pengertian pergaulan bebas

Pengertian Pergaulan Bebas, Ciri-Ciri, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi

Pengertian pergaulan bebasPengertian pergaulan secara umum adalah salah satu bentuk perilaku yang menyimpang yang telah melewati batas aturan, tuntutan syarat, kewajiban, dan juga perasaan malu. 

Dalam artian lain pergaulan bebas merupakan perilaku menyimpang yang melanggar norma agama maupun norma asusila.

Pengertian Pergaulan Bebas

pengertian pergaulan bebas

Pengertian pergaulan bebas berasal dari dua kata, yaitu pergaulan dan bebas. Pergaulan yaitu suatu cara interaksi antar individu atau bisa antara individu dengan kelompok, sedangkan arti bebas sendiri adalah terlepas dari kewajiban, aturan norma agama dan norma kesusilaan.

Secara agama pergaulan bebas diartikan sebagai proses pergaulan dengan orang lain yang terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan.

Pergaulan sendiri dibagi menjadi dua yaitu pergaulan yang bersifat negatif dan juga pergaulan yang bersifat positif.

Pergaulan yang bersifat positif merupakan sebuah kerjasama antar individu atau kelompok yang mendatangkan manfaat, Sedangkan pergaulan yang bersifat negatif merupakan sebuah kerjasama antara individu maupun kelompok yang tidak mendatangkan manfaat dan dapat merugikan diri sendiri bahkan juga dapat merugikan orang lain.

Contoh pergaulan yang negatif yaitu geng motor yang suka melanggar peraturan lalu lintas dan dapat mengganggu warga sekitar.

Pergaulan bebas yaitu suatu perilaku negatif yang merupakan ekspresi penolakan seorang remaja.

Pergaulan bebas seorang remaja dapat dilakukan dengan beberapa hal yaitu kegagalan remaja menyerap norma-norma agama dan norma-norma pancasila, sikap mental yang tidak sehat, dan bisa jadi bentuk pelampiasan rasa kecewanya terhadap keluarga yang kurang harmonis dan masih banyak lagi.

Pergaulan seorang remaja sangatlah berpengaruh yang sangat besar terhadap bentuk kepribadian dirinya. Seorang remaja sangatlah rentan terpengaruh oleh pergaulan yang ada pada lingkungannya.

Remaja harus memiliki pemikiran yang cerdas agar dapat menghindari pergaulan bebas, karena seumuran remaja masih mudah goyah dan masih berusaha untuk mencari jati dirinya.

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas

ciri pergaulan bebas
From : CiriCara

Adapun ciri-ciri pergaulan bebas antara lain sebagai berikut ;

  • Mengamburkan harta hanya untuk memenuhi keinginan nafsu (sex) bebasnya.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.
  • Mengalami perubahan-perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi.
  • Kecanduan dalam pesta hura-hura dengan menggunakan obat-obat terlarang seperti ganja, putau, ekstasi, dan pil-pil setan lainnya.
  • Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat.
  • Menimbulkan perilaku yang tidak baik.
  • Memakai pakaian terbuka.
  • Mudah mengalami kegelisahan, tidak sabar, emosional, selalu ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam keinginan, selalu menunjukkan eksistensi dan kebanggaan diri serta selalu ingin mencoba banyak hal.
  • Sering mengalami tekanan mental dan emosi.
  • Menghalalkan segala cara termasuk dengan jalan yang salah, keji dan haram demi mendapatkan harta yang di inginkan.

Penyebab Pergaulan Bebas Remaja

penyebab pergaulan bebas

Kira-kira apa saja sih yang dapat mempengaruhi pergaulan bebas itu?

Nah, selain mempunyai ciri-ciri pergaulan bebas juga memiliki penyebab terjadinya pergaulan bebas. Penyebab tersebut antara lain adalah:

1. Rendahnya tarah pendidikan keluarga

Tarah pendidikan keluarga sangatlah berpengaruh terhadap pergaulan bebas. Contohnya seperti orang tua mengizinkan anaknya untuk berpacaran dan tanpa adanya pengontrolan, hal tersebut dapat berakibat yang sangat bahaya anak akan terjerumus dalam pergaulan bebas.

2. Keadaan Keluarga Yang Tidak Stabil (Broken Home)

Keluarga yang broken home sangat berpengaruh terhadap psikis anak. Anak akan cenderung mencari kesenangan di luar rumah dan melupakan apa yang dialaminya. Anak tersebut haus akan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya dan berdampak pada pergaulan bebas.

3. Orang Tua yang Kurang Memperhatikan

Orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya cenderung kurang memperhatikan aktivitas anaknya. Hal ini mengakibatkan anak bebas melakukan aktivitas apapun yang ia suka.

4. Lingkungan Sekitar Kurang Baik

Bukan hanya orang tua yang kurang memperhatikan tetapi, lingkungan juga merupakan faktor pergaulan bebas. Lingkungan yang kondusif berakibat pada terjerumusnya anak ke dalam pergaulan bebas.

5. Kurang Berhati-Hati Dalam Berteman

Teman juga merupakan faktor terbesar dalam proses pertumbuhan anak, ketika kita salah memilih teman maka kita juga akan terjerumus dalam pergaulan bebas.

Apabila kita berteman dengan orang yang suka berjudi, kita juga akan ikut berjudi. Apabila kita berteman dengan orang yang suka belajar, kita akan rajin belajar pula.

6. Keadaan Ekonomi Keluarga

Pergaulan seorang anak juga dapat terpengaruh dengan perekonomian orang tua. Ekonomi yang rendah ini akan membuat anak putus sekolah atau yang lebih parah tidak bersekolah. Kurangnya pembelajaran mengenai pergaulan bebas membuat anak tidak tahu mana yang baik dan mana yang buruk.

7. Kurangnya Kesadaran Remaja

Remaja kurang menyadari pergaulan bebas. Mereka belum mengetahui dampak dari pergaulan bebas.

8. Adanya Teknologi Informasi (Internet)

Teknologi yang semakin hari semakin canggih ini digunakan remaja untuk mencari style terkini dan hal-hal yang berbau negatif.

Contoh Pergaulan Bebas

Berdasarkan jenis-jenis pergaulan bebas antara lain yaitu :

  • Kriminalitas
  • Seks bebas
  • Narkoba
  • Alkohol (Minuman keras)
  • Kehidupan malam
  • Tawuran
  • Merokok

Dampak Pergaulan Bebas

dampak pergaulan bebas
from : sukabumikab.co.id

Adapun dampak-dampak pergaulan bebas antara lain sebagai berikut :

1. Ketergantungan Obat

Dimulai dari coba-coba yang berakhir menjadi ketagihan atau ketergantungan. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

2. Adanya Seks Bebas

Hal yang berujung pada kehamilan di luar nikah memang sudah menjamur kasusnya. Inilah bahaya yang timbul dari pergaulan bebas.

3. Kriminalitas Meningkat

Berusaha mendapatkan apa yang sangat diinginkan, seperti halnya sedang sakaw karena tidak mendapat barang dikarenakan materi yang tidak cukup. Hal ini dapat memicu terjadinya pencurian, perampokan, dan lain-lain.

4. Kesehatan Menurun

Terserang penyakit berupa HIV AIDS karena melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda. Hal ini tentu dapat merusak generasi bangsa.

5. Menurunnya Prestasi

Seseorang yang telah terjerumus ke dunia bebas maka akan cenderung malas untuk meraih prestasi.

6. Hubungan Keluarga yang Renggang

Dapat timbul karena broken home ataupun suatu hal yang menyebabkan anak tersebut kehilangan rasa hormat kepada orang tua yang menyebabkan renggangnya hubungan keluarga.

7. Berdosa

Perbuatan yang melanggar aturan dari sebuah agama tentu akan menimbulkan dosa.

Kalau Sudah Begitu Bagaimana Cara Mengatasinya?

cara mengatasi pergaulan bebas
pergaulanbebas.blogspot.com

Nah, berikut merupakan cara-cara untuk mengatasi pergaulan bebas yang banyak terjadi saat ini. Antara lain adalah:

1. Jujur Pada Diri Sendiri

Harus memikirkan secara sehat, sejatinya seorang mengerti baik buruknya suatu hal. Sehingga tidak menganiaya emosi dan diri mereka sendiri.

2. Memperbaiki Cara Pandang

Selalu berpikiran positif dan optimis. Tidak boleh memikirkan hal yang dapat membawa ke arah jalan yang salah.

Ketika mendidik anak untuk berusaha dan bisa menerima kenyataan walaupun tidak sesuai apa yang diinginkan sehingga ketika mendapatkan hasil yang mengecewakan kita dapat menanggapi dengan positif.

3. Memiliki Kegiatan yang Positif

Hal ini tentu dapat mengalihkan dari hal yang tidak bermanfaat atau cenderung merugikan, karena ketika kita sudah sibuk dengan hal-hal yang cenderung positif maka kita sudah tidak punya waktu untuk memikirkan perkara yang negatif.

4. Menjadi Pribadi yang Taat

Maksudnya adalah taat pada perintah Nya agar tidak sekali-kali mencoba hal yang bertentangan sesuai dengan syariat agama.

5. Berpikir Maju

Selalu berpikiran ke depan agar tidak mudah goyah dan terlena akan kesenangan sesaat yang dapat menjerumuskan kalian. Menyusun langkah-langkah untuk dapat menggapai masa depan dengan cita-cita yang kalian pikirkan agar tidak menjadi seorang yang hampa tanpa mempunyai harapan dan cita-cita.

6. Menjaga Keseimbangan Hidup

Dapat mengontrol pola pikir, emosi, waktu agar menjadikan di tiap hari-harinya lebih bermanfaat.

7. Sosialisasi

Memberikan pengarahan informasi kepada masyarakat sekitar tentang bahaya dari pergaulan bebas yang dapat merusak generasi bangsa agar masyarakat bisa mencegah dan waspada terhadap anak-anaknya.

8. Perbanyak Membaca

Semakin banyak membaca, maka secara langsung akan menambah ilmu. Hal ini menjadikan seseorang menjadi pemahaman yang lebih agar tidak mudah terjerumus ke dalam hal yang negatif.

9. Menjalin Komunikasi yang Baik

Menjalin komunikasi yang baik merupakan suatu langkah yang bagus untuk terhindar dari pergaulan yang merugikan. Berkomunikasi dengan baik agar hubungan dengan masyarakat menjadi baik.

Sehingga masyarakat bisa tahu akan akan diri kita dan masyarakat akan mengajak kepada hal yang positif dan tidak mengajak pada hal yang negatif karena lingkungan tidak akan mengganggu.

10. Mengurangi Menonton Acara yang Tidak Baik

Sangat sangat disarankan untuk mengurangi menonton acara yang mengandung unsur kekerasan maupun pornografi.

11. Menegakkan Aturan Hukum

Dengan menegakkan aturan hukum dapat memberikan efek jera terhadap pergaulan bebas dan sebagai benteng untuk menyelamatkan generasi muda anak bangsa indonesia.

Itulah penjelasan mengenai pengertian pergaulan bebas, ciri-ciri, penyebab terjadinya pergaulan bebas, contoh dan cara mengatasi pergaulan bebas diatas semoga bermanfaat.

Dengan itu diharapkan kepada orang tua, guru( pendidik), pemerintah mampu bekerja sama dalam mengurangi pergaulan bebas yang ada di Indonesia ini dan bisa menjadi anak-anak generasi muda yang bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: