kerajinan fiberglass

Cara Membuat Kerajinan dari Fiberglass yang Mudah dan Menarik

Kerajinan fiberglass – Kerajinan fiberglass merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan kimia seperti katalis, resin, dan calk. Setelah itu kalian campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu, sehingga akan menjadi adonan yang keras.

Fiberglass merupakan bahan dasar pembuatan kerajinan tangan, yang berasal dari kaca yang masih berbentuk cair, setelah itu diolah menjadi serat-serat yang tipis.

Setelah itu serat yang tipis tadi dicampur dengan resin dan katalis, sehingga akan menjadi suatu bahan yang kuat dan digunakan untuk membuat kerajinan.

Lalu, adonan yang mengeras tersebut di bentuk menggunakan cetakan karena untuk jaman sekarang ini banyak sekali aksesoris yang di buat dengan menggunakan bahan fiber karena termasuk salah satu jalan alternatif.

Fiber sendiri merupakan material serat kaca, yang kerap dipakai untuk membuat wadah tahan banting. Semacam kolam, tangki air, sofa, tempat sampah, traffic cone, serta masih banyak yang yang lain.

Alasannya adalah karena fiber itu kuat. Tidak hanya itu pula fiber dapat mencegah bermacam permasalahan semacam panas, arus listrik, korosi.

Baca juga : kerajinan kulit

Bahan-bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat kerajinan Fiberglass

cara membuat
Fro : RomaDecade

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan fiberglass adalah sebagai berikut :

1. Resain

Resin merupakan bahan utama untuk membuat kerajinan fiberglass, biasanya resin dijual di toko-toko dalam bentuk cairan kental tanpa warna.

Resin memiliki fungsi  sebagai bahan utama sebagai bahan pembentuk polimer, jenis resin memiliki banyak macamnya. Untuk bahan aksesoris fiberglass biasanya bahan yang digunakan adalah resin bening dan resin keruh.

Resin bening biasa digunakan untuk membuat atau menonjolkan aksesoris yang berada dalam sebuah kerajinan, contohnya seperti kerajinan gantungan kunci, kalung dan jenis-jenis kerajinan yang lainya, yang lebih menonjolkan pernak–pernik didalamnya.

Sedangkan jenis yang keruh biasanya lebih banyak digunakan, pembuatan aksesoris yang memiliki warna dasar dalam proses akhirnya. Resin keruh juga memiliki harga yang lebih murah dari pada resin bening.

2. Katalis

Katalis merupakan cat yang berbentuk cair yang digunakan sebagai campuran resin, katalis memiliki karakter berwarna bening yang memiliki bau menyengat.

Adapun fungsi katalis adalah untuk mempercepat proses pengerasan polimerasi resin, semakin banyak campuran katalis maka akan semakin cepat proses pengerasan resin.

3. Material Isian

Material isian digunakan untuk membuat produk material isian yang diperlukan. Biasanya paling banyak digunakan untuk membuat produk yang sering kita lihat adalah Talk (talc powder).

4. Serat Kaca

Bahan ini berfungsi sebagai tulang atau sebagai penguat dan berpartisipasi dalam pembentukan resin menjadi bentuk-bentuk yang kita inginkan dalam membuat kerajinan fiber.

5. Bahan tambahan

Bahan tambahan seperti pigmen warna, bubuk mutiara, cobalt, soda api, alat bersih dan alat lainnya. Yang nanti akan kita gunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat serat fiber.

Sifat Bahan Fiberglass

Sifat Bahan kerajinan Fiberglass
From : Sri Lanka Businnes
Ternyata ini sifat yang dimiliki fiberglass sehingga banyak di sukai banyak orang

Fiberglass memiliki struktur yang sangat kuat karena terbuat dari kombinasi material. Bukan hanya kuat tetapi juga memiliki sifat yang lentur dan awet. Kerajinan fiber memiliki nilai artistik dan merupakan bahan yang memiliki peran penting dalam menentukan suatu mutu karya seni.

Fiber memberikan benefit sebab tidak hanya gampang dibentuk. Rupanya juga dapat dibuat sendiri. Tambahan lagi, material ini dapat memberikan dampak realistis pada hasil karya yang dibuat. Sehingga bisa memberikan suatu keuntungan pada pengrajinnya.

Peralatan yang Digunakan membuat Kerajinan Fiberglass

cair
From : Kerajinan

Adapun alat-alat yang diperlukan untuk membuat kerajinan fiberglass adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan tempat wadah yang akan digunakan sebagai penambung dan membuat adonan resin, agar dapat menghasilkan adonan yang baik.  Maka gunakanlah wadah dengan takaran yang pas nantinya saat digunakan, bisa diperkirakan sendiri.
  2. Peralatan untuk pengaduk bahan-bahan campuran, gunakan alat pengaduk dari bahan yang keras, semisal dari kayu atau logam dan lain-lain yang bisa kalian gunakan sebagai alat pengaduk bahan fiber.
  3. Alat cetakan, Usahakan memilih cetakan yang memiliki pinggiran yang halus, jangan menggunakan alat cetakan yang kasar. Karena nanti dapat mengakibatkan serat fiber pada kerajinan fiberglass, yang akan kita buat nanti.
  4. Alat tambahan, seperti amplas atau penghalus dan gerinda yang akan digunakan sebagai alat penghalus.

Cara Membuat Fiberglass

atap
From : Boats.com

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kerajinan fiberglass adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama sebelum membuat kerajinan fiberglass adalah kalian harus menyiapkan terlebih dahulu cetakan fiberglass yang akan kalian gunakan sebagai bentuk dasar. Jika kalian masih bingung untuk mencari cetakan, maka kalian bisa cari cara dengan membuat cetakan fiberglass sendiri, atau beli yang sudah jadi biasanya ada bisa beli di toko online.
  • Jika sudah ada cetakannya, terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembuatan patung atau produk fiber yang akan kalian buat nantinya. Pastikan cetakan fiberglass yang akan kalian gunakan bersih, jangan sampai ada kotoran yang menempel pada permukaan cetakan, agar nanti hasil kerajinan fiberglass, dapat menghasilkan hasil yang memuaskan, tanpa ada serat fiber yang menempel pada kotoran.
  • Buatlah adonan kerajinan resin sesuai dengan bahan-bahan diatas seperti bahan isian, katalis dengan takaran yang sesuai dengan kerajinan fiberglass yang akan kalian buat.
  • Setelah semua sudah siap baik adonan maupun tempat adonan, maka kalian bisa memulai menuangkan adonan ke dalam cetakan. Pastikan semua permukaan sebelum menuangkan telah terisi dengan penuh oleh adonan.
  • Agar nantinya dapat menghasilkan adonan yang sangat kuat, Maka kalian bisa menggunakan anyaman atau serat fiber dari kaca atau fiberglass mat.
  • Setelah selesai, baru kalian keluarkan produk resin yang sudah mengeras dan kering dari cetakan, kemudian siapkan ember lalu isi ember tersebut menggunakan air deterjen, setelah selesai kemudian masukan produk resin kedalam ember yang telah berisi air deterjen. Jika tidak ada deterjen kalian bisa menggunakan soda api sebagai bahan campuran air di ember nantinya, rendamlah selama kurang lebih 30 menit. apabila sudah kalian rendam selama 30 menit baru, bisa kalian ambil.
  • Jika kalian ingin menghilangkan kotoran yang menempel karena cetakan dan agar permukaannya dapat halus. Maka kalian bisa menggunakan amplas untuk menghaluskannya, lakukan 3 sampai 4 tahapan dalam proses pengamplasan sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk memberi warna pada kerajinan ini, kalian bisa menggunakan 2 cara. Yaitu pertama kalian bisa menambahkan warna saat membuat adonan dan cara kedua kalian bisa memberi cat saat sudah finishing.
  • Untuk tahapan finishing terakhir, kalian bisa menggunakan warna cat yang kalian inginkan, jika kalian menginginkan kerajinan fiberglass terlihat bagus dan natural kalian bisa cukup menggelapnya saja.

Macam-Macam Kerajinan Fiberglass

Macam-Macam Kerajinan Fiberglass
From : Fiberglass Bandung

Pameran kerajinan diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas bentuk kerajinan. Dalam pameran biasanya para perajin diharapkan untuk bisa saling bertukar pikiran dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas produknya.

Bagi para perajin kerajinan fiberglass mengikuti sebuah festival pameran kerajinan adalah hal yang sangat penting. Selain dapat bertukar ilmu pengetahuan sesama perajin, para perajin kerajinan fiberglass juga mempunyai kesempatan untuk mempromosikan hasil kerajinan fiberglassnya.

Bagi para pengunjung, dengan mengunjungi festival pameran kerajinan akan menjadikan ilmu pengetahuan akan kerajinan semakin bertambah.

Karena ketika mengunjungi pameran kerajinan, kita menjadi tahu tentang bahan dasar suatu kerajinan, cara dan teknik pembuatannya serta keindahan hasil karya kerajinan.

Sering kali kita menemukan macam-macam kerajinan fiberglass pada acara pameran.

Adapun beberapa contoh kerajinan dari fiberglass yang sering ditemukan pada festival pameran kerajinan adalah sebagai berikut :

1. Kerajinan Fiberglass Aksesoris

Kerajinan Fiberglass Aksesoris
From : Fiberglas bandung

Asesoris yang terbuat dari bahan fiber ini biasanya menggunakan resin yang berwarna buram. Sebagai contoh aksesoris yang dapat dibuat dari bahan fiber ini adalah bros, gantungan kunci, piala, asbak dan lain lain.

Untuk menghasilkan kerajinan dari fiberglass yang lebih dan bagus, maka  para perajin fiberglass aksesoris biasanya akan memadukan bahan pembuat kerajinan dengan kerang.

2. Kerajinan Fiberglass Miniature

Kerajinan
From : Bukalapak.com

Selain berupa aksesoris ada juga kerajinan fiberglass yang berupa miniature atau tiruan suatu benda. Miniature yang terbuat dari fiberglass di buat dengan serapi mungkin, sehingga bentuknya terlihat sama persis dengan bentuk benda aslinya.

Adapun contoh benda miniatur yang terbuat dari fiberglass antara lain miniature pohon, miniature hewan, miniature kapal, miniature pesawat, dan lain sebagainya.

3. Kerajinan Fiberglass Pelengkap Bangunan Rumah

Kerajinan Fiberglass
From : Java fiberglass

Dalam sebuah pameran kerajinan, juga akan banyak terdapat contoh model pelengkap bangunan rumah yang terbuat dari bahan fiberglass seperti kanopi pintu dan jendela yang dibuat dari bahan fiberglass. Dan bentuknya juga semakin bervariasi.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang kita peroleh saat mengunjungi festival pameran kerajinan, mungkin kita dengan senang hati meluangkan waktu untuk menyempatkan mengunjungi pameran tersebut.

Baca juga : kerajinan dari limbah organik

Contoh Kerajinan Fiberglass

Berikut merupakan beberapa contoh dari kerajinan fiberglass adalah sebagai berikut :

1. Kerajinan fiberglass Kapal

kerajinan fiberglass
From : Ramdhani jaya

Pada awalnya, kapal-kapal terbuat dari kayu. Namun, seperti yang kita ketahui, kayu mudah sekali busuk dan lapuk, terutama jika bersentuhan dengan air untuk waktu yang lama.

Kemudian seiring dengan revolusi industri, mulailah kapal berbahan dasar plat besi diproduksi. Namun, kapal jenis ini tidak dapat bergerak dengan cepat dan secara estetika tidak terlihat indah.

Kapal-kapal yacht dan speedboat pun lahir seiring kebutuhan untuk bergerak lebih cepat meningkat.

Kapal yang merupakan salah satu fiberglass produk ini termasuk barang mewah dan memiliki kapal jenis ini berarti juga meningkatkan kedudukan seseorang di mata masyarakat.

2. Pipa Leding fiberglass

Pipa Leding dari fiberglass
From :Aliexspress

Pada awalnya, pipa terbuat dari timah atau plumbum (Pb) sehingga kata ini menjadi cikal bakal kata plumbing dalam bahasa Inggris atau leding dalam bahasa Indonesianya.

Kegunaan pipa adalah untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena tingginya tingkat toksisitas timah jika dialiri cairan, maka sekarang lebih banyak produsen pipa beralih ke bahan-bahan lain untuk memproduksi pipa.

PVC atau Polyvinyl Chloride lebih umum digunakan sebagai bahan pipa, namun ada juga produsen yang menggunakan fiberglass sebagai bahan bakunya. Perubahan ini juga disebabkan karena bahan plastik ini lebih ringan, tidak korosif dan mudah untuk dirangkai.

Pipa Fiberglass merupakan salah satu fiberglass produk yang mungkin agak jarang kita temukan di Indonesia.

3. Delivery box Motor box fiberglass

Delivery box Motor box dari fiberglass
From : Hard fiberglass

Mungkin kalian  belum begitu familiar dengan Delivery Box , tetapi jika kita berbicara tentang jasa pengantaran makanan cepat saji, jasa kurir paket/ surat, kita pasti cepat sekali mengenali sepeda motor dengan kotak berlambang di boncengannya.

Kotak itulah salah satu fiberglass produk kita selanjutnya, yaitu yang disebut delivery box. Keuntungan memiliki delivery box dibandingkan dengan kotak kayu biasa, kotak plastik atau malah rak yang ditutup terpal ada dua hal.

Jika kita lihat dari segi estetika delivery box fiberglass terlihat lebih indah dan menarik perhatian, juga dapat dibentuk sesuai keinginan pemesannya. Seperti berbentuk lambang perusahaan atau sesuatu yang lucu serta bentuk yang mudah diingat orang.

4. Booth-Kiosk Kios rombong fiberglass

bahan
From : jasa gerobak unik

Kios rombong untuk saat ini adalah salah satu kerajinan fiberglass produk yang paling sering kita temui di mall. Coba perhatikan penjual makanan kecil di mall-mall.

Jika mereka berjualan di atas meja berwarna cerah dan berbentuk unik, anda telah menemukan kios rombong yang terbuat dari fiberglass.

Booth/ Kios rombong seperti ini lebih mudah untuk dipindahkan karena lebih ringan dibandingkan meja yang terbuat dari kayu atau besi, dan lebih mudah untuk dibentuk sesuai dengan pesanan.

Masih banyak lagi kerajinan fiberglass produk yang dapat kita temui di pasaran, seperti bodykit motor dan mobil yang di modifikasi, papan skateboard, papan selancar, rangka payung dan lain-lain.

Ringan, mudah dibentuk dan tahan lama adalah ciri khas dari bahan ini. Jika anda mencari bahan untuk membentuk sesuatu dengan karakteristik diatas, fiberglass adalah pilihan yang masuk akal.

5. Kerajinan FiberglassSouvenir

kerajinan fiberglass
From : Pinterest.com

Kerajinan fiberglass adalah suatu kerajinan unik yang dapat memikat hati. Kerajinan fiberglass dapat kalian jadikan sebagai souvenir. Selain unik kerajinan fiberglass juga sangatlah simple.

Semoga beberapa kerajinan fiberglass diatas dapat bermanfaat dan dapat menjadi motivasi kalian semua untuk menjadi pengrajin fiberglass profesional. Terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: