pengertian mobilitas sosial

Pengertian Mobilitas Sosial, Jenis, Karakteristik Beserta Dampaknya

Apa yang dimaksud dengan mobilitas sosial? Pengertian mobilitas sosial pada dasarnya yaitu perubahan susunan status orang didalam masyarakat baik secara vertikal maupun horizontal.

Mobilitas sosial merupakan pergerakan dari perubahan kedudukan dan peranan dari orang-orang yang ada dalam masyarakat dari waktu ke waktu.

Secara bahasa kata mobilitas sosial berasal dari bahasa latin yaitu mobillis yang berarti bergerak dan kata sosial berasal dari bahasa inggris yang berarti masyarakat. jadi arti dari mobilitas sosial adalah gerakan masyarakat.

Dan secara umum kata mobilitas sering diartikan sebagai suatu proses perpindahan, atau suatu pergerakan lapisan atau strata sosial seseorang maupun kelompok.

Mobilitas sendiri berasal dari bahasa latin yang memiliki arti yaitu, mobilitas yang artinya mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan sosial sendiri melibatkan seseorang ataupun kelompok warga.

Sedangkan secara istilah pengertian mobilitas sosial sendiri bisa diartikan sebagai suatu gerakan yang terjadi karena adanya perpindahan ataupun perubahan posisi seorang individu atau juga sekelompokan orang yang berbeda-beda.

Tetapi tidak hanya sekedar pengertian secara umum saja melainka masih banyak lagi pengertian mobiitas sosial menurut para ahli yang perlu kalian.

Seperti contoh proses mobilitas sosial yang secara tidak sadar kita alami yaitu senantiasa kita belajar lebih giat untuk mencapai kondidi yang lebih baik untuk dimasa akan datang. status yang seperti itu termasuk status yang baik dan senantiasa diharapkan oleh banyak orang.

Dari definisi diatasa ada tiga hal pokok yang menyangkut mobilitas sosial diantaranya:

  1. Perubahan kelas sosial, baik yang keatas maupun yang kebawah
  2. Perubahan yang dialami oleh masyarakat baik secara individu maupun kelompok
  3. Terjadinya dampak sosial karena kelas baru yang diperoleh

Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

pengertian sosial menurut para ahli
from : psychologysosial

Beberapa pengertian mobilitas sosial menurut para ahli:

1. Henry Clay Smith (1968)

Mengatakan mobilitas sosial adalah gerakan dalam struktur sosial (gerakan antarindividu dengan kelompoknya).

2. Haditono (1991)

Mengatakan mobilitas sosial yaitu perpindahan seseorang atau kelompok dari suatu kedudukan yang satu ke kedudukan yang lain, tetapi sejajar.

3. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt (1992)

Mengemukakan bahwa pengartikan bahwa mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lain.

4. David Jary dan Julia Jary (1991)

Mendefinisikan mobilitas sosial yakni: dapat dijelaskan bahwa pergerakan individu, kadang-kadang kelompok antara posisi berbeda dalam hierarki stratifikasi sosial pada masyarakat.

5. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto menyatakan bahwa mobilitas sosial ialah suatu gerak dalam struktur sosial yakni pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial

6. H. Edward Ransford

Menurut H. Edward Ransford mengemukakan bahwa mobilitas sosial yaitu suatu perpindahan ke atas atau kebawah dalam lingkungan sosial secara hirarki

7. Robert M.Z. Lawang

Menurut Robert .M.Z. Lawang mengemukakan bahwa arti mobilitas sosial ialah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lainnya atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya

8. Horton Dan Hunt

Menurut Horton dan Hunt mengatakan bahwa mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial yang lainnya

9. Kimball Young Dan Raymond W. Mack

Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack menyatakan bahwa mobilitas sosial ialah suatu mobilitas dalam struktur sosial, diantaranya pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok

10. Wiliam Kornblum

Menurut Wiliam Kornblum menyatakan bahwa mobilitas sosial ialah sebuah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosial serta satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

Baca juga ; Pengertian Sosialisasi

Jenis Mobilitas Sosial

pengertian mobilitas sosial menurut para ahli
from : Nesaba Media

Berdasarkan Tipe

Berdasarkan tipenya mobilitas sosial di bedakan menjadi 4 bagian diantaranya :

1. Mobilitas Sosial Vertikal

Yaitu perpindahan individu atau obyek dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajad.

Mobilitas sosial vertikal  sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Mobilitas sosial vertikal naik
    Mobilitas sosial vertikal naik yaitu perubahan terjadi apabila seseorang mengalami peningkatan kedudukan menuju tingkatan yang lebih tinggi.
  • Mobilitas sosial vertikal turun
    Mobilitas sosial vertikal turun yaitu perubahan terjadi apabila seseorang mengalami penurunan kedudukan.

2. Mobilitas Sosial Horisontal

Yaitu perpindahan individu atau obyek dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang sederajad.

3. Mobilitas Sosial Lateral

Mobilitas Geografis Yaitu perpindahan individu atau obyek dari suatu tempat ke tempat lain yang berpengaruh pada kedudukan sosialnya.

4. Mobilitas Sosial Struktural

Mobilitas yang memiliki kesatuan yang luas dan kompleks yang disebabkan oleh hal-hal yang positif maupun negatif.

Berdasarkan Ruang Lingkupnya

pengertian mobilitas sosial
from : maxmanroe.com

Jenis mobilitas sosial berdasarkan ruang lingkupnya dibagi menjadi dua yaitu :

1. Mobilitas Sosial Intragenerasi

Mobilitas sosial intragenerasi merupakan perpindahan kedudukan sosial seorang individu atau anggota masyarakat yang terjadi dalam satu generasi yang sama. Mobilitas intragenerasi secara umum dibagi menjadi dua bagian, yaitu mobilitas intragenerasi naik dan intragenerasi turun.

2. Mobilitas Sosial Antar generasi

Mobilitas sosial intergenerasi adalah perpindahan kedudukan sosial yang terjadi karena berada diantara beberapa generasi dalam satu garis keturunan. Mobilitas ini dibedakan menjadi dua, yaitu mobilitas sosial intergenerasi naik dan mobilitas sosial intergenerasi turun.

Karakteristik Mobilitas Sosial

pengertianj mobilitas sosial
from : yuksinau.id

Social mobility dapat terjadi secara berkesinambungan. Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya:

  • Gerak sosial melibatkan individu atau sekelompok orang dalam masyarakat.
  • Perpindahan sosial dapat dilakukan secara individual, namun seringkali melibatkan banyak pihak. Misalnya perkembangan suatu negara secara umum yang mempengaruhi taraf hidup banyak warganya.
  • Struktur sosial suatu masyarakat akan berpengaruh terhadap sulit tidaknya individu atau sekelompok orang untuk melakukan social mobility.
  • Perpindahan sosial dapat menimbulkan ketegangan dan kecemasan bagi individu atau sekelompok orang yang akan kehilangan hak-hak yang dimiliki ketika terjadi penurunan status.
  • Mobilitas sosial ditandai dengan terjadinya perubahan struktur sosial yang seringkali mempengaruhi hubungan antar individu dan kelompok.

Dampak Social Mobility

Dampak mobilitas sosial
From ; smsgrosir

Social mobility akan berpengaruh terhadap berbagai penyesuaian yang menimbulkan konflik. Adapun beberapa dampak mobilitas sosial adalah sebagai berikut:

1. Dampak Positif

  • Memotivasi seseorang untuk lebih berusaha pindah dari suatu strata ke strata lainnya yang lebih tinggi. Hal ini akan mendorong seseorang untuk untuk berprestasi agar mendapatkan status sosial yang lebih baik.
  • Terjadi perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik dengan lebih cepat. Contoh; masyarakat agraris mengalami perubahan ke masyarakat industri.
  • Terjadinya peningkatan integrasi sosial di tengah-tengah masyarakat. Contoh; seseorang yang berpindah status sosial akan menyesuaikan diri dengan berbagai norma, nilai-nilai, dan gaya hidup yang dianut oleh kelompok orang dengan status sosial baru tersebut.

2. Dampak Negatif

  • Gerak sosial akan menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat. Konflik tersebut dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu;
  1. Konflik antar kelas, yaitu konflik yang terjadi antar kelas sosial yang berbeda karena terjadi perbedaan kepentingan.
  2. Konflik antar kelompok sosial, yaitu konflik yang terjadi antara suatu kelompok dengan kelompok yang lainnya. Contohnya;  seperti konflik yang terjadi antara kelompok sosial tradisional dengan kelompok sosial modern.
  3. Konflik Antargenerasi, yaitu konflik yang terjadi karena adanya perbedaan kepentingan dan nilai-nilai antara masing-masing generasi dimana salah satu generasi ingin melakukan perubahan.
  • Rasa solidaritas di dalam diri setiap individu akan semakin berkurang. Hal ini terjadi karena setiap individu yang berubah status sosialnya melakukan penyesuaian diri dengan norma dan nilai-nilai yang dianut oleh kelompok orang dengan status sosial baru tersebut agar diterima.
  • Social mobility dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang, terutama bila mengalami penurunan status sosial. Misalnya; rasa gelisah dan takut, frustasi atau putus asa karena tidak bisa meningkatkan status sosialnya.

Demikian dari pengertian mobilitas sosial, jenis-jenis mobilitas, karakteristik mobilitas serta dampak-dampak mobilitas diatas semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: