pengertian akomodasi

√Pengertian Akomodasi, Tujuan, Karakteristik, dan Bentuk-Bentuk Akomodasi

Pengertian Akomodasi – Kalian tau ngak apa sih yang di maksud dengan akomodasi itu? Pengertian akomodasi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah atau suatu konflik yang terjadi diantara dua pihak atau lebih agar tercapainya suatu keadaan yang kondusif.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa akomodasi merupakan suatu cara yang dilakukan agar suatu masalah bisa terselesaikan antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan salah satu pihak tersebut.

Dengan adanya akomodasi harapanya adalah agar semua pihak yang bertikai akan mendapatkan win-win solution.

Pengertian Akomodasi

pengertian akomodasi
Feom ; Pelayanan publik

Akomodasi secara istilah merupakan kebiasaan  yang sering dipakai sosiolog untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana individu maupun kelompok yang sedang bersaing/ berkonflik berusaha menyesuaikan hubungan mereka sehingga dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Sebenarnya, istilah akomodasi sering digunakan untuk beberapa bidang. Misalnya psikologi, traveling, dan mata.

1. Psikologi : Dikatakan dengan akomodasi Psokologi karena berkaitan dengan penyesuaian tingkah laku manusia.

2. Traveling : Dikatakan akomodasi Traveling karena berhubungan dengan fasilitas penginapan bagi orang sedang bepergian, contohnya hotel dan losmen.

3. Mata : Dikatakan akomodasi berhubungan dengan penyesuaian mata untuk melihat atau pemfokusan penglihatan.

Pengertian akomodasi adalah usaha yang dilakukan untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan.

Sedangkan secara luas arti akomodasi merupakan suatu upaya yang disengaja yang di gunakan untuk bisa menyelesaikan suatu pertikaian atau masalah yang terjadi diantara dua pihak atau lebih.

Pengertian Akomodasi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada beberapa arti akomodasi yakni.

  • Sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian, dia bertugas menyiapkan bagi para tamu yang datang dari luar daerah. Contohnya penginapan.
  • Di ilmu biologi arti dari akomodasi adalah penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang berbeda.
  • Dalam antropologi, akomodasi juga berarti penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik.
  • Di ranah sosial, akomodasi berarti penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

pengertian akomodasi menurut para ahli
From ; Pengertian

Berikut beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli antara lain sebagai berikut :

1. Soekanto : 1990

Pengertian akomodasi dalam sosiologi adalah suatu keadaan yang memiliki keseimbangan interaksi antar suatu individu didalam masyakat, atau berbagai usaha yang dilakukan oleh manusia untuk meredakan suatu pertentangan seperti usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai kesetabilan.

2. Gillin dan Gillin dalam soekanto : 1990

Pengertian akomodasi secara istilah menurut sosiolog adalah untuk menggambarkan adaptasi sosial.

Yaitu yang mana seseorang baik secara individu maupun kelompok yang awal mulanya bertentangan kemudian mengadakan penyesuaian diri untuk mengatasi berbagai ketegangan yang terjadi. (Gillin dan Gillin dalam soekanto : 1990)

Didalam dunia sosial atau hidup bersosial tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus rukun sesuai dengan harapan kita.

Akan tetapi, ketika bersosial kita juga menghadapi banyak hal diantaranya yaitu perbedaan pendapat, perbedaan faham atau cara pandang, konflik dan masih banyak lagi.

Salah satu penyebab dari faktor tersebut adalah dari faktor adaptasi . Sejatinya manusia adalah makhluk yang beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya terutama pada hal hidup bermasyarakat.

Secara umum pengertian akomodasi yaitu bentuk interaksi sosial yang dilakukan oleh manusia, baik individu maupun kelompok yang bertujuan menyelesaikan suatu permasalahan atau pertentangan yang terjadi tanpa menghancurkan antara yang satu dengan yang lain agar tidak muncul rasa kehilangan kepribadian.

Akomodasi Dalam Berbagai Bidang

akomodai dalam berbagai bidang
From : sunstyle vocations

Istilah akomodasi biasanya dikatakan dalam berbagai bidang dengan artian yang berbeda-beda. Kata akomodasi muncul di berbagai bidang diantaranya yaitu di bidang pariwisata, kesehatan hingga komunikasi.

Adapun penjelasan akomodasi dalam berbagai bidang antara lain adalah :

1. Pariwisata

Akomodasi dalam bidang pariwisata adalah suatu tempat yang dapat digunakan untuk menginap. Misalnya seperti hotel, villa, motel, kamar dan lain-lain.

Biasanya akomodasi ini dapat diartikan sebagai tempat penginapan yang disediakan oleh penyedia jasa ketika kita sedang perjalanan dan juga ketika kita berlibur.

Agar dapat membandingkan hotel dengan akomodasi yang lain, biasanya akomodasi yang membedakan dengan dunia pariwisata lebih identiknya terdapat pada tempat penginapannya.

Sederhananya lagi, akomodasi merupakan tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat singgah sementara saatb seseorang atau keluarga sedang bepergian untuk berlibur, wisata dan lain-lain.

2. Pendidikan

Akomodasi dalam pendidikan merupakan sarana yang membantu saat murid sedang belajar. Akomodasi dapat membantu anak-anak mempelajari materi yang sama dan juga dapat memenuhi harapan yang sama dengan teman sekelas mereka.

Jika seorang siswa memiliki masalah membaca, dia mungkin juga dapat mendengarkan sebuah rekaman audio yang dari sebuah teks.

Ada beberapa jenis akomodasi yang ada di kelas, termasuk presentasi (mendengarkan rekaman audio teks) dan pengaturan (seperti dimana seorang murid duduk).

Selain itu, contoh akomodasi yang terdapat di dalam lingkungan sekolah yang perlu untuk diketahui adalah ajudikasi. Jenis akomodasi ino merupakan akomodasi yang dilakukan melalui proses pengadilan.

Masalah yang dialami dua pihak yang dilaporkan ke pengadilan agar suatu masalah bisa terselesaikan secara baik dan melalui jalur hukum.

3. Psikologi

Adapun akomodasi dalam bidang psikologi adalah proses adaptasi oleh seseorang manusia.

Didalam bidang psikologi, akomodasi biasanya juga dapat diartikan sebagai suatu proses yang menggambarkan suatu perilaku setiap orang dan struktur mentalnya yang mengalami proses modifikasi, dengan tujuan supaya bisa melakukan adaptasi dengan lingkungannya.

Sebagai informasi, akomodasi tidak hanya terjadi pada anak-anak saja akan tetapi, orang dewasa juga mengalami hal tersebut.

Ketika pengalaman untuk memperkenalkan informasi atau informasi baru yang bertentangan dengan skema yang ada, kalian harus mengakomodasikan pembelajaran baru ini.

Untuk memastikan bahwa apa yang ada di dalam kepala anda sesuai dengan apa yang ada di luar di dunia nyata.

4. Kesehatan

Didalam bidang kesehatan, akomodasi ada kaitannya dengan indra penglihatan atau lebih jelasnya merupakan proses kemampuan yang dimiliki oleh daya optik.

Supaya bisa mendapatkan fokus terhadap citra objek yang yang dekat maupun yang jauh secara jelas pada retina mata. Maka otot-otot pada siliaris mata yang sedang beradaptasi pada objek penglihatan dengan cara mengganti atau mengubah panjang dari fokus lensa mata.

5. Komunikasi

Akomodasi yang terdapat dalam bidang komunikasi, merupakan sebuah kemampuan untuk menyesuaikan seperti memodifikasi atau mengatur perilaku seseorang ketika merespons komunikasi atau perilaku seseorang.

Pada bidang komunikasi ini, akomodasi dapat dikatakan sebagai proses komunikasi atau proses penyesuaian cara untuk berkomunikasi seseorang dengan lawan bicaranya, guna untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain.

Selain itu, proses penyesuaian ini biasanya terjadi atas dasar bahasa ataupun watak yang berbeda. Proses komunikasi dapat menjadi lebih efektif jika mempunyai latar belakang yang sama. Misalnya seperti latar belakang dalam berbahasa, watak, adat istiadat dan juga lain-lain.

Apa Sih Tujuan Akomodasi itu?

tujuan akomodasi
From ; Maxmanroe.com

Akomodasi mempunyai tujuan sebagai berikut :

  • Mengurangi konflik yang terjadi di antara dua pihak atau suatu kelompok karena adanya kesalah pahaman.
  • Mencegah dari terjadinya pertentangan untuk beberapa waktu ke depan.
  • Meleburkan atau menyatukan dua kelompok sosial yang telah terpisah karena terjadinya suatu permasalahan.
  • Memungkinkan berjalannya suatu kerja sama diantara dua kelompok atau juga dua pihak yang terpisahkan karena adat dan istiadat.
  • Meminimalisir terjadinya konflik lebih besar antara individu atau kelompok yang terjadinya suatu paham.
  • Menyatukan suatu kelompok yang berlatar belakang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.
  • Mencegah potensi terjadinya konflik lebih besar dan menimbulkan peperangan.

Karakteristik Akomodasi

karakteristik akomodasi
Frmo : pelajaran sekolah online

Pada umumnya dimulai akan dengan upaya mengurangi berbagai sumber dari suatu konflik oleh pihak-pihak yang sedang bertikai sehingga masalah dapat diatasi dengan segera.

Berikut merupakan karakteristik akomodasi adalah sebagai berikut :

  • Kebutuhan akan akomodasi terjadi karena terjadinya suatu konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi bersifat universal.
  • Akomodasi merupakan suatu proses yang berkesinambungan atau terjadi secara terus menerus.
  • Akomodasi adalah rasa cinta dan kebencian yang terkumpul menjadi satu.

Bentuk-Bentuk Akomodasi

bentuk akomodasi
FROM ; longlaw

Kalau melihat dari pengertian akomodasi diatas, ada beberapa bentuk akomodasi yang biasanya dilakukan untuk menyelesaikan suatu pertikaian.

Berikut adalah bentuk-bentuk akomodasi antara lain :

1. Kompromi

Kompromi merupakan bentuk akomodasi yang mana suatu pihak yang berkonflik melakukan musyawarah untuk mengurangi tuntunannya sehingga konflik akan selesai dengan lebih mudah dan cepet terselesaikan.

2. Konsiliasi

Konsiliasi adalah bentuk akomodasi yang mana suatu pihak yang bertikai melakuakan pertemuan untuk mencari jalan tengah dari masalah yang terjadi sehingga konflik segera terselesaikan dengan mudah dan cepat.

3. Stalemate

Stalemate adalah bentuk akomodasi yang mana satu pihak yang bertikai berhenti di suatu titik tertentu akibat terjadinya keseimbangan kekuatan pada masing-masing pihak yang berkonflik.

4. Coercion

Coercion merupakan bentuk akomodasi yang mana pelaksanaannya dengancara memaksa. Pada umumnya coercion ini dilakukan karena salah satu pihak yang berkonflik berada pada posisi yang lemah, atau kekuatannya yang tidak seimbang.

5. Arbitrasi

Arbitrasi merupakan akomodasi yang mana pelaksanaannya dengan cara menghadirkan pihak ketiga tersebut yang berperan sebagai penengah atau juga bisa menjadi perantara.

Pihak ketiga tersebut dipilih dengan persetujuan pihak-pihak yang bersangkutan dengan permasalahan tersebut sehingga mereka dapat melakukan kompromi.

6. Toleransi

Toleransi merupakan bentuk akomodasi yang pelaksanaannya mengandalkan asas antar pihak yang bermasalah saling pengertian. Toleransi dilakukan tanpa adanya persetujuan dari salah satu pihak yang berkonflik.

7. Ajudikasi

Ajudikasi adalah bentuk akomodasi yang dilakukan dengan melalui proses pengadilan untuk menyelesaikan suatu konflik permasalahan.

Biasanya ajudikasi dilakukan pada pihak yang berselisih tidak dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai cara. cara ini adalah cara terakhir setelah kita untuk mencoba cara-cara lainnya.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: