Pengalaman Setelah Pulang ke Kampung Halaman

assalamualaikum teman-teman ..

saya akan bercerita tentang pengalaman pribadi saya setelah 6 tahun hidup di penjara suci. pada bulan april saya wisuda sekolah sekalian pulang (boyong) dari mojokerto.

berat rasanya untuk meninggalkan kota mojokerto yang telah banyak sekali kenangan yang saya alami, tetapi saya sudah saatnya kembali ke kampung halaman saya untuk meneruskan perjuangan masa depan saya.

Berat Rasanya untuk Pergi

setelah wisuda sekolah saya pulang ke kampung halaman saya, kita semua rame rame naik mobil bersama karena kakak saya masih sda urusan ke Malang akhirnya dia memutuskan untuk naik sepeda motor sendirian. saya pun pulang bersama ayah, ibu, dan adik saya.

tidak jauh dari rumah nenek saya mobil saya berhenti, ternyata kehabisan bensin akhirnya ayah saya memutuskan untuk mencari toko bensin di sekitar dengan jalan kaki sedangkan saya, ibu dan adek menunggunya di mobil.

setelah 5 menit kemudian ayahku nyampek sambil membawa bensin yang diantar oleh anak kecil. setelah mobil bisa di nyalakan kita semua memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju kampung halamanku.

di sepanjang perjalanan pun aku masih merasa sedih banget karena belom ikhlas meninggalkan kota onde-onde yang telah banyak mengajarkan saya tentang hidup mandiri, jauh dari orang tua, membentuk jati diri dan masih banyak lagi lah.

yang paling berat adalah meninggalkan sahabat dan teman-teman seperjuangan di mana kita selalu bersama dalam keadaan apapun suka maupun duka telah kita lalui bersama. dan pada akhirnya kita di pisahkan untuk menuju kesuksesan dan meraih masa depan kita semua.

Berasa Seperti putri yang di Jaga Oleh Pengawal

saya tinggal di desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi tepatnya di kaki Gunung Lawu. cuacanya sangat dingin apalagi kalau malam dingginnya itu terasa sampek ke tulang tulang gays. saking dinginnya saya mandi sehari cuman sekali itu pun pada waktu siang hari.

setelah seminggu di rumah saya merasakan bosan dan selalu mengeluh merengek kepada ibu saya agar ibu nengajak saya untuk  jalan jalan. saya merasa hidup di dalam penjara yang tidak pernah kemana mana kalau tidak bersama keluarga.

kesibukan saya di rumah adalah mencuci, menyapu, mengepel, dan membantu masak ibu sebisaku. kehidupan berbeda sekali dengan di pondok, kalau di pondok dulu saya menjadi tukang belanja yang sering sekalikeluar ke pasar sedangkan di rumah malah sebaliknya saya jarang sekali ke luar boro boro ke pasar ke toko beli LPG saja ibu.

keluarnya saya itu kalau ibu saya lagi repot baru saya terpaksa keluar kalau tidak ya ke rumah nenek saya yang berada di magetan. entahlah sampek say di katain sama saudara saya kalau q itu emang putri yang kemanan kamana harus di kawal.

karena ibuku itu takut kalau saya mau pergi jalan jauh sendiri itu, ya memang sih saya cewek remaja nanti kalau sekalui jalan akan ketagihan makanya sebelum itu terjadi saya di larang kalau saya mau jalan jalan ibu saya yang mau nganterin kalau tidak ya nunggu kakak saya tidak sibuk baru bisa keluar.

Mulai Suka Belajar Memasak

 

berawal dari melihat you tube saya mencoba-coba untuk membuat makanan  walaupun sebenarnya saya tidak bisa sama sekali dalam hal masak memasak. paling paling cuman masak air, mie rebus, goreng telur, tahu, tempe, itu doang yang saya bisa.

saya itu tipe orang yang kalau punya keinginan harus kecapai dan ini saya alami ketika saya melihat you tube tentang masakan yang dari situ saya mempunyai keingginan untuk bisa akhirnya saya selalu meminta di beliin sayur sayur,ayam dan bahan bahan untuk praktek memasak.

Masakan Pertama Saya, Ayam Kecap

pertama kali saya masak itu saya masak ayam kecap karena saya rasa ayam kecap itu adalah masakan ayam yang paling simpel enak dan mudah di buat.

berikut adalah resep yang bisa kalian coba di rumah:

  • 500 Gram ayam potong
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 Buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai hijau besar
  • 4 siung bawang putih
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 2 batang daun bawang
  • 1 1/2  sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 buah tomat
  • 100 ml air
  • minyak goreng cecukupnya

Cara masak ayam kecap pedas manis:

  1. Potong ayam jadi enam bagian. Memarkan bawang putih dan jahe. kemudian iris menyerong daun bawang dan cabai merah besar. Potong-potong tomat seukuran dadu dan iris halus cabai rawit.
  2. Panaskan minyak, kemudian goreng ayam hingga setengah matang.
  3. Tumis jahe,  dan bawang putih hingga layu. Masukkan ayam, aduk sebentar.
  4. Tambahkan kecap manis, air, garam, dan lada. Masak sampai air menyusut dan ayam matang.
  5. Setelah itu masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar sampai cukup layu, kemudian angkat.

alhamdulillah masakan pertama jadi walaupun belom se sempurna chef handal sih tetapi juga enak kok menurut saya. wkwk

Belajar Membuat Kue Pisang

kue pertama yang saya buat adalah roti pisang yang karena di rumah saya banyak sekali pisang dan tidak kemakan kan sayang akhirnya saya melihat you tube dan mempunyai inisiatif untum membuat menjadi kue pisang. gimana caranya simak di bawah ini :

cara membuat kue pisang

 

Bahan:

  • 3 Buah pisang ukuran sedang
  • 150 Gram tepung terigu serba guna
  • blubend
  • 2 Butir telur
  • 6 Sendok makan gula pasir
  • 1/2 Sendok teh soda kue
  • 1/2 Sendok teh baking powder
  • 1 Sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 Sendok teh garam
  • Gula halus secukupnya
  • minyak 2 semdok teh

Cara membuat bolu pisang kukus sederhana:

  1. hancurkan pisang dengan garpu. Tidak perlu sampai halus untuk mempertahankan tekstur.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukan pisang yang telah dihancurkan ke dalam kocokan telur, tambahkan minyak goreng, dan aduk hingga tercampur rata.
  3. saring atau ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, bubuk vanili, dan garam. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur dan pisang.
  4. Aduk semua itu dengan rata agar kue tidak bantat.
  5. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng/bluben. Tuang adonan ke dalam loyang, kemudian ketuk ketuk agar adonan seimbang/permukaannya rata.
  6. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan, kemudian masak adonan kue pisang dengan api sedang selama 30 menit. Bungkus penutup kukusan dengan jangan lupa di kasih kain agar uap air tidak menetes ke adonan kue.
  7. Tusuk kue dengan lidi untuk memastikan kematangannya. Jika kue sudah tidak lengket berarti kue sudah benar-benar matang, angkat dari kukusan dan tunggu sampai mendingin.
  8. Keluarkan kue pisang dari loyang. Taburi gula halus, kemudian kalau mau mengasih toping lain juga boleh.
  9. potong-potong kue sesuka selera. kue sudah saji siap di sajikan.

Belajar Menanam Kacang Tanah

selain suka masak saya juga mencoba untuk bertani gays. suatu hari saya di ajak ibu saya ke ladang untuk menanam kacang tanah, saya belajar untuk menanam biji kacang tanah yang sudah di jadikan bibit. saya bertanya tanya kepada ibu saya karena saya mulai kepo dengan pembuatan bibit kacang tanah.

inilah cara pembuatan binih kacang tanah :

kita harus menyiapkan bahan-bahannya yaitu :

  •  1 kg kacang tanah yang bagus
  •  3 buah kunyit
  • 1 buah telor
  • air secukupnya

sekarang cara pembuatannya :

parut kunyit sampai halus kemudian masukkan semua kacang,kunyit, dan telur kedalam wadah untuk merendamnya jangan lupa di kasih air. tunggu sampai besok pagi agar binih bisa cepat tumbuh setelah itu tiriskan dan binih siap di tanam. nah kenapa kok di kasih telur? karena agar tidak di makan oleh semut.

Bagaimana Cara Menanamnya ?

cara menanamnya pun saya belom tau, ya maklum lah kan tidak pernah ke ladang jadi ya otomatis belom bisa bertani. saya di ajari ibuk saya tentang cara menanam binih kacang yang baik dan benar. perlahan lahan ibu memandu saya dari cara menaruh binih, mengatur jarak hingga membuat lobangnya. saya sama ibu membagi pekerjaannya ibu yang mecangkul bual lobang dan saya yang memasukkan binihnya.

alhamdulillah dengan begitu saya bisa mengambil pelajaran dan bisa merasakan gimana susah nya menjadi seorang petani. dan kita sebagai anak harus bisa menghargai kerja keras orang tua kita. dengan cara kita patuh dan taat kepada orang tua insya alloh orang tua kita sudah senang kok.

 

sekian semoga pengalaman saya bisa di ambil manfaat ya..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: