kerajinan dari lilin

Kerajinan dari Lilin: Jenis, Manfaat dan Cara pembuatannya

Kerajinan dari lilin – Sekitar pada  tahun 3000 sebelum masehi sudah banyak orang  yang menggunakan lilin. Awal mulanya hanya menggunakan alang-alang yang digunakan untuk sumbu dan lemak sapi merupakan bahan utama untuk menyelimuti sumbu tersebut.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali orang yang memodifikasi lilin menjadi alat penerangan. Tidak hanya itu, lilin juga dapat digunakan untuk kerajinan dari lilin hias yang bisa mempercantik suasana didalam rumah.

Pengertian Kerajinan dari Lilin

Pengertian kerajinan dari lilin
From : Esaay.Co.Id
Kerajinan lilin merupakan suatu kerajinan tangan yang berbahan dasar dari lilin. Cara pembuatan kerajinan dari lilin juga cukup mudah, hampir semua orang bisa melakukannya.

Menyulap lilin batangan menjadi salah satu kerajinan yang sangat unik yaitu dengan cara melelehkan lilin terlebih dahulu. Nah, dalam proses pelelehan ini kalian harus berhati-hati karena ketika terkena tetesan lilin cair yang panas akan menyebabkan tangan menjadi melepuh.

Baca juga : Kerajinan dari bambu

Jenis-Jenis Lilin

Lilin sendiri juga memiliki beberapa jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis lilin adalah sebagai berikut :

1. Lilin Mineral

jenis kerajinan dari lilin
From : Republika.com
Ternyata tidak hanya air yang mineral tetapi lilin juga ada yang berjenis mineral lho. Nah, minyak bumi juga dapat menghasilkan lilin mineral yang banyak juga. 

Lilin minyak bumi memiliki sifat tahan kelembaban, tidak memiliki bau dan juga rasa. Lilin juga dapat digunakan sebagai salutan kedap air da juga berbagai jenis kertas dan karton.

Lilin mineral memiliki tiga jenis antara lain sebagai berikut :

  • Parafin
  • Petrolatum
  • Mikrokristalin

Nah, tiga jenis lilin tersebut memiliki jenis yang berbeda-beda mulai dari warna, kekerasan, dan juga titik lelehnya.

2. Lilin Batik

Lilin Batik
From : Tokopedia.com

Lilin batik merupakan bahan yang digunakan sebagai penutup kain mori dari gambar motif batik. Sehingga, permukaan kain tersebut dapat menolak atau resist terhadap warna yang diberikan terhadapa kain yang telah ditutup dengan lilin tersebut.

Lilin batik tidak hanya terdiri dari satu bahan saja, melainkan ada campuran dari bahan pokok lainnya. Seperti gondorukem, matakucing, damar, parafin, dan lain-lain.

3. Lilin Nabati

Nabati
From : Masnid.com

Jenis lilin selanjutnya adalah lilin nabati, yaitu lilin yang dimiliki oleh banyak tumbuhan yang dapat untuk melindungi diri. Lilin carnauba (komponan utama mirisil serotat) yaitu lilin yang diperoleh dari tumbuhan siwalan yang tergolong lilin paling keras dan banyak digunakan.

Seperti yang digunakan pada poles cat mobil dan dalam salutan tablet lilin jojoba. Lilin jojoba sendiri juga diperoleh dari biji perdu gurun Arizona yang dikembangkan untuk digunakan sebagai pengganti spermaseti.

4. Lilin Gel

Lilin Gel
From : Alibaba.com

Tahu nggak kalian apa itu gel? gel merupakan bende kenyal yang cara pembuatannya seperti slime atau lendir. Pembuatan lilin gel ini tidak jauh beda dengan pembuatan gel biasanya.

Lilin gel ini bisa dituangkan dibentuk tempat yang berbeda-beda. Bentuk yang dibuat secara transparan dan kenyal, bisa dibuat dengan mempertahankan bentuk lilin tersebut.

5. Lilin Elektrik atau Flameless Lilin

 Elektrik
From : Ugetuget.com

Dari jauhan lilin elektrik terlihat sama dengan lilin pada umumnya. Tetapi, jika dilihat dari dekat lilin ini memiliki suatu keunikan. Lilin ini adalah lilin elektrik yang berbentuk LED flameless yang memiliki kegunaan khusus dan tidak menimbulkan kebakaran.

Cara pemakaiannya juga mudah, hanya tinggal menekan tombol remote. Mudah dibawa kemana-mana dan tanpa khawatir tetesan yang ditimbulkan oleh lilin pada umumnya.

Tetapi, proses pembuatan lilin yang satu ini berbeda dengan lilin yang pada umumnya. Dan lilin ini akan menimbulkan asap yang dapat membuat orang menjadi cemas.

6. Lilin Pilar

kerajinan dari lilin
From : Blogspot.com

Lilin pilar memiliki sifat yaitu berbentuk silinder dan berkulit tebal. Lilin yang satu ini akan menghasilkan cahaya ambien dan dapat ditempatkan disamping rumah.

Lilin pilar ini tergolong dalam kerajinan bahan lunak yang nantinya akan menjadi karya seni. Nah, kerajinan ini memiliki teknik ukir untuk memberikan sensasi terbaik dan tidak sembarangan orang bisa melakukannya.

Cara untuk Membuat Kerajinan dari Lilin

Cara untuk Membuat Kerajinan dari Lilin
From : Iyaa.com

Jika kalian sudah mengetahui jenis-jenis lilin, maka kalian juga harus tahu tentang bagaimana cara pembuatan kerajinan dari lilin dong.

Yuk, simak berikut ini :

Alat dan Bahan Kerajinan dari Lilin

Adapun peralatan yang harus dipersiapkan dalam pembuatan kerajinan dari lilin adalah sebagai berikut :

  • Lilin bekas parafin
  • Sumbu lilin
  • Pisau
  • Kompor
  • Panci 2 buah ukuran kecil dan besar
  • Air
  • Zat pewarna lilin
  • Pengharum atau wewanginan
  • Kayu untuk mengaduk

Langkah-langkah Pembuatan Kerajinan Lilin

Berikut adalah langkah-langkah yang digunakan untuk membuat kerajinan dari lilin adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan lilin yang sudah ada. Kemudian potonglah menjadi kecil-kecil dengan menggunakan pisau untuk mempermudah dan mempercepat proses pelelehan.
  2. Isilah panci besar dengan air, setelah itu masukkan potongan lilin kedalam panci yang sudah ada airnya. Sebagai peringatan, jangan melelehkan lilin saat panci tidak ada airnya.
  3. Nyalakan kompor ketika proses pelelehan lilin dan secara otomatis lilin akan meleleh dengan perlahan. Aduklah menggunakan kayu untuk proses pembuatannya.
  4. Tambahkan pengahrum lilin atau wewanginan untuk memberikan bau yang bisa menarik hati.
  5. Tambahkan zat pewarna berbahan kimia. Jangan menggunakan zat pewarna makanan, karena tidak cocok dengan lilin.
  6. Siapkan gelas untuk meletakkan lilin yang sudah cair tadi.
  7. Taruh sumbu lilin di dalam gelas dan jepit sumbu lilin tersebut dengan jepit jemuran atau bisa menggunakan jepit yang lainnya.
  8. Tuangkan lilin secara perlahan sampai menutupi permukaan wadah. Jangan sampai penuh.
  9. Diamkan lilin sampai mengeras. Lebih lama didiamkan lebih bagus hasil yang didapat nanti.
  10. Setelah didiamkan beberapa lama, lilin siap untuk dijadikan hiasan dalam rumah.

Manfaat Lilin yang sangat Menggiurkan

Manfaat Lilin
From : Tribun news

Tahukah kalian, selain untuk menerangi lilin juga memiliki banyak manfaat lho. Nah, adapun beberapa manfaat dari lilin adalah sebagai berikut :

1. Lilin sebagai Penerangan

Penerangan
From : Grid.ID

Pada umumnya, lilin memiliki fungsi yang utama adalah untuk penerangan yang tersusun dari sumbu yang diselimuti bahan bakar padat. Lilin ini juga memiliki fungsi sebagai alternatif pengganti pencahayaan saat listrik mati.

2. Lilin untuk Membuat Patung

Lilin untuk Membuat Patung
From : detikFood

Lilin juga dapat dimanfaatkan sebagai patung. Tepatnya di London, Inggris terdapat museum lilin yang terkenal dengan nama Madame Tussaud. Cabangnya pun sudah banyak di kota-kota besar didunia.

3. Lilin Sebagai Pelumas

Lilin Sebagai Pelumas
From : Devenews.com

Nah, lilin batang memiliki sifat yang licin yang bertahan sampai saat ini. Sifat lilin yang seperti ini dapat digunakan sebagai pelumas. Ketika resleting kalian macet, kalian dapat menggunakan lilin agar menjadi lancar. Caranya kalian dapat menggosok-gosokkan ke resleting yang macat.

Lilin ini juga berguna pada pintu kalian jika berbunyi/berdecit kalian dapat menggosokkan lilin ke engsel pintu agar pintu kalian dan suara berdecit akan hilang.

4. Lilin Sebagai Pelapis Anti Air

Lilin Sebagai Pelapis Anti Air
From : Fitinline.com

Selain untuk penerang ruangan lilin juga memiliki fungsi untuk kehidupan sehari-hari lho. Mengapa kok begitu? Karena lilin memiliki sifat yang kedap terhadap air (anti air). Kalian dapat menyelamatkan kertas dari air dengan cara menggosokkan lilin pada permukaan kertas.

5. Lilin Sebagai Penyimpan Jarum

. Lilin Sebagai Penyimpan Jarum
From : masnid.com

Nah, buat kalian yang pelupa ketika menyimpan jarum, kalian dapat menggunakan lilin sebagai tempat penyimpanan jarum. Mudah kok kalian tinggal menancapkan jarum ke lilin lalu simpan deh.

6. Kerajinan dari Lilin Sebagai Hiasan

hias
From : Elnuha,com

Lilin dapat juga digunakan sebagai hiasan lho, Kalian hanya modal kreatifitas untuk menjadikan lilin menjadi kerajinan yang unik dan menarik.

Tidak hanya itu kalian juga dapat menjadikan lilin hias menjadi souvenir yang unik dan menjadikan kenang-kenangan yang mengesankan.

Banyak sekalian pengrajin yang sudah faham tentang tutorial lilin hias kalian dapat belajar kepada mereka.

7. Lilin Untuk Membatik

cara membuat
From : Gunungkidul.com

Kerajinan bahan lunak ini termasuk bahan yang dipakai untuk menutup permukaan kain mori menurut motif batik. Sehingga, permukaan yang tertutup bisa menolak atau resist terhadap warna yang diberikan pada kain tersebut.

Jenis lilin batik ini ada tiga, yaitu

  1. Lilin tembokan untuk nembok
  2. Lilin klowong untuk ngelowong dan isen-isen
  3. Lilin biron untuk mbironi

8. Lilin sebagai aroma terapi

tutorial
From : Rumah123.com

Kerajinan dari lilin juga bisa membantu untuk menghilangkan stress. Lilin aroma terapi ini berasal dari minyak astiri atau minyak esensiel yang dianggap mampu mengatasi beban pikiran.

Efek dari penggunaan lilin aroma terapi ini adalah bisa membuat tubuh menjadi terasa rileks, meningkatkan mood dan mengatasi insomnia atau gangguan tubuh. Bisa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melegakan pernapasan seperti asma.

Berikut berbagai contoh lilin aroma terapi yang bisa dipilih:

  1. Lilin aroma anggur untuk mengatasi keluhan akibat demam, flu dan menghilangkan sakit kepala.
  2. Lilin aroma jeruk untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Lilin aroma lavender untuk mengatasi permasalahan nyamuk di dalam rumah.
  4. Lilin aroma melati untuk menyegarkan hubungan dengan pasangan.
  5. Lilin aroma kenanga untuk meningkatkan kekebalan tubuh atas penyakit serta membangkitkan gelora cinta di dalam diri orang.

9. Lilin untuk kecantikan dan kesehatan

kerajinan dari lilin sebagai terapi
From : Masnid.com
Lilin lebah merupakan salah satu jenis lilin yang bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Lilin lebah biasanya digunakan untuk membuat kosmetik, pengisi lubang pada gigi berlubang.

Selain itu, lilin lebah juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk mengobati luka, mengobati penyakit lupus, mengobati kotoran telinga dan mengatasi masalah kulit.

10. Lilin Sebagai Pelapis Sekop

kerajinan dari lilin utuk pelapis
From : Tokopedia.com

Lilin juga dapat digunakan sebagai pelapis sekop ketika membersihkan salju agar tidak menempel antara permukaan sekop dengan salju.

11. Lilin Juga Dapat Digunakan untuk Membuat Bros

kerajinan lilin menjadi ukiran
From : Liputan6.com

Dalam pembuatan aneka kreativitas seperti bros buatan tangan atau bisa juga pin yang memerlukan perekat ke peniti dibagian belakangnya.

Maka dari itu, lilin adalah bahan yang tepat buat solusinya, karena lilin ini biasanya dikenal dengan lem lilin. Nah, lem lilin yang bisa dipakai untuk melekatkan bros dan peniti ini sangat mudah sekali ditemukan di toko-toko atau pasar terdekat kalian.

Sekian dari penjelasan singkat mengenai kerajinan dari lilin diatas semoga bermanfaat dan dapat menambah kreatifitas kalian semua.

Jika kalian suka dengan artikel diatas jangan lupa share kepada teman-teman kalian dan tinggalkan komentar di bawah ini, Terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: