumbuhan.

Tetapi, tidak semua kulit buah ataupun kulit batang tumbuhan dapat diaplikasikan sebagai bahan kolase. Contohnya pada kulit salak, kulit kacang tanah, kulit jeruk dan kulit rambutan.

Sedangkan untuk kulit batang yang bisa dijadikan sebagai bahan seni kolase adalah rambutan, kulit pisang, dan kelopak bambu.

Untuk cara membuat kerajinan ini adalah kalian harus mengeringkan terlebih dahulu kemudian kalian potong-potong sesuai ukuran yang kalian inginkan.

  • Kertas Bekas

cara membuat kolase
From: Tokopedia.com

Bahan yang terakhir adalah kertas  yang berwarna. Sebenarnya semua kertas berwarna pada dasarnya dapat digunakan untuk membuat seni kolase. Menggunakan kertas origami atau juga kalian dapat menggunakan kertas bekas yang dapat dibuat bahan kerajinan kolase.

Nah, contoh kertas bekas tersebut dapat diperoleh dari kertas bekas sampul, majalah, poster-poster, kemasan produksi industri dan sebagainnya.

Cara Membuat Karya Seni Kolase

cara membuat kolase
From: milenialjos.com

1. Teknik dan Cara Membuat Kolase Kain

Berikut teknik yang dapat dilakukan untuk membuat kolase kain adalah sebagai berikut ini :

  • Kumpulkan potongan kain yang akan digunakan

Ada beberapa contoh kain yang dapat kalian gunakan untuk membuat kolase kain:

  1. Kain kapas.
  2. Potongan kain dari baju yang kalian sukai.
  3. Kain perca.
  4. Benang tenun, wol, benang, renda, tali, pita.
  5. Hiasan jahit seperti manik-manik, kancing, pita dan lain-lain.
  • Periksa terlebih dahulu kain

Bahan kain memiliki bentuk dan ketebalan yang berbeda-beda, maka kalian dapat menggabungkan kain yang berbeda-beda tersebut untuk menciptakan hasil kolase yang menarik dan maksimal.

  • Pilihlah latarbelakang yang tepat
  1. Memilih latar belakang juga perlu karena bahan kain yang menempel pada kertas dengan cara berbeda-beda, serta semua jenis kain tidak semua dapat digunakan.
  2. Lakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan jika kain yang akan digunakan bergeser.
  3. Lebih baik menggunakan lem bening yang cocok untuk kain dan latar belakang yang digunakan.
  • Sebelumnya buatlah pola di kertas untuk menggambarnya

Dalam cara membuat kolase hal ini sangat penting untuk hasil yang lebih indah, setelah kalian membuat pola kolase yang akan kalian buat, barulah kalian mencocokkan tekstur dan warna potongan kain.

  • Potong dan atur bahan bahan kain yang sesuai dengan pola
  1. Jika kalian ingin menempelkan suatu potongan kain diatas kain yang lain, ini tidak masalah ya.
  2. Kalian perlu memikirkan tekstur dalam membuat kesan dalam suatu benda, hewan atau wajah. Seperti contoh menggunakan benang wol atau kain tebal untuk menggunakan tubuh domba, dan menggunkan benang pital untuk membuat rambut disekitar wajah.
  3. Untuk membuat kolase bunga, bulan atau matahari, kalian dapat menggunakan benang woltali, atau benang pital.
  4. Manik-manik payet atau kancing juga dapat digunakan untuk membuat dapat dikreasikan segala macam gambar seperti mata di wajah, bunga dan lain-lain.

2. Teknik dan Cara Membuat Kolase Alami

  • Temukan benda-benda khas dari alam

Adapun benda-benda alam yang dapat kalian gunakan adalah:

  1. Daun
  2. Biji-bijian
  3. Batok kelapa
  4. Kulit buah
  5. Rumput kering
  6. Bunga (yang sudah kering)
  7. Kulit kerang (yang pecah maupun utuh)
  • Keringkan benda-benda tersebut sebelum digunakan

Pastikan lagi ya, sahabat. Apabila benda tersebut tidak dikeringkan terlebih dahulu agar tidak berjamur dan membusuk.

  • Pilih latar belakang yang sesuai

Nah, saran yang paling bagus yang digunakan untuk latar belakang seni kolase adalah kertas karton, kardus, kulit kayu yang halus dan lain-lain.

  • Buatlah pola yang kalian inginkan

Sebelum menempelkan benda diatas, gambar dan buatlah pola terlebih dahulu. Kemudian susunlah rancangan-rancangan tersebut menjadi sesuatu yang kalian inginkan.

  • Rekatkan benda yang disiapkan pada posisinya dengan lem

Ratakan dengan menggunakan lem bening dan pastikan menempel dengan baik dan benar pada latar belakang.

3. Teknik dan Cara Membuat Kolase Pasir

1. Kumpulkan bahan bahan yang dibutuhkan

Dalam membuat kolase pasir kalian hanya membutuhkan selembar kertas atau karton, lem bening, pensil, pasir, dan kuas lem.

2. Gambar rancangan yang kalian inginkan

Untuk membuat kolase pasir, terlebih kalian gambar rancangan yang akan kalian jadikan kolase pasir di latar belakang.

3. Kalian dapat mengikuti garis tepi maupun garis dalamnya dengan menggunakan kuas lem.

Jika yang kalian buat terlalu besar dan rumit, lakukanlah tahap ini sedikit demi sedikit, agar menempel pada lem yang masih basah.

4. Taburkan pasir sedikit demi sedikit diatas lem

5. Setelah selesai, tuang pasir yang berlebih

Teknik dan Cara Membuat Kolase Kertas

cara membuat kolase
From: ngertiaja.com

Adapun cara membuat kolase kertas adalah sebagai berikut:

    • Kumpulkan bahan untuk membuat kolase kertas
  1. Bahan yang dapat digunakan ialah kertas foto copy, karton, kantong kertas, kertas tisu, kertas origami dan lain lain. Kertas yang digunakan bisa bertekstur halus, keras, ataupun perpaduan keduanya.
  2. Majalah biasanya cenderung memiliki beberapa gambar yang cocok untuk dibuat kolase. Kertas koran dapat memberikan tekstur yang menarik untuk kolase, tetapi tintanya kadang juga luntur.
  3. Kertas dinding yang sudah tidak terpakai, bisa kalian jadikan kolase.
  4. Gunakan kertas alumunium dengan perekat yang berbeda-beda.
  • Sobek atau potong kertas menjadi bentuk yang berbeda-beda
  1. Kalian dapat membentuk kertas yang berbeda dengan mengguntingnya, jika kalian ingin tekstur yang acak kalian dapat merobek ujung potongan kertas.
  2. Guntinglah untuk mendapatkan seluruh gambar pada bagian yang dikenali atau secukupnya saja. Hal ini dibuat untuk tekstur, warna, nuansa yang kalian inginkan.
  3.  Jika umpama ingin membuat kata-kata, kalian bisa gunting huruf dari sumbernya dengan font yang berbeda-beda.
  • Hadirkan sebuah tema

Untuk mendapatkan hasilkan gambar yang bagus dan maksimal, kalian perlu untuk memikirkan tema dan buat kolase dengan konsep dan ide-ide kalian.

  • Berikan kreativitas dengan ornamen baru

Nah, adanya ornamen tersebut bertujuan untuk membuat kolase lebih menarik dan baik dengan minat, kedalaman, dan kilau. Kalian bisa menggunakan manik-manik, pita, bulu, kain di kolase.

  • Tetapkan bahan untuk latar belakang di kolase

Kalian dapat menggunkan karton atau secarik kertas, kardus sebagai media latar belakang. Pastikan bahan yang dipilih cukup kuat untuk menahan beberapa lapisan bobot dan mudah dipajang.

  • Kumpulkan potongan sebelum ditempel
  • Tempelkan kolase dengan lem

Tempelkan semua bahan dari latar belakang lalu sampai ke depan, kemudian lem potongan-potongan kolase ke dasarnya. Ada beberapa jenis lem yang dapat digunakan seperti lem putih, lem stik, dan karet.

  • Biarkan kolase mengering, dengan cara dibiarkan semalaman, atau di kipas dengan pelan.

Teknik Cara Membuat Kolase

cara membuat kolase
From: ID pengertian

Kalian harus mengetahui tekniknya terlebih dahulu sebelum tau cara pembuatanya. Yuk simak dibawah ini!

  • Pilih gaya kolase yang kalian inginkan

Terdapat banyak jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat kolase seperti kain, kertas, plastik, korek api dan lain-lain. Nah, dari situ pilihlah salah satu. Atau bisa kombinasi antara kertas dan kancing.

  • Pilih latar belakang yang cocok

Biasanya yang digunakan untuk latar belakang pembuatan kolase adalah karton dan kertas. Namun sebenarnya kalian bisa menggunakan bahan lain untuk membuat kolase.

Seperti dari kertas isap, kayu, secarik goni dan masih banyak lagi. Yang terpenting selama ada permukaan yang dapat ditempel bahan-bahan kolase maka kalian dapat dijadikan sebagai latar belakang.

Tips cara Membuat Kolase

cara membuat kolase
From: mudahdicaari.com
  1. Buatlah kolase sesuai dengan imajinasi dan kreativitas yang kalian miliki atau yang kalian inginkan.
  2. Latar belakang kolase harus serasi pada bagian depan kolase.
  3. Hindari lem “gorilla“, tacky glue, atau lem panas jika kolase yang digunakan kertas. Karena lem tersebut tidak berfungsi seperti lem putih, lem karet, lem stik.
  4. Selalu berhati-hati ketika menggunakan gunting.

Gambar Kolase

Berikut merupakan contoh-contoh seni kolasal adalah sebagai berikut ini:

Contoh kolase dari bahan alam

cara membuat kolase
From: Twit

Gambar Kolase dari Serut Pensil

cara membuat kolase
From: pinterest.com

Contoh Gambar Kolase Daun

cara membuat kolase
From: pinterest.com

Demikian ulasan mengenai cara membuat kolase diatas semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian semua. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: