kerajinan dari kain perca

7+Ide Kreatif Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah dan Inovatif

Kerajinan dari kain perca – Ada yang tau nggak kain perca itu apa? Nah, memang sih kalau kain perca itu ibaratkan sampah. Tetapi jangan salah kain perca memiliki manfaat yang sangat banyak. Banyak sekali kerajinan yang di sulap menjadi kerajinan yang unik dari kain perca.

Terus kerajinan apa saja yang dapat dibuat dari kain perca? Dan bagaimana cara membuat kerajinan tersebut? Untuk kalian yang belum pernah membuat kerajinan dari kain perca nggak usah khawatir, pada artikel kali ini saya akan memberikan ide kerajinan dari kain perca sekaligus cara pembuatannya.

Penasaran?

Yuk, simak berikut ini!

Pengertian Kain Perca

Pengertian Kain Perca
From : Menurut Admin

Kain perca merupakan salah satu kain sisa yang dapat digunakan  sebagai kerajinan dan bahannya pun sangat mudah untuk didapatkan. Biasanya kain perca banyak ditemukan di tukang jahit atau produksi seperti konveksi.

Kain perca dapat menjadi peluang bisnis yang sangat besar jika kalian sudah mengetahui tekniknya. Kalian harus mengetahui kerajinan-kerajinan yang dapat dibuat dari kain perca.

Baca juga : kerajinan dari limbah organik

Contoh Ide Kerajinan dari Kain Perca

Contoh Ide Kerajinan dari Kain Perca
From : prelo
Mendayagunakan limbah dan mengubahnya menjadi suatu hal yang bermanfaat merupakan cara cerdas untuk mengatasi krisis kebersihan yang terjadi di lingkungan, sekaligus membuka peluang lapangan kerja yang baru.

Tanpa kalian sadari, banyak kain di dalam lemari pakaian kalian seperti celana, baju, atau kain lainnya yang sudah tidak terpakai lagi entah karena ukurannya sudah tidak muat atau mungkin karena warnanya sudah pudar dan tidak layak lagi dipakai.

Dari pada kalian bingung, kalian bisa menggunakannya sebagai kerajinan yang sangat bermanfaat dan mengesankan tentunya.

Banyak sekali bentuk dan produk yang dapat kalian hasilkan dari kain perca  yang mana ide-ide kreatif kerajinan tangan dari benda-benda yang sudah tidak terpakai disulap menjadi kkerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa alat seperti gunting, benang, jarum dan hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan.

Adapun beberapa ide kreatif kerajinan dari kain perca adalah sebagai berikut :

1. Pigura Cantik dari Kain Perca

pigura cantik dari kain perca
From : Tokopedia

Bukan hanya dari kerajinan kayu atau dari kerajinan kertas saja. Ternyata kalian juga membuat pigura dengan menggunakan kain perca lho, yakin deh pasti dinding kalian akan kelihatan menarik dan lucu.

Bagaimana cara membuatnya? caranya adalah dengan sebagai berikut ini :

  • Siapkan kardus dan buatlah dua pola pigura untuk bagian depan dan belakang. Bentuk bisa bervariasi sesuai selera. Namun kali ini saya mengambil pola kotak yang lebih mudah.
  • Siapkan juga kain perca yang telah digabung sehingga menjadi kain yang beragam warna.
  • Gunting mika sesuai dengan pola kardus lalu rekatkan pada bagian kardus.
  • Selipkan foto dibalik mika, lalu tempelkan kedua pola kardus hingga foto berada ditengah kemudian lem pinggiran kardus.
  • Gunting kain perca mengikuti pola di kardus sebanyak 4 buah (dua untuk kota yang utuh, dan 2 lagi untuk kotak yang berlubang).
  • Tempelkan pola kain perca berlubang di kedua sisi kardus kotak berlubang.
  • Untuk hiasan bisa di percantik sendiri sesuai keinginan kalian.
  • Terakhir berikan benang disisi atas apabila ingin digantung. Selesai deh sobat!

2. Kotak Pensil Sederhana dari Kain Perca

Kotak pensil sederhana dari kain perca
From : Adahobi

Bosan dengan kotak pesi yang gitu-gitu saja? yuk, buat kotak pensil yang lucu dari kain perca! tidak sampai menghabiskan waktu seharian kalian sudah mempunyai kotak pensil yang lucu.

Berikut adalah cara pembuatannya :

  • Siapkan kain perca yang telah disusun sesuai selera.
  • Gunting kain perca dalam dua ukuran 15-20 cm. Buatlah dua buah potongan kain perca.
  • Hubungkan kedua sisi kain perca yaitu jahit setiap sisi dengan rapi.
  • Pasangkan resleting pada sisi atas kain.
  • Jahit resleting dengan rapi. Tambahkan hiasan sesuai selera. Selesai deh!

3. Taplak Meja – Kerajinan dari Kain Perca

Taplak Meja - Kerajinan dari kain perca
From : Hamparan

Jika kalian memiliki kain perca dengan berbagai motif dan warna warni dalam jumlah banyak, cobalah untuk mengkreasikan kain perca tersebut untuk menjadi sebuah taplak meja yang cantik ini.

Taplak meja yang cantik dan unik dengan paduan berbagai macam motif dan warna yang disusun secara zig-zag sehingga akan menghasilkan pola yang tidak biasa, dan pastinya dapat menghiasi meja di rumah kalian sehingga menjadi sempurna.

Teknik pembuatan taplak meja ini biasanya menggunakan mesin jahit. Atau kalian juga bisa menjahitnya secara manual, tetapi cara tersebut akan memakan waktu yang sangat banyak.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan kain perca yang ada, lalu memotong semua kain perca tersebut dengan ukuran yang sama sehingga membentuk persegi.

Langkah selanjutnya, tata kain perca tersebut dengan pola 2-4-5-5-4-2. Maksudnya adalah tata 2 kain perca pada bagian atas, kemudian 4 kain perca pada baris lalu, 5 kain perca pada baris ketiga, keempat, dan seterusnya, setelah itu 4 dan 2 kain perca lagi pada ujung lainnya.

Setelah kalian menentukan pola taplak meja yang sesuai, kalian dapat menjahitnya dengan mesin jahit. Pastikan tidak ada warna yang bersebelahan agar taplak meja terlihat lebih beragam dan menarik.

Untuk menimbulkan kesan lebih berisi, kalian dapat menambahkan kain putih polos untuk bagian belakangnya dan cotton batting pada bagian tengahnya. Rekatkan dengan jarum untuk sementara agar kalian dapat menggunting pola yang sama dengan taplak yang zig-zag.

4. Selimut yang Lucu dan Unik – Kerajinan Kain Perca

kerajinan kain perca selimut lucu
From : BP Guide

Bagi kalian yang bosan dengan motif selimut yang gitu-gitu saja, ini adalah saat yang tepat untuk membuat kerajinan dari kain perca yang unik dan kreatif.

Cara membuat selimut hampir sama dengan pembuatan taplak meja yaitu dengan menggunakan teknik quilting. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyatukan potongan-potongan kain perca yang berbentuk persegi dengan menggunakan mesin jahit.

Jika pada umumnya menyembunyikan jahitan-jahitan yang tidak rapi, yang satu ini berbeda membiarkan tampak jahitan yang tidak rapi akar dapat menimbulkan kesan yang berbeda.

Kemudian, tambahkan kain dasar pada bagian alas dan bagian belakang selimut, quilting vinyl, dan letakkan kain perca tersebut diatas quilting vinyl.

Setelah itu jahitlah tiga lapis tersebut menjadi satu. Jangan lupa jahit juga potongan kain perca sehingga dapat membentuk motif jahitan yang menyerupai huruf X.

Jika kalian tidak menemukan kain quilting vinyl, kalian dapat menggantinya dengan menggunakan kain flanel karena kedua kain tersebut memiliki tekstur yang sama.

5. Bantal Motif – Kerajinan Kain Perca

Bantal Motif - Kerajinan Kain Perca
From : Dekoruma

Tutorial kreasi kain perca lainnya yaitu kalian dapat mengimplementasikan dirumah kalian sendiri yaitu membuat bantal dari kain perca.

Bantal merupakan benda yang digunakan setiap hari-hari. Tetapi, jika setiap hari akan terasa bosan jika sarung bantal yang digunakan bentuknya seperti itu saja.

Kalian dapat memanfaatkan sisa kain kalian yang sudah tidak terpakai untuk membuat sarung bantal kain perca dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan kain perca sangatlah sederhana dan mudah untuk ditemukan yaitu kain kain perca, gunting, penggaris, jarum jahit, dan benang.

Jangan lupa busa bekas dari sarung bantal yang lama dan aksesoris perlengkapan seperti resleting, pita, renda, kancing, payed dan sebagainya.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengukur terlebih dahulu panjang dan lebar sarung bantal sebelumnya, ukuran standar yaitu 30  x 30 cm.

Setelah itu ukur dan gunting kain perca menjadi 30 x 30 cm atau kamu juga dapat mencampurkan kain perca menjadi 3,4, atau 5 bagian corak dan motif.

Buatlah beberapa  potongan kain perca agar dapat memperkuat ketahanan kain perca  supaya tidak mudah robek. Buatlah dua sisi yaitu depan dan belakang, kemudian jahit dan sisakan bagian atas untuk tempat resleting dan mengisi busa.

Setelah itu ukur dan jahitlah resleting, agar sarung bantal semakin unik dan lucu, kalian juga dapat menambahkan aksesoris seperti renda, pita, atau kancing disisi tengah maupun kanan dan kiri bantal.

Kemudian, kalian sudah bisa memasukkan busa ke dalam sarung bantal tersebut. Hasil kerajinan dari kain perca yang sederhana ini dapat kalian letakkan di ruang tamu atau digunakan untuk tidur.

6. Tas Wanita – Kerajinan Kain Perca

Tas Wanita - Kerajinan Kain Perca
From : Mizutex.com

Bagi kalian yang pecinta tas, memiliki tas dari kain perca adalah suatu keharusan. Selain bentuknya yang unik dan lucu tentunya akan menjadikan penampilan kalian lebih indah lagi, lho.

Dengan memanfaatkan kain yang sudah tidak digunakan kalian dapat membuatnya sendiri di rumah. Kalian dapat membuatnya sesuai dengan kreasi dan kreativitas yang kalian miliki.

Kalian juga dapat menambahkan aksesoris serta kreasi yang lainnya agar tas buatanmu semakin indah dan menarik.

7. Sampul Buku – Kerajinan dari Kain Perca

Sampul Buku - Kerajinan dari Kain Perca
From : BP Guide

Buat kalian yang bosan dengan sampul buku yang gitu-gitu saja, kalian dapat membuat sampul buku dari kain perca yang unik dan lucu lho.

Sebenarnya kalian juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai seperti baju yang sudah di pakai dan kain lainnya.

Dengan begitu kalian akan tidak bosan lagi dengan buku kalian, dan menjadikan semangat untuk belajar dengan buku yang menarik dan unik.

8. Bros – Kerajinan dari Kain Perca

Bros - Kerajinan dari Kain Perca
From :Buat Blog

Selain digunakan untuk kebutuhan dirumah kerajinan dari kain perca ini juga dapat dijadikan sebagai aksesoris yang dapat menunjang penampilan salah satunya adalah bros cantik dari kain perca ini.

9. Bedcover Unik dari Kain Perca

Bedcover Unik dari Kain Perca
From : santaidamai.com

Sering kali kita melihat tempat tidur dengan bedcover dengan bahan yang mewah tetapi tidak ada nilai seni yang di miliki.

Nah, kalian dapat membuat bedcover dari kain perca tanda harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Selain itu kain perca akan memiliki nilai yang lebih tinggi.

Jangan khawatir bedcover dari kain perca akan mebuat kamar tidur kalian kelihatan lebih elegant dan unik.

Jika kalian sudah bisa membuat bros dan kerajinan lainnya dari kain perca, tentunya kalian akan menghemat uang bukan?

Itulah tadi beberapa cara untuk  membuat kerajinan dari kain perca  yang sudah tidak terpakai. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan motivasi untuk kalian semua.

Jangan lupa share dan jika kalian suka dengan kerajinan ini jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini. Terimakasih.

1 komentar untuk “7+Ide Kreatif Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah dan Inovatif”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: