Kerajinan tanah liat

Kerajinan dari Tanah Liat yang Menarik dan Unik, Yuk Pelajari!

Kerajinan dari tanah liat – Tanah liat merupakan bahan dasar yang digunakan masyarakat di Indonesia. Salah satu bahan lunak yang mudah dibentuk dan dibuat untuk kerajinan tangan yang sangat unik.

Benda yang terbuat dari kerajinan tanah liat ini sangatlah unik sehingga banyak orang yang ingin memilikinya.

Kerajinan tanah liat yang memiliki kesan tradisional merupakan suatu pilihan yang pas jika digunakan untuk menambahkan unsur natural yang lebih tradisional pada hunian.

Selain untuk hiasan rumah tanah liat yang dijadikan sebagai komoditas dan untuk sumber penghasilan. Kerajinan tanah liat memiliki banyak pula kerajinan tanah liat yang fungsional.

Baca juga : Kerajinan dari fiberglass

Manfaat Kerajinan Tanah Liat

kerajinan tanah liat
From : Wajibbaca.com

Tanah liat memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bahan utama Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan yang terbuat dari tanah liat pada umumnya orang-orang mengenalnya dengan kerajinan gerabah.

Kerajinan gerabah yaitu suatu kerajinan yang bahan dasarnya menggunakan tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijat, butsir, pilin, pembakaran dan glasir). Sehingga membentuk sesuatu yang diinginkan pengrajin.

Contoh kerajinan gerabah antara lain adalah sebagai berikut :

  • Vas bunga
  • Guci
  • Kendi
  • Piring
  • Geas
  • Gentong
  • Dan lain-lain.

2. Sebagai Bahan Bangunan

Pada umumnya di Indonesia sendiri menggunakan batu-bata dan genting dalam mendirikan rumah. Batu-bata yang tersebut digunakan untuk membangun tembok dan genting digunakan sebagai atap. Batu bata tersebut berasal dari bahan dasar tanah liat.

3. Sebagai Lulur Kecantikan

Tanah liat dalam suatu daerah tertentu juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau lulur tubuh, yang berguna untuk mengencangkan dan memuluskan kulit.

4. Untuk Kesehatan

Tidak hanya dapat digunakan untuk hal kecantikan ternyata tanah liat juga dapat digunakan untuk obat sakit perut. Karena tanah liat mengandung zat seperti sponge yang dapat menyerap racun dalam tubuh kita.

Selain itu, tanah liat juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada luka karena kandungan zat berupa zink dan zat besi yang terdapat pada tanah liat sehingga dapat menyembuhkan luka.

Kerajinan dari Tanah Liat

Adapun referensi kerajinan tanah liat yang dapat kalian coba adalah sebagai berikut :

1. Kerajinan Gentong dari tanah liat

kerajinan tanah liat
From : Bacaaja.com

Kalian dapat membuat barang-barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti kerajinan gentong yang dapat digunakan dengan teknik yang cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Tanah liat
  • Air
  • Pasir halus
  • Cat
  • Kuas
  • Cetakan
  • Tungku pembakar

Cara pembuatan :

  1. Langkah pertama keringkan tanah liat sampai benar-benar kering. Kemudian hancurkan tanah liat tersebut dengan ukuran 2×3 cm. Lalu, rendamlah tanah liat dengan air kurang lebih 4 jam.
  2. Langkah selanjutnya yaitu campurkan tanah liat dengan perbandingan 3:1 (3 ember tanah liat dan 1 ember pasir halus). Aduk tanah liat dengan pasir halus dengan merata.
  3. Jika sudah benar-benar tercampur maka keluarkan adonan di atas alas plastik atau kertas dan jemur seperti lumpur. Setelah itu remas adonan sampai lembut.
  4. Setelah itu tanah liat siap dicetak, bentuklah tanah liat sesuai dengan bentuk yang kalian inginkan. Kemudian, keringkan hasil cetakan kerajinan selama kurang lebih 10 jam dan gerabah tersebut sudah bisa dibakar.

Bahan Pembakaran :

    • Kayu bakar
    • Jerami Kering

Langkah Pembakaran :

  • Gerabah yang telah jadi ditata ditempat pembakaran yaitu kayu dan ditutup dengan jerami.
  • Bakar gerabah selama sekitar 2 jam lamanya sampai api benar-benar padam.

Setelah kerajinan dari tanah liat selesai, langkah berikutnya adalah memberikan warna pada kerajinan tersebut sesuai dengan yang kalian inginkan.

2. Peralatan Makan dan Minum dari Tanah Liat

kerajinan tanah liat
From : Tribunews.com

Kerajinan tanah liat yang cukup umum adalah bermacam-macam perlengkapan dapur beserta perlengkapan makan dan minum seperti dibawah ini :

  • gelas
  • poci
  • mangkuk
  • dan sebagainya

Selain dapat digunakan sesuai dengan fungsinya kerajinan tanah liat ini juga dapat kalian manfaatkan sebagai hiasan rumah yang cukup menarik, Khususnya di tempat makan kalian.

3. Ornamen Atau Ukiran Timbul

kerajinan tanah liat
From : Dekoruma.com

Jangan salah kerajinan tanah liat ini juga dapat kalian gunakan untuk mempercantik hunian yaitu ornamen dinding yang terbuat dari tanah liat. Tentunya akan memiliki warna dan tekstur yang khas.

Kerajinan tanah liat ini dapat kalian gunakan untuk menghiasi pilar atau sebagai pengganti lukisan untuk mengisi sisi ruangan yang kosong.

4. Patung Pelengkap Dekorasi

kerajinan tanah liat
From : Dekoruma.com

Kerajinan tanah liat yang lainnya selain ornamen adalah patung atau pajangan karakter dari tanah liat. Mulai dari patung yang memiliki bentuk abstrak, artistik hingga patung tanah liat sederhana yang berbentuk hewan atau tumbuhan yang dapat kalian pilih sebagai hiasan interior rumah kalian.

5. Lampu Kebun Etnik

kerajinan tanah liat
From : Dekoruma.com
Nah, jika kalian memiliki taman kalian dapat menggunakan kerajinan tanah liat yang satu ini untuk menghiasi dan menerangi tuang luar rumah kalian.

Dekorasi lampu taman dari tanah liat yang dapat dijadikan inspirasi, yang memiliki warna yang khas, dan juga dapat memberikan nuansa tradisional dan alami pada taman kalian.

6. Variasi Desain Ubin Lantai Tanah Liat

kerajinan tanah liat
From: WordPress.com

Kerajinan tanah liat tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, melainkan ada beberapa pengrajin tanah liat juga dijadikan sebagai ubin lantai.

Kalian dapat menjadikan tanah liat untuk dijadikan ubin untuk dapat menyempurnakan interior ruangan kalian. Kerajinan tanah liat yang dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam ukuran, tentunya tidak akan gagal untuk memberikan nuansa etnik pada interior rumah kalian.

Baca juga : Kerajinan dari limbah organik

7. Roster Terakota

kerajinan tanah liat
From : Bukalapak.com

Kerajinan tanah liat yang  selanjutnya ialah roster. Pada umumnya roster memang terbuat dari tanah liat. Tetapi, di era yang modern ini bentuk roster dari tanah liat sudah memiliki banyak varian dan model bentuk sehingga bisa kalian susun dan kalian atur agar dapat mendapatkan elemen dekorasi yang baik dan menarik pada rumah kalian.

8. Kerajinan Vas Bunga dari Bunga

Jika kalian ingin menghias vas bunga kalian agar terlihat lebih minimalis tetapi terlihat elegan, kalian dapat menggunakan vas bunga dari tanah liat dengan cara membeli atau kalian juga dapat membuatnya sendiri dirumah.

Adapun cara membuat vas bunga yang cantik dan elegan adalah sebagai berikut:

Alat dan bahan yang digunakan:

  • Tanah liat
  • Air
  • Cat air
  • Kuas
  • Meja Putar

Langkah pembuatannya:

  1. Siapkan bahan dan alat yang digunakan
  2. Ambil tanah liat secukupnya
  3. Campurkan tanah liat dengan air agar menjadi lentur dan mudah untuk dibentuk
  4. Siapkan alas untuk dan bentuk bagian bawahnya
  5. Bentuklah badan vas bunga di atas meja putar jika punya
  6. Rapikan menggunakan tangan dan lumasi minyak agar tidak lengket
  7. Jemur vas bunga tersebut sampai benar-benar kering
  8. Setelah itu, bakar vas bunga yang sudah kering tersebut dengan menggunakan api yang sedang sampai berwarna merah bata
  9. Amplas seluruh permukaan supaya halus
  10. Cat dan berikan motif sesuai yang kalian inginkan
  11. Vas bunga siap digunakan

9. Kerajinan Bunga dari Tanah Liat

kerajinan tanah liat
From : Nurdian.com

Selain vas bunga dari tanah liat kalian dapat membuat bunga dari tanah liat. Bagaimana cara pembuatannya? Yuk simak berikut ini!

Cara pembuatan bunga dari tanah liat :

  1. Siapkan bahan dan alat yang akan digunakan
  2. Buatlah kepingan kecil-kecil dari tanah liat
  3. Setelah itu keringkan sebentar kepingan tanah liat tersebut
  4. Gulung kepingan tersebut hingga membentuk seperti bunga mawar
  5. Cat dengan warna yang warna-warni agar lebih menarik.

10. Kerajinan Tungku Pembakaran

kerajinan tanah liat
From : bukalapak.com

Pada jaman dahulu sebelum terciptanya kompor, orang-orang menggunakan tungku untuk keperluan masak-memasak dengan bahan bakar berupa kayu atau arang.

Tungku biasanya dijual oleh para pengrajin gerabah. Tetapi, kalian juga dapat membuatnya sendiri dengan cara-cara berikut ini :

Bahan yang digunakan :

  • Tanah liat
  • Air

Cara pembuatan tungku pembakaran :

  1. Langkah pertama siapkan tanah liat dan air
  2. Buatlah adonan tanah liat dan aduk-aduk hingga halus, lembut dan merata jangan sampai ke campuran bahan lain selain tanah liat karena kan menyebabkan rusak tau retak ketika sudah jadi.
  3. Setelah adonan jadi, bentuklah tanah liat tersebut sesuai selera dan keinginan kalian tetapi harus sesuai dengan tunggu pada umumnya.
  4. Jika sudah selesai dalam pembentukan tungku, jemur tungku dibawah terik sinar matahari agar cepat kering.
  5. Proses terakhir yaitu membakar tunggu tersebut sampai berwarna merah bata sehingga menjadikannya lebih kuat lagi.

11. Celengan dari Tanah Liat

celengan
From : SaringConten.com

 

Itulah beberapa referensi yang dapat kalian coba dirumah. Jangan ketinggalan juga dengan informasi kerajinan dari bambu yang tentunya menarik.

Kunci untuk bisa membuat kerajinan dengan tingkat keunikan adalah ketelatenan dan keuletan. Semakin bayak kalian berlatih maka skill kalian agar semakin terasah.

Jika dilihat dari bahan baku yang digunakan dan harga jualnya, tentu bisnis kerajinan dari tanah liat akan menghasilkan income yang cukup besar. Namun, kalian harus memasarkan produk tersebut baik via offline maupun online. Seperti market place, sosial media, ataupun website.

Perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan penjualan via online sangatlah cocok jika memiliki modal yang terbatas namun ingin menjangkau pasar yang luas.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: