Cara menghafal al-qur'an

Cara Menghafalkan Al-Qur’an dengan mudah dan Efektif yang Wajib Kalian Coba!

Cara menghafal Al-quran – Menghafal Al-Qur’an merupakan impian semua umat islam. Alloh telah mengatakan bahwa orang yang niat mau menghafalkan Al-qur’an maka Alloh akan memudahkannya. Ini semua berlaku untuk siapapun termasuk kalian.

Tetapi meskipun Alloh telah menjamin akan memudahkan orang yang berusaha ingin menghafalkan Al-qur’an tetapi kenyataan masih banyak orang yang sulit menghafalkan Al-qur’an.

Bahkan untuk menghafalkan satu ayat pun mereka membutuhkan waktu yang sangat lama ehh… setelah hafal ternyata juga cepat lupa.

Tetapi itu semua semata-mata karena kita sendiri dan ketika kamu terus berusaha dan mengetahui bagaimana nikmatnya menjadi seirang penghafal Al-qur’an insya alloh kamu akan menjadi lebih semangat lagi.

Berikut adalah hal-hal yang perlu di perhatikan saat kalian semua ingin menjadi seorang penghafal Al-qur’an.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menghafal al-Quran

Keutamaan menghafal alquran
From : Pondoktahfidz.com

1. Menata Niat

Niat yang tepat sangatlah penting. Adalah sebuah bencana jika kita telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk menghafalkan al-quran, namun ternyata usaha tersebut sia-sia karena niat kita salah.

Niat yang tepat tentunya adalah ibadah lillahi taala. Jangan sampai niat kita terkotori dengan noda seperti keinginan untuk dipuji, untuk dikenal, untuk mendapat dunia dll.

2. Menjauhi Maksiat

Imam Syafii pernah bercerita kepada gurunya tentang susahnya menghafal. Lalu gurunya menasehatinya untuk menjauhi maksiat. Karena ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang bermaksiat.

3. Membangun Lingkungan Kondusif

Akan jauh lebih mudah dalam menghafal jika anda berada di lingkungan yang mendukung. Jika anda tidak memiliki, buatlah.

Bagaimana caranya?

Cara menghafal al-quran dalam lingkungan yang kondusif yaitu ajak beberapa teman anda yang sama-sama memiliki niat kuat untuk menghafal Al-Quran untuk saling mengingatkan serta saling membantu.

4.Menghafal Dengan Metode Yang Paling Cocok Dengan Anda

Setiap orang mempunyai cara meghafal al-qur’an yang mudah. Jangan memaksa dengan mengikuti suatu metode yang digunakan menghafal hanya karena orang lain bisa menghafal cepat dengan metode tersebut. Anda boleh mencobanya, bila sesuai, ikuti. Bila tidak sesuai, sebaiknya pakai metode yang lain.

5. Mengurangi Makan, Berbicara, dan Tidur

Tanpa kamu sadari, hal seperti diatas sangat berpengaruh pada kecepatan hafalan dan kemampuan mengingat hafalan. Nah, kamu jangan terlalu banyak makan dan berbicara akan membuat otak menjadi lemah dalam menghafal, terutama dalam menghafal Al-Qur’an.

6. Jangan Tergesa-gesa

Tergesa-gesa seringkali menyebabkan hafalan kita cepat sekali untuk hilangnya. Kalau misalnya dengan cara seperti itu kita sudah lakukan namun ternyata satu hari hanya bisa setengah lembar, tidak apa-apa. Karena itulah memang kemampuan kita. Dan sudah kita sebutkan bahwa kemampuan manusia berbeda-beda.

7. Banyak Berdoa

Tetapi apalah daya kita sebagai manusia hanya bisa berusaha cara menghafalkan Al-Qur’an,  tetapi hanya Allah yang menentukan dengan kehendaknya. Karena itu, perbanyaklah doa memohon kekuatan hafalan. Gunakan waktu-waktu doa mustajabah untuk memohon agar Allah memberikan anda semangat dan kemudahan dalam menghafal kitabnya.

Dengan kita memahami trik menghafal al-Quran yang baik, insya Allah proses menghafal al-Quran akan lebih mudah.

Baca juga : Keutamaan menghafal al-qur’an

Cara Menghafal Al-Quran dengan Metode 3T+1M

membaca al-quran
From : WordPress.com

Berikut adalah metode menghafal dengan metode 3T+1M sebagai berikut :

1. Talqin atau Tasmi’ Dengan Guru

Talqin berarti ada seorang pemimpin atau langsung dengan Ustadz membacakan al-Quran untuk kemudian diikuti oleh para muridnya.

Jika anda tidak memiliki Ustadz yang dapat membacakan kepada Anda, mendengarkan bacaan al-Quran dari rekaman juga dapat menjadi salah satu alternatif.

Walaupun cara tersebut tidak sebaik jika Anda berhadapan dengan Ustadz secara langsung. Karena ketika anda berhadapan langsung dengan Ustadz, maka bacaan anda yang salah saat mengikuti bacaan tersebut dapat langsung dikoreksi oleh Ustadz.

Sedangkan tasmi’ adalah seorang murid membaca al-Quran untuk didengarkan oleh ustadz (setoran).

2.Tafahhum

Tafahhum yaitu memahami arti dari bacaan Al-Quran yang akan dihafal. Tetapi tidak semua orang harus melalui tahapan ini dalam menghafal Al-qur’an. Yang dianjurkan untuk memahami al-Quran saat menghafal adalah mereka yang berusia remaja serta dewasa karena agar mereka bisa menghayati maksud dari ayat tersebut dan mudah untuk mengingatnya.

3. Tikrar

Tikrar berarti mengulang-ulangi bacaaan hingga hafal.

Caranya?

  1. Baca ayat pertama hingga 10-20 kali hingga hafal
  2. Lalu baca ayat kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  3. Baca ayat pertama + kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  4. Kemudian bacalah ayat ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  5. Kembali baca ayat pertama + kedua + ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  6. Dan seterusnya

Muraja’ah

Setelah hafal, ulangi kembali bacaan tersebut. Inilah yang dimaksud dengan muraja’ah. Muraja’ah sangat penting karena muraja’ah inilah yang akan melekatkan hafalan secara lebih kuat ke dalam benak kita.

Muraja’ah merupakan cara berinteraksi seorang hafidz dengan Al-qur’an yaitu sebuah kenikmatan bagi seorang hafidz karena dia akan banyak berinteraksi dengan al-Quran.

Cara menghafal al-Quran yang Baik

keutamaan menghafal alquran
From : Gambar.id

1. Menggunakan 1 mushaf

Nah, sangat dianjurkan untuk menggunakan 1 Mushaf yang sama selama proses menghafalkan Al-Quran. Hal ini akan sangat memudahkan dalam proses menghafal. Karena ketika kita gonta-ganti Al-Qur’an kita akan binggung dengan penempatan ayat yang telah kita hafalkan.

2. Mendengarkan Bacaan Qari

Kita harus bisa membiasakan diri mendengarkan bacaan dari seorang qari’ dapat membantu kita dalam menambah ataupun mengulangi hafalan.

Anda dapat mendengarkan bacaan para Imam di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dapat membantu kita memiliki makharijul huruf yang tepat. Plus, kita juga dapat membiasakan diri untuk berhenti (waqof) di titik yang tepat.

Selain itu, anda juga dapat mendengarkan qari lain yang anda sukai. Untuk mempermudah dalam hafalan,  seharunya kita usahakan mendengarkan bacaan murattal, bukan mujawwad.

3. Teknologi, sarana memaksimalkan cara menghafal al-quran

Berada dalam perjalanan namun tidak membawa mushaf? Pastikan anda sudah menginstall aplikasi Al-Quran di HP. Sehingga kemanapun anda pergi, anda dapat selalu membaca ataupun mendengarkan al-Quran.

4. Frequently Asked Questions (FAQ)

keutamaan menghafal alquran
From : Rozinawasi.id

A. Waktu yang paling enak untuk hafalan dan murojaah itu kapan sih ?

Waktu terbaik untuk menambah hafalan adalah pada sepertiga malam terakhir dan dilanjutkan setelah shubuh hingga terbitnya matahari.
Waktu sangat enak untuk murajaah adalah pada saat shalat sunnah terutama sholat sunnah tahajud serta setelah shalat fardhu.

B. Bolehkah seorang wanita yang sedang haid mengulangi hafalan?

Banyak ulama yang memiliki perbedaan pendapat dalam hal seorang wanita haid membaca al-Quran ataupun mengulangi hafalan (muraja’ah) tanpa menyentuh mushaf. Sebagian ulama membolehkan, sebagian lagi tidak membolehkan. Kedua pendapat ini dapat digunakan karena keduanya memiliki dalil dan hujjahnya.

C. Berapa halaman tambahan yang saya hafalkan setiap hari?

Tergantung dari kemampuan masing-masing. Namun yang disarankan sekitar 1/4 atau 1/3 hingga 1/2 halaman perhari untuk pemula. Adapun bagi yang sudah terbiasa, bisa 1 halaman perhari ataupun lebih.

Tipe orang yang menghafalkan Al-qur’an itu terbagi menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Cepat hafal dan susah lupa
  2. susah hafal tetapi susah lupa
  3. cepat hafal tetapi cepat lupa
  4. susah hafal dan cepat lupa

Nah, yang nomer 4 adalah yang paling banyak membutuhkan kesabaran dan ketlatenan dalam melakukan hafalan dan juga harus sangat rajin untuk muroja’ah.

Dan lebih mudahnya ketika cara membaca al-quran kita sudah benar dalam segi makhroj maupun hukum tajwidnya insya alloh hafalan akan semakin mudah dan benar.

Demikian ringkasan cara menghafal Al-quran yang mudah dan benar semoga bermanfaat dan juga menambah motivasi untuk kalian semua. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: