peluang usaha rumahan di desa

11+ Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Peluang usaha rumahan di desa – Desa merupakan tempat yang kaya akan sember daya yang belum banyak orang memanfaatkannya. Maka dari itu, masyarakat harus bisa menjadikan peluang usaha di desa untuk memanfaatkan sember daya tersebut.

Tetapi banyak sekali masyarakat yang lebih mengutamakan berhijrah ke kota lain untuk mengubah nasibnya dari pada memanfaatkan sumber daya alam sendiri.

Perlu kalian ketahui banyak masyarakat kota yang berpindah ke desa demi mendapatkan keuntungan. Itulah alasannya kita harus dapat memunculkan ide-ide untuk membuat inovasi dalam usaha rumahan.

Tetapi jangan khawatir buat kalian yang belum memiliki ide peluang usaha rumahan di desa untuk mendapatkan peruntungan. Berikut ini beberapa peluang usaha rumahan di desa yang bisa kalian terapkan untuk usaha.

Baca juga : peluang usaha di desa berkembang

Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Pasti Menguntungkan

Banyak sekali peluang usaha rumahan di desa yang bisa kita terapkan di wilayah masing-masing. Kita dapat melihat dari sumber saya apa yang unggul di desa kalian.

Nah, Berikut ini merupakan contoh-contoh atau rekomendasi usaha rumahan di desa yang wajib kalian coba, antara lain adalah :

1. Usaha Dalam Bidang Hidroponik

usaha hidroponik
From : Stockistnasa.net

Peluang usaha dalam bidang hidroponik biasanya sering diterapkan di daerah perkotaan karena minimnya lahan yang dapat dimanfaatkan. Tetapi jangan salah, masyarakat desa bahkan dapat memanfaatkan lahan yang luas dengan membuat usaha di bidang hidroponik dalam skala yang besar.

Usaha di bidang hidroponik dapat dibilang menguntungkan bagi masyarakat desa dari sisi tempat serta sumber yang sangat memadai.

Dengan menggunakan metode ini lahan tanaman akan terlihat menjadi bersih dan banyak jenis sayuran yang dapat di budidayakan dengan cara hidroponik ini.

Tetapi yang menjadi permasalahan adalah banyak masyarakat yang menganggap bahwa menanam tanaman hidroponik akan menghabiskan biaya yang sangat banyak.

Tapi, sebenarnya menggunakan sistem hidroponik akan lebih praktis dan hemat jika kalian mengerti cara pembuatan dan perawatannya.

2. Usaha Jasa Sewa Alat Pertanian

penyewaan traktor
From ; harga mesin

Peluang usaha rumahan di desa yang kedua yaitu masih berhubungan dengan pertanian, tetapi berbeda sedikit. Membuka jasa sewa alat pertanian, usaha yang satu ini sudah sangat familiar di masyarakat pedesaan.

Apalagi ketika sudah memasuki masa tanam dan masa panen akan banyak sekali petani yang membutuhkan alat-alat pertanian untuk membantunya. Alat pertanian yang biasanya sering dibutuhkan oleh para petani yaitu untuk menanam padi karena mayoritas adalah petani padi.

Salah satu mesin yang sering dibutuhkan ialah traktor, jika kalian sudah memiliki modal kalian dapat membelinya untuk dapat membuka jasa sewa alat pertanian.

3. Usaha Menjual Aneka Bibit Tanaman

usaha bibit tanaman
From : prelo

Banyak sekali orang desa yang menjadikan bertani sebagai mata pencaharian karena mayoritas penduduk desa berkebun dan bertani.

Terkadang orang desa juga mengikuti trend tentang tanaman apa yang sedang populer di tanam di wilayah. Seperti contoh dalam suatu daerah lagi ngetrend pohon kelengkeng.

Dari sini kita dapat melihat peluang usaha rumahan di desa yang dapat menguntungkan. Kalian dapat menjual bibit tersebut didepan rumah karena bisnis ini tidak membutuhkan tempat yang banyak.

Tetapi jika kalian ingin mendapatkan untung yang lebih besar kalian dapat menjualnya di pasar tradisional. Karena banyak sekali orang daerah yang berdatangan ingin berbelanja.

4. Bisnis Kuliner

usaha kuliner desa
From : pokuta.co

Teruntuk kalian yang memiliki hobi memasak jangan lewatkan usaha yang satu ini. Peluang usaha yang satu ini merupakan usaha yang tidak ada matinya baik di desa maupun di perkotaan.

Karena dimanapun manusia hidup pastinya akan membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Dalam membuka usaha kuliner di pedesaan tentunya sedikit berbeda dengan kuliner di perkotaan.

Kalian harus mempertimbangkan untuk memperlancar usaha ini, pertimbangan usaha yang sering terjadi ialah daya beli masyarakat dan jenis kuliner yang sesuai dengan pasar sekitar.

Banyak sekali usaha yang perlu di kembangkan di bidang kuliner yang tergolong menjanjikan yaitu seperti, membuat jajanan pasar.

Kalian terpaku pada jualan dirumah atau outlet itu saja, kalian juga dapat mengembangkan usaha kalian dengan berjualan secara online karena jaman sekarang itu sudah banyak perkembangan jaman kalian harus bisa memanfaatkannya peluang usaha ini menjadi yang sangat lebar.

Bahkan tidak hanya itu, sekarang di desa lagi trending berbagai cafe atau semacam angkringan yang banyak di kunjungi oleh anak muda. Terkadang tidak hanya anak muda semua umur pun senang berkunjung di tempat tersebut untuk sekedar berkumpul dan menikmati makanan yang telah disediakan.

Apalagi jika di tambah dengan beberapa fasilitas seperti wifi pasti akan sangat ramai dikunjungi oleh anak jaman sekarang ini.

5. Usaha Kerajinan Tangan

kerajinan tangan vas bunga
From : aliexspres.com

Usaha di bidang kerajinan tangan ini tentunya akan membutuhkan ketlatenan dan keuletan. Namanya saja kerajinan tangan pasti perlu akan adanya latihan untuk menghasilkan karya yang dapat di jual di pasaran.

Bahkan peluang usaha rumahan yang satu ini dapat menjadi peluang usaha yang dapat menembus pasar nasional bahkan internasional. Karena peluang usaha kreatif tidak akan ada habisnya, malah usaha ini dapat tergolong menjadi usaha yang menjanjikan.

Tingkat kekreatifan kalian dapat menjadi bahan mentah yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi. Banyak sekali berbagai jenis kerajinan yang dapat kalian tiru di desa kalian.

Contoh saja, tas, hiasan, jam, anyaman, ukiran dan lain sebagainnya. Apalagi kita tinggal di desa tentunya banyak bahan-bahan yang dapat digunakan dan diolah menjadi kerajinan yang sangat bervariasi.

Maka dari itu, kalian yang tinggal di desa tidak perlu khawatir jika produk kalian tidak bisa terpasarkan. Kalian dapat mempromosikan dengan cara menjual online seperti bukalapak, dengan begitu produk kalian akan terkenal dan bisa menembus pasar Nasional bahkan Internasional.

6. Peluang Usaha Pom Mini di Desa

usaha pom mini
From : tokopedia

Salah satu permasalahan yang ada di desa adalah sulitnya menemukan bahan bakar kendaraan. Apalagi masyarakat sekarang ini sudah banyak yang menganggap bahwa motor merupakan kebutuhan yang sangat penting.

Maka dari itu, suplai bahan bakar minyak di desa akan meningkat. Jarang sekali jika di desa ada SPBU kalaupun ada bisanya cukup jauh untuk di jangkau masyarakat sekitar.

Kalian yang memiliki jiwa-jiwa pengusaha dapat membuka peluang ini. Pom bensin merupakan salah satu langkah yang tepat untuk memudahkan warga mendapatkan bahan bakar.

Masyarakat akan senang karena harga bahan bakar di pom mini tidak akan jauh beda dengan di SPBU. Oleh karena itu usaha ini dapat di katakan sebagai usaha yang menjanjikan.

Apalagi masyarakat pedesaan banyak sekali yang membutuhkan karena masyarakat desa yang kemana-mana serba jauh. Usaha ini mungkin dapat kalian terapkan, kalian juga dapat memilih passion yang cocok untuk kalian.

7. Usaha Mebel Online

kursi mebel online
From : sofabening.com

Para pengukir Jepara kebanyakan menjual keindahan karya seninya secara konvensional yaitu dengan mendirikan galeri di pinggir jalan kota Jepara. Tetapi sudah banyak sekali seniman yang menjual produknya melalui media online.

Langkah tersebut akan menciptakan keuntungan yang sangat besar karena mereka dapat memotong biaya marketing yang besar-besaran.

Tukang kayu tidak perlu lagi keliling kota dan perkampungan dengan menggunakan gerobak untuk menawarkan daun pintu, jendela, dan berkakas kayu yang telah mereka buat.

Hanya cukup dengan memajang foto segala perkakas mereka di market place atau pasar online maka pengunjung akan datang dengan dengan sendirinya.

Usaha menjual mebel online seperti ini menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menguntungkan.

8. Usaha Jamur Tiram

binis jamur tiram
From : vilagges

Kalian ingin mendapatkan pendapatan harian? Usaha pengembangan jamur tiram adalah solusinya. Budidaya jamur tiram merupakan peluang usaha rumahan di desa yang sangat strategis.

Pertama, Usaha jamur tiram bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil.

Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur sangatlah mudah dan murah-meriah yaitu serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasanya dibuat bahan makanan ayam.

Perlengkapan yang lainnya adalah drum dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan yang digunakan untuk merebus jamur adalah kayu.

Keuntungan kalian yang memiliki ukuran rumah yang luas dapat dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur. Kalian juga dapat mempelajari budidaya jamur tersebut melalui panduan internet atau orang yang sudah pernah menjalankannya.

Jika kalian rutin membuat media tumbuhan jamur ini maka jamur akan tumbuh setiap hari dan keuntungan akan kalian dapatkan setiap harinya.

9. Jasa Disain dan Cetak-mencetak

grafik disain
From : medium

Di jaman yang modern ini, kalian dapat menciptakan usaha rumahan yang lagi trend dan pastinya banyak sekali orang yang membutuhkan jasa disain mulai dari spanduk, benner, papan nama toko, salon, dan masih banyak lagi.

Mereka juga akan membutuhkan jasa ini ketika akan ada even seperti pernikahan, pengajian, dan sebagainya.

Jasa pembuatan disain sekaligus mencetaknya merupakan peluang usaha rumahan di desa yang layak kalian kembangkan. Usaha seperti ini dapat kalian kembangkan pada jasa penulisan dokumen, printing dan foto copy.

Pada jenis usaha ini kalian juga dapat sekaligus membuka jasa foto copy, pengetikan dokumen hingga cetak dan jilid.

Keahlian yang harus kalian miliki dalam menjalankan usaha ini adalah kemampuan untuk menciptakan disain yang bagus dan cantik. Tetapi kalian jangan khawatir, kemampuan yang seperti ini dapat kalian pelajari secara otodidak atau bisa melalui panduan internet.

Syaratnya adalah kalian harus memiliki laptop atau komputer dan harus menyukai dunia seni terutama pada disain grafis.

10. Menjual Asesoris dan Suvenir Khas Desa

peluang usaha rumahan didesa
From : wisata lombok
Menjual souvenir merupakan peluang usaha di desa yang sangat berpotensial. Seperti halnya yang dilakukan oleh Borneo-B, sebuah toko online yang menjual aneka aksesoris khas daerah Kalimantan yang menjadi daya tarik utama.

Manik-manik atau yang sering disebut dengan mutu manikam buatan tangan asli dari Kalimantan yang sangat memikat hati kalangan perempuan baik di pasar domestik maupun manca negara.

Produk Boreo-B sudah sering ditampilkan dalam peragaan busana standar nasional dan internasional. alhasil selain akan mendatangkan pendapatan bagi perempuan Dayak yang telah mengerjakan aksesoris tersebut, pulau Borneo menjadi terkenal ke seantero dunia.

Nah, kalian juga dapat meniru usaha seperti itu, selain kalian yang mendapatkan untung desa kalian juga akan menjadi maju bahkan bisa terkenal sampai luar negeri.

11. Usaha di Desa dengan Beternak Jangkrik

peluang usaha rumahan didesa
From : masbro.com

Saat ini budidaya jangkrik dapat dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan. Karena permintaan akan jangkrik sangatlah banyak, untuk menjalankan budidaya jangkrik modalnya juga sangatlah kecil.

Budidaya jangkrik sangatlah cocok jika di jalankan di pedesaan karena bahan pangan jangkrik sudah tersedia sedia seperti, daun singkong, dan jenis daun-daun yang lainnya.

Modal awal yang diperlukan dalam budidaya jangkrik ini kurang lebih sekitar Rp. 500.000,- untuk membeli bibit jangkrik yang terbaik. Nah, hasil panen ternak jangkrik dari bibit 1 kg akan menghasilkan untung sampai Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000,-

Jika kalian bingung bagaimana cara budidaya jangkrik kalian dapat melihat budidaya jangkrik di jamin mudah dan menguntungkan.

12. Bisnis di Desa dengan Beternak Kambing

peluang usaha rumahan didesa
From : kompas internsional

Banyak sekali orang yang meremehkan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini. Padahal budidaya kambing merupakan peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan.

Memang budidaya kambing terkesan sangat “Ndeso” tetapi jangan salah, budidaya ini sangatlah menjanjikan dalam jangka panjang.

Kambing memang jarang sakit sehingga perawatannya cenderung lebih mudah, jika kalian dapat mengelolanya dengan baik, maka modal awal ternak kambing akan segera balik.

Apa lagi jika kalian budidaya kambing etawa pasti akan lebih menguntungkan lagi karena selain daging yang diperoleh kambing etawa juga menghasilkan susu.

Tips Memulai Usaha Rumahan di Desa

peluang usaha rumahan didesa
From : wirabisnis.com

Selain mengetahui apa saja peluang usaha rumahan di desa, kalian juga perlu tahu tentang bagaimana memulai sebuah bisnis. Ini sangat penting bagi para pemula yang ingin merintis sebuah usaha rumahan di desa.

Kami juga telah merangkum beberapa tips untuk memulai sebuah bisnis rumahan di pedesaan. Berikut beberapa beberapa diantaranya.

1. Pilih Bidang Usaha Yang Sesuai Keinginan

Hal penting yang pertama untuk memulai sebuah usaha yaitu sesuai dengan yang kalian senangi atau passion. Sebuah usaha yang didasari dari kesenangan atau hobi kita di suatu bidang bisa membuat usaha itu terasa lebih menyenangkan

Suatu usaha yang ditekuni dengan penuh semangat, maka usaha tersebut akan cepat mencapai kesuksesan. Jadi sebisa mungkin untuk menghindari bisnis yang tidak sesuai dengan passion kalian.

Jika kalian menyukai memasak, maka kalian sangat pas untuk membuka sebuah usaha dibidang kuliner. Hal ini sangat diperlukan dalam sebuah peluang usaha rumahan di desa.

2. Manfaatkan Keunikan Produk

Saat kalian memulai sebuah bisnis di pedesaan, maka kalian harus memastikan produk/jasa yang kalian jual diterima oleh konsumen. Untuk itu kalian perlu untuk memiliki produk unggulan yang benar–benar untuk dari produk lain yang sejenis.

Dengan persaingan yang semakin sengit, walaupun di desa kalian juga harus memikirkan produk yang bisa menarik banyak konsumen. Produk milik kalian juga dapat dikenali dengan mudah jika produk yang kalian miliki memang benar–benar unik atau inovatif.

3. Promosi Dengan Tepat

Salah satu langkah awal dalam berbisnis di pedesaan yaitu mempromosikan atau mengenalkan produk kepada calon konsumen. Gencarnya promosi yang kalian lakukan dapat membuat produk atau usaha kalian semakin dikenal dan dicari oleh pelanggan.

Walaupun di desa promosi target promosinya harus tepat sasaran. Misalnya usaha dibidang pertanian, kalian bisa mengadakan sosialisasi dan bisa sekalian mempromosikan usaha kalian.

4.Memberikan Pelayanan Terbaik

Sebagian besar peluang usaha rumahan di desa harus menghadapi pelanggan yang berbeda–beda permintaannya. Jadi kalian harus memberikan pelayanan terbaik supaya konsumen terus membeli di tempat kalian.

Memang seharusnya kalian memberikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. Karena ada sebuah pepatah yang mengatakan “Pembeli adalah raja”. Dengan memberi yang terbaik maka konsumen kalian bisa menyarankan kepada orang lain untuk datang ke usahamu.

5. Perkirakan Modal

Usaha yang kalian jalankan tidak akan berjalan dengan lancar jika modal yang kalian sediakan tidak cukup. Maka sebuah peluang usaha di desa sekecil apapun kalian tetap harus memikirkan modal yang akan digunakan demi kelangsungan bisnis.

Pastikan untuk hitung dengan teliti dan mana saja kebutuhan yang paling penting agar usaha kalian dapat berjalan mulus. Jangan sampai kalian membeli barang–barang yang tidak diperlukan di dalam usaha kalian.

Jika kalian memang benar–benar kekurangan modal seperti lahan untuk membuka sebuah usaha di desa. Kalian dapat memanfaatkan apa yang ada ruang–ruang  di sekitar rumah kalian untuk mulai membuka usaha seperti garasi, teras, halaman, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi beberapa peluang usaha rumahan di desa semoga bisa membantu kalian dalam membuka sebuah usaha.

Setiap usaha yang kita jalankan pasti tidak selalu mulus butuh kerja keras serta diiringi dengan doa. Semoga artikel ini bisa membantu kalian menemukan ide untuk berbisnis di desa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: