pengertian kesenjangan sosial

√Pengertian kesenjangan Sosial, Faktor, Dampak, dan Contohnya

Pengertian kesenjangan sosial – Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial?

Nah, pengertian kesenjangan sosial merupakan suatu keadaan atau kondisi yang tidak seimbang adalah kehidupan bermasyarakat, baik secara individu maupun kelompok, yang mana akan menimbulkan ketidak adilan dan ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting dalam suatu masyarakat.

Biasanya kesenjangan sosial sering dikatakan dengan adanya perbedaan yang nyata kalau dilihat dari segi finansial masyarakat yang mencakup kekayaan harta, kekayaan barang dan jasa dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, kesenjangan sosial juga ditandai dengan tidak seimbangnya barang atau jasa, imbalan, kekayaan, kesempatan, dan hukum yang didapatkan masing-masing individu.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

pengertian kesenjangan sosial
From ; pengajar.com

Untuk lebih jelasnya lagi tentang pengertian kesenjangan sosial secara lengkap mari kita simak beberapa pendapat yang di kemukakan oleh para ahli sebagai berikut:

1. Menurut Abad Badruzaman (2009;284)

kesenjangan sosial menurut Abad Badruzaman adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan yang sangat mecolok. Atau dapat juga diartikan suatu keadaan dimana orang kaya mempunyai kedudukan lebih tinggi dan lebih berkuasa dari pada orang miskin.

2. Menurut Soerjono Soekanto

kesenjangan sosial menurut Soerjono Soekanto merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-  unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

3. Sebagai teoritisi struktural fungsional, Emile Durkheim

Pengertian kesenjangan sosial sangat cenderung melihat ketimpangan sosial sebagai pembedaan fungsi dalam struktur sosial yang tak terhindarkan.

4. Max Weber

Teoritisi tindakan sosial akan menilai ketimpangan sosial sebagai hasil dari perbedaan kepentingan masing-masing individu yang diekspresikan dalam sistem perilaku dan tindakan.

Bentuk-Bentuk Kesenjangan Sosial

bentuk kesenjangan sosial
From : satuharapan.com

Adapun bentuk-bentuk kesenjangan sosial sebagai berikut ini;

1. Ekonomi

Dominasi kesenjangan sosial biasanya yang sering terjadi berdasarkan pada faktor ekonomi. Seolah faktor ini yang menjadi penentu status sosial masyarakat, masyarakat yang yang memiliki ekonomi baik akan mendapatkan status sosial yang baik pula sedangkan masyarakat yang memiliki perekonomian rendah juga akan mendapatkan status sosial yang rendah pula.

Kondisi kesenjangan ini akan menjadi penyebab masyarakat terdorong mengejar ketertinggalan,  baik dalam hal positif seperti wirausaha, ataupun dengan melalui cara yang negatif seperti menjadi korupsi, pencurian, dan penipuan.

2. Budaya

Jenis kesenjangan lainnya adalah dalam sektor budaya, karena eksistensi antara budaya-budaya yang ada diseluruh dunia.

Budaya yang memiliki eksistensi baik akan mendapatkan tiruan yang masyarakat dengan mudah dan cepat sedangkan budaya yang tidak memiliki eksistensi akan mendapatkan penolakan oleh masyarakat.

Misalnya seperti internasiliasi yang dilakukan oleh negara Korea Selatan akan mendorong masyarakat lebih untuk mengikuti kebudayaannya  contoh: K-pop.

Kebudayaan ini sangatlah cepat menjadi familiar sehingga dapat menyebabkan masyarakat di seluruh dunia bahkan Indonesia melakukan proses yang sama.

3. Lingkungan Alam

Lingkungan alam sangatlah berkaitan dengan terjadinya kesenjangan sosial dalam sisi sumber daya alam yang berbeda dari negara satu dengan negara yang lainnya, sehingga kesenjangan sosial sangatlah mudah terjadi dalam masyarakat.

Latar belakang yang terjadi kesenjangan sosial dalam lingkungan alam adalah akan membuat manusia menghabiskan sumber daya alam secara membabi buta akibat sifat keserakahan yang menyebabkan generasi muda kehilangan warisannya.

4. Psikologis

Kesenjangan sosial yang terjadi dalam Psikologi merupakan elemen yang sangat penting yaitu kesenjangan sosial yang memiliki hubungan erat dengan perasaan, perasaan untuk menjadi cepat kaya karena ketertinggalan atau kemiskinan dan juga perasaan lainnya.

Dampak tersebut dihasilkan dari kesenjangan sosial psikologi dapat menyebabkan rasa stres, gila, dan rasa putus asa.

Maka dari itu, banyak para ahli yang berpendapat bahwa kesenjangan sosial yang dapat merugikan diri sendiri merupakan kesenjangan sosial Psikologi.

Faktor Kesenjangan Sosial

faktor kesenjangan sosial
From : katalog media

Setelah kita memahami tentang pengertian kesenjangan sosial, kita juga perlu mengetahui tentang apa saja faktor penyebabnya.  Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan sosial.

Faktor-faktornya antara lain sebagai berikut:

1. Faktor Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian seseorang dapat dipengaruhi oleh sumber daya alam yang ada di daerahnya. Dan laju ekonomi dpat berjalan dengan baik jika terdapat sumber daya alam dikelola dengan baik.

Ketika suatu daerah kekurangan sumber daya alam, maka perekonomian suatu daerah akan terpengaruh.

2. Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga dapat menjadi faktor munculnya kesenjangan sosial dalam masyarakat. Misalnya kebijakan program transmigrasi. Kebanyakan masyarakat pendatang lebih cepat maju dari pada penduduk asli.

Karena kesempatan lebih besar yang diberikan terhadap warga pendatang membuat mereka lebih cepat untuk berkembang. Hal tersebut dapat menimbulkan kesenjangan sosial diantara dua kelompok sosial tersebut.

3. Faktor Pengaruh Globalisasi

Globalisasi merupakan cara yang dimanfaatkan untuk mencapai kemajuan. Tetapi disisi lain juga dapat menimbulkan kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat.

Kesenjangan sosial dapat terjadi sebagian masyarakat tidak dapat beradaptasi dan tidak bisa memanfaatkan globalisasi dengan baik.

4. Faktor Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan struktur kependudukan menunjukkan kondisi demografis suatu daerah.

Kesenjangan sosial dapat dapat disebabkan karena kondisi demografis suatu daerah dengan daerah lain yang berbeda.

Hal tersebut dapat terjadi karena produktivitas kerja masyarakat suatu daerah dengan daerah lain yang tidak sama.

5. Faktor Letak dan Kondisi Geografis

Pada umumnya letak dan kondisi geografis dapat mempengaruhi pembangunan suatu daerah. Masyarakat yang berada didaerah daratan tinggi cenderung lebih sulit, butuh waktu untuk membangun infrastruktur dari pada masyarakat yang berada di daerah yang rendah.

Faktor tersebut dapat menyebabkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah cenderung lebih cepat untuk dapat berkembang dari pada yang berada di daerah yang dataran tinggi.

6. Berkurangnya Pendapatan Per Kapita pada Negara

7. Ketidak Merataan Pembangunan Daerah

8. Sedikitnya Mobilitas Sosial

9. Adanya Pencemaran Lingkungan Alam

 

Dampak Kesenjangan Sosial

dampak kesenjangan sosial
From : republika.co.id

Kesenjangan sosial juga memiliki beberapa dampak. Berikut ini beberapa dampak yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi bisnis yang Anda kembangkan:

1. Kemiskinan dan Pengangguran

Kesenjangan sosial ditandai dengan angka kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jika masyarakat miskin dan menganggur mendominasi di suatu negara, maka pendapatan mereka juga sangat rendah.

Dengan pendapatan yang tidak pasti dan cenderung sangat rendah membuat daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sekunder akan menurun. Keadaan yang seperti dapat menyebabkan keuntungan perusahaan tidak optimal.

2. Target Pasar yang Tidak Jelas

Terjadinya ketimpangan yang signifikan di antara masyarakat yang akan membuat target pasar perusahaan tidak jelas arahnya.

Jika perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan menengah kebawah, maka akan cenderung  merugikan perusahaan karena daya beli mereka cenderung tidak stabil.

Akan tetapi meskipun perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan menegah keatas, tidak menjamin perusahaan akan mengalami keuntungan.

Mengingat kalangan elit di negara Indonesia lebih menyukai belanja produk luar negeri dibanding dari industri dalam negeri.

3. Sulit Mencari Tenaga Kerja yang Kompeten

Kenyataannya meskipun banyak pengangguran di Indonesia, namun banyak perusahaan yang mengaku kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten.

Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat dan kualitas pendidikan masyarakat banyak yang berada di bawah rata-rata.

Meskipun banyak yang bergelar sarjana, namun nyatanya keahlian mereka banyak yang belum dibutuhkan di negara ini apalagi yang masih fresh graduate.

4. Maraknya Tindak Kejahatan

Kasus kejahatan di Indonesia bisa dibilang sangat tinggi. Bahkan akhir-akhir ini banyak kasus kejahatan yang merajalela dari hacker yang merugikan perusahaan besar karena meretas data-data penting perusahaan.

Tingginya tidak kriminal di masyarakat dapat terjadi karena  permasalahan finansial akibat kesenjangan sosial.

Sampai sekarang ekonomi  menjadi salah satu faktor terbesar yang menjadi faktor penyebab seseorang atau sekelompok orang berbuat kejahatan.

Contoh Kesenjangan Sosial

contoh kesenjangan sosial
From : nusantaranews.co

Kesenjangan sosial juga memiliki contoh yang kongrit dalam kehidupan nyata di Indonesia dapat dilihat di Jakarta sebagai ibukota negara.

Sebagai kota metropolitan dengan banyak gedung-gedung tinggi, rumah-rumah mewah, teknologi yang sangat maju, namun kenyataannya masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan dengan lingkungan tempat tinggal yang kumuh.

Kondisi seperti ini juga banyak terjadi di wilayah lain dan hingga saat ini belum mendapatkan solusi yang nyata.

Hal ini karena kesenjangan sosial bukanlah masalah yang bisa diatasi dengan mudah dan cepat karena menyangkut hayat hidup banyak orang dan komunitas yang terlibat.

Contoh kesenjangan sosial lainnya yang terdapat di masyarakat:

  • Ketidakadilan hukum; koruptor yang mengambil uang negara miliaran rupiah dihukum penjara selama 2 tahun, sedangkan pencuri kambing dihukum 3 tahun penjara.
  • Fasilitas umum; kurangnya fasilitas umum bagi para penyandang cacat.
  • Perlakuan sosial; masyarakat yang berpenampilan mewah diperlakukan lebih baik oleh pelayan ketimbang masyarakat dengan berpenampilan biasa saja.

Kalau Sudah Begitu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nah, cara mengatasi kesenjangan sosial didalam masyarakat dapat dilakukan oleh pemerintah dengan cara sebagai berikut:

  • Memberikan kesempatan  yang sama untuk masyarakat agar dapat memperoleh pendidikan yang layak bagi masyarakat yang kaya sampai masyarakat yang miskin.
  • Mampu menyediakan atau menciptakan lapangan kerja.
  • Dapat melakukan pemerataan pembangunan pada seluruh daerah.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian kesenjangan Sosial, Faktor, Dampak, dan Contohnya semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: