pengertian kemiskinan

Pengertian Kemiskinan, Jenis, Penyebab, dan Dampak Kemiskinan

Pengertian kemiskinan – Sebelum membahas tentang kemiskinan, kalian tau tidak kemiskinan itu apa?

Nah, pengertian kemiskinan yaitu suatu kondisi keadaan yang mana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhannya seperti makanan (pangan), pakaian (sandang), tempat tinggal, dan kesehatan yang layak.

Secara kuantitatif, kemiskinan merupakan suatu keadaan yang mana taraf hidup seseorang serba kekurangan atau “tidak memiliki harta benda”. Sedangkan secara kualiti, pengertian kemiskinan adalah keadaan hidup seseorang yang sudah tidak mampu atau tidak layak.

Kemiskinan sangatlah mempunyai hubungan eratnya dengan kesejahteraan masyarakat dan menjadi tingkat minimum yang didapatkan berdasarkan standar hidup masyarakat di suatu negara.

Kemiskinan sudah termasuk dalam permasalahan global, yang mana setiap negara memiliki anggota masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

pengertian kemiskinan menurut para ahli
From : Orbitdigitaldairy.com

Agar kita dapat memahami lebih jelas apa arti kemiskinan, kita dapat merujuk pada pengertian kemiskinan menurut pendapat para ahli dan tokoh sebagai berikut :

1. Reitsma dan Kleinpenning

Pengertian kemiskinan ini ialah ketidakmampuan individu atau seseorang dalam memenuhi kebutuhannya, baik itu secara material maupun non-material.

2. Faturachman dan Marcelinus Molo

Pengertian kemiskinan ini ialah suatu ketidakmampuan seseorang atau beberapa orang (rumah tangga) di dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

3. Hall dan Midgley

Pengertian kemiskinan ini ialah suatu kondisi deprivasi materi serta sosial yang menyebabkan seseorang atau individu untuk hidup di bawah standar kehidupan yang layak, atau juga kondisi yang mana seseorang atau individu mengalami deprivasi relatif ini dibandingkan dengan lainnya.

4. Friedman

Pengertian kemiskinan menurut Friedman ialah ketidaksamaan didalam kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan sosial yang dapat berupa sumber keuangan,organisasi sosial politik, barang atau jasa, asset, jaringan sosial, informasi, pengetahuan serta keterampilan.

5. Suparlan

Pengertian kemiskinan ini ialah suatu standar hidup yang rendah karena mempunyai kekurangan materi pada golongan atau sejumlah orang apabila dibandingkan dengan standar tingkat kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitarnya.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)

Pengertian kemiskinan ini ialah suatu situasi yang serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat untuk dihindari oleh individu atau seseorang dengan kekuatan yang dimilikinya.

Levitan

Pengertian kemiskinan ini ialah kekurangan barang serta juga pelayanan yang diperlukan untuk mencapai standar hidup layak.

Jenis-Jenis Kemiskinan

jenis kemiskinan
From : KajianPustaka.com

Kemiskinan juga memiliki beberapa jenis yang ada didalam masyarakat. Adapun jenis tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kemiskinan Subjektif

Kemiskinan subjektif adalah kemiskinan yang disebabkan karena adanya pola pikir dasar yang beranggapan bahwa kebutuhan yang ada belum bisa tercukupi.

Contohnya dalam hal ini adalah pengemis yang muncul di kota besar yang sesungguhnya kehidupannya di desa terbilang mencukupi.

2. Kemiskinan Absolut

Kemiskinan absolut adalah kemiskinan yang keadaannya berada di bawah standar kualitas hidup. Pendapatan yang didapat tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan, sandang, kesehatan maupun pendidikan.

Contohnya dalam hal ini adalah fungsi keluarga yang kesehariannya bekerja menjadi buruh pabrik namun memiliki tanggungan empat anak yang harus disekolahkan.

3. Kemiskinan Relatif

Kemiskinan relatif merupakan kemiskinan yang terjadi karena adanya suatu kebijakan pemerintah yang belum menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat.

Contohnya dalam hal ini adalah beragam jenis pengangguran yang tinggi akibat kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

4. Kemiskinan Alamiah

Kemiskinan alamiah timbul akibat adanya kelangkaan sumber daya alam yang akan menyebabkan masyarakat setempat memiliki tingkat produktivitas yang rendah.

Contohnya dalam hal ini adalah masyarakat di benua Afrika yang miskin akibat tanah disana kering dan tandus, sehingga tidak dapat difungsikan dengan baik.

5. Kemiskinan Kultural

Kemiskinan kultural yaitu kemiskinan yang dapat terjadi karena adanya sikap dan budaya masyarakat yang cenderung santai dan tidak memiliki keinginan untuk berusaha memperbaiki taraf hidupnya.

Contohnya dalam kondisi ini adalah penduduk suku Badui yang memegang teguh untuk mempertahankan adat dan menolak adanya perkembangan jaman.

6. Kemiskinan Struktural

Kemiskinan struktural adalah kemiskinan akibat struktur sosial yang tidak mampu menghubungkan antara masyarakat dengan sumber daya yang tersedia. Seperti contoh masyarakat Papua yang tidak dapat bagian manfaat dari adanya tambang emas Freeport.

7. Kemiskinan Individu

Kemiskinan individu akan terjadi karena kurangnya tingkat percaya diri dalam berkompetisi dilingkungan masyarakat sehingga seseorang tersebut enggan untuk bekerja.

Contohnya saja seperti seseorang yang enggan untuk bekerja dikarenakan tidak percaya diri terhadap potensi yang dimilikinya.

8. Kemiskinan Literatur

Kemiskinan literatur disebabkan karena kurangnya bahan bacaan dan informasi suatu individu, sehingga ia tidak dapat bersaing di lingkungan masyarakat.

Contohnya saja kemalasan seseorang untuk mencari pekerjaan dikarenakan pengetahuan yang dimiliki tidak memadai.

9. Kemiskinan Moral

Kemiskinan moral terjadi karena rendahya kesadaran akan nilai, norma dan aturan yang berlaku di suatu masyarakat. Contohnya saja maraknya praktek prostitusi yang seting terjadi di kota-kota besar.

10. Kemiskinan Pengetahuan

Kemiskinan pengetahuan disebabkan karena adanya rasa malas seorang individu untuk belajar dalam kondisi dan situasi apapun. Contohnya saja akibat sering membolos saat masa sekolah, seorang individu tidak memiliki pengetahuan yang memadai untuk mencari pekerjaan.

11. Kemiskiskinan Ideologi

Kemiskinan ideologi terjadi karena kurang terbukanya pemikiran seorang individu terhadap ideologi yang ada di masyarakat. Contohnya saja sekelompok masyarakat yang dengan cepat menentang bahwa ideologi komunis adalah ideologi yang menyesatkan dan tidak percaya dengan adanya Tuhan.

12. Kemiskinan Religius

Kemiskinan religius merupakan kemiskinan yang disebabkan oleh kurangnya tingkat keimanan seseorang terhadap agama yang dianutnya.

Maka dari itu, ia lebih memilih untuk pasrah terhadap takdir dan tidak mau melakukan usaha serta berdoa.

Contohnya saja seseorang yang tidak pernah beribadah namun tetap yakin bahwa hidupnya sudah diatur oleh Tuhan.

13. Kemiskinan Kesehatan

Kemiskinan kesehatan yang terjadi karena kurangnya perhatian serta kurangnya kepedulian seseorang terhadap kesehatan untuk menunjang kehidupan suatu masyarakat.

Contohnya saja akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak berlebih, seseorang terkena serangan jantung dan hal tersebut berdampak pada bertambahnya pengeluaran serta kurangnya produktivitas diri unruk menjalani aktivitas.

14. Kemiskinan Kepercayaan

Kemiskinan kepercayaan adalah kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan dan dibuat oleh pemerintah setempat. Contohnya saja tidak ikut serta dalam pemilihan umum.

15. Kemiskinan Sosial

Kemiskinan sosial dapat terjadi karena kurangnya interaksi individu terhadap lingkungan sosial, sehingga ia cenderung menyisihkan diri dari lingkungannya.

Contohnya saja memilih untuk menonton TV di minggu pagi daripada mengikuti kegiatan gotong royong yang dilakukan di lingkungan tempat ia tinggi.

Faktor Penyebab Kemiskinan

faktor penyebab kemiskinan
From : Blogspot.com

Setelah kita memahami pengertian dan jenis-jenis kemiskinan tentunya kita juga harus mengetahui penyebabnya. Ada yang tau apa yang menyebabkan terjadinya kemiskinan itu apa?

Simak berikut ini!

1. Laju Pertumbuhan penduduk

Angka kelahiran yang tinggi akan menyebabkan laju pertumbuhan penduduk suatu negara akan menjadi lebih besar. Kalau laju pertumbuhan ini tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi maka angka kemiskinan akan semakin meningkat dalam suatu negara.

2. Angka Pengangguran Tinggi

Lapangan kerja yang terbatas juga dapat mengakibatkan pengangguran di suatu negara menjadi tinggi. Dan semakin banyaknya pengangguran maka angka kemiskinan juga akan semakin meningkat.

Peningkatan angka pengangguran akan menimbulkan suatu permasalahan yang akan membuat masyarakat menjadi resah. Contohnya; Munculnya tindakan kejahatan, pengemis, dan masih banyak lagi.

3. Tingkat Pendidikan yang Rendah

Masyarakat yang tingkat pendidikannya rendah lebih cenderung tidak memiliki ketrampilan, kurangnya wawasan, dan pengetahuan yang pas-pasan.

Sehingga mereka tidak bisa bersaing dengan masyarakat yang memiliki pendidikan lebih tinggi di dalam dunia kerja atau pun dunia usaha. Hal inilah yang menyebabkan angka pengangguran dan kemiskinan menjadi bertambah.

4. Bencana Alam

Bencana alam juga termasuk faktor penyebab kemiskinan yang tidak dapat dicegah karena itu semua sudah asli dari alam.

Bencana alam seperti Tsunami, banjir, tanah longsor, dan lain-lain, karena akan menimbulkan kerusakan infrastruktur maupun psikologis.

Peristiwa bencana alam yang besar dapat berakibat pada masyarakat karena akan menyebabkan kemiskinan karena kehilangan hartanya.

5. Distribusi yang Tidak Merata

Ketidakasamaan pola kepemilikan sumber daya akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam distribusi pendapatan. Pada umumnya, masyarakat yang hanya memiliki sumber daya yang terbatas dan juga kualitasnya rendah itu berada dibawah garis kemiskinan.

Kalau Begitu Apa Saja Dampaknya?

dampak kemiskinan
From : Buseth. ID

Pada umumnya pola kemiskinan akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. Adapun dampaknya antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatnya Kriminalitas

Kemiskinan seringkali dikaitkan dengan adanya kriminalitas. Kalian Harus Tau! Pengertian Kriminalitas dan Bagaimana Cara Penanggulangannya?. Karena masyarakat miskin cenderung melakukan apa saja untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka, termasuk melakukan kriminalitas.

Kriminalitas yang biasanya biasanya terjadi di masyarakat adalah pencurian, perampokan, pembegalan, penipuan bahkan pembunuhan.

2. Angka Kematian yang Tinggi

Masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan pada umumnya tidak mendapatkan akses kesehatan yang memadai. Hal tersebut mengakibatkan tingginya angka kematian pada masyarakat miskin.

Tidak hanya itu, gizi yang buruk juga merupakan masalah yang sering diderita oleh masyarakat miskin. Asupan gizi yang kurang dapat menyebabkan kesehatan dan perkembangan fisik masyarakat miskin sangatlah buruk.

3. Akses Pendidikan Tertutup

Biaya pendidikan yang cukup tinggi dapat menyebabkan masyarakat miskin tidak dapat menjangkau dunia pendidikan.

Hal tersebut semakin memperburuk kondisi masyarakat yang kekurangan pendidikan dan karena kurangnya pendidikan membuat mereka tidak bisa bersaing dan membuatnya tidak bisa bangkit dari keterpurukan yang dialaminya.

4. Pengangguran Semakin Banyak

Masyarakat yang tidak mendapatkan akses pendidikan akan sulit untuk bersaing didunia kerja maupun dunia usaha. Hal itu akan menyebabkan pengangguran yang semakin banyak.

5. Munculnya Konflik di Masyarakat

Rasa kecewa dan ketidakpuasan masyarakat miskin akan muncul dan biasanya akan dilampiaskan dengan berbagai tindakan anarkis. Bahkan sering sekali konflik yang bernuansa SARA timbul di masyarakat karena cara pelampiasan kekecewaan masyarakat miskin.

Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian Kemiskinan, Jenis, Penyebab, dan Dampak Kemiskinan semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: