bisnis kreatif

Macam-Macam Usaha Kreatif dengan Modal yang minim, Wajib dicoba!

Macam-macam usaha kreatif – Pernahkah kalian bertanya pada diri sendiri, akan seperti apa masa depan yang ingin kalian raih?

Lalu, pernahkah kalian bertanya pada diri sendiri, manfaat apa yang bisa kalian berikan lebih? Apabila dua pertanyaan tersebut belum bisa kalian jawab sampai sekarang, kali ini kami akan membantu menjawabnya.

Pentingnya Menjadi Pengusaha Kreatif

pentingnya kreatif dalam usaha
From : peluang usaha bisnis

Manusia tidak diciptakan dan hidup untuk dirinya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang hanya bisa bertahan hidup dengan mengandalkan manusia lain, atau setidaknya makhluk lain.

Bisa kalian bayangkan apa jadinya manusia yang hidup sendiri di tengah pulau tanpa ada makhluk lainnya? Tanpa adanya sebuah usaha kreatif darinya, maka belum samapai satu bulan mungkin dirinya akan punah.

Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, namun banyak manusia yang masih memilih untuk hidup bagi dirinya sendiri.

Ia hanya bangun untuk dirinya sendiri, ia beraktivitas untuk dirinya sendiri, lalu ia tidur untuk dirinya sendiri. Dalam jangka waktu 24 jam 7 hari ia isi dengan kegiatan-kegiatan yang hanya untuk kepentingannya sendiri. Padahal, manusia bisa melakukan lebih.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan manusia untuk berbuat lebih. Salah satunya adalah dengan memberikan manfaat kepada orang lain. Namun, belum banyak orang menyadari bahwa ada cara lain untuk menebar manfaat ke sesama, yaitu dengan menjadi pengusaha.

Dengan menjadi pengusaha, kalian bukan hanya bisa menjadi nahkoda di kehidupan kalian saja. Kalian pun bisa menjadi kapal bagi kehidupan orang lain, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan. Ini lah manfaat yang bisa disebarkan oleh pengusaha kepada sesama.

Baca juga: Peluang usaha rumahan

 

Lalu, Mengapa Usaha Kreatif?

 kreatif dalam usaha
From : kompasiana.com

Menjadi pengusaha memang tidak mudah. Kalian akan menemui berbagai tantangan yang bahkan belum pernah kalian hadapi sebelumnya.

Bagaimana jeli melihat pasar, beradaptasi terhadap perubahan, memuaskan pelanggan, mengumpulkan modal, hingga bagaimana memasarkan produk yang kalian miliki. Pertanyaan semacam itu terus menghantui orang-orang yang ingin memulai suatu usaha.

Padahal, kebanyakan pengusaha yang sukses lahir dari sebuah kenekatan. Mereka hanya bermodalkan tekad dan visi untuk bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu.

Tentu usaha yang sukses tidak dibangun dalam semalam. Dibutuhkan waktu yang lama, dan kerja keras yang konsisten agar bisa mencapai kesuksesan.

Terlebih lagi di era yang serba dipenuhi oleh teknologi seperti sekarang ini, teknologi mulai perlahan-lahan merangkak masuk ke beberapa pekerjaan.

pertama adalah pekerjaan-pekerjaan kasar seperti buruh di assembly line akan dikuasai oleh teknologi. Lalu perlahan-lahan pekerjaan kerah biru lainnya pun akan diambil alih oleh teknologi berkat kemajuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Meskipun mesin memiliki potensi untuk menggantikan manusia, namun tidak semua pekerjaan bisa diambil alih oleh mesin.

Usaha yang bergerak didasarkan oleh kemampuan manusia untuk mengolah informasi, melihat peluang, berpikir kreatif, dan niat yang tulus membantu sesama.

Usaha kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan zaman. Selera mungkin akan berubah-ubah, namun industri kreatif akan terus memiliki pelanggan setia.

Tidak heran, karena memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk menyukai sesuatu yang indah, artistik, dan berguna. Jadi, usaha kreatif akan tepat bagi kalian yang ingin membangun sebuah usaha yang mampu bertahan lama di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Selain dapat mendirikan usaha yang mampu bertahan, dengan membangun usaha kreatif kalian juga bisa membantu lebih banyak orang.

Baca juga : peluang usaha di desa berkembang

Macam-macam Usaha Kreatif dengan Modal Minim

 bisa memberikan Anda inspirasi untuk memulai bisnis Anda sendiri. Anda bisa memilih peluang bisnis yang sesuai dengan passion dan keadaan keuangan Anda saat ini. Jadi jangan takut untuk mengambil tantangan baru, karena selama Anda mau belajar, Anda pasti mampu untuk menjalankan bisnis dengan baik.
From : info peluang usaha

Beberapa bisa dikerjakan sendiri, beberapa tidak mungkin dikerjakan sendiri. Jadi, sebelum memilih untuk terjun dalam usaha kreatif, sebaiknya pertimbangkan dulu sumber daya dan kapasitas diri sendiri.

Jangan sampai usaha yang kalian mulai dengan susah payah, harus hancur karena salah perkiraan. Usaha kreatif yang ingin kalian geluti pun bisa ditentukan pula dari siapa yang menjadi target pasar kalian.

Apakah kalian mengkhususkan diri pada pasar lokal, atau justru membangun produk untuk pasar internasional.

1. Membuat peralatan rumah tangga dengan rotan

peralatan rumah tangga dengan rotan

Mungkin bukan sesuatu yang baru jika rotan dibuat menjadi beraneka ragam kerajinan tangan. Tapi, apakah pernah terpikir olehmu untuk membuat peralatan rumah tangga dengan bahan yang satu ini?

Ya, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan ternyata banyak dicari oleh masyarakat karena kekuatannya. Namun, kebanyakan pelaku usaha membuat peralatan rotan dengan bentuk yang kaku.

Melalui usaha yang kreatif kali ini, kalian dapat mencoba untuk membuatnya sesuatu yang menarik dengan menyulap peralatan rotan tersebut menjadi karakter-karakter yang lucu dan menggemaskan  seperti contoh Winnie The Pooh, Hello Kitty, Teddy Bear dan sebagainya.

Ide kreatif ini bisa  kalian aplikasikan menjadi aneka kerajianan seperti, tempat mainan, keranjang baju kotor, tempat lampu, tempat tisu, kotak aksesoris dan lain sebagainya yang bisa dibuat dengan rotan.

Untuk harganya, kalian bisa menjual barang-barang rumah tangga yang unik tersebut seharga Rp50.000 sampai ratusan jutaan rupiah.

2. Menjadi dropshipper

usaha Menjadi dropshipper
From : news.es

Bagi kalian yang bingung untuk membangun usaha kreatif tetapi memiliki kendala dalam modal, maka kalian bisa memulainya dengan menjadi dropshipper.

Caranya juga mudah karena untuk saat ini sudah banyak situs e-commerce yang menawarkan untuk menjadi dropshipper. Usaha ini memiliki resiko yang minim karena tidak menggunakan modal.

Keuntungan yang didapatkan terbilang lumayan mengingat tidak adanya modal yang perlu dikeluarkan. Dengan modal handphone dan internet pun kalian sudah bisa menjadi dropshipper.

3. Desainer pakaian

usaha sebagai Desainer pakaian
From : Blogspot.com

Beberapa orang juga tidak ingin malu karena datang ke satu pesta menggunakan pakaian yang sama. Beberapa yang lain juga ingin tampil berbeda dengan yang lainnya.

Ini lah yang membuat profesi desainer pakaian akan selalu dicari oleh pecinta fashion. Selain itu, kadang orang itu memiliki gaya berbusana yang ideal sesuai apa yang ada di pikiran masing-masing.

Namun tidak bisa menuangkannya dalam sebuah produk jadi. Sehingga yang bisa ia ceritakan adalah gambaran kasar. Apabila kalian akan menjadi seorang desainer pakaian, maka itulah tugas kalian.

Tugas kalian adalah menerjemahkan keinginan dan selera dari klien, yang terkadang mereka sendiri kesulitan untuk menjelaskannya, hingga menuangkannya menjadi sebuah pakaian yang unik dan eksklusif untuk sang klien.

Apabila kalian mampu menerjemahkan keinginan setiap klien dengan baik, maka para klien ini akan berubah menjadi sahabat baru bagi kalian.

4. Jualan barang antik

usaha Jualan barang antik
From ; BP Guide

Barang antik menurut beberapa orang memang hanya di anggap sebagai barang rongsok yaitu barang yang tidak memiliki nilai guna yang sebanding dengan barang-barang baru yang ada di pasaran.

Tetapi, bagi beberapa orang barang antik ini merupakan suatu emas yang tersembunyi. Bagi beberapa yang bermata jeli bahkan bisa merubah barang antik bernilai jutaan hingga milyaran rupiah.

Selain memiliki nilai yang khas, barang-barang antik ini juga memiliki nilai sentimentil yang membuat orang kembali bernostalgia dengan masa lalunya.

Apalagi jika para generasi tua yang mengalami transisi dari era analog ke era digital kini. Tak jarang banyak dari orang tua yang dulu belum mampu untuk membeli barang-barang yang di mimpi-mimpikan. Sehingga baru bisa mencarinya saat ini.

Contohnya, para kolektor mobil antik. Kebanyakan dari mereka bermimpi untuk memiliki mobil-mobil keren yang ia lihat lalu lalang ketika masih kecil.

Kemudian ketika mereka telah sukses, mereka mampu untuk memenuhi keinginan-keinginan tersebut. Dengan adanya teknologi informasi akan semakin mempermudah para pecinta barang antik untuk menemukan barang-barang yang diinginkan.

Oleh karena itu, ketika mendirikan sebuah toko barang antik, jangan lupa untuk mendirikan toko online-nya juga.

5. Membuka clothing line

Membuka Usaha clothing line
From; Indocostum.id

Jika menjadi desainer pakaian atau penjual barang antik tidak sesuai dengan bakat kalian, mengapa tidak membuka clothing line untuk anak muda saja?

Kalian bisa mendesain kaos, jaket, hoodie, dan sebagainya yang sesuai dengan tren anak muda jaman sekarang. Jangan merasa takut, karena kalian bisa mendapatkan inspirasi dari banyak tempat. Cukup gunakan mesin pencari ataupun di Instagram.

Kalian bisa menyesuaikan dengan selera fashion anak muda dari berbagai latar belakang sosial ekonomi. Jika dengan itu kalian masih bingung, mungkin kalian dapat memulainya dengan membuka clothing line dengan desain yang berkaitan dengan olahraga sepak bola.

Mengingat olahraga ini disukai oleh jutaan orang di Indonesia. Kalian bisa mendesain kaos dengan kreasi logo club sepak bola yang terpopuler di Indonesia. Misalnya, Real Madrid, Barcelona, Arsenal, Liverpool, persebaya, arema dan sebagainya.

 6. Menjual cincin orang yang gagal menikah

cincin orang yang gagal menikah
From : Shopback

Mungkin ide usaha kreatif yang satu terlihat sedikit menyedihkan. Namun, bagi mereka yang mengalami kegagalan karena tidak jadi menikah tentu hal ini bisa sangat membantu mereka untuk membuang semua kenangan.

Sayang sekali kalau mau dibuang, bagaimana jika kalian menjadi marketplace bagi mereka yang ingin menjualnya?

Dalam hal ini, bukan hanya cincin saja yang bisa dijual. Kalian juga bisa menjadi marketplace untuk menjual barang lainnya seperti jas pengantin, gaun pengantin, mahar pernikahan atau bahkan gedung yang sudah disewa tapi tidak jadi dipakai.

Hal ini tentu akan sangat membantu banyak pihak bukan hanya mereka yang sakit hati karena gagal menikah tapi juga pihak yang ingin menikah dan membutuhkan barang-barang tersebut.

7. Usaha es krim dari kulit pisang

Usaha es krim dari kulit pisang
From : Kapanlagi plus

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa diolah, kulit pisang juga bisa menjadi bahan yang dimanfaatkan untuk usaha. Usaha ini juga termasuk dalam macam-macam usaha kreatif lho.

Jika kalian penasaran seperti apa rasa olahan kulit pisang, kalian bisa mencoba untuk membuat es krim kulit pisang ini dan kemudian menjualnya.

Menurut mereka yang sudah pernah mencoba ide usaha kreatif es krim kulit pisang yang dibuat dari kulit pisang tersebut ternyata memiliki rasa yang enak.

Selain itu, ditemukan adanya kandungan vitamin A dan C juga dalam olahan tersebut. Maka dari itu, usaha ini sangat cocok untuk dijual dan dijadikan bisnis bukan?

Untuk membuat es krim dari kulit pisang ini, kalian hanya perlu menyiapkan kulit pisang, tepung es krim, susu dan coklat.

Cara pembuatan es krim kulit pisang yaitu rebus kulit pisang selama 15 menit lalu blender halus untuk kemudian disaring dan diambil sarinya.

Selanjutnya, rebus kembali sari kulit pisang tersebut. Selanjutnya, campur sari tadi dengan bubuk es krim, susu dan coklat. Aduk sampai rata dan masukan dalam freezer.

8. Dekorasi interior

Usaha Dekorasi interior
From : Kompas Properti

Kaum milenial kini perlahan lahan mulai menempati propertinya masing-masing. Baik itu berupa rumah, maupun apartemen. Tentunya para milenial ini memiliki selera yang berbeda dengan generasi pendahulunya.

Maka dari itu, kalian bisa memulai usaha kreatif yang bergerak di industri dekorasi interior yang khusus untuk menangani kebutuhan para milenial tersebut.

Menjadi seorang desainer interior tidak harus menempuh pendidikan desain interior. Memang akan sangat membantu apabila kalian telah berlatih dan belajar selama bertahun-tahun.

Tetapi kenyataannya banyak para pelaku usaha ini yang tidak memiliki latar belakang pendidikan desain interior. Jadi, kalian hanya perlu untuk belajar dan mengetahui benar apa yang diinginkan oleh klien.

9. Dekorasi Rumah

usaha Dekorasi Rumah
From :BLIBLI.com

Dekorasi rumah yaitu bisnis  yang membuat berbagai macam pernak-pernik dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, jam dinding custom, lampu hias, vas bunga, dan masih banyak lagi.

Membuat dekorasi yang cantik dan unik tentunya membutuhkan kreatifitas. Dekorasi rumah termasuk dalam macam-macam usaha kreatif dan unik karena memiliki banyak sekali kreasi yang dapat di hasilkan dari bisnis tersebut.

Jika kalian kalian merupakan orang yang kreatif tidak ada salahnya jika kalian mencoba bisnis ini. Kalian dapat memulainya di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana sebagai percobaan.

Setelah kalian bisa mulailah pasarkan melalui media sosial atau internet seperti Tokopedia, Bukalapak, Qlapa.com dan masih banyak lagi.

10. Usaha Tas Handmade

Usaha Tas Handmade
From : GoUKM.id

Tidak bisa katakan lagi tas merupakan salah satu kebutuhan dalam kegiatan sehari-hari. Tidak hanya itu, tas juga menjadi salah satu media untuk menunjukkan kepribadian dan gaya fashion seseorang.

Usaha tas handmade untuk saat ini masih mempunyai peluang yang baik, terutama bagi pengusaha yang dapat membuka jasa desain tas yang menarik.

Usaha tas handmade juga termasuk dalam macam-macam usaha kreatif yang dapat dimulai dengan modal yang kecil.

Seperti contoh David Yuwono yaitu pendiri tas berbahan denim Dry bag dengan menggunakan modal awal 800 ribu untuk membuat beberapa contoh tas.

Kemudian David Yuwono berhasil membangun bisnis tas handmade dengan merk Tas Dry Denim yang dapat menghasilkan omzet mencapai Rp 800 juta.

Baca juga: Peluang usaha di desa berkembang

11. Membuka Salon Muslimah

usaha Salon Muslimah
From : Scoopempire.com

Usaha mendirikan salon muslimah di Indonesia terbilang masih cukup jarang, padahal segmentasi pasar untuk usaha ini sangatlah begitu besar.

Usaha yang kreatif satu ini bukan hanya sekedar mencari keuntungan saja, melainkan bisa memberdayakan para wanita di Indonesia yang memang tidak memiliki pekerjaan.

Selain termasuk usaha yang kreatif usaha ini juga dapat menjadi wadah untuk mensyiarkan agama islam khususnya tentang muslimah. Karena batasan-batasan yang perlu di perhatikan itu harus dijaga sesuai dengan ajarannya.

Demikian macam-macam usaha kreatif diatas semoga kalian bisa memberikan kalian inspirasi untuk memulai bisnis kalian sendiri.

Kalian bisa memilih peluang bisnis yang sesuai dengan passion dan keadaan keuangan kalian saat ini. Jadi jangan takut untuk mengambil tantangan baru, karena selama kalian mau belajar, kalian pasti mampu untuk menjalankan bisnis dengan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: