cara membuat mozaik

Cara Membuat Mozaik Yang Benar Beserta Gambarnya

Cara membuat mozaik – Teknik mozaik merupakan suatu teknik dekorasi suatu bidang dengan menggunakan beberapa kepingan warna pada dinding atau media lainnya sehingga dapat membentuk suatu objek tertentu.

Nah, disini kita kan menjelaskan bagaimana cara membuat mozaik yang baik dan benar. Bagaimanakah itu? Yuk, kita simak berikut ini.

Pengertian Mozaik

cara membuat mozaik
From: mudahdicari.com

Mozaik merupakan suatu karya seni dua dimensi atau tiga dimensi yang mengkombinasikan kepingan bahan yang telah dipotong-potong sesuai dengan yang kalian inginkan.

Kepingan yang dapat dibuat bahan antara lain adalah:

  • Potongan kertas
  • Potongan kayu
  • Kepingan daun
  • kepingan keramik
  • Kepingan kaca, dan masih banyak lagi.

Bahan kepingan tersebut terjadi dari berbagai warna sehingga dapat membentuk sebuah gambaran yang diinginkan. Setelah itu kepingan-kepingan tersebut dapat kita tempelkan ke sebuah media seperti kanvas, kertas bisa juga lantai atau dinding yang telah diberi pola dari berbagai macam bentuk kepingan yang tidak karuan.

Kerajinan mozaik memiliki ciri khas tersendiri yaitu bahan yang digunakan serta jenis karyanya bersifat Figuratif, Still life dan cenderung dekoratif.

Baca juga: Kerajinan Fiberglass

Sejarah  Teknik Mozaik

cara membuat mozaik
From: Kompasiana.com

Sekitar 3000 tahun sebelum masehi mozaik pertama kali ditemukan di sebuah kuil di Iraq. Sejak saat itu, kebudayaan dengan menggunakan karya seni mozaik mulai diterima oleh peradaban manusia di seluruh dunia.

Pada masa Yunani Kuno dan Bangsa Romawi menyebutkan bahwa setiap keping yang menyusun mozaik dengan nama “tesserae”, yaitu berupa batu kecil, manik-manik, gading atau material lain yang dapat disusun membentuk suatu karya.

Sejak abad ke-4 hingga Renaissance, karya mozaik mulai muncul di daerah Basilica atau gereja Katolik di seluruh Italia. Karya seni halus tersebut dapat menghiasi langit-langit dan lantai dan biasanya menggambarkan potret orang kudus dan tokoh Alkitab lainnya.

Karya seni mozaik termasuk dalam salah satu arsitektur Islam yang terkenal awal-awal itu yang terbukti sangat populer di abad ke-7 hingga ke-8. Karya seni mozaik memiliki keindahan yang sering menampilkan bentuk geometris berulang, seperti kecerahan warna, dan pola hiasan atau sering muncul di fasad bangunan.

Kerajinan seni mozaik pada zaman dahulu dapat dibuat dengan beberapa teknik diantaranya adalah :

  1. Teknik pertama yaitu menggunakan metode langsung yang mana dengan menempelkan satu persatu kepingan “tesserae pada permukaan benda yang bersifat tiga dimensi.
  2. Teknik kedua ini yaitu metode tidak langsung, yang mana dengan menyusun kepingan mozaik terlebih dahulu di suatu tempat, baru kemudian diletakkan di permukaan benda tiga dimensi.
  3. Teknik mozaik yang terakhir yaitu menggunakan metode yang sama dengan metode tidak langsung tetapi dengan dua kali pengerjaan. Sementara untuk pemilihan warna biasanya memilih batu kecil yang sesuai, kaca berwarna, atau batu yang dilapisi lembaran emas.

Nah, Kalau Begitu Apa Sih Perbedaan Antara Mozaik dengan Kolase?

cara membuat kolase
From: Fotoku.com

Tentunya ketika kita pertama melihat hasil mozaik ataupun kolase keduanya terbilang mirip tidak memiliki perbedaan. Ternyata ketika kita mengamati secara jeli keduanya memang berbeda.

Kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan kolase dengan mozaik memiliki perbedaan pada bahan atau material yang ditempelkan.

  • Kolase = Bahan yang ditempelkan dari beragam jenis yang di jadikan satu membentuk suatu gambar.
  • Mozaik = Bahan yang ditempelkan merupakan bahan yang sama dan dijadikan satu sehingga dapat menjadi suatu gambar yang kalian inginkan.

Tidak hanya pada karya gambar mozaik tidak dibentuk dari pola gambar yang dioles pewarna sebagaimana halnya kolase. Tetapi, kepingan-kepingan bahan yang digunakan ditempelkan pada pola yang ada pada kertas tebal atau karton yang telah disediakan disediakan.

Sekarang sudah jelaskan perbedaan antara kerajinan mozaik dengan kerajinan kolase.

Cara Membuat Mozaik

cara membuat mozaik
From: wikihow

Diatas sudah dijelaskan bahwa cara membuat mozaik harus ada bahan dasarnya terlebih dahulu. Ketika kita semua sudah memiliki bahan dasar langsung saja yuk kita lihat cara pembuatannya dibawah ini.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Bahan-bahan dan alat yang perlu kita siapkan terlebih dahulu antara lain adalah:

  • Tessera merupakan bahan yang berupa batu kecil, keramik, kaca, kerang, biji-bijian atau material bisa kamu temukan sendiri.
  • Alas yang digunakan untuk tatakan mozaik antara lain adalah kayu, kardus, karton, atau harus dipastikan alas tersebut benar-benar kuat menahan beban.
  • Contoh pola dan tema, hal tersebut sangatlah penting karena membuat dapat menjadikan gambar mozaik menjadi lebih menarik.
  • Perekat atau lem, kalian dapat menggunakan perekat yang cocok dengan bahan-bahan apa saja yang kalian gunakan. Contohnya seperti lem, semen, nat dan lainnya.

2. Pilihlah Alas yang Cocok Untuk Menempelkan Kepingan Bahan Mozaik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalian harus memilih lebih detail untuk digunakan dengan melihat bahan yang sudah kalian persiapkan sebelumnya. Setelah itu kalian dapat meletakkan alas di atas permukaan yang cukup keras seperti meja, kursi, lantai, dan sebagainya.

3. Tentukan pola atau tema gambar

Pola, design atau tema dalam gambar untuk membuat mozaik sangat penting karena kalian ingin membentuk apa sebenarnya? Pola-pola gambar sangat banyak sekali tetapi tergantung juga dengan selera hati yang kalian inginkan.

4. Transfer design ke alas

Mulailah tangan merancang dan mengatur tata letak tessera sebelum mengoleskan lem atau semen. Pastikan bahan yang akan digunakan sudah bersih dari kotoran atau serpihan dan juga bahan sudah dalam posisi terpotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

5. Ratakan dengan perekat pada pola gambar

Sebelum melakukan pemasangan terhadap mozaik jangan lupa oleskan dengan lem/perekat pada seluruh pola gambar. Takaranan memiliki fungsi untuk mengukur seberapa banyak lem yang harus diperlukan.

Dengan adanya takaran lem yang digunakan tidak berlebihan namun cukup untuk melekat semua potongan kecil menjadi mozaik.

6. Tempel dan susun kepingan bahan.

Rekatkan satu persatu kepingan bahan mulai dari salah satu sudut design dan kerjakan sesuai urutan baris, jangan lupa perhatikan juga dengan bentuk bahan.

7. Diamkan hingga benar-benar kering

Setelah semua bahan sudah tertempel dengan rata, maka hasil karya mozaik kalian kurang sedikit lagi menjadi sempurna, horeee!!. Rentan waktu yang diperlukan sangatlah berbeda-beda, tergantung dari bahan dan perekat apa yang kalian gunakan. Anginkan hingga benar-benar kering, dengan cara menyalakan kipas angin berkecepatan kecil.

Contoh Gambar Mozaik

cara membuat mozaik
From: Artlovert.com

Mozaik memiliki banyak sekali contohnya baik yang mudah, unik, pemandangan, hewan, tumbuhan, dan masih banyak lagi. Yuk langsung simak dibawah ini!

1. Gambar Mozaik yang Mudah

cara membuat mozaik
From: damainasia

Gambar mozaik ini memiliki penataan dan ukuran yang rapi dan bagus. Terlihat menarik dan kalian wajib mencobanya karena pembuatannya yang cukup simple dan bisa kalian praktekkan di rumah.

2. Gambar Mozaik Sederhana

cara membuat mozaik
From: Rebannas.com

Gambar mozaik sederhana merupakan gambar mozaik yang cara pembuatannya sangat mudah dan sangat enak untuk dipandang oleh mata.

3. Gambar Mozaik Unik

cara membuat mozaik
From: Grafisia

Tidak hanya komedi yang memiliki keunikan melainkan gambar mozaik juga memiliki keunikan.

4. Gambar Mozaik Hewan

cara membuat  mozaik
From: Wikihow

Untuk kalian yang pecinta hewan kalian juga dapat membuat mozaik yang berbentuk hewan kesayangan kalian lho. Apalagi jika kalian sudah terbiasa membuat pola hewan jadi akan sangatlah mudah untuk membuat mozaik yang kalian inginkan.

5. Gambar Mozaik Bunga

cara membuat mozaik
From: WordPress.com

Khususnya untuk kaum hawa biasanya sangat senang dengan bunga yang indah dan cantik. Kalian dapat membuat gambar mozaik dengan bunga yang indah nan cantik kesayangan kalian lho.

6. Gambar Mozaik Pemandangan Alam

cara membuatmozaik
From: wordpres.com

Nah, yang satu ini mozaik pemandangan alam kalian yang suka dengan suasana sejuk dan indah kalian wajib membuat gambar mozaik yang berbentuk keindahan alam agar kalian dapat merasakan suasana yang berbeda tentunya.

Demikian penjelasan tentang cara membuat mozaik diatas semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: