Kerajinan Tangan dari Kertas

Kerajinan Tangan dari Kertas yang Kreatif dan sangat inspiratif

Kerajinan tangan dari kertas – Sekarang banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai kerajinan tangan salah satunya adalah kertas. Kertas merupakan bahan yang sangat digunakan untuk membuat kerajinan.

Kertas juga memiliki banyak jenis, seperti kertas lipat, karton, art paper, HVS, kertas kado bahkan juga kertas bekas dan kertas koran.

Jika kalian memiliki banyak kertas yang sudah tidak digunakan jangan diamkan saja. Kalian dapat mengolahnya menjadi barang seni yang memiliki nilai ekonomis! Meskipun mungkin tidak bisa dijual, kalian dapat memanfaatkannya sebagai hiasan rumah.

Kertas yang sudah tidak terpakai akan menjadi karya yang menarik dan unik jika berada ditangan orang-orang yang kreatif seperti kalian.

Baca juga : kerajinan dari koran

Macam-Macam Ragam Kertas

 

Biasanya jenis kertas yang sering terlintas di pikiran kalian adalah kertas origami. Jelas kalian sudah tidak asing lagi, kan? Kertas origami adalah kertas yang dapat kalian buat menjadi bentuk angsa, pesawat, tikus, dan masih banyak lagi.

Dan apakah jenis kertas lain juga dapat digunakan sebagai material dasar kerajinan tangan dari kertas? Nah, inilah beberapa ragam kertas yang dapat digunakan sebagai material dasar kerajinan tangan dari kertas, Berikut adalah daftar-daftar kertas yang dapat kalian pilih!

1. Kertas HVS

Macam-Macam Ragam Kertas
From : Unprint.id

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kertas HVS atau kertas tulis bebas serat kayu ini. Kertas HVS adalah kertas yang terbuat dari bubur kertas atau pulp tanpa perekatan (lingnin).

Kalian dapat memilih ukuran HVS sesuai dengan keinginan kalian dan kertas HVS ini terkenal dengan kualitasnya yang bagus.

Ukuran kertas HVS di Indonesia juga bervariasi mulai dari yang memiliki berat 60 gr, 70 gr, dan 80 gr. Pada umumnya kertas yang berukuran terbesar dikenal sebagai kertas folio (F4) dan ukuran kertas yang paling kecil dikenal dengan sebutan A4.

Kalian dapat memilih kertas tersebut sesuai dengan yang kalian butuhkan untuk dijadikan beraneka ragam kerajinan.

2. Gold Foil Paper

Gold Foil Paper
From Alibaba

Pada jaman sekarang ini, kertas emas sudah mulai susah kita cari di toko-toko alat tulis, tidak seperti jaman dahulu. Tetapi jangan khawatir,  kertas jenis ini tetap ada kok di pasaran, mungkin kamu perlu ke toko buku besar untuk mencarinya.

Kertas ini memiliki bentuk yang lebih tebal dari kertas lain dan memiliki permukaan yang mengkilap sehingga dipakai sebagai hiasan aneka kerajinan tangan dari kertas. Harga kertas tersebut biasanya mulai dari Rp. 5 ribu sampai Rp. 10 ribu per lembar.

Kalian ketika ingin memakainya, kalian perlu memotong kertas tersebut terleih dahulu sesuai dengan yang kalian butuhkan. Nah, memotongnya pun kalian juga harus berhati-hati karena jika tidak berhati-hati akan menyebabkan bekas lipatan pada kertas tersebut.

3. Kertas Washi

Kertas Washi
From : WordPress.com

Namanya berbau Jepang, ya? Yap, washi memang kertas origami dari Jepang. Meskipun tipis tetapi kertas ini memiliki permukaan yang agak kasar, Kertas ini memiliki kualitas yang bagus dan memiliki corak yang unik.

Karena kertas ini di produksi secara tradisional, maka kertas ini masih terbilang langka dan harganya pun memang cukup mahal. Biasanya di campur dengan kertas origami agar harganya lumayan murah.

4. Kertas Chiyogami

Kertas Chiyogami
From canon creative park

Kertas chiyogami ini dapat dikatakan kertas campuran dari kertas washi dan kertas HVS. Jika kita melihat secara sekilas memang terlihat seperti kertas washi. Tetapi kertas chiyogami cenderung memiliki tekstur lembut dan lebih tebal dari chiyogami, seperti kertas HVS.

Chiyogami merupakan pilihan yang tepat jika kalian ingin membuat origami yang tidak membutuhkan banyak lipatan, seperti contoh dompet atau buku.

5. Corrugated Paper

Corrugated Paper
From : IndiaMART

Corrugated paper merupakan kertas gelombang (pleated paper). Kertas ini di temukan pertama kali yaitu pada abad ke-19, kertas ini digunakan untuk membuat topi.

Tetapi, untuk sekarang ini dan karena memiliki bantalan yang bisa menjaga benturan dari luar, maka kertas ini juga dipakai sebagai pembungkus barang yang mudah pecah, seperti lampu, botol, dan barang dari kaca lainnya.

Corrugated paper juga bisa kalian gunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Pada umumnya kertas ini dipakai untuk membuat seni melipat kertas kokoru. Maka dari itu jenis kertas ini sekarang dikenal dengan sebutan kertas kokoru.

Kertas kokoru merupakan pilihan yang tepat jika kalian ingin membuat kartu ucapan, scrapbook, proyek desain arsitektur, atau kerajinan tangan lainnya.

Kerajinan Tangan dari Kertas dan Cara Pembuatannya

Ada beberapa cara untuk membuat kerajinan tangan dari kertas antara lain dengan teknik gunting-tempel, atau paper quilling atau seni menggulung kertas lalu dirangkai.

Adapun contoh-contoh kerajinan tersebut antara lain adalah :

Kerajinan Tangan Kalung dari Kertas Bekas

Kerajinan Tangan Kalung dari Kertas Bekas
From : adahobi

Kalian dapat memanfaatkan sisa-sisa guntingan kertas aneka warna yang sudah tidak terpakai untuk membuat kalung. Caranya kalian harus membuat lingkaran-lingkaran kecil hingga besar, susunlah hingga menjadi gradasi warna.

Lalu, tekanlah sedikit salah satu bagian hingga kertas  terbentuk menjadi bulat telur. Kemudian susunlah lingkaran tersebut dan rekatkan dengan lem.

Hiasan dinding dari kertas Bekas

Hiasan dinding dari kertas Bekas
From : Awanda karin

Jika kalian memiliki kertas yang agak tebal, manfaatkan kertas tersebut untuk menghias dinding rumah kalian. Kalian dapat menggunakan sisa kertas yang polos maupun kertas yang bermotif atau kalian juga dapat menyemprot dahulu kertas bekas yang akan kalian gunakan dengan cat.

Potong kertas membentuk kelopak-kelopak bunga dengan beragam ukuran, mulai dari kecil hingga besar. Kemudian susunlah helaian kelopak satu dengan yang kelopak yang lainnya hingga menjadi bunga yang sedang mekar. Tempelkan di dinding sesuai dengan selera kalian dengan perekat yang kuat.

Hiasan Kartu dari Kertas Bekas

Hiasan Kartu dari Kertas Bekas
From :BP Guide

Teknik paper quilling juga banyak digunakan sebagai hiasan kartu undangan atau kartu ucapan. Cara yang dipakai pun sama, siapkan kertas bekas, beri warna jika diperlukan.

Lalu, guntinglah menjadi helaian-helaian panjang, kemudian buatlah gulungan-gulungan beragam bentuk dan ukuran. susun dan rangkai ulungan-gulungan tersebut hingga menjadi rangkaian bunga sambil rekatkan dengan menggunakan lem.

Jika pilihan warna dan penyusunan kertas bisa dilakukan dengan tepat dan pas, maka kartu akan tampak menjadi jauh lebih menarik dan indah.

Kerajinan Tangan dari Kertas Kado

Selain untuk membungkus hadiah, kertas kado juga bisa dibuat menjadi beragam kreasi yang sangat mudah dibuat, seperti amplop-amplop unik berikut ini.

Amplop Cinta dari kertas

Amplop Cinta
From: Tokopedia

Untuk membuat amplop cinta, potong kertas kado dengan bentuk hati. Lipat kedua sisi lengkungnya ke arah dalam hingga bertemu di tengah-tengah. Lipat bagian bawah ke arah atas sehingga membentuk kantung amplop, rekatkan dengan lem. Lipat bagian yang runcing untuk menutup amplop.

Paper Bag 

Paper Bag dari kertas kado
From : Youtube

Potong kertas kado, lipat bagian atas dan salah satu sisi selebar 1 cm. Lipat kertas ke samping, rekatkan dengan lem. Untuk membuat dasar kantung, lipat bagian bawah dengan lebar sesuai keinginan, buka kembali. Lipat ujung kanan dan kiri membentuk segitiga sampai garis lipatan, lalu buka.

Buat lipatan ke arah dalam, lipat ujung atas dan bawah ke arah tengah, rekatkan dengan lem. Lipat sisi kanan dan kiri dengan mengikuti ujung dasar kantung. Buka lipatan, lalu lipat ke arah dalam dan rapikan. Lubangi bagian atas dan pasang tali.

Baju Perempuan dari kertas

Baju Perempuan dari kertas
From : iya.com

Lipat kertas kado berbentuk bujur sangkar menjadi dua, buka lagi, lalu lipat kedua sisinya ke arah garis tengah. Buka kembali lipatan tersebut, balikkan kertas, buat wiru di tengah. Lipat kertas jadi dua bagian sama besar, lalu tekuk ke atas 0,5 cm dari garis tegah. Tarik kedua ujung bawah ke luar membentuk rok.

Balik kertas, lipat bagian atas membentuk segitiga, buka kembali. Lipat kembali kedua sisi tadi sehingga membentuk V. Balikkan kertas, lipat bagian belakang gaun ke arah tengah sambil melipat sedikit bagian rok. Balikkan kertas kembali, buat lengan dengan melipat keluar membentuk segitiga.

Bunga dari Kertas

Bunga dari Kertas
From : tokopedia

Hiasi dinding polos di rumah dengan kerajinan dari kertas. Caranya, buat bermacam-macam bentuk bunga. Tempelkan bentuk-bentuk tersebut di dinding hingga membentuk rangkaian bunga dan seekor kupu-kupu atau bentuk lain yang kalian sukai.

Kerajinan Tangan dari Kertas Origami

Dalam bahasa Jepang, origami berasal dari kata “ori” berarti “lipat” dan “gami” yang berarti kertas. Kerajinan tangan dari kertas lipat ini biasanya dibuat dari kertas berbentuk persegi empat. Dengan berbagai teknik melipat, origami bisa dibentuk menjadi beragam bentuk yang menarik seperti berikut.

Bunga Tulip dari kertas

Bunga Tulip dari kertas
From ; youtube

Lipat kertas membentuk persegi panjang, buka, lipat kembali sisi lainnya. Balikkan kertas, lipat menjadi segitiga, buka, lipat kembali sisi lainnya dengan cara sama. Buka kertas sehingga terlihat empat garis bekas lipatan. Dorong sisi kanan dan kiri ke dalam hingga membentuk segitiga.

Lipat bagian depan ke tengah, balik kertas, lipat dengan cara yang sama. Lipat sisi kanan dan kiri ke tengah, lebihkan sedikit dari titik tengahnya. Selipkan ujung kanan ke lipatan kiri, lakukan untuk sisi lainnya. Tiup bagian dasar sampai mengembang, tarik ujung-ujung kertas keluar membentuk kelopak.

Bintang Kecil dari kertas

Bintang Kecil dari kertas
From : iya.com

Gunting kertas menjadi helaian panjang. Bentuk lubang dengan melingkarkan ujungnya. Masukkan ujung yang pendek, tarik membentuk segilima. Lipat ujung panjang mengikuti bentuk segilima sampai habis. Sambung dengan satu kertas lagi, ulangi hingga habis. Tekan sisi-sisinya membentuk bintang.

Kupu-Kupu dari kertas

Kupu-Kupu dari kertas
From : prelo

Lipat kertas menjadi empat membentuk empat bujur sangkar, lalu buka. Lipat secara diagonal, lalu buka kembali. Lipat sudut segitiga ke arah tengah. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah seperti pada gambar. Posisikan kertas berdiri hingga menyerupai kupu-kupu yang sedang hinggap.

Bentuk Hati dari kertas

Lipat kertas origami ke arah samping menjadi dua membentuk persegi panjang, buka, lalu lipat ke arah atas. Buka kertas sehingga terlihat bekas lipatan yang bersilangan. Lipat bagian bawah kertas sampai ke tengah. Balikkan kertas, lipat sudut kiri dan kanan bawah ke tengah membentuk segitiga.

Balikkan kertas kembali, lipat bagian kanan dan kiri ke tengah. Lipat sedikit kertas bagian kiri dan kanan atas membentuk segitiga siku-siku. Lipat bagian atas ke arah dalam, masukkan ke lipatan di bawahnya. Tekuk sisa kertas di atasnya menjadi segitiga yang berhadapan dan rapikan sisa kertas ke arah dalam.

Kerajinan Tangan dari Kertas Cantik dan Mudah Ditiru

kerajinan dari kertas
From : iya.com
Kertas merupakan salah satu hal yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika sampah kertas dapat ditemukan dimana saja.

Daripada menambah jumlah sampah, lebih baik kalian mencoba membuat kerajinan dari kertas seperti berikut ini.

Kerajinan dari kertas ternyata dapat digunakan untuk mempercantik rumah. Selain itu, hiasan-hiasan tersebut sangat murah dan mudah untuk dibuat. Jadi, kerajinan dari kertas manakah yang ingin kalian coba untuk dikreasikan?

Bunga Lavender dari Kertas

kerajinan tangan dari kertas
From : Sijai.com

Apakah kalian merasa bahwa ruang tamu terasa hampa tanpa ada bunga hias di atas meja? Daripada membeli bunga hias yang harganya cukup mahal, kalian dapat membuat bunga hias sendiri dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat.

Untuk membuat bunga lavender yang cantik, kalian memerlukan kertas berwarna hijau berukuran 9 x 30 cm dan 7 x 8 cm, serta kertas berwarna merah jambu atau ungu berukuran 8 x 30 cm.

Pertama, gulung kertas hijau berukuran 9 x 30 cm untuk membentuk tangkainya. Rekatkan sisa kertas pada ujung gulungan menggunakan lem. Rapikan kedua ujung tangkai dengan cara memotong sedikit kedua ujung tersebut menggunakan gunting.

Kemudian, lipat kertas berwarna merah jambu secara horizontal, lalu potong bagian yang dilipat hingga membentuk rumbai-rumbai. Buka lipatan kertas, lalu lipat kembali secara horizontal ke sisi sebaliknya. Rekatkan lipatan menggunakan lem.

Gulung kertas berwarna merah jambu tersebut pada tangkai. Rekatkan dengan lem. Lalu, tutup bagian bawah gulungan dengan kertas hijau berukuran 7 x 8 cm yang telah dipotong zig-zag menyerupai rumput.

Hiasan Dinding dari Karton Gulungan Tisu

Hiasan Dinding dari Karton Gulungan Tisu
From : IDN Times

Kertas karton gulungan tisu ternyata bukan sampah biasa. Karton tersebut menyimpan potensi besar yang dapat mempercantik tampilan ruang tamu kalian.

Untuk membuat hiasan dinding seperti ini, kalian memerlukan karton tisu bekas, cat, gunting, lem, dan daya imajinasi.

Pertama, warnai karton dengan warna kesukaan kalian. Potong karton menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Bentuk potongan-potongan karton menjadi bentuk elips. Rangkai potongan-potongan tersebut dan rekatkan pada dinding.

Hiasan Dinding Berbetuk Hati dari Kertas

kerajinan dari kertas
From : Dekoruma.com

Mempercantik tampilan ruang tamu atau kamar tidur kalian bukanlah suatu hal yang sulit. Kalian bahkan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mewujudkan hal tersebut. Yang kalian perlukan hanya kertas berwarna, gunting, dan lem.

Pertama, gambar pola hati pada kertas berwarna merah. Ukuran dari pola tersebut sesuai dengan selera kalian. Lebih baik menggambar pola berbentuk hati dengan beragam ukuran untuk memperkaya tampilan.

Setelah itu, potong pola tersebut. Gunting sedikit pada bagian lengkungan yang bertemu pada satu titik sekitar 1cm hingga 1,5cm ke arah pusat hati.

Bubuhkan lem pada bagian yang digunting, lalu rekatkan kedua bagian tersebut sehingga sedikit mengerucut.

Ulangi langkah ini pada kertas berpola hati yang lain hingga kalian mendapatkan jumlah yang diinginkan. Tempel hiasan berbentuk hati tersebut pada dinding.

Kerajinan Bunga Kertas Raksasa

Kerajinan Bunga Kertas Raksasa
From : Tabloid Bintang

Kerajinan bunga kertas raksasa tengah digandrungi sekarang. Rangkaian bunga-bunga kertas berukuran besar ini kerap ditemui di acara-acara istimewa seperti wisuda, pertunangan, dan pernikahan.

Bunga-bunga kertas ini sekilas tampak rumit. Sebenarnya, membuat bunga-bunga ini tidak terlalu susah, lho. Kalian pun asti dapat membuatnya. Dan apabila ditekuni, kerajinan tangan ini dapat membuka peluang bisnis bagi kalian.

Untuk membuat bunga-bunga ini, kalian harus menyiapkan kertas beerwarna berukuran A4 terlebih dahulu.

Potong kertas menjadi dua bagian yang sama panjang, lalu gambar pola kelopak bunga pada kertas tersebut. Gunting kertas membentuk pola yang telah digambar.

Setelah itu, gunting bagian bawah kertas sekitar 3cm atau 4cm menuju ke arah pusat. Bubuhkan lem pada salah satu bagian yang digunting, lalu rekatkan pada bagian lainnya hingga membentuk kerucut pada bagian kelopak bunga.

Kemudian, gulung sedikit bagian atas kelopak bunga ke arah luar, yaitu arah yang sama dengan titik sudut kerucut.

Ulangi langkah-langkah ini hingga kalian mendapatkan jumlah kelopak bunga yang diinginkan. Lalu, rangkai kelopak bunga tersebut menggunakan lem.

Kap Lampu Unik dari Kertas

Kap Lampu Unik dari Kertas
From : adahobi

Siapa sangka kap lampu yang tampak mewah ini ternyata terbuat dari bahan kertas yang murah. Yang lebih menarik lagi, kalian juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Yang perlu kalian lakukan hanyalah menggambar pola berbentuk elips seperti daun atau bulu ayam pada beberapa kertas putih. Gunting pola-pola tersebut. Lalu, gunting sisi-sisi potongan kertas hingga membentuk rumbai-rumbai.

Tempelkan kertas-kertas tersebut pada sebuah lampion. Ketika menyalakan lampu, kalian akan melihat sinar yang cantik menembus kertas-kertas putih tersebut.

Hiasan lampion dari Kertas

Hiasan lampion dari Kertas
From : IDN Times

 

Apabila kalian masih memiliki banyak koran bekas di rumah, jangan terburu-buru untuk membuangnya. Selain dapat dijadikan sebagai tempat oensil yang unik, kerajinan dari kertas bekas, khususnya kertas koran, dapat kalian sulap menjadi hiasan lampion.

Caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu menggunting kertas koran tersebut hingga menjadi bentuk bunga dengan berbagai ukuran. Kalian juga dapat mengguntingnya sehingga membentuk kupu-kupu.

Kemudian, tempelkan guntingan kertas-kertas tersebut pada lampion yang telah disiapkan. Pada bagian ini, kalian dituntun untuk menjadi kreatif.

Lentera Kertas

Lentera Kertas
From : kesekolah.com

Lampu tidur ini tampak cantik, bukan? Kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Yang kalian perlukan untuk membuat lampu tidur yang cantik ini adalah:

  • Gelas dengan sisi yang tegak dan sejajar.
  • Lilin LED atau lampu LED
  • Kertas putih bersih tanpa garis
  • Kertas transparan berwarna
  • Silet atau pisau khusus untuk kerajinan tangan

Pertama, persiapkan pola bunga yang akan diukir pada kertas putih. Kalian dapat mengunduh pola tersebut di internet, atau menggambar pola sesuai selera dan kreatifitas.

Kemudian, gunakan silet atau pisau khusus kerajinan tangan untuk membentuk pola yang diinginkan. Pastikan silet atau pisau tersebut sangat tajam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah itu, lapisi gelas dengan kertas transparan yang berwarna. Rekatkan kertas tersebut dengan lem. Lapisi kertas berwarna tersebut menggunakan kertas putih yang telah diukir tadi. Rekatkan kertas menggunakan lem.

Masukkan lampu LED atau lilin LED di dalam gelas. Sebenarnya, kalian bisa saja menggunakan lilin yang asli.

Akan tetapi, hal ini mungkin saja akan berbahaya karena berisiko menimbulkan kebakaran. Lilin LED jauh lebih aman karena menggunakan baterai.

Nyalakan lilin LED tersebut, dan kalian akan melihat cahaya redup yang menenangkan melalui pola bunga yang telah diukir.

Demikian kerajinan tangan dari kertas diatas semoga  bermanfaat serta dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk kalian semua. Terimakasih

 

Sumber : https://bp-guide.id/AX7MzOMo

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: