kerajinan dari Bambu

Kerajinan dari Bambu yang Kreatif dan Wajib Kalian Coba!

Kerajinan dari bambu – Bambu merupakan tergolong dalam jenis rumput yang memiliki rongga, dan ruas, walaupun tergolong sebagai rumput, bambu memiliki banyak manfaat.

Pada umumnya bambu terkenal dengan kekuatannya dan memiliki sifat fleksibel, sehingga pohon yang satu ini banyak di manfaatkan masyarakat sebagai kreasi.

Salah satu kreasi dari bambu adalah produk-produk perabotan rumah tangga seperti, kursi, meja, tempat tidur, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan bambu sebagai kerajinan yang unik dan menarik, lho.

Baca juga : Kerajinan dari limbah organik

Kelebihan dan Kekurangan Bambu

kerajinan dari bambu
From : Dekoruma

Jenis kerajinan dari bambu atau bahkan dari bangunan dan infrastruktur lainnya tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Adapun kekurangan dan kelebihan dari bambu antara  lain sebagai berikut :

Kelebihan dari kerajinan bambu :

  • Bambu lebih ringan dari pada kayu
  • Pengerjaannya lebih mudah
  • Penyambungannya lebih mudah
  • Biaya yang digunakan tergolong murah
  • Kuat dan tahan terhadap gempa
  • Memiliki daya lentur yang tinggi

Kekurangan dari kerajinan bambu :

  • Kurang kuat dengan beban dan tekanan yang besar
  • Tidak memiliki ketahanan terhadap rayap dan serangga lainnya
  • Rentan terhadap perubahan cuaca
  • Mudah lapuk
  • Mudah terbakar

Jenis-Jenis Bambu yang Dapat Digunakan Kerajinan Tangan

kerajinan dari bambu
From : Dekoruma

Sebelum kita membahas tentang kerajinan tangan dari bambu, alangkah baiknya jika kita mengetahui jenis bambu yang dapat digunakan dalam membuat kerajinan tangan.

Ternyata tidak semua jenis bambu dapat digunakan sebagai kerajinan tangan. Bukan berarti sama sekali tidak dapat digunakan lho ya. Hanya saja jika kita lihat dari segi kualitas, ada dua jenis bambu yang bagus untuk digunakan untuk kerajinan tangan.

Adapun jenis bambu tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bambu Tali (Gigantocloa apus)

Bambu tali pada umumnya dikenal dengan sebutan bambu apus, pring tali, atau awi tali. Jika dilihat dari segi tanamannya, bambu tali membentuk rompan yang rapat dan dapat tumbuh hingga 20 meter.

Alasan mengapa bambu tali digunakan sebagai kerajinan tangan adalah karena bamu tali memiliki batang yang kuat, lurus, dan lentur. Kualitasnya pun juga bagus, jenis bambu ini biasanya digunakan sebagai bahan baku alat musik.

2. Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

Bambu wulung bisanya disebut dengan ambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideang kalau di Sunda. Pastinya sudah jelas jika bambu wulung memiliki warna kehitaman.

Didaerah Jawa Barat, kita tentunya mengenal alat musik angklung bukan? nah, ternyata bahan dasar dari alat musik angklung adalah bambu wulung, lho.

Selain alat musik angklung,  alat musik gambang dan calung juga terbuat dari bambu wulung. Tidak hanya itu, bambu wulung biasanya juga dapat digunakan sebagai bahan mebel dan bahan dasar kerajinan tangan lainnya.

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Bambu

Adapun macam-macam kerajinan dari bambu yang unik dan kreatif adalah sebagai berikut ini :

1. Kerajinan dari Bambu – Lonceng Angin

Kerajinan dari Bambu
From : Mau tau aja

Lonceng bambu merupakan salah satu atribut bambu yang dapat menghasilkan suara yang unik. Lonceng bambu ini memiliki suara yang jauh lebih lembut dari pada lonceng yang terbuat dari besi.

2. Lampu Taman – Kerajinan dari Bambu

kerajinan dari bambu
From : inspirilo

Bambu yang memiliki corak yang lurus dan kuat sangat cocok jika dijadikan sebagai tiang lampu untuk penerangan outdoor. Kalian dapat memasanga lampu tersebut di taman atau disekitar kolam renang dan dapat juga dipasang didepan rumah sesuai dengan selera kalian.

3. Sekat Kamar Mandi Outdoor – Kerajinan dari Bambu

Kerajinan dari Bambu
From : Jejakmu Bapaness

Mandi di alam terbuka tentunya terasa sangat nikmat. Dengan nuansa alam yang indah, sejuk dan segar akan memberikan sensasi tersendiri saat kita membasuh diri. Tetapi kalian harus berhati-hati, kalau ada yang ngintip!

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kalian dapat menggunakan bambu yang disusun rapat sebagai sekat agar kamar mandi alam kalian aman dan tetap tertutup.

4. Dinding dari Bambu

kerajinan dari Bambu
From : Rooang.com
Kerajinan dari bambu
From : Pinterest

Jika kalian merasakan bosan dengan dinding rumah kalian yang begitu-gitu saja, kalian dapat menggunakan kerajinan dari bambu ini untuk memberikan nuansa baru untuk bagian dalam rumah kalian.

Pilihlah batang-batang bambu yang memiliki tekstur halus, kemudian lapisi dengan pelitur, dan setelah itu kalian dapat menatanya untuk menutupi dinding rumah kalian.

5. Bingkai Foto dari Bambu

kerajinan dari Bambu
From : Kaskus FJB

Bingkai foto yang satu ini pastinya akan mempercantik dinding rumah kalian. Selain keunikan dari bambu, juga akan memberikan nuansa alam.

Namun, bingkai foto dari bambu ini juga di bandrol dengan harga yang mahal. Tetapi, kalian jangan khawatir kalian dapat membuat bingkai dari bambu sendiri kok.

Alat dan bahan yang dihasilkan :

  • Bambu yang berukuran kecil
  • Gergaji
  • Pisau  atau cutter
  • Amplas
  • Lem kayu
  • Paku
  • Cat bening

Cara pembuatannya :

  1. Siapkan bambu yang sudah kering dan tua
  2. Ukurlah bambu sesuai dengan ukuran foto kemudian potonglah bambu sesuai dengan kreasi.
  3. Buatlah beberapa potong bambu sesuai ukuran yang sama panjang
  4. Susunlah 3 bambu menjadi satu dengan cara di lem
  5. Setelah kering ke 4 bambu tersebut satukan hingga menjadi satu hingga membentuk segi empat
  6. Lalu pakulah pada setiap ujung bambu agar lebih kuat lagi
  7. Kemudian yang terakhir cat bambu dengan menggunakan cat bening agar terlihat mengkilap
  8. Kalian juga dapat menambahkan manik-manik dan aksesoris sesuai yang kalian suka

6. Ayunan dari bambu

kerajinan dari bambu
From : Dictio.id

Sering kali orang yang membicarakan kalau ayunan merupakan mainan anak-anak. Memang sih permainan yang satu ini sangat seru, apalagi kalau mainan sama anak-anak.

Sering kali kita melihat ayunan yang terbuat dari ban bekas kalau nggak menggunakan besi. Ternyata, kalian juga dapat membuat ayunan sendiri dari bambu juga loh.

7. Kerajinan dari Bambu menjadi Gelas Cantik

kerajinan dari bambu
From : Viva
Gelas merupakan peralatan yang sering kali kita gunakan sebagai tempat minum air, dengan adanya gelas kita semakin mudah untuk minum air.

Tetapi, memakai gelas yang begitu-gitu saja bukannya membosankan juga bukan?  Kalian jangan khawatir, kalian dapat membuat sendiri gelas dengan memanfaatkan bambu yang ada di sekitar rumah kalian.

Bagaimana caranya? Yuk, semak berikut ini!

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat gelas bambu :

  • Gergaji
  • Amplas
  • cutter
  • Bambu ( gunakan yang kering dan sudah tua)

Cara pembuatan gelas bambu :

  1. Langkah pertama adalah ambillah bambu yang sudah benar-benar kering dan tua
  2. Potonglah bambu pada cincinya bambu hingga dapat menyerupai gelas
  3. Selanjutnya kalian amplas bagian luar bambu hingga halus atau kalian dapat mengkreasikan bentuk luar bambu dengan menggunakan bambu
  4. Jika ingin lebih bagus lagi kalian buat ukiran luar bambu dan tambahkan dengan cat agar lebih menarik lagi
  5. Kalian juga dapat membuat sesuai dengan kreasi yang kalian inginkan.

8. Kerajinan dari Bambu menjadi Rangka sepeda

Kerajinan dari Bambu
From: Regional Kompas

Kerajinan dari bambu yang satu ini juga sangat anti mainstream lho, sepeda yang terbuat dari bambu ini dibuat oleh Kang Gunawan dan kelompok Haur yang berasal dari Bandung.

Mereka tidak menggunakan jenis bambu yang sembarangan, melainkan mereka menguat sepeda dengan jenis bambu haur. Yang paling keren adalah sepedanya dapat terkenal sampai ke mancanegara lho. Hebat bukan?

9. Bingkai Cermin dari Bambu

kerajinan dari Bambu
From : Rak rumah sakit

Bagi kalian yang sudah bosan dengan cermin kalian yang memiliki model yang sudah umum, kalian dapat membuat bingkai cermin dari bambu lho.

Meskipun bukan menjadi hobi, bercermin sangatlah penting karena pastinya kita sangatlah harus memastikan penampilan kita sebelum kita bepergian.

10. Kerajinan dari Bambu menjadi tatakan Meja

Kerajinan dari Bambu
From : Toko mesin maksindo

Wih, ternyata membuat tatakan dari bambu cukup mudah, kerajinan dari bambu yang satu ini dapat memberikan sensasi yang berbeda yang dapat memberikan variasi warna yang cantik.

Caranya cukup mudah, kalian hanya tinggal memotong bambu yang memiliki panjang yang sama, lalu menyusun dengan rapat dan di tali dengan erat, setelah itu letakkan kaca di atasnya dan di lem.

11. Alat Makan dari Bambu

kerajinan dari Bambu
From : Masnid.com

Selain kerajinan tangan dari kayu kalian atau aluminium kalian juga dapat membuat kerajinan dari bambu ini untuk membuat alat makan.

Hanya membutuhkan kreatif seperti pengukir atau pemahat kalian sudah dapat menghasilkan alat makan dari bambu yang aman untuk digunakan, selain aman juga lucu dan menarik.

12. Jam Tangan dari Bambu

kerajinan dari bambu
From ; FJB kaskus

Tau nggak kalian jika ternyata bambu dapat di jadikan jam tangan yang super kece? Selain unik jam tangan dari bambu ini akan menjadikan penampilan kalian semakin kece dan menarik.

Dan pastinya teman-teman kalian masih banyak yang belum memiliki jam tangan yang terbuat dari bambu ini. Pastinya tidak kalah menarik dong dibandingkan jam tangan dengan yang terbuat dari karet.

13. Dipan dari Bambu

kerajinan dari bambu
From : Pinterest

Buat kalian yang bosan dengan dipan yang sudah familiar itu, kalian dapat menggunakan bambu untuk menjadikan sebuah dipan yang unik dan menarik.

Selain simple dipan dari bambu ini bisa kalian buat sendiri, bahannya juga mudah ditemukan dan sangat praktis.

Demikian kerajinan dari bambu yang bisa kalian praktekkan dirumah bersama dengan keluarga atau teman-teman kalian untuk mengisi waktu luang.

Dan kalian juga dapat menjadikannya sebagai hiasan rumah bahkan kalian juga dapat menjual belikan dengan harga yang terjangkau.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: