Kalian Harus Tau! Pengertian Kriminalitas dan Bagaimana Cara Penanggulangannya?

Pengertian kriminalitas – Kriminalitas merupakan asalnya dari kata “crimen” yang mempunyai arti kejahatan, tindakan kriminal, atau juga dapat diartikan suatu tindakan kejahatan, sehingga merupakan tindakan yang negatif. Biasanya tindakan ini dapat merugikan banyak pihak dan pelaku tindakannya disebut seorang kriminal.

Pengertian Kriminalitas

pengertian kenakalan remaja
From ; Megaolitan.okezon.com

Pengertian kriminalitas secara sederhana adalah segala tindakan atau sesuatu yang dilakukan secara individu, kelompok, maupun komunitas yang melanggar hukum atau suatu tindakan kejahatan.

Sehingga dapat mengganggu keseimbangan atau stabilitas sosial sosial dalam masyarakat (korban) bisa berupa formal, informal, dan non formal.

Secara umum juga dapat diartikan tindakan yang mana dalam setiap perbuatannya yaitu melanggar hukum dan aturan serta norma norma sosial dalam suatu lingkungan masyarakat, Sehingga mengakibatkan dampak kriminalitas sendiri bisa berupa penentangan dari masyarakat.

Wiki pedia sendiri mengartikan kriminal merupakan sebuah pidana dan kriminalitas berasal dari kata straf (Belanda), biasanya disebut dengan istilah hukuman.

Dan pidana sendiri dapat diartikan sebagai penderitaan yang sengaja yang dijatuhkan oleh negara pada seseorang dengan cara disengaja karena perbuatan yang telah melanggar hukum pidana.

Pidana sendiri dapat berbentuk punishment atau treatment. Pidana merupakan pembalasan atau imbalan terhadap kesalahan si pembuat. Sedangkan tindakan merupakan sebagai perlindungan masyarakat dan untuk pembina si pelaku.

Pengertian kejahatan sebagai unsur dalam pengertian kriminalitas, Terdapat dua unsur secara sosiologi antara lain adalah :

  • Kejahatan itu adalah perbuatan yang merugikan secara psikologis dan juga secara ekonomis.
  • Melukai perasaan susila dari suatu segerombolan manusia, yang mana orang orang itu berhak melahirkan celaan.

Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli Sosiologi

pengertian kriminalitas menurut para ahli
From : algoritma data

Berikut pendapat para ahli dalam bidang sosiologi tentang pengertian kriminalitas agar kita lebih faham tentang pengertian kriminalitas. Mari kita simak di bawah ini :

1. Menurut R. Susilo

Menurut R. Susilo pengertian kriminalitas merupakan sebuah perbuatan atau tingkah laku yang selain dapat merugikan penderita atau korban juga sangat merugikan masyarakat yaitu dengan hilangnya keseimbangan ketentraman dan ketertiban.

2. Menurut M.v.T

kriminalitas yaitu perbuatan yang meskipun tidak ditentukan dalam undang-undang, sebagai perbuatan pidana, telah dirasakan sebagai onrecht sebagai perbuatan yang bertentangan dengan tata hukum.

3. Menurut M. A. Elliat

Pengertian kriminalitas menurut M. A. Elliat yaitu suatu problem dalam masyarakat modern atau tingkah laku yang gagal dan melanggar hukum dan dapat dijatuhi hukuman yang bisa berupa hukuman penjara, hukuman mati, hukuman denda dan lain-lain.

4. Menurut Dr. J.E. Sahetapy dan B. Mardjono Reksodipuro

Pengertian kriminalitas adalah setiap perbuatan yang dilarang oleh hukum publik untuk melindungi masyarakat dan diberi sanksi berupa pidana oleh Negara.

5. Menurut Susilo

Definisi kriminalitas dalam pandangannya merupakan suatu perbuatan yang merugikan parakorban, juga masyarakat karena fenomena ini menghilangkan ketentraman dan ketertiban

6. Menurut Kartono

Pengertian kriminalitas mencakup segala aktivitas yang dilawan atau tidak disetujui oleh masyarakat karena melanggar aturan agama, sosial, dan hukum, juga merugikan secara psikologis maupun ekonomis

7. Elliat

Pengertian kriminalitas merupakan tingkah laku atau tindakan yang melanggar hukum. Oleh karena itu, mendapat hukuman berupa hukum denda penjara, bahkan hukuman mati.

8. A. Bonger

Menurut Bonger, kriminalitas adalah perilaku anti sosial yang dipraktikkan secara sadar maupun tidak sadar yang dilakukan oleh individu, kelompok ataupun komunitas.

9. E. Sahetapy Dan B. Mardjono Reksodipuro

Kriminalitas yakni kejahatan, setiap perbuatan yang diberi sanksi berupa pidana dan dilarang oleh masyarakat karena melanggar norma-norma yang disepakati oleh masyarakat dalam kehidupan.

Ciri-Ciri Kriminalitas

ciri-ciri kriminalitas
From : altermedia.id

Ada beberapa ciri-ciri kriminalitas yang akan muncul anatara lain sebagai berikut ;

1. Sistem yang Tidak Adil

Jika dilihat dari naluriyah, manusia merupakan pencemburu, terutama terhadap hal kekayaan atau kekuasaan. Oleh karena itu, kesenjangan yang terjadi diikuti oleh aksi-aksi kriminal untuk menyetarakan atau untuk dapat mengimbanginya.

2. Suasana Sistem yang Individualis

Seringkali individu berasal dari lingkungan individualis akan melangkah untuk menjadi seorang kriminal. Maka dari itu, lingkungan mengarahkan untuk bersifat egois atau menomersatukan dirinya dengan lingkungan sekitarnya.

3. Kemiskinan yang Diderita

Salah satu problem klasik dalam kehidupan dari ciri-ciri kriminalitas adalah kemiskinan. Banyak sekali rakyat yang menderita kemiskinan dan pada akhirnya ia memutuskan untuk menjadi kriminal.

4. Nafsu yang Tidak Terkendali

Ketika seorang individu berusaha untuk mendapatkan sesuatu, mereka memakai beribu cara untuk berusaha mendapatkan sesuatu tersebut, bahkan ia rela menghalalkan segala cara. contohnya : seseorang melakukan pencurian atau mencuri sepeda karena dia ingin sekali mempunyai sepeda, hal itu dikarenakan dia memenuhi hawa nafsnya sehingga dia rela untuk mencuri.

5. Rasa Benci

Tindakan kriminal selanjutnya yaitu karena terpancingnya rasa benci atau juga rasa dendam didalam hati seseorang atau dalam suatu kelompok. Secara nyata, hal ini telah banyak terjadi didalam kehidupan bermasyarakat.

Bentuk-Bentuk Kriminalitas

bentuk-bentuk kriminalitas
From : rsa.or.id

Tindakan kriminal biasanya dapat dilihat pertentangannya dengan norma hukum, norma sosial, dan norma agama. Diantara bentuk-bentuk kriminal antara lain sebagai berikut :

  • Aksi pencurian
  • Tindakan asusila
  • Pencopetan/penjambretan
  • penodongan dengan senjata api
  • penganiayaan
  • pembunuhan
  • penipuan
  • korupsi

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Kriminalitas Itu?

penyebab kriminalitas
From ; Tugas pengantar bisnis

Penyebab kriminalitas terjadi dengan berbagai hal, dan tidak akan ada hal yang terjadi jika tidak dikaitkan dengan alasannya. Begitu juga dengan tindakan kriminalitas bisa terjadi dengan berbagai sebab diantaranya adalah :

  1. Pertentangan serta persaingan
  2. Padatnya suatu penduduk
  3. Perbedaan terhadap kebudayaan
  4. mentalitas yang masih labil
  5. Meningkatnya angka pengangguran
  6. Kondisi sosial
  7. Moral
  8. Gengsi yang tinggi
  9. Tingkat pendidikan

Bagaimana Cara Mengatasinya?

cara mengatasi kriminalitas
From : MATCHA

Kriminalitas yang semakin memarak ini sangatlah membuat resah masyarakat, Oleh karena itu agar tidak menambah banyak korban dari kasus kriminal ini, kita harus memberantasnya atau mencegahnya agar tidak lagi mengalami kerugian materi maupun moral.

Nah, berikut ini merupakan upaya yang harus dilakukan untuk menanggulangi tindakan kriminal antara lain adalah :

1. Upaya Preventif

Preventif merupakan cara untuk menanggulangi masalah kriminal dengan cara melakukan pencegahan untuk terjadinya atau timbulnya kejahatan yang pertama kali.

Mencegah kejahatan lebih baik dari pada mencoba mendidik penjahat untuk menjadi yang lebih baik lagi.

2. Upaya Represif

Penanggulangan kejahatan dengan upaya represif yaitu penanggulangan dengan kejahatan konsepsional yang ditempuh setelah terjadinya kejahatan.

Biasanya penanggulangan dengan upaya represif dilakukan untuk menindak para pelaku kejahatan sesuai dengan perbuatan yang telah dilakukan karena merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan merugikan masyarakat.

Dampak Kriminalitas

dampak kriminal
From ; famela.com

Kriminalitas juga mempunyai dampak yang negatif dan dampak positif, Karena sesuatu itu memang sudah pasti bersifat dualisme. Adapun dampak-dampaknya sebagai berikut :

1. Dampak Negatif kriminalitas

Akibat dari perbuatan kriminalitas dapat menyebabkan dampak negatif yaitu sebagai berikut:

Cacat tubuh serta mental

Tindakan kriminal yang sadis dan ekstrim dan dapat mengakibatkan kerugian secara psikis dan juga raga pada korban. Seperti, perampokan yang disertai dengan penganiayaan, pembunuhan, pemerkosaan dan masih banyak lagi.

Traumatis

Dampak dari kriminalitas fundamental juga dapat mengakibatkan trauma pada korban. Hal ini dapat terjadi karena pelaku kriminal menodongkan senjata tajam ke arah korban dan juga bisa jadi pelaku mengancam korban.

Merusak keamanan

Banyaknya tindakan kriminalitas dapat berakibat terhadap rusaknya keamanan yang ada di dalam masyarakat. Misalnya : ketakutan, kecemasan, dan lain lain.

Banyak hal yang terbuang

Gangguan-gangguan kriminalitas yang muncul dalam masyarakat oleh pelaku kriminal dapat menyebabkan banyak materi serta energi yang terbuang sia-sia dalam berbagai pihak yang terkait.

2. Dampak positif

Adapun dampak positifnya antara lain sebagai berikut :

Peningkatan solidaritas

Teror-teror kriminalitas yang terjadi di masyarakat juga membuat rasa solidaritas dalam diri mereka semakin berkembang untuk menjaga keamanan mereka.

Evaluasi hukum

Pranata hukum semakin memperhatikan terhadap kriminalitas, semakin melakukan revisi untuk memperkuat tenaga atau kekuatan hukum.

Efek jera media

Efek jera media terwujud dalam pemberitahuan kriminal yang menyiarkan tentang pemberitahuan penangkapan, membantu pihak tertentu dalam penangkapan atau pengusutan penjahat dan mempersempit ruang gerak pelaku kriminal.

Itulah penjelasan mengenai pengertian kriminalitas menurut para ahli dan juga disertai dengan bentuk kriminalitas, contoh penanggulangan dan juga dampaknya.

Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: