contoh pidato

Pengertian Pidato, Tujuan Pidato, Ciri-Ciri Pidato Beserta Contoh Pidato [Lengkap]

Pengertian Pidato

Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan menyampaikan pidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Pidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan secara lisan.

Oleh karena itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato.

Kriteria Berpidato

contoh pidato
by : susantokun
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat mengajak serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Tata Cara dan Etika Pidato

Tata cara berpidato merujuk kepada langkah-langkah serta urutan darimana untuk memulai berpidato, mengembangkan, dan mengakhiri pidato. Etika berpidato lebih merujuk pada nilai-nilai kepatutan yang harus diperhatikan serta dijunjung ketika pada saat seseorang sedang berpidato.

Pidato biasanya diurutkan mulai dari pembukaan, sajian isi pidato, dan penutup. Pembukaan berisi apaan kepada pihak-pihak yang telah diundang dan hadir dalam acara atau kegiatan tersebut. Sajian isi pidato merupakan hasil dari bembahasan yang utama atau gagasan pokok-pokok yang akan disampaikan pada saat berpidato. Sajian isi perlu diperinci sesuai dengan kondisi waktu yang disediakan. Penutup pidato berisi tentang penyegaran kembali dari gagasan pokok yang telah disampaikan, harapan, dan ucapan terima kasih kepada para pendengar atas partisipasinya.

Etika berpidato menjadi hal yang sangat penting bagi orang yang akan berpidato. Pada saat berpidato, tidak boleh menyakiti perasaan orang lain dan berupaya untuk menghargai serta membangun rasa optimisme bagi para pendengarnya. Selain itu, harus memperhatikan juga keterbukaan, kejujuran, empati, serta persahabatan yang perlu diusahakan dalam berpidato.

Tujuan Berpidato

Berikut adalah tujuan berpidato antara lain:

  1. Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela.
  2. Memberikan suatu gambaran atau sebuah informasi kepada orang lain.
  3. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan.
  4. Mempermudah komunikasi.
  5. Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu satu orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.

Pidato yang baik bisa memberikan suatu kesan baik (positif) bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Dalam berpidato kita harus bisa memaksimalkan untuk bisa lebih untuk penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun bisa menangkap atau faham dengan pidato yang kita sampaikan.

Macam-Macam Metode Dalam Berpidato

  • Impromptu yaitu  jenis pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya.
  • Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
  • Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato.
  • Ekstemporan yaitu jenis pidato yang paling baik dan paling sering digunakan oleh juru pidato yang berpengalaman dan mahir

Contoh Pidato

contoh pidato
BY: Teropong

Dibawah ini adalah contoh-contoh pidato antara lain:

Contoh Teks Pidato Singkat Mengenai Pentingnya Pendidikan Moral

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh para hadirin sekalian di tempat ini.

Pada hari ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada kehadirat Allah SWT, karena atas berkah dan rahmat-Nya kita semua dapat di sini dan lebih memahami mengenai pentingnya pendidikan moral. Perjumpaan kali ini, kita harapkan untuk dapat berkontribusi dalam membangun karakter atau moral dari generasi muda berikutnya.

Seperti yang kita ketahui dari banyak berita, sering sekali terjadi tawuran antar pelajar, kasus pencurian, perampokan, dan pembunuhan. Sebagai generasi masa kini, Anda juga dapat turut berkontribusi dalam mengurangi angka kriminalitas ini.

Caranya adalah dengan memperkuat dan menggencarkan pelajaran moral kepada anak bangsa saat ini. Mengubah generasi yang sudah terlanjur tua akan lebih susah dibandingkan dengan mengubah generasi yang lebih muda.

Jadi bagi Bapak dan ibu sekalian, kini saat Anda untuk lebih memberikan pendidikan moral sejak dini. Anak-anak Anda akan menjadi harapan di masa depan. Yang jelas, pendidikan moral ini merupakan tanggung jawab kedua orang tua.

Jurus yang paling mudah untuk menanamkan moral adalah dengan menceritakan berbagai macam cerita yang berisikan moral. Kita bisa mengambil cerita moral tersebut dari cerita rakyat Malin Kundang. Di dalam kisah Malin Kundang, anak akan memahami bahwa hormat kepada orang tua adalah hal yang sangat penting.

Tidak hanya itu, kalau Anda yang sangat menyukai berbagai dongeng dari luar negeri, juga dapat menceritakan tentang kisah Tikus dan Burung Hantu dari cerita rakyat Jepang. Cerita tersebut memiliki pendidikan moral berupa jangan pernah mengambil sesuatu yang menjadi hak orang lain.

Walaupun tujuannya hanya meminjam, perlu untuk terlebih dahulu meminta izin. Selain itu, cerita itu juga mnegajarkan moral kepada anak-anak akan pentingnya untuk menepati janji. Dengan menceritakan berbagai macam dongeng setiap harinya, maka akan banyak sekali pendidikan moral yang dicerna oleh anak-anak.

Sekian pidato dari saya mengenai pentingnya pendidikan moral. Bila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kemajuan Teknologi

contoh pidato
by : sahabatnesia.com

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh para hadirin sekalian di tempat ini.

Para hadirin sekalian yang saya hormati, marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan rejeki-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Kemudian kita ucapkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing manusia menuju Islam yang merupakan jalan penuh dengan cahaya iman.

Umat Islam harus selalu rajin dalam menuntut ilmu, karena ilmu-pengetahuan yang dimiliki oleh Allah SWT itu sangat luas. Bahkan kewajiban dalam menuntut ilmu ini juga banyak juga banyak disampaikan dalam ayat-ayat Al Quran.

Salah satu ayat yang mewajibkan umat Islam untuk menuntut ilmu adalah Qs Al Mujadalah ayat 11, “Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Dengan memiliki dan menerapkan ilmu-pengetahuan tersebut, maka lahirlah teknologi. Teknologi yang bertujuan untuk mensejahterakan manusia dan mempermudah pekerjaan halal manusia sangat diperbolehkan dalam Islam.

Contoh saja Teknologi robot ukuran nano yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Teknologi seperti itu, sangat diharapkan kemajuannya untuk dapat menyembuhkan banyak sekali pasien. Teknologi modern lainnya yang akan sangat bermanfaat bagi manusia adalah robot yang dapat merawat manusia yang telah lanjut usia.

Yang jelas di era ini, perkembangan dari teknologi di seluruh dunia berkembang dengan sangat pesat. Bila kita semua berhenti untuk semangat dalam menuntut ilmu, maka kita akan tertinggal dari negara lainnya dan negara ini akan sangat mudah untuk dijajah dalam bentuk yang lebih modern alias penjajahan dalam bentuk yang baru.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan

contoh pidato
by: pixabay

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Hadirin yang terhormat semuanya,

Merilah kita panjatkan doa kepada kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Kita semua dapat berkumpul tanpa adanya halangan ke tempat ini. Kali ini saya akan berpidato mengenai pentingnya kebersihan.

Setelah musim kemarau berlalu, maka akan datang musim penghujan. Sebelum musim ini tiba, ada baiknya kita berusaha mempersiapkan lingkungan di sekitar dengan memastikan kelancaran saluran pembuangan air.

Lancarnya saluran pembuangan air merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. Salah satu cara untuk melancarkan saluran air yang tersumbat akibat menumpuknya sampah organik adalah dengan menggunakan campuran cuka putih, soda kue, dan juga air panas.

Namun, apabila saluran air tersumbat akibat sampah plastik, maka satu-satunya cara adalah mengambil sampah plastik tersebut. Tentu saja hal itu akan dapat membuat jijik bagi orang yang sedang bekerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Hanya saja daripada harus banjir, kerja bakti membersihkan lingkungan akan lebih baik dilakukan secara rutin.

Ingatlah bahwa Allah SWT menyukai kebersihan, karena kebersihan itu mencerminkan keimanan seseorang. Selain itu, perlu untuk menekankan kepada para generasi muda mengenai pentingnya membuang sampah di tempat sampah.

Jadilah generasi yang cinta akan kebersihan, sehingga apabila ada turis yang datang akan sangat nyaman berkunjung di Indonesia. Dengan lingkungan yang bersih, maka tidak akan ada banyak bakteri yang berkembang biak.

Bakteri ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, dengan meningkatkan kebersihan lingkungan, maka akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar. Tentu kebaikan seperti ini akan sangat disukai oleh Allah SWT.

Selain dari  menjaga kebersihan saluran air, Anda juga perlu untuk mengetahui cara untuk menjernihkan air yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Kebersihan air ini juga penting, karena akan berdampak secara langsung ke tubuh.

Cara yang paling ampuh yakni dengan menggunakan biji kelor. Cara ini adalah cara yang paling bersifat alami. Bahkan dibandingkan dengan tawas, penjernihan air dengan menggunakan biji kelor lebih aman bagi kesehatan.

Selain itu, biji kelor ini juga dapat mengikat berbagai macam zat logam yang tentunya akan berbahaya bagi tubuh apabila terkonsumsi. Jadi bagi Anda yang masih memiliki pohon yang satu ini, harap untuk selalu dirawat dan kalau bisa dikembangbiakkan.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikian pengertian pidato beserta contoh-contoh pidato, tujuan pidato, tata cara pidato, dan masih banyak lagi di atas, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan inspirasi kalian.

Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: