Tanaman Eceng Gondok

7 Kerajinan dari Eceng Gondok Beserta Cara Pembuatannya

Kerajinan dari eceng gondok – Eceng gondok merupakan tumbuhan yang hidup di air. Ketika sudah ada gerombolan kecil maka eceng gondok akan menyebar dengan cepat sekali.

Tanaman eceng gondok juga memiliki manfaat banyak sekali. Pertama dapat digunakan sebagai kerajinan dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman eceng gondok.

Tanaman Eceng Gondok

Tanaman Eceng Gondok
From : Greeners.Co

Tanaman eceng gondok adalah tanaman yang biasanya menjadi hama di perairan. Tetapi, dengan adanya kekreatifan tangan manusia serta kerja keras, maka eceng gondok dapat di ubah menjadi kerajinan yang memiliki daya jual yang tinggi.

Eceng gondok atau secara ilmiah disebut dengan Eichhornia crassipes, Setiap daerah di Indonesia tanaman yang satu ini tentunya memiliki nama yang berbeda-beda.

Seperti contoh, Didaerah Palembang tanaman satu ini lebih dikenal dengan sebutan kelipuk, kalau di Lampung dikenal dengan nama ringgak. Beda lagi jika di Dayak dikenal dengan sebutan ilung-ilung dan di daerah Manado lebih dikenal sebagai tumpe.

Nah, eceng gondok ini dikatakan sebagai gulma karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi dalam pertumbuhannya. Sehingga dapat merusak lingkungan perairan.

Cara menyebar eceng gondok adalah melalui saluran air ke tempat perairan yang lain sehingga tumbuhan tersebut akan berkembang biak di situ.

Eceng gondok meskipun hidup di air terkadang juga memiliki akar yang panjangnya mencapai 0,4-0.8 meter. Tidak memiliki batang dan juga memiliki daun tunggal serta berbentuk oval.

Memiliki ujung dan pangkal yang runcing, pangkal tangkai daunnya menggelembung. Daunnya berwarna hijau dan memiliki permukaan yang licin.

Bunga eceng gondok tergolong dalam bunga majemuk dan berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Bentuk bijinya bulat dan warnanya hitam. Buahnya berbentuk kotak beruang tiga dan warnanya hijau. Eceng gondok mempunyai akar serabut.

Cara Pembuatan Kerajinan dari Eceng Gondok

Cara Pembuatan Kerajinan dari Eceng Gondok
From : Enciety

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk membuat kerajinan dari eceng gondok adalah sebagai berikut :

1. Mencari Eceng Gondok

Mencari eceng gondok merupakan langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin membuat sebuah kerajinan dari eceng gondok. Sebenarnya juga bisa beli yang sudah kering dan siap diolah tetapi agar semakin hemat dan mantep saja.

Kalian dapat mencari eceng gondok di sepanjang aliran sungai. Kalau tidak mau repot bisa minta tolong sama warga sekitar, tetapi jangan lupa memberi sesuatu sebagai rasa terimakasih kita ya.

Selain kita mengumpulkan eceng gondok untuk dijadikan sebuah kerajinan, bisa bermanfaat juga untuk membersihkan aliran sungai dari hama yang satu ini. menyelam sambil minum air dong.

2. Mencuci Eceng Gondok

Nah, setelah kita mendapatkan eceng gondok, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan eceng gondok dari kotoran yang melekat dan membersihkan dari bau tidak sedap.

Mencucinya juga mudah kok, tinggal semprot pakai air bersih. Lalu, di banting-bantingkan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada eceng gondok

3. Memisahkan Eceng Gondok Dari Tangkai

Setelah eceng gondok bersih, barulah eceng gondok di pilah-pilah. Pisahkan antara batang dengan daunnya, langkah ini memiliki tujuan untuk mengklasifikasikan bahan mana yang akan dibuat jadi tas atau kerajinan lainnya.

Kalian dapat memisahkan eceng gondok tersebut dengan menggunakan pisau atau gunting yang ukurannya besar. Karena jika kita memisahkan tanpa menggunakan alat maka akan sulit. Eceng gondok memiliki sifat yang ulet dan juga keras.

4. Mengeringkan Eceng Gondok

Setelah batang dan daun terpisah, langkah selanjutnya adalah proses pengeringan. Paling gampang itu mengeringkan dibawah sinar matahari, Kalau kalian mau juga boleh kok berjemur menemani para eceng gondok.

Selain paling mudah, pengeringan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari akan menghasilkan eceng gondok yang memiliki kualitas yang bagus dari pada eceng gondok yang dikeringkan pakai oven atau alat pengering lainnya.

5. Membuat Pola Kerajinan

Setelah didapatkan eceng gondok yang kering, langkah selanjutnya adalah membuat pola kerajinan yang ingin dibuat. Pola ini akan mempermudah pembuatan sebuah produk. Kalau sudah ada polanya pekerjaan kita jadi lebih mudah, karena kita cukup mengikuti pola yang sudah ada.

6. Menganyam Eceng Gondok

Nah, setelah ada polanya tinggal kita membuat anyaman atau mungkin rajutan dari eceng gondok yang sudah kering. Pola biasanya digunakan kalau kita bikin anyaman.

Tetapi, kalau ingin membuat tas atau rajutan gitu, kita bisa menggunakan desain gambar biasa. Jadi kita tinggal mengikuti gambar atau pola yang sudah ada agar bisa menghasilkan produk yang sama.

Prodsen kerajinan biasanya bisa membuat desain yang berbeda-beda. Sehingga membuat produknya sedikit-sedikit saja tetapi bermacam-macam.

Bertujuan untuk menjaga ke langkaan produk agar tidak langsung umum di pasaran. Sehingga tidak banyak orang yang punya dan pastinya akan memiliki nilai jual yang tinggi.

7. Finishing

Pada langkah terakhir adalah cukup menambahkan aksesoris, warna atau mungkin memberi kain agar kerajinan jadi terlihat semakin cantik.

Selain menambahkan pernak-pernik, pada tahap ini kita juga harus mengecek kerapian dan kekurangan anyaman yang telah kita buat. Jangan sampai nanti produknya ada cacat atau kerusakan saat akan dipasarkan.

Baca juga : kerajinan kulit

Kerajinan Dari Eceng Gondok

Adapun beberapa kerajinan dari eceng gondok adalah sebagai berikut :

1. Kerajinan dari Eceng Gondok – Tas Cantik

Tas Eceng Gondok
From : Gambar pixabay
Tas merupakan kebutuhan karena tas biasanya digunakan untuk mempermudah seseorang dalam membawa barang.

Nah, bagi kaum wanita wajib memiliki kerajinan dari eceng gondok yang satu ini, selain bentuknya yang unik tentunya belum banyak orang yang memiliki tas yang seperti ini. Pastinya akan membuat fashion kalian menjadi lebih cantik lagi.

2. Sendal dari Eceng Gondok

Sendal dari Eceng Gondok
From : Facebook

Apakah kalian pernah memakai sendal seperti ini? Jika belum pernah, maka kalian harus mencobanya pasti kalian akan merasakan sensasi yang luar biasa. Selain unik sendal dari eceng gondok ini tentunya masih jarang orang yang memilikinya.

3. Topi dari Eceng Gondok

Topi dari Eceng Gondok
From : JakartaNotebook

Nggak perlu gengsi, topi dari eceng gondok akan menjadikan penampilan kalian lebih menarik lagi bukan? Dengan sensasi yang berbeda dan tentunya akan banyak orang yang ingin memikinya.

4. Taplak dari Eceng Gondok

Taplak dari Eceng Gondok
From : Shopee

Selain untuk mempercantik penampilan, ternyata eceng gondok ini juga dapat mempercantik ruang tamu kalian lho, taplak meja yang terbuat dari eceng gondok akan memberikan sensasi baru didalam rumah kalian.

Tak heran jika, harga jualnya mahal karena masih belum banyak orang yang memilikinya dan bentuknya pun juga unik.

5. Dompet dari Eceng Gondok

Dompet dari Eceng Gondok
From : Youtube

Sensasi baru buat kaum wanita yang suka belanja, yuk jangan lewatkan kalian juga harus memiliki dompet dari eceng gondok yang memiliki bentuk unik dan memiliki karakteristik yang cocok sekali untuk wanita.

6. Kursi dari Eceng Gondok

Kursi dari Eceng Gondok
From : BioCide
Kerajinan dari eceng gondok
From : Pinterst.com
Produk kerajinan eceng gondok dalam menghasilkan berbagai bentuk kerajinan mampu menghantar produknya ke pasar Amerika Serikat, Belgia dan Australia.

Peluang usaha anyaman dari bahan Eceng gondok untuk product Sofa model Minimalis masih sangat jarang.

Eceng gondok yang banyak dianggap sebagai tanaman musuh masyarakat karena menimbulkan masalah lingkungan. Terutama menggangu aliran air . Namun justru tanaman ini mempunyai potensi yang luar biasa .

Produk yang menarik adalah sofa berbahan anyaman eceng gondok . Satu set sofa tamu yang terdiri satu sofa besar , dua buah sofa kecil dan satu meja berkisar Rp 4.2 jt – Rp. 7.5 juta usaha yang sangat menguntungkan.

7. Meja dari Eceng Gondok

kerajinan dari eceng gondok
From : Bukalapak.com

Kerajinan dari eceng gondok memiliki beberapa motif salah satunya adalah meja dari eceng gondok. Meskipun memiliki material yang lentur tetapi sangatlah kuat dan tahan lama.

Bentuk meja yang menggembung akan menambahkan kesan yang sangat modern serta akan terasa lembut dan nyaman untuk diduduki.

Demikian 7 kerajinan dari eceng gondok dan cara pembuatanya diatas semoga dapat bermanfaat dan menjadikan peluang usaha untuk kalian semua. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: