Nostalgia dengan Permainan Anak Jaman Dahulu

 

gadget ibaratkan dengan racun untuk anak-anak jaman now. tidak seperti jaman dahulu, kini permainan jaman dahulu sudahlah mulai menghilang karena anak jaman sekarang banyak memilih main game online atau kalau tidak ya lihat you tube. 

nah, genget juga banyak menimbulkan hal-hal yang negatif terhadap anak seperti kurangnya kebersamaan terhadap teman, males, dan kecanduan dalam bermain game online.

berbeda banget dengan permainan jaman dahulu. betapa senangnya dulu ketika bermain di luar rumah. berlari-lari, kejar-kejaran sampek berkeringat, tertawa bersama temen-teman hingga lupa waktu dan dimarahin oleh ibu serta bapak.

yuk, kita bernostalgia bareng sambil mengingat-ingat masa kecil jaman dulu. inilah permainan yang sering di lakukan pada jaman dahulu:

Permainan Lompat Tali

permainan lompat tali adalah permainan yang menyerupai tali tetap[i terbuat dari rangkaian karet gelang yang di susun menjadi seperta tali yang panjang.biasanya permainan lompat tali di lakukan oleh anak perempuan.

permainan lompat tali biasanya di lakukan dengan berkelompok. dari namanya aja sudah keliatan kalau cara memainkanya dengan melompat. 

biasanya aku dulu melakukannya di sekolah ketika istirahat sekolah kita semua berebut tempat untuk bermain lompat tali.tidak hanya di sekolah sepulang sekolah pun kita sering memainkannya di halaman rumah.

lompat tali bisa di lakukan dengan minimal 3 orang kalau lebih banya juga lebih seru.

permainan lompat tali di mulai dari ketinggian paling rendah yaitu sejajar dengan mata kaki dan level yang ketinggian yang paling sulit ialah setinggi acungan tangan yang di tegakkan ke atas.

Permainan Petak Umpet

petak umpet adalah permainan yang sangat menyenangkan.kita harus bisa mempunyai tak tik untuk menghindari carian teman dan kita sebagai penjaga harus mempunya tak tik untuk menemukan tempat persembunyian lawan dan menjaga pos.

apalagi kalau sedang bermainan di sekitar rumah, apapun jadi lupa makan, lupa, tidur pun lupa.

sampek-sampek kalau siang saking ngak taunya waktu ibu mengatakan,”jangan main siang siang bubuk dulu nanti kalau ndak bubuki ada ‘olo dede’  lho!” maksud dari ulo dede yaitu ular yang mau berbjemur di siang hari.

namanya juga anak kecil di bilangin begitu ya takutlah, tapi kalau udah gedhe baru sadar ada ada aja ya ular berjemur di siang hari.

nah, ketika aku kecil saya mempunyai teman dan temanku itu kebanyakaan anak cowoknya. ketika saya dan teman-teman bermain petak umpet saya sembunyi di almari.

lama banget gak di temuin di cari kemana-mana ngak ketemu ehh ternyata aku ketiduran di lemari sampek temen-temenku udah pada pulang semua.

Bermain Kelereng/Gundu

Nah, kalau permainan ini adalah permainan anak lak-laki, namunaku juga suka ikut-ikutan main kelereng.

sebelum kita main kiyta harus sudah mempersiapkan kalereng masing-masing ada yang di bawa adi saku celana ada yang di genggam dan kalau aku sih biasanya tak taruh di kantong plastik.

padahal bentuk kelereng kan sama tapi masing-masing anak selalu bisa membedain mana yang punya sendiri dan mana yang punyanya musuh dan sangarnya lagi setiap anak pasti mempunyai kelereng handalan masing-masing lho …

apalagi jika kelereng mereka adalah kelereng mata sapi, yang bagian dalamnya berwarna putih.

cara memainkannya pun mudah ada yang di buat dalam lingkaran, ada yang di buat kayak tulang ikan, ada yang segitiga.lalu kelereng-kelereng pun di tata dengan rapi.

siapa yang berhasil untuk mengeluarkan kelereng dari garis-garis tadi/memantulkan kelereng shingga bisa kelur dari garis dengan jumlah yang banyak, maka ialah yang menjadi pemenang pemainan ini.

dan anak itu pun boleh membawa pulang kelereng yang telah di keluarkan tersebut.

permainan bola bekel

ada yang tau apa itu permainan bekel? sebelum ada game online ataupun yang lainnya.inilah permainan yang sangat populer dikalangan anak perempuan maupun remaja.

permainan bola bekel walaupun kelihatannya mudah tapi lumayan sulit lho.

kita harus mempunyai keseimbangan dan keterampilan tersendiri,.

mungkin kalau anak laki-laki bilang itu adalah permainan yang sangat mudah untuk di mainkan tapi coba kalau di suruh untuk mainin belom tentu bisa pasti kebingungan nangkap bolanya.wkwkkw

nah permainan bola bekel itu berbeda-beda kalau di daerahku itu dengan menggunakan pitnya itu tergantung yang memainkannya maunya berapa.

pada awal permainan, pemain harus membuat persetujuan tentang tata cara memainkannya.setelah itu pemain harus mengambui satu persatu biji yang telah di hamparkan dengan memantulkan bolanya, setelah terambil semua, biji di hamparkan kembali lalu di ambil dua buah biji secara bergantian sampai selesai. setelah itu semua telah selesai kita ganti dengan mengubah biji menjadi bentuk tertentu sebelum di ambil.

nah, inilah urutan posisinya adalah PIT (bentuk seperti kursi), RO(kebalikan posisi pit), CIN (singkatan licin yaitu posisi miring tanpa ada bintik di permukaan biji) dan PENG (singkatan bopeng yaitu posisi miring dengan ada bintik di permukaan biji). Biji yang dipergunakan umumnya berjumlah 6 sampai 10 biji.

pemain akan bergantian kalau pemain telah menjatuhkan/tidak bisa menangkap bolayang telah di pantulkan dan yang bisa di ambil pemenang ialah yang mencapai tahap tinggi.

Permainan Egrang Bambu

 

ada yang tau permainan egrang? permainan egrang adalah permainan yang terbuat dari tongkat bambu di mana seseorang bisa berdiri diatasnya. biasanya permainan egrang di mainkan oleh anak laki-laki.

memang sulit sih, karena permainan egrang harus bisa menjaga keseimbangan tubuh kita.kalau kita memainankannya belom bisa untuk  mengatur keseimbangannya pasti kita akan terjatuh tetapi kalau yang memainkkan sudah mahir naik turun tangga pun dia bisa dan tidak jatuh.

permainan egrang juga sebagai permainan tradisional, dan dijadikan perlombaan dan serangkaian acara olahraga di sekolah dasar.

egrang mempunyai banyak nilai budaya yang tertera yaitu nilai-nilai sportifikas, kerja keras, dan keuletan secara kental.

dari segi sportifitas terlihat dari seorang pemain yang bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan pemain bisa sportif selama perlombaan berlangsung.

nilai kerja keras terlihat dari semangat seorang pemain yang harus berusaha keras untuk bisa berjalan cepat dan stabil hingga sampei tempat yang di tentukan.

nak, kalau dari segi keuletannya kita bisa lihat dari cara pembuatan tongkat kayu yang akan di gunakan untuk egrang, yang mana harus bisa memilih bambu yang kuat yang sebaik mungkin supaya tidak patah atau rusak ketika dinaiki oleh si pemain.

Permainan Engklek

permainan engklek adalah permainan yang di lakukan dengan menggunakan media gambar kotak-kotak pada tanah. permainan engklek bisa di lakukan secara individu maupun berkelompok.

cara bermainnya gampang kita hanya melemparkan benda sebagai penanda kita menempeti level mana di permainnan engklek yang biasannya di sebut dengan (gacho).

nah, setiap pemain bergiliran untuk melompat pada kotak-kotak yang telah di buat dengan menggunakan satu kaki.

jika terjatuh, pemain harus meletakkan benda penanda(gacho)  di satu kotak terahkir sebagai penanda untuk mengawali giliran nantinya.keseimbangan sangatlah penting dalam permainan ini. karena selain pemain tidak boleh terjatuh pemain juga haram untuk menginjak garisnya.

 wihh, jadi pada kangen ngak siihh dengan permainan jaman dahulu?

pasti seru nih, kalau kita membuat acara atau reoni dengan teman kecil kita dengan tema permainan anak jaman dahulu.

semoga tulisan tadi bisa bermanfaat ya!

terimakasih…

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: