Pengertian moral

Pengertian Moral ; Arti, Fungsi, Tujuan, dan Wujud Moral

Apa sih yang dimaksud dengan morat itu? Pengertian Moral secara umum ialah suatu hukum perilaku yang yang diterapkan kepada setiap individu dalam suatu sosialisasi dengan sesama sehingga terjalin rasa hormat dan menghormati sesama.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa moral merupakan sesuatu yang telah berhubungan dengan prinsip-prinsip tingkah laku seperti akhlak, budi pekerti, dan mental yang membentuk karakter dalam diri seseorang sehingga dapat menilai dengan benar mana yang baik dan mana yang buruk.

Moral merupakan produk yang dihasilkan oleh suatu budaya dan agama yang mengatur cara berinteraksi (perbuatan, perilaku, dan suatu ucapan) dengan sesama manusia.

Dengan kata lain, Moral juga merujuk pada tindakan dan tindakan seseorang yang memiliki nilai positif sesuai dengan apa yang ada didalam suatu masyarakat.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

pengertian moral menurut para ahli
From ; SCLi

Berikut merupakan pendapat para ahli agar kita dapat memahami lebih lanjut tentang pengertian moral, sebagai berikut :

1. John J. Macionis

Menurut John J. Macionis menyatakan bahwa Norma ialah sebuah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu sebuah perilaku anggota-anggotanya.

2. E. Ultrecht

Menurut E. Ultrecht menyatakan bahwa Norma ialah segala himpunan sebuah petunjuk hidup yang mengatur berbagai suatu tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diwajibkan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika ada yang melanggar maka akan ada tindakan dari pemerintah.

3. Robert Mz. Lawang

Menurut Robert Mz. Lawang Norma ialah suatu gambaran yang mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas sehingga menjadi sejumlah anggapan yang baik dan perlu dihargai seharusnya.

4. A. Ridwan Halim

Menurut A. Ridwan Halim menyatakan bahwa Norma ialah segala peraturan baik tertulis ataupun tidak yang pada intinya merupakan suatu peraturan yang berlaku untuk sebagai acuan atau pedoman yang harus dipatuhi oleh setiap individu dalam masyarakat.

5. Bagja Waluya

Menurut Bagja Waluya menyatakan  bahwa Norma ialah suatu wujud konkret dari nilai yang merupakan pedoman, yakni yang berisikan suatu keharusan bagi individu atau masyarakat dalam berperilaku.

6. Robert P. Lamm

Menurut Robert P. Lamm menyatakan bahwa Norma ialah suatu standar dari sebuah perilaku lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

7. Hans Kelsen

Menurut Hans Kelsen menyatakan bahwa Norma ialah suatu perintah yang tidak personal dan anonim.

8. Achmad D. Marimba

Achmad D. Marimba memberikan suatu pendapat bahwa pengertian norma adalah suatu perilaku yang berlaku secara alamiah didalam suatu masyarakat, bisa berubah menurut kesepakatan dan persetujuan dari suatu masyarakat pada dimensi ruang dan waktu tertentu.

9. Craig Calhoun

Menurut Craig Calhoun menyatakan bahwa Norma ialah suatu aturan ataupun pedoman yang menyatakan yang mengenai bagaimana seseorang seharusnya bertindak di dalam suatu situasi yang tertentu.

10. Aulia, Tia Oktaviani Sumarna, dan Arya Hadi Dharmawan

Menurut pendapat mereka pengertian Norma ialah sebuah standar-standar tingkah laku yang terdapat di dalam sebuah masyarakat.

Fungsi dan Tujuan Moral dalam Kehidupan Sehari-hari

fungsi moral
From ; American Nurse Tuday

Pada hakikatnya fungsi moral dalam kehidupan sehari-hari ialah untuk mewujudkan harkat serta martabat kepribadian manusia melalui pengamalan nilai-nilai dan norma.

Berikut beberapa fungsi moral adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mewujudkan harkat dan martabat kepribadian seseorang dan sikap kemanusiaan.
  2. Untuk memberikan suatu motivasi agar bisa bertindak dan bersikap dengan penuh kebaikan dan kebajikan yang didasari atas kesadaran kewajiban yang dilandasi dengan moral.
  3. Untuk menjaga keharmonisan setiap hubungan sosial sesama manusia, karena moral adalah landasan rasa percaya terhadap sesama.
  4. Moral dapat memberikan sebuah wawasan untuk masa depan kepada manusia, baik dalam rohani maupun jasmani karena memberikan fungsi moral sehingga tidak ada rasa menyesal, konflik batin, dan perasaan berdosa atau pun mengecewakan.
  5. Moral juga dapat memberikan wawasan masa depan kepada masa depan baik dalam sanksi sosial maupun juga konsekuensi dalam kehidupan sehingga manusia akan mempertimbangkan sebelum bertindak.
  6. Moral yang terdapat didalam diri manusia juga dapat memberikan suatu landasan kesabaran dalam bertahan dalam setiap dorongan naluri dan keinginan atau pun nafsu yang mengancam harkat dan martabat kepribadian manusia.

Jenis dan Wujud Moral

jenis moral-pengertian moral
from ; buahpena.fi.ugm.id

Adapun wujud moral yang ada didalam diri seseorang dapat terlihat dari penampilan dan perilakunya keseluruhan.

Berikut beberapa macam moral adalah sebagai berikut :

1. Moral ketuhanan

Moral ketuhanan merupakan semua hal yang berkaitan dengan keagamaan atau religius berdasarkan suatu ajaran agama tertentu dan pengaruhnya terhadap diri seseorang.

Wujud moral ketuhanan, seperti melaksanakan ajaran agama yang dianut dengan sebaik-baiknya. Contoh: Menghargai agama lain, toleransi terhadap perbedaan agama, dan hidup rukun dengan manusia yang berbeda agama.

2. Moral ideologi dan filsafat

Moral ideologi dan filsafat merupakan semua hal yang berkaitan dengan semangat kebangsaan ataupun loyalitas kepada cita-cita bangsa dan negara.

Wujud moral ideologi dan filsafat, seperti menjunjung tinggi dasar negara indonesia berupa pancasila. Contohnya : menolak ideologi yang asing ingin menggantikan atau mengubah dasar negara indonesia (pancasila).

3. Moral etika dan kesusilaan

Pengertian moral etika dan kesusilaan merupakan hal yang berkaitan dengan kesusilaan dan etika yang disatukan oleh suatu masyarakat, bangsa, dan negara secara budaya dan tradisi.

Wujud moral etika dan kesusilaan, seperti halnya menghargai orang lain yang berbeda dalam berpendapat, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Contoh : mengucapkan salam kepada teman saat berjumpa dijalan.

4. Moral disiplin dan hukum

Moral disiplin dan hukum adalah segala hal yang berkaitan dengan kode dan etika profesional dan hukum yang sedang berlaku didalam sebuah masyarakat.

Wujud moral disiplin dan hukum biasanya seperti melakukan suatu aktivitas yang sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Contoh ; Selalu mematuhi peraturan memakai helm saat berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara dijalan raya.

Macam Nilai Moral dalam Masyarakat

nilai moral-pengertian moral
from : PKBI.DIY

Berikut merupakan nilai-nilai yang moral yang terkandung dalam masyarakat, antara lain:

1. Religius

Yaitu perilaku yang patuh terhadap pelaksanaan ajaran agama yang dianutnya.

2. Jujur

Perilaku yang didasarkan pada upaya agar sealu dipercaya dalam perkataan maupun perbuatan yang dilakukan.

3. Disiplin

Perilaku disiplin menunjukkan perilaku yang tertib pada berbagai aturan. Adapun perilaku disiplin menunjukkan upaya bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan serta menyelesaikan tugas sebaik-baiknya.

4. Toleransi

pengertian toleransi merupakan sikap saling menghargai terhadap perbedaan agama, suku, etnis, dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya.

5. Mandiri

Sikap yang mencerminkan perilaku tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan kewajiban.

6. Kreatif

pengertian kreatif yaitu sebuah tindakan dalam berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan hal yang baru.

7. Kerja keras

Yaitu sebuah perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai masalah.

8. Rasa nasionalisme

Yaitu sebuah cara berpikir, bersikap, dan berbuat untuk menunjukkan rasa kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan ringgi terhadap negara.

9. Rasa keingintahuan

Tindakan yang selalu mengupayakan untuk mengetahui lebih mendalam terhadap sesuatu yang dihadapinya.

10. Peduli terhadap lingkungan

Sikap dan tindakan peduli terhadap lingkungan yang berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya serta mengembangkan upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi.

11. Bertanggung jawab

Yaitu sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan kewajiban yang seseorang lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian dari pengertian moral, arti, tujuan, bentuk masih banyak diatas semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: