pengertian stratifikasi sosial

Pengertian Stratifikasi Sosial : Bentuk, Macam, dan Dasarnya [Lengkap]

Pengertian stratifikasi sosial – Kalau kita membahas mengenai sosiologi tentunya saja tidak akan lepas dengan masyarakat, yang didalamnya terdapat strafikasi dan deferensi sosial. Secara garis besar masyarakat merupakan merupakan suatu kelompok individu yang mempunyai hubungan, kepentingan bersama, dan memiliki budaya.

PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL

 stratifikasi sosial menurut para ahli
From ; YukSinau.id

Apasih yang dimaksud dengan stratifikasi sosial itu?

Kata stratifikasi berasal dari bahasa latin yaitu stratum dan socius, stratum yang memiliki arti tingkatan sedangkan socium memiliki arti teman atau masyarakat.

Dari situlah stratifikasi diartikan sebagai tingkatan-tingkatan yang ada di dalam masyarakat.

PENGERTIAN STRATIFIKASI SOSIAL MENURUT PARA AHLI

Agar kita dapat memahami lebih lanjut mengenai pengertian stratifikasi sosial, mari kita lihat beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut ini:

1. Secara Umum

Stratifikasi sosial merupakan kiasan yang berasal dari gamabaran kondisi yang ada dalam keadaan kehidupan masyarakat.

2. Menurut Robert M. Z. Lawang

Stratifikasi sosial merupakan suatu kelompok orang-orang yang termasuk ke dalam sebuah sistem sosial tertentu pada lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, privilege dan juga prestise.

3. Menurut Max weber

Stratifikasi sosial yakni pengelompokan orang-orang yang termasuk ke dalam suatu sistem sosial tertent dalam beberapa lapisan secara hirarkis yang sesuai dengan dimensi kekuasaan, privilese dan juga prestise.

 4. Wiki Pedia

Stratifikasi sosial ialah pembedaan atau pengelompokan atau penggolongan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).

5. Menurut darton dan hunt

 Stratifikasi sosial merupakan suatu  sistem perbedaan status yang berlaku atau hidup dalam lingkungan masyarakat.

 6. Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian stratifikasi sosial adalah suatu perbedaan masyarakat atau penduduk ke dalam berbagai kelas secara bertingkat.

 7. Menurut Astrid S. Susanto

Stratifikasi sosial ialah hasil dari kebiasaan interaksi antar manusia secara teratur serta tersusun sehingga setiap saat seseroang memiliki situasi yang menentukan hubungannya dengan orang lain secara vertikal ataupun horizontal dalam masyarakat.

 8. Menurut Bruce J. Cohen

Pengertian stratifikasi sosial menurut Bruce J. Cohen yaitu sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang ia miliki serta memposisikan mereka dalam kelas sosial yang sesuai.

 9. Menurut Pitirim A. Sorokin

Stratifikasi sosial ialah pembedaan penduduk atau masyarakat pada berbagai kelas secara bertingkat “hierarkis”.

 10. P.J. Bouman

Stratifikasi sosial merupakan golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hal istimewa yang tertentu dan sebab itu akan menuntut rasa gengsi kemasyarakatan.

 11. Menurut Paul B. Harton dan Chester L. Hunt

Pengertian stratifikasi sosial menurut Paul B. Horton dan L. Hunt  yakni sistem perbedaan status yang berlaku atau hidup di dalam suatu masyarakat.

 12. Menurut Leibo

Stratifikasi sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial dalam masyarakat, yang berhubungan dengan orang-orang lain dalam kelompok tersebut atau masyarakat.

 13. menurut Wulansari

Menurut pendapat Wulansari pengertian stratifikasi sosial adalah suatu perbedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat (secara hirarkis). Perwujudannya adalah kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah.

 14. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Stratifikasi sosial merupakan pembedaan penduduk berupa kelas-kelas secara bertingkat atas dasar kekuasaan, hak-hak istimewa dan prestise.

MACAM-MACAM STRATIFIKASI SOSIAL

jenis stratifikasi
From : SlideShare

Stratifikasi sosial menurut sifatnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Staratifikasi sosial tertutup atau pelapisan sosial tertutup

Stratifikasi sosial bersifat tetap yaitu tidak dapat berpindah ke tingkatan yang lebih atas ataupun ketingkatan yang paling rendah. Melahirkan merupakan cara satu-satunya untuk bisa berada didalam posisi tersebut.

2. Stratifikasi sosial terbuka atau pelapisan terbuka.

Stratifikasi terbuka yaitu seseorang dapat masuk dalam kelas sosial tersebut yang diinginkan ataupun keluar setelah mencapai tingkatan sosial yang lebih tinggi.

Seseorang yang tidak sanggup melaksanakan kewajiban yang sesuai dengan kelas sosialnya akan dikeluarkan.

Stratifikasi sosial berdasarkan cara memperolehnya dapat dibagi menjadi 2 antara lain :

  1. Stratifikasi dalam pendidikan.
  2. Stratifikasi dalam bidang ekonomi.
  3. Stratifikasi dalam bidang pekerjaan.
  4. Stratifikasi berdasarkan jenis kelamin.
  5. Stratifikasi yang diperoleh secara alami.
  6. Stratifikasi berdasarkan perbedaan usia.
  7. Stratifikasi sosial berdasarkan senioritas.
  8. Stratifikasi berdasarkan sistem kekerabatan.
  9. Stratifikasi berdasarkan keanggotaan dan kelompok sosial tertentu.

Stratifikasi menurut gagasan yang disampaikan oleh Soerjono Soekanto, memiliki 3 sifat dari stratifikasi sosial :

1. Stratifikasi sosial tertutup

Mobilitas seorang individu guna dapat melaju dari suatu lapisan sosial tertentu ke dalam lapisan sosial lainnya yang sangat terbatas.

Stratifikasi sosial tertutup biasanya terjadi dalam lingkungan masyarakat yang menetapkan sistem kasta maupun feodal. Akibat adanya hal tersebut maka kemajuan dalam perilaku juga sangat lambat.

2. Stratifikasi sosial terbuka

Stratifikasi sosial terbuka atau biasa juga disebut dengan Opened Social Stratification akan memungkinkan tiap individu dari segala lapisan dapat melakukan mobilitas sosial, baik itu dalam mobilitas sosial naik ataupun mobilitas sosial turun.

Stratifikasi sosial terbuka pada umumnya terjadi dalam lingkungan masyarakat yang modern serta mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi.

3. Stratifikasi sosial campuran

Stratifikasi sosial campuran merupakan gabungan antara stratifikasi sosial terbuka dan stratifikasi tertutup.

Sebagai contoh seorang masyarakat bisa bermutasi untuk bekerja sebagai pimpinan dan tidak memungkinkan untuk menjadi bangsawan atau tokoh dalam masyarakat.

Stratifikasi sosial campuran pada umumnya terjadi dalam lingkungan masyarakat yang memiliki susunan yang heterogen.

Baca juga ; Pengertian kriminalitas

BENTUK-BENTUK STRATIFIKASI SOSIAL

bentuk stratifikasi sosial
From ; YUkSinau.id

Adapun bentuk-bentuk stratifikasi sosial antara lain sebagai berikut:

1. Sistem Kasta

Kasta merupakan golongan atau tingkatan suatu manusia dalam masyarakat yang beragama hindu, ada 5 tingkatan di antaranya adalah :

  • Brahmana : Golongan pendeta dalam masyarakat Hindu.
  • Kasatria : Golongan bangsawan dan prajurit dalam masyarakat Hindu.
  • Paria : Golongan rakyat jembel (yang hina-hina) dalam masyarakat Hindu.
  • Sudra : Golongan rakyat biasa dalam masyarakat Hindu.
  • Waisya : Golongan rakyat pedagang, petani, dan tukang dalam masyarakat Hindu.

2. Sistem Kelas Sosial

Sistem kelas sosial merujuk pada perbedaan hierarkis antara insa atau kelompok manusia dalam masyarakat atau budaya. Status dalam sistem kelas ini dapat diperoleh dengan memanfaatkan kepandaian seseorang.

3. Sistem Foedal

Sistem ini merupakan sistem pendelegasian kekuasaan sosiopolitik yang dijalankan oleh kalangan bangsawan guna mengendalikan berbagai wilayah yang diklaimnya dengan menggunakan kerja sama dengan pemimpin-pemimpin lokasi sebagai mitra.

Sistem stratifikasi dibedakan menjadi 4 tingkatan dalam sebuah masyarakat yang disebut dengan estate. Seluruh penduduk bersumpah akan mengabdi kepada raja.

4. Sistem Apartheid

Sistem apartheid adalah pemisahan antara kaum yang berkulit putih dan hitam. Sistem ini pernah diterapkan si Afrika Selatan, latar belakang adanya sistem apartheid ini didasarkan dengan 3 kelompok rs besar antara lain : kulit putih, hitam, dan kulit warna.

CARA MEMPEROLEH STATUS SOSIAL

  1. Tidak melakukan usaha atau otomatis sejak lahir (ascribed status) pada masyarakat dengan sistem lapisan tertutup.
  2. Dengan cara berusaha atau diraih achieved status pada masyarakat dengan sistem lapisan terbuka.
  3. Dengan cara kombinasi nyata diraih dan otomatis  assihned status karena adanya pemberian penghargaan atau gelar atas perjuangan.

Peranan Sosial

Peranan sosial adalah perangkat hubungan seseorang karena menduduki status tersebut.

Kelas Sosial

Kelas sosial merupakan suatu penggolongan kelompok sosial yang didasari oleh sesuatu yang dihargai serta diikuti hak dan kewajibannya dalam masyarakat.

Kelas sosial dibagi atas kelas sosial tinggi upper class, kelas sosial menengah  middle class, dan kelas sosial rendah lower class

Aristoteles: membagi penduduk ke dalam 3 golongan yaitu golongan sangat kaya golongan menengah dan golongan sangat miskin.

Sedangkan menurut Karl Marx : kelas sosial utama dalam stratifikasi sosial terdiri atas golongan proletariat golongan menengah borjuis rendah dan golongan kapitalis borjuis.

Dasar Stratifikasi dalam Masyarakat

Dasar stratifikasi sosial
From : SlideShare

Pada umumnya, terdapat beberapa dasar yang biasa dipakai dalam menggolongkan beberapa anggota di dalam masyarakat ke dalam suatu lapisan tertentu.

Beberapa dasar tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dasar kekayaan.

Siapa saja yang mempunyai kekayaan paling banyak, maka orang tersebut akan masuk ke dalam tingkatan atas.

Kekayaan tersebut,contoh dapat kita lihat pada bentuk rumah, kendaraan yang dimiliki, cara dalam mengenakan pakaian sekaligus bahan pakaiannya, kebiasaan dalam berbelanja barang yang mahal dan yang lainnya.

2. Dasar kekuasaan dan kewenangan.

Siapa saja yang mempunyai kekuasaan atau yang memiliki wewenang terbesar, akan masuk ke dalam lapisan atas.

3. Dasar kehormatan.

Ukuran kehormatan mungkin saja terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan ataupun kekuasaan. Disini seorang individu yang paling disegani dan juga dihormati akan menempati posisi teratas.

Ukuran yang seperti ini, masih banyak kita jumpai dalam masyarakat yang masih menjunjung sistem tradisional. Biasanya mereka merupakan golongan tua atau mereka yang pernah berjasa pada masa lampau atau dalam kesehariannya.

4. Dasar ukuran ilmu pengetahuan.

Ukuran ilmu pengetahuan digunakan oleh masyarakat yang menghargai akan ilmu pengetahuan tersebut. Namun, ukuran tersebut seringkali menyebabkan munculnya hal yang berakibat negatif.

Sebab, ternyata bahwa bukanlah mutu ilmu pengetahuan yang menjadi ukuran, namun gelar dari kesarjanaannya. Telah tentu hal demikian akan memacu segala macam usaha guna memperoleh gelar, meski cara dalam mencapai gelar tersebut tidak halal.

Dalam suatu masyarakat stratifikasi sosial disebabkan oleh adanya sesuatu yang berharga yaitu sebagai berikut:

  • umur.
  • pekerjaan.
  • keturunan.
  • pendidikan.
  • kekuasaan.
  • Fisik dan jenis kelamin.
  • Kekayaan dan penghasilan.
  • Kemampuan atau kepandaian.

Proses Pendorong Terciptanya Stratifikasi Sosial

pendorong terjadinya stratifikasi sosial
From : Prezi
  • Terjadi secara otomatis karena ada faktor-faktor yang dibawa individu sejak lahir. Misalnya kepandaian, usia, jenis kelamin, keturunan, dan sifat keaslian keanggotaan seseorang dalam masyarakat.
  • Terjadi secara di sengaja sebagai tujuan bersama yang dilakukan dalam pembagian kekuasaan dan wewenang yang resmi dalam organisasi organisasi formal, seperti pemerintah, partai politikum perusahaan, perkumpulan dan angkatan bersenjata.

Menurut Huky, pendorong terciptanya stratifikasi sosial sebagai berikut:

  1. Perbedaan ras, budaya, dan ciri-ciri biologis seperti warna kulit dan latar belakang etnis
  2. Pembagian tugas yang terspesialisasi yang berhubungan dengan fungsi kekuasaan dan status dalam stratifikasi sosial.
  3. Kelangkaan yaitu stratifikasi lambat laun terjadi karena alokasi hak dan kekuasaan yang jarang atau langka.

 

Demikian pengertian stratifikasi sosial, macam-macam stratifikasi, bentuk stratifikasi dan masih banyak lagi diatas semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kalian semua. Terimakasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: