kerajinan dari limbah plastik

Kerajinan dari Limbah Plastik dan Cara Pembuatannya

Kerajinan dari limbah plastik – Bisa dikatakan seseorang yang menyukai bahkan bekerja dalam bidang bisnis mampu melihat peluang sekecil apa pun.

Kerajinan dari limbah plastik? Banyak orang dengan jiwa usaha berpikir bahwa botol-botol bekas bisa dijadikan menjadi sebuah karya menjadi nilai jual tinggi.

Namun, perlu adanya sentuhan kreativitas agar mampu menarik perhatian orang lain untuk membelinya.

Kamu juga bisa mulai berwirausaha sosial, dengan memberdayakan masyarakat suatu daerah dalam membantu projek bisnismu.

Simak inspirasi kerajinan dari limbah plastik berikut ini dan mulai bangun produkmu sendiri.

Di beberapa wilayah sampah plastik bukan menjadi masalah lagi. Banyak orang-orang yang sudah memperhatikan keadaan lingkungannya dengan memanfaatkan sampah plastik. Limbah plastik dibuat menjadi kerajinan tangan yang sangat lucu.

Permasalahan sampah plastik memang hingga sekarang tak pernah usai. Sampah plastik menjadi masalah serius, sebab sampah ini dipakai hanya jangka waktu yang sebentar.

Tetapi, sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai oleh tanah, dengan jangka waktu kerang lebih hingga 450 tahun.

Sampah plastik contohnya bungkus kopi instant, detergen, dan botol plastik faktanya masih dapat dipakai untuk hal-hal lain. Dari sampah plastik, limbah tersebut masih bisa diolah menjadi barang-barang yang mempunyai harga.

Membuat Kerajinan Dari Limbah Plastik Bekas

Limbah Plastik Bekas
From : liputan6.com

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kantong plastik itu sampah yang tak ada gunanya, namun di mata pengrajin kantong plastik itu dapat di jadikan Kerajinan Tangan yang bisa menjadi alternatif peluang usaha.

Di era modern ini, plastik merupakan bahan yang paling diminati dan menjadi kebutuhan setiap orang.

Namun bekas dari sampah plastik menjadi ancaman yang besar bagi kehidupan. Maka dari itu dengan mencegah pemakaian bahan yang berasal dari plastik atau mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang berguna.

Sampah plastik bisa diolah menjadi aneka Kerajinan dari limbah sampah plastik yang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik.

Untuk itu anda dapat mendaur ulang sampah plastik menjadi suatu kreasi kerajinan tangan yang memiliki potensi yang amat sangat luar biasa indahnya.

Hal pertama untuk membuat kerajinan dari limbah plastik adalah memilih sampah basah dan sampah kering lalu dipisahkan. Kemudian sampah kering seperti bungkus minuman kopi, mi instan dan susu dibersihkan.

Selanjutnya sampah plastik yang selesai dicuci dan dikeringkan lalu di cincang menyerupai bentuk kerajinan yang ingin dibuat. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan dibuat.

Setelah dipotong mengikuti dengan pola, langkah berikutnya yaitu menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan dari penjahit.

Sekarang ini Kreatifitas dari bekas plastik sudah menjadi barang fashion tersendiri yang di dapatkan dari sampah daur ulang atau kita sebut trashion. Trashion adalah fashion yang dibuat dengan sampah.

Jika sudah menjadi trashion nanti, produk kerajinan dari daur ulang sampah kering sudah bisa kita nikmati bukan saja dari kalangan masyarakat bawa dan menengah.

Tetapi masyarakat kalangan atas juga sering memperhatikan kualitas produk kerajinan dari limbah plastik.

Contoh Kerajinan dari Limbah Plastik yang Unik

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan dari limbah plastik yaitu :

1. Kerajinan Cantik Dengan Plastik Sedotan

Kerajinan Cantik Dengan Plastik Sedotan
From : Youtube.com

 

Plastik sedotan adalah sebagian jenis bahan yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Fungsi utamanya adalah untuk meminum air.

Walaupun begitu sedotan dapat juga digunakan untuk membuat macam-macam jenis kerajinan yang unik dan menarik.

Jadi, ini cukup bagus untuk Anda yang sekarang mempunyai banyak sedotan dirumah hehe. Juga Karena harga sedotan sangat murah membuat anda semakin hobi membuat kerajinan.

Biar tidak Penasaran langsung saja kita lihat berbagai kerajinan tangan dari plastik sedotan, langsung gass kuy kerajinan dari limbah plastik sedotan.

Setiap kita membeli minuman botol atau bahkan minuman dalam kemasan pasti juga diberi sedotan agar mudah saat meminumnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika terdapat banyak limbah sampah plastik sedotan disekitar kita, baik di tempat sampah maupun yang tercecer berserakan di berbagai sudut jalan.

Tetapi, dengan melalui tangan seniman sebuah sedotan yang biasanya hanya dipakai untuk menyeruput minuman biasa menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Bekas sedotan plastik yang sering kita buang ini ternyata bisa menjadi karya seni yang dapat mempercantik rumah biar lebih berwarna.

Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Plastik Sedotan Berbentuk Bunga 

Adapun perlengkapan yang dibutuhkan ialah sebagai berikut :

  • Sisir Gerigi
  • Gunting
  • Jarum
  • Penggaris
  • Tang

Bahan yang diperlukan :

Yang pasti kita butuhkan adalah sedotan ya. Biar Lebih cantik ambilah sedotan yang warna-warni, ataupun motif yang berbeda beda. Ketik memilih harus dipertimbangkan benar bunga apa yang akan di pakai.

Misalnya membuat bunga matahari, maka digunakan sedotan warna kuning, membuat bunga mawar maka di gunakan sedotan warna merah tua ataupun merah muda, membuat bunga teratai maka digunakan sedotan warna ungu muda, atau putih jika membuat bunga melati, maka jangan gunakan warna ungu.

Bahan tambahan ;

Untuk membuat sedotan menjadi kerajinan, kita butuh bahan-bahan pendukung lainnya. Bahan pendukungnya adalah tangkai bunga yang siap pakai, kawat, sellang kecil untuk balutan kawat, sari, kelopak, daun , soon z vas bunga, senar dan pola dasar.

Bahan pendukung ini juga perlu dipilih. Seperti membuat bunga, perlu disesuaikan dengan jenis putik-nya, duri-nya, mahkota-nya, dan daun-nya.

Karena jika tidak dipilih sesuai jenisnya misalnya menyambungkan antara bunga anggrek dengan bunga matahari maka hasilnya menjadi aneh.

Agar bunga dari sedotan ini memiliki tampilan yang lebih baik dan cantik kita perlu bahan pendukung. Gunakanlah secara bersama dengan bahan utama dan alat lainnya.

Agar ketika proses pembuatan nya tidak bingung. Pisahkan masing-masing bahan dan alat pembuatnya agar muda di gunakan.

2. Kerajinan dari Limbah Plastik Menjadi Pot Tanaman Gantung

Kerajinan dari Limbah Plastik Menjadi Pot Tanaman Gantung
From : Toko mesin Meksindo

 

Dalam pembuatan pot tanaman gantung, kalian memerlukan botol bekas yang lebih tebal seperti bekas botol minuman bersoda. Kemudian, cari kawat atau tali, juga siapkan cutter, gunting dan spidol.

Jangan lupa cuci botol sampai bersih, lalu tandai di bagian yang hendak di potong setinggi sekitar setengah botol. Anda bisa menyesuaikan bentuknya seperti kreatifitas Anda.

Potong bagian yang sudah kalian tandai secara pelan, jangan lupa rapikan dengan gunting. Lalu, buat gantungan dengan melubangi bagian kepala botol. Setelah itu masukkan kawat atau tali secara pelan dan menariknya.

Anda sudah bisa memasukkan tanah ke dalamnya. Lalu, tanaman yang hendak ditanam juga sudah bisa mulai ditanam. Ingat, untuk drainase air, lubangi bagian bawahnya dengan paku.

3. Kerajinan dari Limbah Plastik Menjadi Tempat Pensil dan Ballpoint

Kerajinan dari Limbah Plastik Menjadi Tempat Pensil dan Ballpoint
From : Youtube.com

Kalian juga bisa membuat tempat pensil dan pena dari bahan botol air mineral. Siapkan juga bahannya seperti selotip dan gunting. Cara membuat dengan cara menyiapkan botol bekas air mineral, dan buang label air mineralnya.

Kemudian, potong bagian atas botol, dan masukkan semua alat tulis Anda sampai penuh di dalam itu. Setelah itu, siapkan selotip, lalu tempelkan bagian atasnya dengan potongan tutup botol yang sudah dipotong.

Langkah selanjutnya Anda bisa mendesain atau menghias bagian luarnya dengan spidol permanen, atau menempelkan aksesoris yang menarik di bagian luarnya.

4. Mengubah Limbah Plastik Menjadi Celengan Cantik

Mengubah Limbah Plastik Menjadi Celengan Cantik
From ; Kesekolah.com

Kerajinan tangan yang satu ini sangat menarik dan lucu, cocok sekali buat kalian yang sudah memiliki anak untuk mengajarkan anak kalian agar lebih rajin untuk menabung.

Dan juga melatih kreatifitas dan menambah kecintaan anak anda dalam hal menabung.

Sebelum anda membuat celengan dari barang botol bekas, tahap pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Seperti 2 buah botol bekas, 5 tutup botol, serta lem tembak dan cutter atau gunting, langsung saja caranya membuatnya cukup mudah ikuti langkah dibawah ini.

Tahapan Membuat Kerajinan Tangan :

  • Langkah pertama siapkan 1 botol saja yang digunakan terlebih dahulu, kemudian potong botol tersebut menjadi dua bagian, potong pada bagian tengah-tengah. Setelah anda potong jadi dua kemudian sambungkan potongan tersebut dengan posisi yang sama, menjadi satu bagian menjadi lebih kecil.
  • Langkah selanjutnya adalah sulap 5 tutup botol tadi menjadi kerajinan tangan dari tutup botol aqua menjadi aksesoris. Lalu, kita gunakan satu tutup botol untuk bagian depan dan empat tutup botol selanjutnya. Anda jadikan sebagai kakinya bagian bawah, dan tempel menggunakan lem tembak.
  • Nah, yang saya buat disini berbentuk hewan pig, sebenarnya bisa kalian imajinasikan sendiri sesuka hati kalian menginginkan dalam bentuk apa sesuka anda. Kalian bisa membuatnya dalam bentuk roket, atau kendaraan beroda empat.
  • Kemudian bisa anda buat lubang pada bagian atas, samakan dengan lubang untuk tempat memasukkan uang. Pastikan muat untuk dimasukkan uang logam dan uang kertas.
  • Tahapan yang terakhir anda bisa menambahkan pernak-pernik sendiri sesuka hati kalian ingin memberi pernak pernik seperti apa. Agar kelihatan lebih cantik dan indah sehingga anak kalian menjadi lebih rajin dan semangat untuk menabung, selamat mencoba membuat Kerajinan Dari Gelas Plastik.

5. Kerajinan dari Limbah Plastik bekas Menjadi Sapu Ijuk yang Kreatif

Kerajinan dari Limbah Plastik bekas Menjadi Sapu Ijuk yang Kreatif
From : WordPress.com

Membuat sapu ijuk menggunakan botol plastik sepertinya masih belum familiar, memang masih jarang sekali orang mengetahui cara pembuatannya, sehingga kerajinan sapu ijuk dari botol bekas belum terlalu populer.

Langsung saja untuk membuat sapu ijuk dari botol bekas yang harus anda persiapkan bahan-bahannya adalah tongkat, gunting palu, paku dan bahan yang paling utama untuk membuatnya adalah botol plastik.

Persiapkan setidaknya 5 buah botol bekas dengan ukuran sama yang nantinya sebagai bahan utama pembuatan sapu ijuk.

Tahapan Membuat Kerajinan Tangan :

Langkah-langkah yang digunakan untuk membuat sapu ijo antara lain adalah :

  • Tahap pertama potong bagian bawah botol aqua, setelah anda potong kemudian baru buat bentuk bulu sapu. Dengan cara memotongnya secara vertical, jangan sampai berbeda lakukan hal yang sama, kesemua botol yang akan dijadikan bahan sapu ijuk.
  • Setelah proses potong selesai, kemudian baru anda sambung botol dengan tongkat menggunakan paku. Pastikan paku yang nempel pada botol dan tongkat merekat dengan kuat. Jika anda tidak memiliki paku, atau sekiranya kurang terlalu kuat anda bisa tambahkan menggunakan lem power glu.
  • Setelah tahapan dan tahapan diatas telah selesai anda lakukan, dan semua terpasang dengan baik dan benar. Sapu sudah siap anda gunakan untuk membersihkan halaman dan dalam rumah.

6. Kerajinan Dari Limbah Plastik Menjadi Karakter Kartun

Kerajinan Dari Limbah Plastik Menjadi Karakter Kartun
From : Pinterest.com

Kerajinan dari gelas plastik sangat unik dan menarik cocok untuk menghiasi rumah.

Kalian semua bisa berkreasi dalam membuat karakter kartun yang kalian inginkan, supaya menjadi lebih menarik.

Kalian harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dalam membuat kerajinan dari teh gelas, menjadi karakter kartun adalah gelas aqua tentunya bahan yang paling utama.

Jangan lupa untuk mempersiapkan aksesori lainnya seperti kain fanel yang bisa kita gunakan sebagai aksesoris dan juga cat warna sesuka hati kain.

7. Menyulap Botol Aqua Gelas Menjadi Karakter Pinguin

kerajinan dari limbah plastik
From :Webkhoetay

Cara membuat pinguin dari botol bekas, bahan yang kalian butuhkan ialah 2 botol, lem tembak, aksesoris tambahan, dan kaos. Jangan lupa pula untuk membawa cat berwarna hitam putih, untuk warna dasar pinguin.

Setelah bahan diatas sudah terkumpul langkah selanjutnya adalah potonglah bagian atas botol, dan potonglah bagian bawah botol.

Sebagian saja jangan terlalu berlebihan memotongnya, setelah mendapatkan kedua bagian botol yang telah kita potong tadi. Bisa kita satukan menggunakan lem tembak.

Tunggu, jika sudah menyatu kemudian kita bisa memberi warna cat pada bagian luar botol, menggunakan cat berwarna hitam putih.

Cat sesuai dengan warna bagian pinguin anda bisa mencari gambar untuk contoh, atau menggunakan gambar diatas sebagai contoh saat memberi warna.

Setelah selesai proses mengecat langkah terakhir anda bisa memberikan aksesoris, perlengkapan yang sudah anda persiapkan sebelumnya dengan sesuka hati kalian. Tak hanya memberi aksesoris slayer, anda juga bisa memberikan baju sebagai aksesoris.

Itulah ulasan tentang kerajinan dari limbah plastik bekas. Selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: