kerajinan kulit tas

Inilah Kerajinan Kulit Indonesia yang Lagi Trending, Yuk Kepoin!

Kerajinan Kulit – Kerajinan kulit di Indonesia ini sangatlah beragam mulai dari kulit sapi, kulit domba, kulit ikan bahkan juga kulit buaya.

Pernah dikatakan oleh Ahmad Sigit Dwiwahjono selaku Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian yaitu jika di pertengahan tahun 2017 ekspor industri kulit dan barang jadi kulit Indonesia mencapai 162 juta dolar Amerika Serikat.

Hal ini membuktikan jika kualitas kulit Indonesia tinggi dan memiliki pasar yang luas.

Baca juga : peluang usaha di desa berkembang

Kerajinan Kulit yang Populer di Indonesia

Adapun Kerajinan kulit yang lagi populer di Indonesia ada 4 antara lain :

1. Kerajinan Kulit Mas Kulit

Kerajinan Kulit Mas Kulit
From : Business.site
Kerajinan kulit Mas Kulit didirikan Pak Agus Subagyo pada 1995, sekarang diteruskan kedua anaknya, salah satunya bernama Bagus Prasetyo. Mas Kulit memiliki penikmat tersendiri, yaitu orang-orang yang menyukai kulit buaya yang biasanya berasal dari kalangan menengah ke atas.

Dengan tekstur khas dan bahan yang tebal, kulit buaya menjadi inspirasi bagi Mas Kulit untuk mendirikan bisnis. Kualitas kulit buaya sangat bagus sehingga produk dari kulit buaya tetap cantik meskipun telah berusia enam tahun.

Mas Kulit memasarkan banyak produk, mulai dari sepatu, tas, ikat pinggang, hingga gantungan kunci. Kulit buaya yang digunakan Mas Kulit berasal dari Merauke, Papua.

2. Kerajinan Kulit Minen Leather

Kerajinan Kulit Minen Leather
From : bridestoy.com

Kerajinan kulit Minen Leather didirikan oleh seorang pria asal Bandung yang merupakan penggemar sepatu kulit, Ricky Dermawan, pada 2003. Selain memproduksi sepatu, Minen Leather juga menyediakan tas dan dompet. Minen Leather tidak hanya menggunakan bahan kulit sapi.

Tetapi juga kulit buaya dan ular yang semua bahannya didapatkan dari Indonesia. Untuk bagian dalam sepatu, Minen Leather menggunakan kulit domba supaya nyaman dipakai. Dengan modal awal dua juta rupiah, kini Ricky berhasil semakin mengepakkan sayap bisnisnya.

3. Kerajinan Kulit Pineapple Shoes

Kerajinan Kulit Pineapple Shoes
From : Inspirator Freak

Jika Inspirator bertanya-tanya apakah kulit ikan bisa dijadikan peluang usaha, ini salah satu contohnya. Pineapple Shoes merupakan suatu usaha kerajinan tas dan sepatu dari kulit ikan yang didirikan Ningsih, perempuan asal Tangerang.

Awalnya, dia merintis usaha menggunakan kulit sapi, tapi kemudian mulai melirik penggunaan kulit ikan setelah bertemu dengan penyamak kulit ikan kakap.

Kulit ikan yang Pineapple Shoes gunakan pun bermacam-macam, mulai dari ikan kakap, ikan nila, dan ikan kaci-kaci yang didapatkan dari nelayan binaan Dinas Perikanan dan Kelautan DKI Jakarta.

Setelah itu, kulit ikan diserahkan kepada penyamak kulit ikan untuk diproses. Walaupun kulit ikan terlihat tipis, ternyata akan menjadi tebal setelah proses penyamakan. Selain itu, kulit ikan juga memiliki tekstur unik.

4. Kerajinan Kerajinan Tegep Boots

Kerajinan Kerajinan Tegep Boots
From : Pixabay

Kerajinan kulit Tegep Boots didirikan pada 1996 di Bandung oleh alm. Sekarang usaha tersebut telah dikelola oleh istrinya yaitu Etnawati Melani.  Tegep Boots didirikan karena hobi sang suami, yaitu naik motor dan juga kolektor sepatu boots.

Pada saat itu, dia merasa sulit mendapatkan sepatu boots produk lokal. Dari situlah suaminya mulai membangun usaha. Bukan hanya memasarkan sepatu, Tegep Boots juga menjual berbagai model tas.

Bahan kulit yang digunakan bervariasi, di antaranya kulit sapi, kulit domba, dan kulit buaya. Tidak hanya terjual di Indonesia saja, tetapi brand-nya juga sudah dikenal di Australia, Jerman, dan banyak negara lainnya.

Wisata Belanja di Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja

kerajinan kulit Jogja Manding
From : Pixabay

Kalian termasuk penggemar fashion item yang terbuat dari kulit, Yuk jangan sampai lewatkan kerajinan kulit Manding yang ada di kota Jogja ini!

Manding adalah salah satu desa wisata yang tepatnya berada didaerah Yogyakarta yang terkenal dengan produksi kerajinan kulit dalam jumlah besar, yang tidak mau kalah dengan Cibaduyut di Jawa Barat dan Tanggulangin di Jawa Timur.

Produk dari tangan-tangan kreatif warga Desa Manding ini pun sudah sangat terkenal bahkan sudah menjadi primadona bukan hanya untuk konsumen domestik, tapi juga pasar dunia lho.

Penasaran sebagus apa produk kulit yang diproduksi hingga bisa mendukung kegiatan ekspor yang stabil?

Sentra kerajinan kulit yang berpihak pada rakyat

kerajinan kulit yang berpihat kepada masyarakat
From : Pixabay

Asal usul desa ini konon berasal dari tiga orang pemuda yang tengah bekerja di salah satu perusahaan kulit di pusat Kota Yogya. Kemudian menggunakan bekal ilmu mengolah kulit yang mereka miliki.

Prapto Sudarmo, Ratno Suharjo dan Wardi Utomo merupakan seorang pemuda yang memutuskan untuk meninggalkan perusahaan pada tahun 1947 dan merintis usahanya sendiri yang berbahan dasar kulit juga.

Setelah sepuluh tahun memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis ini sejak tahun 1957, desa yang terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Bantul.

Desa ini perlahan menjadi terkenal sebagai desa pengrajin kulit dan mengalami masa kejayaan pada tahun 1970an hingga 1980an.

Kalian jangan khawatir karena kawasan ini dipenuhi oleh sekitar 40 showroom yang berderetan rapi disepanjang jalan. Setiap showroom akan memamerkan hasil produksinya yang berupa dompet, sepatu, ikat, pinggang, tas, hingga jaket kulit.

Bahannya pun berasal dari kulit sapi pilihan, proses produksinya yang masih terbilang sederhana sekaligus menjamin kualitasnya.

Tidak hanya di produksi oleh warga setempat, showroom-showroom ini juga dikelola oleh warga setempat. Biasanya pelayanan dilakukan setiap hari, dari pagi hingga malam hari agar dapat melayani pembeli dengan maksimal.

Kalian juga bebas memilih barang dengan leluasa, karena letak showroom yang berdekatan antara satu dengan lainnya, sehingga bisa keluar-masuk showroom sepuasnya, ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Tidak hanya berbelanja produk, tetapi kalian juga dapat menyaksikan proses produksi kerajinan kulit di Desa Manding apabila anda beruntung.

Ragam produk kerajinan kulit Manding

ragam kerajinan kulit manding
From ; Wajibbaca.com

Nah, jika kalian ingin membawa pulang kerajinan kulit Manding, ada berbagai macam harga yang ditawarkan tergantung dari model dan komposisi bahan kulit yang digunakan.

Kisaran harga jaket berbahan 100% kulit asli, biasanya dibandrol dengan harga antara IDR500.000 sampai dengan IDR2.000.000. Sedangkan untuk produk sepatu kulit, harga yang ditawarkan mulai dari IDR70.000 sampai IDR1.000.000.

Bagi kalian yang suka dengan tas kulit kalian bisa mendapatkan barang idamannya dengan kisaran harga IDR100.000 sampai dengan IDR1.000.000, sementara dompet kulit untuk orang tersayang biasanya dibanderol IDR50.000 saja hingga IDR250.000.

Di Manding juga menyediakan buat kalian yang lebih suka membeli oleh-oleh kecil namun dalam jumlah banyak untuk semua sanak saudara hingga teman-teman seperti gantungan kunci, dan aksesoris kecil-kecil.

Harganya sangat murah meriah dan dijamin pas masuk budget kalian, mulai dari IDR5.000 saja. Kalian juga bisa memilih sandal atau pinggang dengan kisaran harga mulai dari  IDR35.000 lho!

Nyatanya, ragam produk yang ditawarkan di sini memiliki desain yang simpel dan ringan, sehingga sangat membantu dalam menghemat ruang koper yang digunakan.

Produksi lokal kualitas internasional

kerajinan kulit lokal kualitass internasional
From : pixabay

Bagi yang belum terbiasa dengan produk kerajinan kulit, kalian tidak usah merasa khawatir atau mungkin meragukan kualitas dari kerajinan kulit produk Desa Manding ini.

Kerajinan handmade seperti tas, sepatu jaket kulit yang dihasilkan oleh pengrajin kulit Manding terbukti menarik banyak wisatawan dan tidak mengecewakan. Walaupun kerajinan kulit tersebut di produksi secara tradisional.

Selain karena kualitasnya yang selalu terjaga, anda bisa mendapatkan dengan harga yang relatif murah.

Produksi yang dilakukan oleh para pengrajin memang hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dalam negeri dan juga wisatawan asing yang datang berkunjung.

Akan tetapi sudah banyak kerajinan kulit produk unggulan Desa Manding ini sudah cukup terkenal dan banyak sekali yang sudah di ekspor ke luar negeri.

Bahkan sudah lama beberapa eksportir asal Mesir atau negara-negara Timur Tengah sudah lama mengeskpor produk-produk dari Manding dan bekerjasama dengan para pengrajin kulit di desa ini.

Produk kerajinan desa Manding antara lain adalah:

  • Tas kulit
  • Dompet kulit
  • Sepatu kulit
  • jaket kulit
  • aksesoris kulit
  • Ikat pinggang kulit
  • Dan masih banyak lagi

Bahkan ada beberapa eksportir yang berasal dari Spanyol juga mulai melirik produk kerajinan kulit Manding untuk potensi ekspornya.

Tips berbelanja kerajinan kulit

tips memilih kerajinan kulit
From : fixate.co.id

Jika kalian merasa bingung untuk berbelanja produk berbahan dasar kulit, berikut ini adalah beberapa tips panduan berbelanja produk kerajinan kulit.

Agar kalian bisa menemukan barang yang kualitasnya bagus dan sesuai dengan harga.

Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengecek kualitas bahan kulit yang digunakan adalah dengan melihat lapisan atau permukaan kulit luar. Kulit yang berkualitas baik akan memiliki permukaan yang rata, halus dan tidak cacat.

Nah, mengecek kualitas beberapa produk kerajinan kulit seperti tas, jaket, dan ikat pinggang, kalian bisa mencoba melipat salah satu bagian kulit menjadi dua atau tiga bagian, kemudian gosok bagian lipatan tersebut dengan ujung jari.

Kulit yang berkualitas tidak akan mudah meninggalkan bekas, dan tidak mudah rusak meskipun kulit sudah dijahit menggunakan mesin.

Untuk mendapatkan harga yang sesuai, kalian bisa menawarnya 50% dari harga yang telah ditawarkan si penjual, usahakan untuk selalu bersikap ramah dan santai.

Apabila tawaran kalian tidak deal, kalian juga bisa melakukan penawaran terhadap pedagang lain, tentunya dengan menaikkan sedikit tawaran dari yang sebelumnya.

Ketika proses tawar menawar, apabila anda bisa berbahasa Jawa, maka biasanya akan lebih beruntung dalam menemukan deal harga.

Selain barang-barang yang sudah tersedia di showroom, kalian juga bisa memesan produk sesuai dengan keinginan kalian. Untuk hal itu kalian perlu lebih teliti lagi mengenai model, harga, dan bahan baku yang nantinya akan digunakan.

Cara mencapai Desa Manding

Kerajinan Kulit Manding letaknya 15 kilometer dari pusat kota Yogya, Maliboro kira-kira dengan waktu tempuh selama kurang lebih 35 menit.

Jangan khawatir selain menggunakan kendaraan pribadi kalian juga bisa menggunakan transportasi umum Trans Jogja dengan jalur trayek 3A dari Malioboro-Giwangan.

Kemudian anda bisa menggunakan transportasi berupa kecil jurusan Giwangan-Parangtritis atau bisa juga menggunakan taksi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: