pengertian hutan lindung

Hutan Lindung : Pengertian, Fungsi, Kriteria dan Contoh Hutan Lindung

Hutan Lindung- Pengertian hutan lindung adalah suatu wilayah yang ditumbuhi oleh bermacam-macam tumbuhan yang lebat. Seperti pepohonan, tanaman paku, rumput, jamur, dan berbagai tumbuhan lainnya.

Hutan lindung merupakan hutan atau suatu lahan yang besar yang terdiri dari kumpulan jenis flora dan fauna yang terbentuk secara alami maupun tidak, hutan lindung merupakan wilayah hutan yang digunakan sebagai produksi oksigen, habitat fauna, melestarikan tanah, menjaga keseimbangan alam, dan lainnya.

Sebenarnya hutan memiliki beberapa aneka ragam jenis. Tetapi untuk kesempatan ini saya akan membahas lebih lanjut tentang hutan lindung.

Berikut adalah ulasannya :

Hal-hal penting yang perlu diketahui tentang hutan lindung adalah :

1. Pengertian Hutan Lindung
2. Hutan Lindung dan Kawasan Lindung
3. Fungsi Hutan Lindung
4. Contoh Hutan Lindung di Indonesia
5. Dasar Hukum
6. Peraturan mengenai Hutan Lindung
7. Data mengenai Hutan Lindung di Indonesia
8. Masalah-Masalah Pengelolaan Hutan Lindung di Indonesia

pengertian Hutan Lindung

pengertian hutan lindung
From : lensaindonesia.com

Hutan lindung adalah hutan yang keberadaannya di lindungi oleh pemerintah, karena kawasan hutan lindung fungsinya sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup.

Wilayah hutan yang sudah ditetapkan sebagai hutan yang dikategorikan dilindungi memiliki peran sebagai penyuplai cadangan air bersih,

Kawasan hutan yang sudah ditetapkan sebagai hutan lindung memiliki peran sebagai penyuplai cadangan air bersih, penahan erosi, sebagai paru-paru kota, dan masih banyak yang lainnya.

Definisi hutan lindung berdasarkan undang-undang No. 41 tahun 1999 mengenai kehutanan adalah “Kawasan hutan yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mengendalikan erosi pada tanah, mencegah terjadinya banjir, mencegah intrusi air laut dan menjaga kesuburan pada tanah.”

Akan tetapi kawasan hutan lindung tersebut tidak termasuk ke dalam kawasan hutan koservasi yang ditata oleh pemerintah. Supaya terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh tangan manusia, maka keberadaan kawasan di hutan lindung ini wajib dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Terkadang hutan lindung juga terletak di tengah-tengah lokasi hutan produksi, hutan adat, hutan rakyat atau di daerah yang berbatasan dengan pemukiman dan perkotaan.

Pengolahannya bisa dilakukan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah atau bahkan komunitas seperti masyarakat adat.

Fungsi Hutan Lindung

Fungsi hutan lindung
From : aliexspress.com

Hutan lindung sangatlah bermanfaat baik itu untuk manusia atau hewan ataupun tumbuh-tumbuhan. Fungsi hutan lindung sendiri sangatlah penting yaitu sebagai penjaga sebagai kualitas pelestarian lingkungan hidup dan juga ekosistem yang di dalamnya.

Manfaat hutan lindung yaitu sebagai berikut :

1. Mencegah banjir

Hutan yang kelestariannya terjaga akan memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan air hujan supaya air hujan tidak meluap berlebihan. Kemampuan hutan untuk air hujan dalam volume yang sangat besar merupakan panduan yang sangat efektif.

2.  Sebagai Penyimpan Cadangan Air di Dalam Tanah

Hutan lindung juga memiliki fungsi sebagai wadah penyimpanan air karena hutan lindung memiliki pohon-pohon yang besar dan mampu untuk menyimpan air dalam jumlah yang banyak.

Sehingga ketika tiba musim kemarau akan terhindar dari kekeringan yang biasanya melanda-landa daerah tertentu.

3. Sebagai Penanggul Erosi

Erosi merupakan pengikisan tanah yang disebabkan karena air hujan yang sangat lebat. Salah satu manfaaat hutan lindung adalah untuk mencegah atau menanggulangi terjadinya erosi . Dampak yang terjadi dari erosi yaitu sungai-sungai yang berada dibawahnya akan mengalami pendangkalan.

4. Memiliki Kesuburan Tanah

Hutan lindung adalah suatu kawasan yang sangat kaya akan mineral organik yang akan menjadi pupuk untuk penyuburan tanah. Oleh karena itu, tidak heran apabila dikawasan hutan lindung setiap tumbuhan juga dapat tumbuh dengan baik.

5. Sebagai Tempat Penyimpanan Sumber Daya Genetika

Hutan lindung merupakan suatu kawasan yang mengandung plasma nutfah yang sangat tinggi dan memiliki keanekaragaman hayati hutan yang merupakan sumber untuk kehidupan makhluk hidup.

6. Sebagai Habitat Flora dan Fauna

Hutan lindung merupakan hutan yang kelestariannya sangat dijaga. Oleh karena itu, hutan ini sangatlah cocok untuk dijadikan habitat flora dan fauna. Karena hutan lindung memiliki sumber makanan yang sangat banyak.

7. Sebagai Tempat Pendidikan dan Sarana Pelajaran

Hutan lindung juga dapat dimanfaatkan untuk sarana belajar seperti untuk penelitian ilmiah mengenai ilmu pengetahuan alam.

8. Sebagai Sarana Pencegah Industri Air Laut

Kenapa bisa dikatakan hutan lindung bisa sebagai sarana pencegah industri air laut? Karena hutan lindung juga memiliki peran sebagai pencegah terjadinya instrusi yang diakibatkan oleh air laut.

 9. Detinasi Wisata Alam

Hutan lindung juga dapat digunakan sebagai destinasi wisata. Seperti hutan pinus limpakukus yang masih alami, hutan pinus kalio, hutan pinus asri, hutan pinus gunung pancar dan sebagainya.

Ciri-Ciri Hutan Lindung

karakteristik hutan lindung
From : sahabatnesia.com

Menurut PP. 44 Tahun 2004, Sebuah hutan telah dikatakan sebagai hutan yang telah dilindungi oleh pemerintah atau disebut hutan lindung itu harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

  1. Kawasan hutan dengan faktor-faktor kelas yang berlereng, jenis tanah, serta intensitas hujan setelah masing-masing dikalikan dengan angka penimbang yang memiliki jumlah skor 175 atau lebih.
  2. Kawasan hutan harus memiliki lereng lapangan sebesar 40% atau lebih.
  3. Kawasan hutan yang berada pada ketinggian 2000 meter atau lebih atau melebihi permukaan air laut.
  4. Kawasan hutan yang memiliki tanah yang sangat peka terhadap erosi dan juga memiliki lereng lapang melebihi 15%.
  5. Kawasan hutan yang merupakan daerah perlindungan pantai.
  6. Kawasan hutan yang merupakan daerah resapan air.

Contoh Hutan Lindung Yang Berada Di Indonesia

contoh hutan lindung
From : Indonesia.com

Berikut merupakan nama hutan lindung di Indonesia dan letaknya sebagai berikut:

1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan lindung Sungai Wain tepatnya berada di wilayah balikpapan, propinsi kalimantan timur. Luasnya sekitar 9.782,80 Ha. Hutan ini merupakan rumah bagi habitat aolam seperti orang utan, bekantan, tumbuhan endemik, dan tanaman seperti kantong semar.

Hutan ini juga digunakan untuk wisata alam yang mana manusia tidak boleh untuk merusaknya, agar kawasan hutan lindung sungai wain tetap terjaga kelestariannya.

2. Hutan Lindung Wehea

Hutan Lindung Wehea
From : Pinterest.ph

Hutan lindung wehea terdapat diwilayah kabupaten Kutai Timur, propinsi Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan sangatlah kaya akan wolayah hutannya, karena pulau Kalimantan adalah pulau yang sangat besar diindonesia, Karena wilayahnya sangat luas.

Luas hutan lindung Wehea yaitu 38.000 Ha dan hutan ini masih didapati suku lokal yaitu suku dayak yang notabene masih menggantungkan kehidupannya dengan hasil dari sumber daya hutan.

Hutan lindung wehea dapat menyongkok 3 daerah aliran sungai sekaligus yakni daerah aliran Sungai Seleq, Melinyiu, dan Sekung.

3. Cagar Alam Hutan Kepulauan Karimata

hutan lindung karimata
From : detik.com

Kepulauan Karimata merupakan kepulauan yang terdiri dari gugusan pulau – pulau kecil, dimana salah satunya yang terbesar bernama pulau Karimata, sehingga kepulauan ini disebut sebagai kepulauan Karimata.

Keberadaan hutan di wilayah kepulauan Karimata ini masih sangat alami, sehingga pemerintah menetapkan sebagai salah satu cagar alam hutan lindung yang wajib dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Hutan di kepulauan ini bukan hanya berupa hutan hujan tropis, melainkan juga hutan mangrove yang juga dilindungi oleh pemerintah. Disini terdapat ribuan populasi burung walet, dimana banyak masyarakat datang kesini hanya untuk mencari sarangnya untuk dijual belikan.

Kegiatan pencarian sarang burung walet juga wajib untuk diperhatikan, karena jikalau tidak dijaga dengan baik populasi burung walet disini bisa punah karena ulah manusia yang rakus. Menurut Badan Lingkungan Hidup setempat populasi burung walet dari tahun ke tahun berkurang, semenjak adanya kegiatan pencarian sarang burung walet yang kian marak.

Tanaman yang berada didalam hutan ini termasuk kategori tanaman lembab/ tanaman hutan hujan tropis. Kita wajib berperan serta juga agar keberadaan Cagar Alam Hutan Kepualauan Karimata tetap lestari sehingga anak cucu kita juga dapat menikmati warisan hutan hujan tropis ini kelak.

4. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta

pengertian hutan lindung
From : WordPress.com
Hutan lindung taman raya bung hatta adalah hutan lindung yang tempatnya berada di wilayah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Hutan lindung taman raya bung hatta memiliki luas sekitar adalah 70.000 Ha. Hutan ini lebih  terdominasi oleh sebuah lereng pegunungan dan perbukitan. Di kawasan hutan ini terdapat 352 jenis flora dan 170 jenis fauna. Yang uniknya lagi, di dalam hutan ini terdapat bunga raksasa yaitu Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga terbesar di dunia.

5. Hutan Lindung Betung Kerihun

pengertian hutan lindung
From : Indonesia.com

Hutan lindung betung kerihun adalah kawasan hutan lindung dan juga dijadikan sebagai cagar alam nasional yang ditetapkan oleh pemerintah agar keberadaannya tetap terjaga dengan baik.

Hutan Betung Kerihun ini membentang luas antara Gunung Betung sampai ke Gunung Kerihun. Banyak sekali flora dan fauna yang terdapat di kawasan hutan ini.

Jagalah dan rawatlah alam kita yang sangat indah ini, karena itu semua adalah anugerah terindah dari Alloh SWT. Menjaga dan merawat merupakan bentuk syukur kita terhadap Alloh SWT

Jadi itulah pembahasan singkat mengenai hutan lindung seperti pengertian hutan lindung, manfaat hutan lindung, serta hutan lindung yang ada di indonesia.

Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: