manfaat membaca al-qur'an

Luar Biasa! Manfaat Membaca Al-Qur’an yang Wajib Kita Ketahui

Manfaat membaca al-qur’an– Membaca al-quran mempunyai banyak manfaat yang sangat menakjubkan. Barang siapa yang membaca al-qur’an sesuai dengan makhroj dan hukum tajwid yang benar maka orang tersebut akan mendapatkan keutamaan atau manfaat yang tersendiri.

Biasanya orang yang baru pertama belajar al-qur’an akan diajarkan dulu tentang dasar ilmu tajwid lalu setelah itu diajarkan tentang hukum tajwidnya. Agar bacaan nya fasih dan benar.

Alloh menurunkan wahyu kepada nabi muhammad salah satunya adalah Al-Qur’an, sebagaimana Al-Qur’an adalah petunjuk bagi umat nabi muhammad untuk menuju jalan yang lebih baik baik dan mendapatkan rahmad serta kebaikan dari Alloh SWT. Selain menjadi petunjuk Al-Qur’an juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Fungsi Al-Qur’an Bagi Kehidupan Sehari-hari

manfaat membaca al-quran
from :ngaji biar jadi orang yang aji

Hal ini harus kita ketahui bahwa banyak manfaat yang ada dalam al-qur’an ketika kita mau membacanya setiap hari. Berikut adalah manfaat al-qur’an bagi kehidupan kita sehari-hari :

1. Menjadi Manusia yang Lebih Baik

Kenapa ketika kita membaca al-qur’an dikatakan menjadi manusia yang lebih baik? Karena orang yang baik adalah orang yang mau mempelajari dan mengamalkan al-quran.

Sesuai dengan sabda Rosulullolah ; “sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mau mau mempelajari dan mengamalkan al-qur’an”

Maka dari itu, orang yang baik didunia bukanlah orang yang mempunyai derajat dan jabatan tinggi bukan pula orang yang kaya raya mempunyai banyak duit yang bisa untuk di belikan 1000 mobil. Melainkan orang yang baik adalah orang yang mau mempelajari al-qur’an dan mau mengamalkannya.

Tetapi jangan lupa kalau kamu sudah mempunyai ilmu jangan lupa kamu untuk mengamalkannya. Karena ilmu tanpa pengamalan bagaikan pohon tak berbuah.

2. Memberi Kedamaian dan Ketenangan

Ketika kita lagi susah maupun kita lagi marah banyak masalah hati kita akan merasa hancur, gelisah dan pikiran kita akan menjadi kacau.

Nah, ketika kalian lagi banyak masalah semakin banyak lah kalian untuk membaca al-qur’an karena dengan membaca al-qur’an kita akan di beri kedamaian dan ketenangan oleh Alloh SWT. Alloh Berfirman dalam surat Al-Ra’d ayat 28 yang artinya :

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat alloh SWT, Ingatlah karana hanya dengan mengingat alloh-lah hati akan menjadi tentram”

3. Mendapat Sakinah, Rahmad, serta Dapat Naungan Malaikat

manfaat membaca al-qur'an
from : manfaat

Selain kita mendapatkan ketentraman Al-qur’an juga akan di berikan sakinah, rahmad dan naungan para malaikat. Dari HR muslim menjelaskan bahwa :

“Tidaklah suatau kaum berkumpul disuatu masjid dari pada masjid-masjid alloh, mereka membaca alqur’an dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi oleh rahmad, malaikat yang mengelilingi mereka dan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk yang ada disisi-Nya”

Oleh karena itu, ketika kita berkumpul di masjid hendaklah kalian semua membaca al-qur’an deemnagn hati yang tenang dan sabar agar mendapat mendatangkan rahmat serta naungan oleh alloh dan para malaikat.

4. Memberi Syafaat Ketika Hari Kiamat Tiba

Manfaat membaca al-qur’an akan mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan membaca al-qur’an juga bisa memberi kita syafaat di hari kiamat nanti.

Sebagaimana dalam HR. Muslim di jelaskan :

“Bacalah bait Al-qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang dan memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.”

5. Dapat Memberikan Derajat dan Wibawa yang Lebih Baik

Membaca Al-qur’an akan menjadikan seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Sosok seperti ini biasanya akan lebih dihormati dan disayangi dan dihargai oleh orang lain.

Ada hadits yang menyatakan:

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat kepada Alloh SWT dan orang orang yang terbata bata dalam membaca Al-qur’an dan dia bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala” (HR, Bukhori)

6. Penghilang Segala Keraguan

Al-qur’an telah menjelaskan mana yang sesungguhnya benar, sudah disertai dengan penjelasan dan bukti-bukti yang ada. Kebenaran-Nya dengan sendirinya akan menghilangkan semua keraguan.

7. Hidup yang Seimbang

Al-qur’an menuntut kita untuk hidup yang seimbang dalam segala hal melarang kita untuk berlebih-lebihan. Karena alloh sendiri tidak suka dengan orang yang berlebih-lebihan dalam segala hal seperti makan sampai kekenyangen, memakai pakaian yang berlebigan, dst. Sesungguhnya orang yang berlebih-lebihan adalah temannya setan.

9. Terbebas dari Aduan Syetan

Ketika hari kiamat tiba suatu saat di akhirat Rosulullah SAW akan mengadukan manusia dihadapan Alloh SWT. Namun, ketika kita didunia terus membaca AL-qur’an dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-qur’an mak kita akan terhindar dari aduan tersebut.

10. Sebagai Pelebur Dosa

Al-qur’anlah yang mengingatkan akan dosa-dosa kita dan Al-qur’an juga yang bisa menjaga kita agar tidak terjerumus dalam perbuata-perbuatan yang membuat kita dosa. Marilah kita Bermuhasabah atau intropeksi diri dengan membaca Al-qur’an. dengan begitu semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita.

11. Dipenuhi Rasa Tenang

Barang siapa yang suka membaca Al-qur’an dia akan selalu berada dalam kegembiraan dan penuh harapan, dan ketika ada orang lain merasa kesedihan, kecemasan, dan rasa pesimis. karena sesungguhnya diri kita telah terisi dengan ayat-ayat yang lembut.

12. Memudahkan Segala Rizki

Bagi orang yang mau membaca al-quran akan diberi pintu keberkahan, memperkuat keimanan, ketaqwaan dan penjagaan dirinya. untuk orang yang mau membaca al-quran.

13. Mendapatkan Banyak Nikmat

Dari Asy Syahid Sayyid Quthub mengatakan dalam muqqodimah tafsirnya menjelaskan bahwa :

“Hidup dalam naungan Al-qur’an adalah nikmat. Nikmat yang hanya bisa diketahui oleh siapa yang telah merasakannya. Nikmat yang akan menambah usia, memberkahi dan menyucikannya.”

Kurang nikmat apa lagi coba, dengan membaca Al-qur’an kita akan mendapatkan banyak nikmat yang hanya diketahui oleh orang yang merasakannya saja dan juga mendapatkan nikmat yang bisa memberkahi hidup kita dan menyucikan diri kita.

14. Membersihkan Penyakit Hati

Penyakit hati adalah penyakit yang terdapat dalam sifat rohaniyah maupun bathiniyah kita. Contoh penyakit hati tersebut seperti sombong, riya’, tamak, dan sebagainya. Nah, dengan kita membaca Al-qur’an insya alloh dengan perlahan penyakit hati itu akan bersih.

Hal ini seperti Hadits Baihaqi dari Abdullah bin Umar, yaitu:

“Sesungguhnya hati itu (bisa) berkarat sebagaimana besi apabila terkena air”

Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karatnya, ya Rosulullah ? Beliau menjawab :

“Perbanyak dzikir dan membaca Al-qur’an”

Dalam Al-qur’an telah di jelaskan bahwa ia (Al-qur’an) bisa menjadi penawar penyakit yang ada didalam dada, yang dimaksiud penyakit yang ada didada adalah penyakit hati.

Oleh karena itu dengan berdzikir dengan membaca Al-qur’an kita akan terhindar dari penyakit hati.

15. Keutamaan Dalam Meminta

Orang yang disibukkan dalam Al-qur’an atau berdzikir kepada alloh dengan membaca Al-qur’an dan memohon kepada alloh. maka alloh akan memberikan sesuatu yang lebih utama dari pada apa yang telah Alloh berikan kepada orang-orang yang telah meminta.

Fungsi Al-Qur’an Dalam Agama Islam

 manfaat Al-qur'an dalam islam
from :Dictio community

1. Al-Huda (Petunjuk)

Didalam Al-quran ada tiga fungsi Al-quran yang berfungsi sebagai petunjuk. Al-quran menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

2. Al-Furqon (Pemisah)

Fungsi Al-quran sebagai pemisah adalah Al-quran dapat memisahkan antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah. Di dalam Al-quran dijelaskan beberapa hal mengenai yang boleh dilakukan atau yang baik, dan yang tidak boleh dilakukan atau yang buruk.

3. Al-Asyifa (Obat)

Al-quran bisa menjadi obat penyakit mental di mana membaca Al-quran dan mengamalkannya daoat terhindar dari berbagai hati atau mental. Meskipun Al-quran hanya sebatas tulisan saja, namun membacanya dapat memberikan pencerahan bagi stiap orang yang beriman.

4. Al-mau’izah (Nasihat)

Al-Quran memiliki banyak pelajaran tentang pengajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan bagi orang-orang yang bertakwa, yang berjalan di jalan Allah. Adapun nasihat yang terdapat di dalam Al-Quran biasanya berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau masa setelahnya.

Manfaat Membaca Al-quran Bagi Kehidupan Manusia

from :Mutfaidah.blogspot.com

1. Sebagai petunjuk jalan yang lurus

Al-quran sebagai pemberi petunjuk agar umat manusia dapat terus berjalan di jalan yang lurus. Yang di maksut adalah manusia harus hidup dengan baik dan benar atau dalam istilahnya adalah di jalan yang luru. Di dalam Al-quran sudah dijelaskan mana yang salah dan mana yang benar, serta peringatan-peringatan agar terus bertakwa kepada Allah.

2. Merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW

Al-quran adalah muksizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Berbeda dengan nabi-nabi lainnya yang diberikan mukjizat seperti berbicara dengan binatang, menyembuhkan penyakit, dan lain sebagainya. Al-Quran adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum dan penyempurna dari kitab-kitab yang terdahulu.

3. Menjelaskan kepribadian manusia

Fungsi Al-quran selanjutnya adalah menjelaskan kepribadian manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya yang ada di bumi. Manusia adalah makhluk yang diberikan akal, bisa membedakan baik dan buruk, dan membuatnya berbeda dengan binatang yang sama-sama ciptaan Allah.

4. Merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya

Sebelum Al-quran, ada beberapa kitab Allah yang juga diturunkan kepada para nabi, seperti Injil, Taurat,dan Zabur. Kitab-kitab Allah sebelumnya ditujukan hanya pada umat pada zaman tersebut saja, berbeda dengan Al-Quran yang digunakan sampai akhir zaman.

5. Menjelaskan masalah yang pernah diperselisihkan umat sebelumnya.

Di dalam Al-quran terdapat cerita-cerita dari masa lalu yang kemudian berdasarkan kisahb umat terdahulu kita bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang pernah mereka buat sebelumnya.

6. Al-quran memantapkan iman Islam

Dengan membaca Al-quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, kita bisa memantapkan iman kita. Isi Al-quran akan membuat kita semakin yakin bahwa agama Islam adalah agama yang memang harus dianut.

7. Tuntunan dan hukum untuk menjalani kehidupan

Al-quran berisi tentang hukum dan juga tuntunan manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Di dalam Al-quran mengatur bagaimana tentang berhubungan dengan orang lain, berdagang, warisan, zakat, dan masih banyak lagi.

Fungsi Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu

manfaat membaca al-qur'an sebagai sumber ilmu
from : inspiring.id

1. Ilmu tauhid

Ilmu tauhid merupakan ilmu kalam dalam Islam yang membahas pengokohan keyakinan dalam agama Islam sehingga dapat memperkuat dan menghilangkan keraguan.

2. Ilmu hukum

Di dalam Al-quran juga terdapat ilmu hukum yang dibahas. Contohnya saja terdapat hukum pernikahan, warisan, zakat, dan lain sebagainya.

3. Ilmu tasawuf

Ilmu tasawuf adalah ilmu cara untuk mensucikan jiwa, menjernihkan akhlak dan batin.

Itulah beberapa fungsi Al-quran yang perlu kamu ketahui. Al-quran adalah kitab bagi orang Islam, yang didalamnya berisi berbagai penjelasan mengenai hukum dan tatacara yang Islam ajarkan untuk menjalani kehidupan di dunia.

4. Ilmu filsafat Islam

Filsafat Islam adalah hubungan ilmu kalam dengan filsafat yang dikembangkan oleh cendekiawan muslim. Jika dalam ilmu filsafat lain kadang masih mencari-cari tentang kehadiran tuhan namun di filsafat Islam sudah meyakini tentang keesaan Tuhan yaitu Allah SWT.

5. Ilmu sejarah Islam

Al-quran juga mengandung banyak ilmu sejarah dari masa terbentuknya manusia hingga perjuangan Nabi Muhammad SAW.

6. Ilmu pendidikan Islam

Al-quran adalah sumber yang paling utama untuk mempelajari Islam. Di dalam Al-quran juga sering disebutkan ilmu pengetahuan lainnya seperti ilmu biologi atau astronomi.

Itulah beberapa fungsi Al-quran yang perlu kamu ketahui. Al-quran adalah kitab bagi orang Islam, yang didalamnya berisi berbagai penjelasan mengenai hukum dan tatacara yang Islam ajarkan untuk menjalani kehidupan di dunia.

Demikian beberapa manfaat membaca al-qur’an yang telah tertulis diatas semoga bermanfaat dan dapat menambah semangat untuk terus membaca Al-Qur’annya.

Terimakasih

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: