pengertian sosiologi

Pengertian Sosiologi; Objek Sosiologi dan Fungsi Sosiologi [Mudah] di Pelajari

Pengertian sosiologi – Mungkin kalian semua sudah banyak yang mengerti tentang pengertian sosiologi, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian sosiologi berserta fungsi dan objek-objeknya. Yuk langsung saja simak dibawah ini.

Pengertian Sosiologi

pengertian sosiologi
from: hipwee..com

Apa yang dimaksud dengan sosiologi? Pengertian sosiologi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari mengenai manusia sebagai mahluk sosial dan interaksi antar manusia yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Ada juga yang mengatakan definisi sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat. Jadi, yang dipelajari dalam sosiologi adalah perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Asal Usul Istilah Sosiologi

Sosiologi berasal dari istilah bahasa Latin dan Yunani.

Asal katanya adalah socius dan logos.

Socius (bahasa Latin) berarti masyarakat.

Logos (bahasa Yunani) berarti kata atau berbicara, ilmu sosiologi berarti ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.

Secara etimologis, kata “sosiologi” berasal dari bahasa Latin, yaitu Socius yang artinya kawan, dan Logos yang artinya ilmu pengetahuan. Sehingga kita dapat mengartikan sosiologi itu sebagai ilmu yang membahas mengenai kehidupan manusia sebagai mahluk sosial.

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Artinya, setiap manusia di dalam suatu masyarakat memiliki peran masing-masing dan saling melengkapi.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

pengertian sosiologi
From: dosenpintar.com

1. Pitirim Sorokin

pengertian sosiologi menurut Pitirim Sorokin adalah  ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), dan hubungan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non sosial seperti gejala geografi, biologi dll.

2. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari  hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompoknya.

3. Max Weber

Menurut Max Weber, definisi sosiologi merupakan ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.  Webber lebih berfokus pada “tindakan sosial” yang mempertimbangkan perilaku orang lain. Seperti apa itu? Contohnya, kamu dengan sengaja membawa speaker ke tengah jalan.

Menyetel musik kencang-kencang, lalu berjoget untuk menarik perhatian orang lain. Hal itu yang disebut dengan “tindakan sosial” karena kamu dengan sengaja membuat orang lain merespon tindakan. Sebaliknya, jika kamu berada di jalan, lalu, ketika mendengar dentuman gendang dangdut, kamu refleks berjoget. Nah, itu bukan sebuah tindakan sosial karena tidak berorientasi pada perilaku orang lain.

4. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian sosiologi adalah ilmu yang memfokuskan atau mengutamakan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

5. Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton, pengertian sosiologi adalah ilmu yang lebih terpusat pada penelaahan di dalam kehidupan kelompok serta produk kehidupan dari kelompok tersebut.

6. Mayor Polak

Menurut Mayor Polak, pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat mencangkup secara keseluruhan, yakni hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal atau kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

7. Emile Durkheim

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial. Yaitu kenyataan yang berisikan tentang cara bertindak, berpikir, dan merasakan yang mengendalikan individu. Dari pengertian sosiologi yang di gagas Durkheim di bagian atas, kita bisa tahu bahwa sosiologi mempelajari tentang fakta-fakta sosial. Contohnya, hukum-hukum yang mengatur tingkah laku manusia.

8. Wright Milles

Wright mills berpendapat bahwa sosiologi merupakan studi mengenai masyarakat dan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, baik dilakukan dalam ukuran keluarga, ataupun tindakan yang dilakukan dalam ukuran pada lingkungan sosial yang dimilikinya

9. Auguste Comte

Comte berpendapat bahwa ilmu sosiologi di bagi menjadi dua, yaitu statika sosial dan dinamika sosial. Statika sosial adalah sosiologi yang mempelajari pola hubungan masyarakat yang bersifat statis (tetap). Misalnya, lembaga atau sistem hukum. Sedangkan dinamika sosial berarti sosiologi mempelajari perubahan sosial dalam masyarakat. Contohnya: globalisasi.

Baca juga: pengertian kearifan lokal

Pengertian Sosiologi dan Awal Mula Munculnya Ilmu Sosiologi

pengertian sosiologi
From: koperasi.com

Dalam kehidupan nyata, kita selalu melakukan interaksi dengan manusia lain. Apalagi di dalam lingkungan masyarakat, kita harus melakukan sosialisasi sebagai bentuk interaksi kita dengan orang lain. Dalam perkembangan manusia, Auguste Comte merupakan salah satu ilmuwan pertama yang menjadi penggagas lahirnya ilmu sosiologi atau biasanya di sebut bapak sosiologi.

Pengertian sosiologi menurut Auguste Comte adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari seluruh gejala sosial. Ada pun ilmuwan lain yang memberikan informasi pendapatnya tentang ilmu sosiologi. Seperti pendapat Pitirim A. Sorokin tentang, pengertian sosiologi adalah ilmu yang melihat semua interaksi manusia selama ia hidup sampai ia mati.

Dengan mengerti pengertian sosiologi kita jadi tahu tentang inti pokok yang akan dipelajari dalam ilmu sosiologi. Manfaat apa saja yang harus kita ketahui di ilmu sosiologi. Sebagai seorang pelajar, kita harus tahu tentang fungsi sosiologi bagi masyarakat.

Fungsi Sosiologi Bagi Masyarakat

pengertian sosiologi
From: Geotimes.com

Beberapa fungsi sosiologi bagi masyarakat ada di bawah ini.

Mengetahui Gejala Sosial 

Kita jadi tahu tentang apa saja yang terjadi di dalam masyarakat melalui sudut pandang ilmu sosiologi. Ada banyak gejala sosial yang kita anggap sepele, padahal hal tersebut merupakan hal yang penting dalam ilmu sosiologi.

Mengetahui Apa Itu Konflik Sosial

Salah satu fungsi ilmu sosiologi adalah kita jadi tahu tentang apa yang dimaksud dengan  permasalahan (konflik) sosial. Konflik sosial merupakan suatu contoh masalah yang akan dibahas dalam ilmu sosiologi. Dengan mengetahui tentang pengertian sosiologi, kita bisa mengetahui semua masalah sosial, konflik permasalahan sosial dan juga bagaimana cara mengatasi masalah sosial yang baik dan benar.

kan dibahas dalam ilmu sosiologi. Dengan mengetahui tentang pengertian sosiologi, kita bisa mengetahui semua masalah sosial, konflik permasalahan sosial dan juga bagaimana cara mengatasi masalah sosial yang baik dan benar.

Baca juga: Pengertian penyimpangan sosial

Objek Sosiologi: Masyarakat

pengertian sosiologi
From: Aksarabiru.com

Dalam masyarakat sebagai objek kajian, sosiologi memfokuskan studinya pada hal-hal berikut :

  • hubungan timbal balik antara manusia satu dan manusia lainnya
  • hubungan antara individu dan kelompok
  • hubungan antara kelompok yang satu dan kelompok lainnya dan
  • proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan

pengertian sosiologi
From: sosiologis.com
  • Sosiologi bersifat empiris. Sosiologi tidak spekulatif dan hanya menggunakan akal sehat.
  • Sosiologi bersifat teoretis. Sosiologi berusaha menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi.
  • Sosiologi bersifat kumulatif. Teori-teori sosiologi dibentuk berdasarkan memperbaiki teori-teori yang telah ada sebelumnya, memperluas, dan memperhalus teori-teori lama.
  • Sosiologi bersifat nonetis. Sosiologi tidak mencari baik buruk suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis.

Itulah sebabnya para sosiolog tidak bertugas untuk mengomentari dan menilai baik buruknya tingkah laku sosial suatu masyarakat.

A. Fungsi Sosiologi Dalam Perencanaan Sosial

  • Perencanaan sosial merupakan kegiatan untuk mempersiapkan masa depan individu di masyarakat
  • Tujuan: mengatasi kemungkinan munculnya masalah-masalah saat terjadinya perubahan
  • Sifat perencanaan sosial yaitu antisipatif, maksudnya: bersifat mencegah, mempersiapkan untuk sesuatu yang mungkin terjadi.

Syarat Perencanaan sosial yang efektif:

1. Terbentuknya unsur modern dalam masyarakat yang mencakup suatu sistem ekonomi

2. Adanya sistem pengumpulan keterangan dan analisis yang baik

3. Adanya sikap baik terhadap usaha-usaha perencana-an sosial

4. Adanya pimpinan ekonomis dan politik yang progresif

Fungsi Sosiologi dalam Perencanaan Sosial:

1.Perencanaan sosial merupakan alat untuk mengetahui perubahan yang terjadi di masyarakat

2.Perencanaan disusun atas dasar kenyataan yang faktual

3.Perencanaan sosial berguna untuk mengantisipasi berbagai masalah yang timbul di masyarakat

4.Perencanaan sosial sebagai alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat, sehingga dapat meng- himpun kekuatan sosial di masyarakat

5.Sosiologi memahami perkembangan masyarakat , baik desa maupun kota, sehingga proses penyusunan perencanaan sosial dapat dilakukan.

B. Fungsi Sosiologi Dalam Penelitian

  • Penelitian: suatu usaha untuk meningkatkan ilmu
  • Dalam sosiologi, penelitian berguna untuk memberikan gambaran atau mengamati mengenai kehidupan masyarakat.
  • Kegiatan penelitian dalam sosiologi, biasanya membahas berbagai gejala yang ada di masyarakat.
  • Dengan penelitian, akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik.

Dari data yang dihasilkan dari penelitian sosiologis, pengambil keputusan dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah sosial, seperti cara untuk mencegah kenakalan remaja dan mengatasi masalah pengangguran, maupun meningkatkan rasa solidaritas antar warga yang semakin memudar.

Fungsi Sosiologi dalam penelitian sosial:

1.Sebagai pertimbangan berbagai gejala sosial yang timbul dalam kehidupan masyarakat

2.Untuk memahami pola tingkah laku manusia di masyarakat

3.Untuk bersikap hati-hati dan selalu berpikir rasional

4.Untuk dapat melihat perubahan tingkah laku anggota masyarakat

5.Untuk dapat memahami simbol, kode, dan berbagai istilah yang menjadi obyek penelitian.

Jenis-jenis penelitian dalam sosiologi

1. Penelitian Murni

Memiliki tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan secara teoritis

Kelebihan: dapat dijadikan sebagai dasar kebijakan dalam memecahkan masalah

Kelemahan: penelitian ini membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang banyak

2. Penelitian yang Terpusat Pada Masalah

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena sosial, perlu melakukan penelitian untuk memahami fenomena tersebut.

Penelitian sosial yang dilakukan dapat memberi solusi untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam perkembangan teori.

3. Penelitian Terapan

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat

Penelitian ini membutuhkan waktu lama, bersifat praktis, dan dapat digunakan dalam jangka waktu pendek.

C. Fungsi Sosiologi Dalam Pembangunan

pengertian sosiologi
From: radarjombang.com

Pembangunan adalah perubahan yang dilakukan dengan terencana dan terarah.

Tujuan pembangunan adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik secara spiritual maupun material.

Dalam pembangunan, Sosiologi berfungsi untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembangunan.

Tahap-tahap dalam Pembangunan:

1. Tahap Perencanaan

Untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, sehingga memerlukan data-data yang relatif lengkap, yang meliputi:

a. Pola interaksi sosial

Interaksi sosial: hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain, antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok lain.

b. Kelompok sosial

Kelompok sosial: merupakan kesatuan orang-orang yang saling berinteraksi dan memiliki kesadaran dalam satu ikatan.

c. Lembaga sosial

Lembaga sosial: kumpulan- kumpulan norma yang berfungsi untuk melaksanakan aktivitas masyarakat, dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat khusus. Ada 5 lembaga sosial utama dalam masyarakat:

  • Lembaga keluarga
  • Lembaga pendidikan
  • Lembaga ekonomi
  • Lembaga politik
  • Lembaga agama

Fungsi lembaga sosial adalah :

  • Menjaga keutuhan masyarakat
  • Menjadi pedoman sistem pengendalian sosial
  • Menjadi pedoman dalam bertingkah laku untuk menghadapi masalah sosial

Demikian pengertian sosiologi secara umum dan menurut para ahli serta fungsi-fungsi sosiologi. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kalian.

Terimakasih.

2 komentar untuk “Pengertian Sosiologi; Objek Sosiologi dan Fungsi Sosiologi [Mudah] di Pelajari”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: