pengertian seni

√Pengertian Seni, Fungsi, Tujuan, dan Macam-Macam Seni

Sebenarnya apa sih definisi seni itu? Pengertian seni merupakan suatu ekspresi yang didalamnya memiliki unsur keindahan dan juga dapat diungkapkan melalui suatu media yang memiliki sifat rata, baik itu didalam bentuk nada, rupa, gerak, dan juga syair, serta juga dapat dirasakan oleh panca indra manusia.

Ada pendapat lain yang mengartikan seni adalah semua hal yang diciptakan oleh manusia yang dapat mengandung unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain.

Yang pada intinya seni merupakan hasil aktivitas batin seseorang yang dinyatakan dalam bentuk karya yang dapat mempengaruhi perasaan manusia.

Pengertian seni jika menurut etimologi yang berasal dari kitab Sansekerta, yaitu seni merupakan pemujaan, persembahan, dan pelayanan.

Dengan artian seni sangat memiliki hubungan erat dengan upacara keagamaan yang disebut dengan “Kesenian”.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

seni menurut para ahli
From : Pixabay

Agar kita dapat memahami lebih jelas apa itu seni, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa para ahli tentang pengertian seni. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian seni menurut para ahli antara lain :

1. Ensiklopedi Indonesia

Devinisi seni yang dikemukakan oleh Ensiklopedia bahwa seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.

2. Padmapusphita

Seni berasal dari bahasa Belanda yaitu “genie”, bahasa Latinnya adalah “genius”, yang berarti kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.

3. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara memberikan pendapat bahwa devinisi seni merupakan hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya.

Maka dari itu, perbuatan manusia bisa mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.

4. Irma Damayanti, M.Sn

Menurutnya seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

5. Sartono Kartodirdjo

Pengertian seni menurut Sartono Kartodirjo merupakan sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

8. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni merupakan semua kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang dinyatakan dalam bentuk yang agung dan memiliki daya pembangkit rasa haru dan takjub.

9. Drs. Sudarmaji

Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls.

Ada yang mengatakan bahwa seni diartikan sebagai ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

10. Harry Sulastianto

Harry Sulastianto mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau suatu karya yang dapat menciptakan rasa keindahan sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

11. Ahdian Karta Miharja

Pengertian seni menurut Ahdian Karta Miharja merupakan segala bentuk aktivitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

12. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art

Menjelaskan seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni juga bisa dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.

13. Drs. Popo Iskandar

Drs. Popo Iskandar memberikan pendapat bahwa pengertian seni merupakan hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.

14. Chatrin Muler

Seni merupakam sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

15. Aristoteles

Menurut pendapat Aristoteles yaitu bahwa seni merupakan tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

16. Alexander Baum Garton

Seni ialah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia.

17. Immanuel Kant

Pengertian seni menurut Immanuel Kant merupakan bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam.

18. Leo Tolstoy

Leo Tolstory mengemukakan bahwa seni merupakan impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

19. Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya.

20. Erik Ariyanto

Seni menurut Erik Ariyanto merupakan aktivitas rohani yang di refleksikan kedalam bentuk karya, yang mampu membangkitkan perasaan senang dan bahagia orang lain yang melihat maupun mendengarnya.

21. Everyman Encyklopedia

Everyman Encyklopedia memberikan pendapat bahwa seni sebagai suatu hal yang dapat dilakukan seseorang, dan terjadi bukan karena dorongan kebutuhan pokoknya, akan tetapi karena kenikmatan maupun kebutuhan spiritualnya.

22. Schopenhauer

Menurutnya seni ialah segala bentuk usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan membahagiakan.

Baca Juga : Pengertian Westernisasi

Apa Saja Fungsi Seni Itu?

fungsi seni
From : Pixabay

Jika dilihat dari pengertian seni diatas tentunya kita juga harus mengetahui fungsinya seni dong, fungsi seni secara umum merupakan sebagai bentuk atau cara penyampaian ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungannya.

Nah, fungsi seni dapat dibedakan dalam dua kelompok yaitu fungsi seni individu dan juga fungsi seni sosial.

Mari kita simak berikut ini :

A. Fungsi Seni Bagi Individu

Seorang individu juga memiliki fungsi seni untuk memenuhi kebutuhan mereka. Adapun bentuk kebutuhannya yaitu sebagai berikut:

1. Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Manusia adalah mahluk yang mempunyai kecakapan dalam memberi apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda.

Dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut, para seniman mempunyai peranan penting dalam menciptakan berbagai benda-benda bernilai seni untuk pemuasan kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

2. Seni Sebagai Alat Pemenuhan kebutuhan Emosional

Emosi adalah perasaan di dalam diri manusia, baik itu perasaan senang, marah, sedih, haru, cinta, benci, dan lain-lain. Semua orang perlu meluapkan perasaan di dalam diri mereka agar kondisi kejiwaannya tetap normal.

Untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya. Seperti contoh, seseorang yang punya jiwa seni dan estetika akan mengungkapkan emosinya melalui musik atau lukisan.

Atau ketika seseorang merasa stress, maka ia membutuhkan waktu untuk rekreasi, nonton bioskop, atau hal lainnya untuk meredakan tekanan jiwa.

B. Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya interaksi sosial dengan orang lain dan lingkungannya.

Dalam hal tersebut sama seperti seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut.

1. Seni Sebagai Media Agama/ Kepercayaan

Seni juga memiliki peranan yang sangat penting dalam penyampaian pesan religi atau agama kepada manusia.

Hal tersebut dapat kita lihat dari pakaian/busana, upacara adat pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi dan masih banyak lagi.

Misalnya ; Fungsi agama dapat kita lihat pada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Relief yang ada pada dinding Candi tersebut merupakan ilustrasi kitab suci agama hindu dan budha.

2. Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni sendiri juga memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan. Pendidikan dapat di kategorikan menjadi 3 bagian antara lain sebagai berikut ;

  • Pendidikan formal yaitu pendidikan dilingkungan sekolah.
  • Pendidikan non formal yaitu pendidikan di lingkungan masyarakat.
  • pendidikan informal yaitu pendidikan di lingkungan keluarga.

Didalam seni, individu juga dapat belajar mengenai nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Contohnya :  Seorang siswa dapat belajar musik atau drama, yang mana dia dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang lain.

3. Seni Sebagai Media Informasi

Kita dapat menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan mudah menggunakan seni. Misalnya ; memasang poster di pinggir jalan tetapi poster yang bernilai seni (positif) yang mana didalamnya terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan juga penyampaian program pemerintah.

4. Seni Sebagai Media Hiburan

Sebagian besar yang ada kaitannya dengan hiburan biasanya mengandung unsur seni yang mana para pelaku seni dapat mengekspresikan dirinya secara aktif maupun pasif.

Seorang seniman dapat merasakan senang, marah, terharu, ketika karyanya di sukai bahkan tidak disukai oleh orang lain.

Dan begitu juga individu yang melihatnya, mendengar,merasakan sebuah karya seni. Manusia bisa merasakan terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop dan juga dalam menonton sebuah konser musik.

Macam-Macam Seni

macam seni
From : Pixabay

Menikmati seni dapat melalui berbagai media diantaranya yaitu (audio art), penglihatan ( visual art) dan kombinasi keduanya (audio visual art).

Secara umum, seni dapat dibedakan menjadi 4 kelompok antara lain yaitu :

1. Seni Musik

Seni musik merupakan karya seni yang unsur utamanya menggunakan bunyi. Selain itu, dalam musik juga terdapat unsur-unsur lain seperti harmonisasi, melodi, dan notasi. Bukan hanya itu, selain alat-alat musik juga ada suara musik yang juga berasal dar manusia sendiri seperti akapela dan beatbox.

2. Seni Rupa

Seni rupa merupakan karya seni yang dapat dinikmati melalui berbagai media penglihatan, atau visual art. Seni rupa fokus pada karya yang memiliki wujud atau rupa yang di ekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia dan masih banyak lagi.

3. Seni Tari

Seni tari merupakan bentuk seni keindahan yang memanfaatkan gerakan tubuh. Seseorang pengarah tari (koreografer)  biasanya menyampaikan sesuatu atau pesan dengan melalui gerakan tarian.

Pada umumnya seni tari biasanya digabungkan dengan seni musik. Dengan begitu maka konsentrasi dan konsistensi gerakan tari akan lebih menjadi sempurna dalam penyampaian pesan dan perasaan.

4. Seni Sastra

Seni sastra adalah bentuk seni yang dinikmatinya melalui media pendenganran dan penglihatan. Dengan seni sastra dalam kata-kata, seseorang dapat menyampaikan pesan atau kesan dengan cara yang indah. Seperti : Puisi (suara) dan kaligrafi ( tulisan).

5. Seni Teater

Seni teater merupakan seni yang memvisualisasikan imajinasi atau sebuah gambaran buah pikir seseorang. Biaasanya, hasil imajinasi tersebut berhubungan dengan perilaku makhluk hidup, baik secara individu maupun kelompok.

Beberapa kemampuan dasar dalam seni teater yaitu kemampuan menciptakan naskah, memahami karakter, dan mengekspresikan karakter dalam naskah.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian seni, fungsi seni, dan jenis-jenis seni secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: