CONTOH CERPEN

Kumpulan Contoh Cerpen Singkat, Persahabatan, Islami Humoris, dan Bahasa Jawa

Contoh Cerpen-  Saat kita duduk di bangku sekolah, kita pasti pernah ya di suruh untuk membuat cerpen. Sebelum kita memulai dengan contoh-contoh cerpen, apa sih definisi dari cerpen?

Cerpen merupakan jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif/fiksi yang mana berisi tentang menceritakan/menggambarkan kisah suatu tokoh beserta konflik dan penyelesaiannya, yang di tulis secara singkat, jelas, dan padat.

Sekarang dengan adanya perkembangan zaman kita dapat membaca kumpulan cerpen dengan berbagai macam tema yang telah tersebar di internet. Bukan hanya cerita ringkas dengan satu tema seperti cerpen khusus anak, kumpulan dongeng-dongeng islami tetapi hanya satu tema.

Sistematika Penulisan Cerita Pendek (Cerpen)

Sistematika Penulisan Cerita Pendek (Cerpen)
From : Bacapikiran.com

Berikut ini merupakan sistematika penulisan cerita pendek,

1. Abstrak

Abstrak berisi ringkasan atau inti yang akan dikembangkan menjadi kerangka jalan cerita pendek yang akan ditulis.

2. Orientasi

Orientasi meliputi latar dari cerita pendek tersebut, baik latar waktu; latar tempat; serta latar suasana yang terjadi di sepanjang jalan cerita tersebut.

3. Komplikasi

Kompilasi berisi urutan kejadian-kejadian dalam cerita pendek yang sistematis yang dikembangkan dari hubungan sebab – akibat. Pada bagian ini, tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita mulai diperkenalkan, serta karakter masing – masing tokoh mulai dimunculkan.

4. Evaluasi

Konflik cerita menjadi fokus utama pada bagian ini. Mulai dari pengenalan konflik, klimaks, hingga penyelesaian konflik mulai diperkenalkan.

5. Resolusi

Yang menjadi fokus pada bagian ini adalah penyelesaian konflik yang dihadapi tokoh utama. Pada bagian ini solusi – solusi dari konflik dimunculkan.

6. Koda (Coda)

Pada bagian terakhir ini berisikan amanat, nilai, maupun pelajaran yang ingin disampaikan penulis melalui cerita pendeknya.

Unsur – Unsur dalam Cerita Pendek

Unsur – Unsur dalam Cerita Pendek
From : Blogspot.com

Unsur-unsur dalam cerpen di bagi menjadi :

1. Unsur Intrinsik Cerita Pendek

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur dalam pembentuk cerita pendek (cerpen) yang berada di dalam cerpen itu sendiri. Berikut ini, merupakan unsur instrinsik cerpen,

1. Tema

Tema adalah suatu gagasan utama yang menjadi patokan untuk mengembangkan jalannya cerita.

2. Alur atau Plot

Merupakan tahapan berjalannya suatu cerita. Mulai dari pengenalan latar, pengenalan tokoh, pengenalan konflik, klimaks dari konflik, pengenalan solusi, penyelesaian. Alur cerita dapat berupa alur maju, alur mundur (flashback), maupun alur campuran.

3. Latar atau Setting

Merupakan keadaan yang ingin digambarkan dalam cerita pendek yang meliputi tempat, waktu, serta suasana yang ingin ditampilkan, selain itu latar sosial seperti hubungan tokoh dengan lingkungannya juga masuk dalam unsur ini.

4. Penokohan

Merupakan penggambaran watak daru tokoh yang tergambar dari sikap, perilaku, ucapan, pikiran, dan pandangan tokoh tersebut dalam setiap situasi yang dihadapi dalam cerita. Dalam penokohan terdapat dua metode penokohan sebagai berikut,

Metode Analitik

Metode analitik merupakan metode yang menggambarkan suatu watak tokoh dengan cara diceritakan secara langsung.

Contoh : Amalia adalah anak kedua di keluarganya. Untuk ukuran gadis seusianya, dia seorang yang pemalu. Selain pemalu, ia juga sedikit penakut.

Dari kutipan cerpen di atas, kita dapat mengidentifikasi jika Amalia memiliki watak pemalu dan penakut.

Metode Dramatik

Metode ini menggambarkan watak tokoh secara tidak langsung, seperti melalui penggambaran fisik, percakapan, dan reaksi tokoh lain.

2. Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik adalah suatu unsur yang pembentukannya dari luar cerpen. Unsur ekstrinsik tersebut yaitu:

  1. Latar Belakang Masyarakat: dapat mempengaruhi terbentuknya jalan cerita dalam cerpen, misalnya: kondisi politik, ideologi, sosial, dan ekonomi masyarakat.
  2. Latar Belakang Pengarang: Latar belakang pengarang memuat tentang pemahaman, faktor-faktor, atau motivasi pengarang untuk membuat sebuah cerita pendek. Meliputi:
    • Biografi: Riwayat hidup pengarang. bisa mempengaruhi pembuatan cerita pendek melalui pengalaman pribadi.
    • Kondisi Psikologis: meliputi mood dan motivasi, kondisi ini sangat mempengaruhi dengan apa yang akan ditulis dalam cerita.
    • Aliran Sastra: berpengaruh dalam gaya penulisan bahasa yang digunakan pengarang.

Baca juga : contoh puisi

Nah, berikut ini adalah beberapa kumpulan cerpen dengan berbagai macam tema sebagai berikut :

CONTOH CERPEN SAHABAT

CONTOH CERPEN SAHABAT
From ; IDN Times

Apa sih sahabat itu? Sahabat adalah orang yang mempunyai hati nurani atau orang yang tidak memiliki iri dan dengki. Saling memberi dan saling menerima dalam keadaan suka maupun duka.

Sahabat bagaikan embun pagi seperti matahari yang akan menyinari bumi ini. Sahabat begitu penting bagi kehidupan kita.

Dan bagi saya memilih sahabat adalah hal yang tidak mudah karena untuk menemukan seorang yang layak dan pantas untuk di jadikan seorang sahabat dari sekian banyak teman kita.

Teman akan menceritakan tentang semua ketidak benaranmu sedangkan teman akan menutup mulut dengan kesalahanmu, teman hanya menerima kebaikanmu tetapi teman akan menerima walau 1000 kekuranganmu, teman akan datang kalau kamu tertawa tetapi sahabat akan datang saat kamu berderai air mata.

Berikut adalah cerpen tentang sahabat yang akan memberi apresiasi terhadap arti sahabat dalam kehidupan kita dengan cerita pendek yang menarik dan seru.

Arti Sahabat

Arti Sahabat
From : Jagad.id

Cerpen Karangan: Dewi latifah rahmadhani
Kategori: cerpen persahabatan, cerpen remaja
Lolos moderasi pada: 3 September 2019

“Hufh… Akhirnya sampai juga,” Kataku.
Perkenalkan. Namaku Syifa Amalia. Sekarang ini aku bersekolah di SMAN Putra bangsa. Yap, ini adalah tahun ajaran baru, dan semua siswa baru masuk sekolah atau ke jenjang yang dinaikinya, termasuk diriku ini.

Waktu itu, aku masuk SMA ini, sendirian. Tanpa teman, ataupun yang mendampingiku. “Hufh, biarlah sendirian,” kataku dalam hati

Langsung saja aku mencari sebaris namaku yang tercantum diantara daftar kelas dan siapa yang ada di dalamnya. Setelah itu mataku tertuju pada namaku yang tercantum dalam kelompok kelas “X MIPA 3”. Langsung saja aku langsung menuju ke kelas X MIPA 3. Setelah sampai di sana, keadaannya masih sepi.

Cuma ada tiga atau empat anak di sana. Setelah itu, aku langsung menuju ke bangku paling depan. Tak lama kemudian, seorang anak datang ke arahku. Dia pun melempar senyum padaku. Aku pun membalas senyumannya dengan senyum paling manis yang kupunya.
“Hai! Nama kamu siapa? Aku Syifa Amalia,” kataku sambil mengajak dia salaman
“Aku Safitri Amanda,” Kata Fitri.
Sejak saat itu, kami menjadi teman yang sangat akrab

Hari-hari pun berlalu dengan cepatnya. Tak terasa, sudah setahun ini aku berada di SMA ini bersama Fitri dan kawan-kawan yang lain. Pada suatu hari, tiba-tiba Fitri menghampiriku sambil menangis.
“Ada apa Fit?,” Tanyaku.
“Aku habis dari ruang bk, Syif, aku dituduh mencuri uang seorang anak kelas MIPA 2” Kata Fitri sambil menangis.
Aku pun terkejut.

Bagaimana mungkin, Fitri yang orangnya sederhana ini mencuri uang? Dan untuk apa? Serentetan pertanyaan itu tiba-tiba muncul di kepalaku.
“Tapi kamu benar-benar tidak mencurinya, kan?,” Kataku
“Beneran, Syif. Hiks…” Jawab Fitri sambil terus menangis.
“Katanya, hilangnya uang tersebut kapan?” Tanyaku.
“Katanya kemarin saat istirahat. Waktu itu aku disuruh Pak Edi untuk absen keliling kelas. Dan keadaan kelas MIPA 2 saat itu sepi,” Kata Fitri.
“Aku rasa…”
“Pliss, Syif. Aku tidak mungkin mencuri, pasti saat itu aku dijebak seseorang,” Kata Fitri.
“Iya, Fit. Aku percaya padamu, kok. Eh, aku ke koperasi dulu, ya!. Soalnya mau beli buku gambar untuk pelajarannya Pak Faiz nanti,” Kataku

Langkah kakiku membawaku menuju ke koperasi sekolahku. Tapi sebelum ke koperasi sekolah, aku menuju kamar mandi untuk membasuh muka. Langsung saja aku masuk ke dalam salah satu kamar mandi.

Setelah pintu kututup, samar-samar aku mendengar seseorang berbicara, dan sepertinya jumlah mereka sekitar 5 orang.
“Hahaha… Untung ada Si Fitri! Kalau tidak, rencana kita bakal ketahuan,” kata salah satu orang, yang kuketahui suaranya seperti suaranya Bella, teman sekelasku!
“Hahaha… Iya. Lumayan, uang lima ratus ribu ini buat shoping-shoping,” kata yang lain.
Saatku tersadar bahwa itu adalah suara dari Geng Bella cs, langsung saja aku mengambil hpku yang ada di saku rok untuk merekam pembicaraan mereka semua tentang uang yang mereka curi.

15 menit kemudian, mereka pun berlalu dari kamar mandi tersebut. Langsung saja, rekaman suara tersebut kusimpan dan kujadikan bukti pembelaan Fitri.

Setelah itu, aku keluar dari kamar mandi dengan hati-hati. Karena aku khawatir, salah satu dari mereka menyadari bahwa aku ada di dalam kamar mandi saat mereka membicarakan hal itu.
Aku pun berlari menuju ke kelasku, dan melupakan keinginanku untuk membeli buku gambar, yang terpenting sekarang, adalah keadilan untuk kawanku.

“Syif, kamu kemana aja sih, kok lama banget?,” Tanya Fitri khawatir
“Fit, kamu harus ikut aku sekarang juga!,” Jawabku kesel sambil menggandeng tangan kanan Fitri menuju pintu keluar dari kelas.
“Kita mau kemana?” Tanya Fitri.
“Kita akan menuju ke ruang bk, karena aku tahu siapa yang benar, dan siapa yang salah sekarang,” Jawabku.

Tak butuh waktu lama, akhirnya sampai juga di ruang bk. Sesampai di sana, aku langsung menjelaskan tentang aku yang mendengar pembicaraan Bella cs tentang mereka yang mencuri uang seorang anak dari kelas MIPA 3 dan Fitri yang dijadikan sebagai kambing hitamnya.

Tak lupa juga, aku menyetel rekaman suara yang isinya tentang pembicaraan Geng Bella cs. Setelah mendengar penjelasanku dan mendengar rekaman suara yang kurekam, akhirnya Geng Bella cs dipanggil dan dijatuhi hukuman.

Setelah semua urusan selesai, kami berdua berjalan dengan santai menuju ke kelas kami.
“Syif, makasih ya, untuk semua yang kau lakukan padaku, yang telah percaya padaku, dan telah menunjukkan bukti bahwa aku tak bersalah,” Kata Fitri.
“Iya, Fit. Aku ini ‘kan kawanmu, jadi sudah lumrah bila dalam pertemanan kita saling tolong menolong dalam kebaikan, dan bersama-sama menjalani suka duka bersama,” Kataku santai.
“Emmh.. Kalau begitu, kita bersahabat aja!,” Kata Fitri.
“Ok! Sahabat!.” Kataku sambil tersenyum.
Sejak saat itu, kami berdua menjadi sahabat.

6 bulan pun telah berlalu. Seiring berjalannya waktu, kulihat perubahan pada sifat sahabatku. Yang mula-mula sifatnya sangat baik padaku, berubah menjadi seperti orang yang membenciku. Saat itu, aku membutuhkan bantuannya dalam menyelesaikan masalah yang ada di dalam pikiranku.

Dan aku meminta solusi padanya. Tapi jawabannya tidak mengenakkan, bahkan terkesan melukai hatiku. Waktu itu, aku  mencoba untuk menanyakan padanya tentang mengapa sifatnya berubah, dan dia pun menjawab “Maaf, Syif. Aku sudah bosan bersahabat denganmu. Dan tolong, jauhi diriku ini,” Kata Fitri sambil berlalu dari hadapanku.
Mendengar hal itu, aku pun pergi darinya, dan aku pun menuju ke perpustakaan sekolah. Di sana aku menumpahkan tangisku, dan tiba-tiba ada seseorang yang menghampiriku.

“Hai!. Mengapa kamu menangis sambil menutupi mukamu dengan buku?” Tanya orang itu.
“Aku..”
“Ceritakanlah padaku. Anggap saja aku ini sudah akrab denganmu,”
Lalu, kuceritakan semuanya dari awal sampai akhir. Lalu dia pun berkata “Sudahlah, yang sabar ya. Hidup itu penuh dengan cobaan, mungkin saat ini hubungan persahabatan kalian saat ini diuji.” kata orang itu.
“Oh, iya. Namaku Farel. Kalau kamu tidak keberatan, kamu mau gak jadi sahabatku? Aku siap membantumu, kok!.” Kata Farel.
“Iya, Farel. Aku mau jadi sahabatmu,” Kataku sambil tersenyum.

Kini, kusadar, apa makna arti sahabat yang sesungguhnya.
Menurutku, persahabatan itu harus dilandasi oleh sikap percaya satu sama lain, setia, tolong menolong disaat sahabat membutuhkan bantuan kita, tidak meninggalkan sahabat saat sahabat dalam kesusahan/keterpurukan, dan saling pengertian.
Maka, bila persahabatan tersebut telah dilandasi oleh hal tersebut, insyaallah, akan terciptalah persahabatan yang abadi.

CONTOH CERPEN ISLAMI LUCU

CONTOH CERPEN ISLAMI LUCU
From ; KATASIANA

 

Cerpen lucu tentang islami bukan hanya sekedar untuk mencari sensasi, namun cerita islami lucu dibuat agar kita lebih mengenal tentang agama dan dapat mengambil hikmah dari cerita tersebut. Karena dengan cerita lucu pembaca tidak akan merasakan bosan.

Berikut adalah contoh cerpen islami lucu yang bisa menghibur kamu dan semoga dari cerita tersebut ada hikmah yang dapat diambil.

Bayarlah Upah Buruhmu Sebelum Keringatnya Kering

Bayarlah Upah Buruhmu Sebelum Keringatnya Kering
From : Kompas Monay

Jono adalah seorang karyawan bawahan di sebuah perusahaan sedang bersemangat ikut dalam sebuah training menjadi pengusaha yang diikuti semua karyawan. Pembicara dalam training tersebut memang seorang pengusaha yang telah sukses memiliki beberapa perusahaan besar tapi juga seorang yang taat dengan aturan-aturan agamanya yakni seorang Muslim.

Kemudian saatnya sang pembicara training tersebut membahas mengenai hak karyawan dan kewajiban seorang pengusaha dalam upah sambil berjalan-jalan di depan peserta seminar.

Pembicara : “Bayarlah upah buruhmu sebelum keringatnya kering. Memang kalimat tersebut sangat bermakna sekali dalam kehidupan berbisnis.”

Jono kemudian mendalami apa yang pernah di alaminya sebagai karyawan tentang pemberian upah yang mulai terlambat. Kemudian Jono bertanya dengan mengacungkan tangannya agar terlihat oleh pembicara seminar,

“Akhir-akhir ini upah yang saya terima sering terlambat. Apakah hal ini disebabkan karena ruangan tempat kerja saya yang ber-AC? Dingin banget, Pak, sampai-sampai keringat saya tidak pernah keluar…”

Abu Nawas dan Sholat Jenazah

Pada suatu hari Abu Nawas mengikuti sholat jenazah di sebuah mesjid. Tiba-tiba di pertengahan sholat Abu Nawas membuat ulah dengan melakukan sujud di pertengahan sholat jenazah.
Spontan jamaah disekelilingnya terkejut..

Setelah sholat jenazah selesai jamaah pun menayakan kepada Abu Nawas.

“Hay Abu, kenapa antum tadi kok sholat jenazah pakai sujud..??”

Dengan tenang , Abu Nawas menjawab,

“Mayat ini banyak banget dosa-nya jadi tidak cukup kalau sholatnya hanya diberi takbir aja, mesti ada sujudnya.”

Bukan Hanya Contoh Cerpen Bahasa Indonesia Kita Juga Harus Melestarikan Contoh Cerpen Bahasa Jawa

Melestarikan Cerpen Bahasa Jawa
From ;Republika

Sekarang bahasa jawa sudah mulai memudar dikarenakan banyak orang tua suku jawa menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa percakapan di rumah karena mereka yakin indonesia akan memberi peluang baik untuk masa depan anak-anak mereka.

Bukan hanya dilakukan di daerah perkotaan tetapi di daerah pedesaan pun sudah banyak yang melakukannya.

Ingat!

Berbahasa indonesia boleh tetapi jangan lupa lestarikan bahasa jawa.

Berikut adalah contoh cerpen singkat berbahasa jawa. Simak di bawah ini!

Cerita Pendek Bahasa Jawa: Andong lan Laler Cilik

Cerita Pendek Bahasa Jawa: Andong lan Laler Cilik
From : picbear

Jaman mbiyen eneng andong ngemot jambu kluthuk lagi mlaku saka Selarong arep menyang Pasar Bantul. Jaman iku dalane isih gronjal-gronjal digawe saka watu durung ana aspal. Nalika andong lagi liwat dalan sing kebak wedi, ana laler cilik mencok ning nduwure andong.

Bareng karo mencoke laler, lakune andong malik rindik. Ora amarga kabotan laler, nanging amarga rodane kepater dening wedi sing mbleder ning ndalan.

Nanging rindike andong tumrap laler dianggep amarga kapencokan deweke.
“Wah andong iki dadi mlakune alon banget, mesti merga jarane kabotan awakku” pikire si laler kanthi ati bungah rumangsa paling abot sak donya.
“Sapa sing iso nandingi abote awakku, ora ana kewan liya sing luwih abot timbang aku!”.

Sakwise sakwetara mencok ning andong, laler banjur jeleh terus mabur meneh. Nalika Laler mabur, andonge pas liwat dalan sing ora ana wedine. Dadi lakune andong malik cepet maneh.

Si Laler kang gegeden rumongso tambah yakin menawa deweke abot tenan. “Weladalah, tak tinggal sedilit wae, andonge langsung biso mlaku banter. Wah, nek ngono aku iki abot temenan ya!” celatune si laler.

Laler banjur mikir, manawa deweke mencok ning andong karo ngobahke sewiwine mestine si andong bakal mlaku luwih banter amarga kasurung dening obahe sewiwi.

Laler trus nyoba mencok maneh ning andong karo ngobahke sewiwi. Dumadakan andong malik mlayu banter banget ngedap-edapi. Laler kaget banget ngantek awake mental saka andong. Untunge deweke iso mabur sakdurunge tiba ning lemah.

Sajatine andong mau iso mlayu banter banget amarga dalane ndronjong, Dadi lumrah menawa mlakune luwih banter wong diewangi gravitasi bumi.

Nanging lelakon itu agawe Laler dadi tambah ge-er. Trus mbengok-mbengok marang jarane andong.. ‘Sorry, sorry Kang Jaran, aku salah ngukur kekuatanku.

Anggonku ngobahke sewiwi sajake kebanteren, dadi andongmu mlakune banter banget. Sepurane ya, sesuk maneh anggonku ngobahke sewiwi rindik wae”. celatune Laler kanthi ati mongkok”.

 

Semoga contoh cerpen di atas bisa menambah inspirasi dan bermanfaat bagi kalian.. terimakasih.

Sumber : https://www.yuksinau.id/contoh-cerpen/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: