contoh perubahan sosial budaya

√27 Contoh Perubahan Sosial Budaya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh perubahan sosial budaya– Perubahan sosial merupakan perubahan yang sangat sering dialami di masyarakat yang memberikan dampak tertentu. Bentuk-bentuk perubahan sosial ada yang berdampak positif dan ada juga yang memiliki dampak negatif.

Pengertian secara umumnya perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi didalam kehidupan masyarakat, yang mencakup perubahan budaya yang didalamnya terdapat nilai-nilai serta tata cara dari yang berawal tradisional hingga menjadi modern.

Perubahan sosial memiliki beberapa jenis- jenis diantaranya bisa dalam bentuk perubahan sosial misalnya adalah perubahan  sosial besar dan kecil, direncanakan dan tidak direncanakan, evaluasi dan revolusi, dan juga proges dan regres.

Apa saja sih contoh dampak perubahan sosial ?

contoh perubahan sosial dapat diamati di masyarakat sekitar kehidupan sehari-hari dari berbagai sektor dan bidang yang ada.

Contoh Perubahan Sosial Budaya

contoh perubahan sosial budaya
From ; Bloger.com

Berikut merupakan contoh-contoh perubahan sosial yang ditampilkan secara umum dalam berbagai sektor tertentu yang penting didalam masyarakat.

1. Cara Berpakaian

Contoh perubahan sosial yang umum yaitu adalah dalam tata berpakaian. Seperti yang diketahui sekarang jika tren fashion pakaian terus berkembang dari tahun ke tahun.

Tak heran kalau masyarakat zaman dahulu pakaian yang dipakai adalah pakaian adat daerah yang saat ini telah berubah menjadi pakaian modern dan telah mengikuti tren modern.

2. Komusikasi

Perubahan sosial dapat dilihat dari cara kita berkomunikasi. Orang-orang zaman dahulu berkomunikasi dengan lewat surat kabar,yang dikirim melalui pos yang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Kemajuan di era modern ini kita tidak perlu untuk menunggu lama lagi karena sekarang kita bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan handphone, E-mail, atau pun internet sehingga komunikasi kita bisa dengan cepat tanpa harus menunggu lama lagi.

3. Model Rambut

Gaya rambut juga menjadi objek perubahan sosial. Pada zaman dahulu gaya rambut masyarakat indonesia biasanya standar dan tidak aneh-aneh. Sedangkan di era modern ini tren rambut menjadi lebih bervariasi dan beragam serta terpengaruh dengan model-model rambut para artis idolanya.

4. Gaya Hidup

Lifestayle atau yang disebut dengan gaya hidup orang yang telah mengalami perubahan  seiring dengan perkembangan zaman ini.

Perubahan sosial ini cukup beraga karena adanya banyak  bidang , mulai dari fashion, makanan  hingga wisata. Ada perubahan sosial ke gaya hidup positif tetapi juga sedikit negatif.

5. Emansipasi Wanita

Peran wanita di Indonesia mengalami perubahan sosial dari dulu sampai sekarang. Jika dulu wanita hanya berperan sebagai ibu rumah tangga, kini banyak wanita yang turut bekerja dan berkontribusi di berbagai bidang dan lebih disetarakan dengan laki-laki. Banyak wanita yang lebih menyukai menjadi wanita karir dari pada sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga.

6. Pola Pikir

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya terdapat pada pola pemikiran rakyat. Masyarakat menjadi lebih kritis karena akses informasi yang mudah didapat. Selain itu literasi masyarakat menjadi lebih maju berkat dampak globalisasi yang terjadi saat ini.

7. Bahasa

Contoh perubahan sosial yang cukup gampang diamati adalah penggunaan bahasa. Dulu penggunaan bahasa daerah masih banyak digunakan. Kini sedikit sekali yang mampu berbahasa daerah, apalagi banyak yang lebih mementingkan kemampuan berbahasa Inggris.

Bahasa daerah semakin langka orang-orang yang tinggal didaerah perkampungan saja sekarang mengajarkan anak-anaknya dengan bahasa indonesia.

8. Permainan

perbedaan perubahan permainan
from : Sumber belajar

Pergeseran sosial jelas bisa dilihat dari permainan. Dulu anak-anak sering memainkan aneka permainan tradisional seperti:

  • Egrang
  • Bola bekel
  • Engklek
  • Egrang
  • Petak umpet
  • Pate lele, dan masih banyak lagi.

Mereka saling bercanda bersama dengan interaksi secara langsung dengan menikmati moment kebersamaan dan kekompakan mereka. Kini anak-anak lebih suka dengan permainan modern seperti konsol video game atau game online.

9. Transportasi

Sektor transportasi termasuk contoh perubahan sosial. Orang zaman dulu bepergian dengan menaiki hewan, namun kini ada banyak kendaraan yang bisa digunakan seperti mobil, becak, sepeda, dan masih banyak lagi. Selain itu di era digital juga ada inovasi transportasi online seperti gojek dan grep sehingga kian memperbanyak ragam kendaraan.

10. Kepercayaan

Contoh perubahan sosial dapat dilihat juga dalam bidang agama dan kepercayaan. Dulu masyarakat lebih mempercayai hal-hal mistis dan ajaran nenek moyang, namun kini masyarakat lebih mengedepankan logika dalam kepercayaan masing-masing.

11. Pertanian

contoh perubahan sosial budaya pertanian
from : IPS Mudah

Contoh perubahan sosial ada juga di sektor pertanian. Hal ini dapat dilihat dari masuknya teknologi pertanian yang meningkatkan produktivitas petani. Selain itu juga terjadi perubahan yang mana rakyat lebih menyukai produk asing dibanding produk lokal dalam sektor pertanian.

12. Kejahatan Siber

Salah satu dampak perubahan sosial juga dapat dilihat dari adanya aktivitas kejahatan siber belakangan ini. Hal ini baru dijumpai di era teknologi informasi seperti sekarang dimana terdapat banyak cyber crime seperti pembajakan akun, online bullying dan pembobolan website.

13. Musik

Perubahan dibidang musik tentunya menjadi contoh perubahan sosial budaya juga. Dulu musik daerah mungkin cukup populer dan masih banyak diputar, tetapi kini karena adanya pengaruh musik western banyak yang masuk sehingga musik pop, rock, hip hop dan electro (EDM) kian populer pula. Pada akhirnya musik-musik zaman dahulu mulailah langka dan tersingkirkan.

14. Ekonomi

Perubahan sosial budaya juga mempengaruhi sektor ekonomi. Misalnya masyarakat lebih menggemari produk impor dibanding produk-produk dalam negeri.

Selain itu tren liburan ke luar negeri juga banyak terjadi di kalangan masyarakat dengan ekonomi kelas menengah ke atas.

Sedangkan zaman dahulu orang lebih suka menikmati negara sendiri bahkan ada sebagian orang yang ekonomi untuk makan saja susah.

15. Budaya Barat

Pengaruh globalisasi juga  menjadi penyebab perubahan sosial menjadi lebih kebarat-baratan atau dikenal dengan istilah westernisasi. Hal ini dapat terlihat  dari banyaknya sektor mulai dari fashion, lifestyle, musik dan film.

Budaya barat seperti adanya hari valentine atau helloween juga mulai menyebar. Anak zaman sekarang pun banyak yang mengidolakan artis-artis korea.

16. Kesenian

Contoh perubahan sosial berikutnya ada pada kesenian. Budaya dan kesenian dalam negeri  sekarang mengalami (Kepunahan) banyak yang ditinggalkan.

Hal ini juga didorong dengan masuknya kesenian luar negeri yang dianggap lebih modern. Misalnya lebih banyak yang mempelajari tari balet dibanding tarian daerah, banyak yang menyukai dance dari pada tari tradisional.

17. Industri

Sektor industri jelas mendapat banyak perubahan seiring dengan teknologi yang ada. Salah satu contohnya adalah adanya revolusi industri. Adanya teknologi membuat produktivitas di sektor industri meningkat, namun di sisi lain menimbulkan ketimpangan sosial.

18. Pendidikan

Contoh perubahan sosial budaya di bidang pendidikan terjadi karena adanya kemajuan teknologi. Kini pengajaran bisa dilakukan melalui berbagai media pembelajaran seperti video dan online. Banyak juga ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan di internet.

19. Makanan

Contoh perubahan sosial juga dijumpai pada sektor makanan. Dulu masyarakat Indonesia sering memakan makanan khas daerah. Kini makanan yang dikonsumsi pun kian beragam, termasuk makanan-makanan cepat saji khas luar negeri.

20. Politik

Dunia politik pun sekarang menjadi objek contoh perubahan sosial budaya. Politik saat ini banyak memanfaatkan teknologi, misalnya sosialisasi kebijakan lewat media sosial atau memanfaatken peran buzzer untuk menggiring opini masyarakat lewat internet.

21. Tempat Tinggal

tempat tinggal masa perubahan
from: Blog UNNES

Diera sekarang ini terjadi perubahan sosial pada rumah dan tempat tinggal masyarakat. Semakin sedikit rumah tradisional yang dulu banyak ditemui. Orang-orang lebih suka membangun rumah-rumah modern atau tinggal di apartemen bertingkat.

22. Olahraga

Contoh perubahan sosial dapat dilihat di bidang olahraga. Misalnya pada olahraga sepak bola, kini menggunakan teknologi video replay atau VAR sehingga memudahkan kinerja wasit. Hal ini tidak ada dizaman dulu sehingga banyak menimbulkan kontroversi.

23. Kesopanan

Contoh perubahan sosial juga dilihat dari tata krama atau sopan santun. Saat ini nilai dan norma kesopanan mulai berkurang. Misalnya dalam ruang lingkup keluarga, seorang anak menjadi kurang sopan terhadap orang tuanya.

Pada zaman dahulu banyak anak kalau bersikap sama orang tua dengan sopan santun, andap ashor berbeda dengan era sekarang ini banyak anak yang berani sama orang tua. Hal ini berbeda sekali dengan sikap anak zaman dahulu.

24. Profesi

Perubahan sosial yang cukup signifikan dapat dilihat dari profesi atau pekerjaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada zaman dauhulu kebanyakan masyarakat bekerja sebagai petani, nelayan, buruh, karyawan atau pedagang,  tetapi kini variasi profesi kian beragam, dari mulai analis data, internet marketing hingga buzzer dan influencer di internet, kantoran dan masih banyak lagi.

25. Keamanan

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya juga terdapat pada sektor keamanan. Pada zaman dahulu pertahanan dan keamanan dilakukan dengan cara manual, Tetapi diera sekarang ini semuanya bisa dilakukan secara online dan digital, misalnya lewat pemasangan CCTV atau teknologi finger print dan sebagainya.

26. Masyarakat Semakin Kritis

Teknologi informasi semakin berkembang pesat, berbagai media cetak online maupun offline sudah banyak yang beredar. Namun, kita harus bisa pintar-pintar untuk mengolah informasi yang ada dengan fakta yang memang benar-benar valid.

27. Musyawarah

pada tahun 1900an masyarakat cenderung lebih memilih untuk menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Semua anggota masyarakat akan hadir dan akan memberikan pendapat dan juga mempertimbangkan masalah tersebut.

Pemimpin akan mengambil keputusan tersebut dari kesepakatan bersama dalam musyawarah tersebut. Tetapi, pada tahun 2000an kegiatan seperti ini cenderung mulai memudar.

Kita sebagai masyarakat yang modern harus pintar-pintar menyikapi perubahan ini jangan sampai kita semua mendapatkan dampak yang yang buruk dan terjerumus dalam ketidak benaran.

Demikian dari contoh-contoh perubahan sosial budaya diatas semoga kita bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua. Terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: