pengertian motivasi

[Kenali] Pengertian Motivasi, Jenis, Faktor dan Fungsinya

Pengertian Motivasi – Sebenarnya, apa yang disebut dengan motivasi itu?

Nah, pengertian motivasi yaitu suatu dorongan atau alasan yang dapat menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.

Motivasi juga dapat diartikan sebagai suatu hal yang dapat menimbulkan suatu dorongan semangat dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu.

Secara etimologi motivasi berasal dari kata movere yang artinya menggerakkan. Tidak hanya itu, ada juga yang mengatakan bahwa motivasi juga berasal dari bahasa inggris yaitu “motivation” yang dapat diartikan sebagai “daya batin” atau “dorongan”.

Motivasi dapat datang dari diri seseorang atau pun diri sendiri. Dengan adanya motivasi seseorang dapat mengerjakan sesuatu dengan semangat dan antusias.

Baca juga: pengertian konsep diri

Pengertian Motivasi menurut pendapat para ahli

motivasi menurut para ahli
From : word press.com

Agar kita dapat memahami lebih dalam tentang pengertian motivasi, maka kita dapat melihat pada pengertian motivasi menurut para ahli. Berikut merupakan pengertian menurut para ahli antara lain sebagai adalah :

1. Weiner

Weiner berpendapat bahwa pengertian motivasi (yang dikutip Elliot et al.) yaitu suatu kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk melakukan tindakan, mendorong individu dalam mencapai tujuan tertentu atau membuat individu tertarik untuk melakukan kegiatan tertentu.

2. Uno

Uno memberikan pendapat mengenai pengertian motivasi yaitu diartikan sebagai bentuk dorongan secara internal dan eksternal dari dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.

3. Henry Simamora

Menurut Henry Simamora, motivasi merupakan sebuah fungsi yang berasal dari bentuk pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.

4. G. R. Terry

Menurut G. R. Terry mengemukakan pendapat bahwa motivasi merupakan sebuah keinginan yang terdapat pada diri seseorang yang merangsangnya untuk melakukan berbagai tindakan.

5. Robbins and Judge

Robbins and Judge memberikan sebuah pendapat mengenai pengertian motivasi adalah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu untuk mencapai tujuannya.

6. Edwin B. Flippo

Edwin B. Flippo mengatakan bahwa motivasi adalah suatu bentuk keahlian dalam mengarahkan seorang pegawai atau sebuah organisasi untuk mencapai keberhasilan dalam bekerja sehingga tujuan dari organisasi dapat tercapai.

7. Victor H. Vroom

Menurut Victor H. Vroom, pengertian motivasi ialah suatu akibat dari hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dengan memperkirakan bahwa apa yang dilakukan dapat mengarahkannya pada hasil yang diinginkan.

8. Djamarah

Djamarah memberikan pendapat mengenai pengertian motivasi adalah sebagai bentuk perubahan energi dari dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

Jenis-Jenis Motivasi

jenis-jenis motivasi
From : pinterest.es

Dalam hidup seseorang pastinya banyak hal yang dapat memotivasi dirinya untuk melakukan sesuatu. Tetapi, pada umumnya motivasi dapat di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

Berikut penjelasannya:

1. Motivasi Intrinsik

Pengertian motivasi intrinsik yaitu keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang diakibatkan karena dorongan diri sendiri tanpa adanya dorongan orang lain karena adanya hasrat untuk dapat mencapai tujuan tertentu.

Misalnya: Seseorang termotivasi untuk bekerja karena agar bisa mendapatkan penghasilan sehingga ia dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

2. Motivasi Ekstrinsik

Pengertian motivasi ekstrinsik merupakan sebuah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan oleh faktor dorongan dari luar diri sendiri untuk mencapai suatu tujuan yang dapat menguntungkan dirinya.

Misalnya : Seseorang termotivasi untuk bekerja lebih giat karena adanya peluang yang diberikan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan karir kepada pegawai berprestasi.

Baca Juga : pengertian kemiskinan

Faktor-Faktor Motivasi

faktor motivasi
From : infokekinian.com

Proses psikologis didalam diri sendiri seseorang yang dapat menimbulkan motivasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Adapun faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Faktor Internal (Intern)

Faktor internal adalah motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang. Motivasi internal timbul karena adanya keinginan suatu individu untuk memiliki suatu prestasi dan tanggung jawab didalam hidupnya.

Beberapa hal yang termasuk dalam faktor motivasi internal antara lain sebagai berikut :

  • Harga diri dan prestasi : motivasi yang berada dalam diri seseorang untuk mengembangkan kreatifitas dan mengarahkan energi untuk mencapai prestasi yang dapat meningkatkan harga dirinya.
  • Kebutuhan : Setiap individu tentunya memiliki kebutuhan dalam kehidupannya sehingga orang tersebut termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Harapan : Sesuatu yang ingin dicapai untuk masa mendatang uang dapat mempengaruhi sikap dan perasan subjektif orang lain.
  • Tanggung jawab : suatu motivasi yang ada pada diri seseorang agar dapat bekerja dengan baik dan berhati-hati untuk dapat menghasilkan sesuatu yang berkualitas.
  • Kepuasan kerja : Suatu motivasi yang ada dalam diri seseorang karena dapat melakukan suatu pekerjaan tertentu.

2. Faktor Eksternal (Ekstern)

Faktor eksternal adalah faktor yang muncul dari luar diri seseorang. Motivasi eksternal timbul karena adanya peranan dari luar, seperti organisasi, yang turut menentukan perilaku seseorang dalam kehidupannya.

Beberapa hal yang termasuk dari faktor eksternal antara lain sebagai berikut:

  • Jenis dan sifat pekerjaan : Dorongan yang ada dalam diri seseorang untuk bekerja pada jenis dan sifat suatu pekerjaan tertentu. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh seberapa besar imbalan yang diperoleh dalam pekerjaan tersebut.
  • Kelompok kerja : Suatu organisasi yang mana seseorang bekerja untuk mendapatkan penghasilan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Kondisi kerja : Suatu keadaan yang mana seseorang bekerja sesuai dengan harapannya (kondusif) sehingga dapat bekerja dengan baik.
  • Keamanan dan kesehatan kerja : Perlindungan yang diberikan oleh suatu organisasi terhadap jaminan keamanan dan keselamatan seseorang dalam bekerja.
  • Hubungan interpersonal : Suatu hubungan antara teman sejawat, dengan atasan dan dengan bawahan. Dalam hal tersebut, setiap orang ingin dihargai dan menghargai dalam organisasi sehingga dapat tercipta suasana kerja yang harmonis.

Fungsi dan Tujuan Motivasi

fungsi motivasi
From : Isplbwiki.net

Pada dasarnya, fungsi motivasi adalah untuk mendorong atau menarik seseorang individu yang melakukan suatu tindakan dengan tingkat antusias yang tinggi.

Berikut adalah beberapa fungsi motivasi yang perlu kalian ketahui :

1. Menentukan Arah yang Ingin Dicapai

Motivasi dapat bertujuan sebagai pengarah, maksudnya motivasi dapat menunjukkan arah terhadap kegiatan yang dilakukan oleh seorang individu guna untuk mencapai tujuan yang ingin mereka capai.

Hal tersebut, terdapat dua jenis arah yang bisa dicapai yaitu hal yang mengarah ke hal yang positif dan juga hal yang mengarah ke arah yang negatif.

2. Menyeleksi Perbuatan

Seseorang yang tertanam motivasi didalam dirinya akan melakukan suatu upaya dalam melakukan suatu tindakan yang akan dilakukan demi mencapai suatu hasil yang diharapkan.

Maka dari itu, motivasi berfungsi sebagai penyeleksi untuk membantu individu membuang perbuatan yang tidak berkaitan dengan tujuannya.

3. Menentukan Cepat atau Lambat Suatu Tindakan

Motivasi dapat berguna sebagai promotor, yaitu mesin penggerak yang dapat memberikan kekuatan bagi individu untuk melakukan suatu tindakan tertentu.

Seseorang yang termotivasi akan menentukan upaya apa yang harus dilakukan agar tujuan semakin cepat tercapai.

Pemberian motivasi terhadap seorang individu menurut Hasibuan akan menghasilkan tujuan seperti berikut ini :

  • Memberikan dorongan atau semangat terhadap bawahannya
  • Meningkatkan produktivitas seorang pegawai dalam bekerja
  • Mempertahankan tingkat loyalitas karyawan sehingga tetap bertahan dalam perusahaan
  • Meningkatkan kedisiplinan karyawan untuk mengurangi angka absensi karyawan
  • Menciptakan suasana kerja yang kondusif dan hubungan kerja yang baik antar rekan kerja
  • Menjadikan karyawan lebih kreatif dan selalu berpartisipasi dalam kegiatan kantor
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi karyawannya terhadap tugas-tugas yang diterima

Demikian penjelasan disingkat mengenai Pengertian Motivasi, Jenis, Faktor dan Fungsinya semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih

1 komentar untuk “[Kenali] Pengertian Motivasi, Jenis, Faktor dan Fungsinya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: