penyebab pemanasan global

Kalian Harus Tau! Penyebab Terjadinya Pemanasan Global, Dampak dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pemanasan global- Penyebab terjadinya pemanasan global sebenarnya dikarenakan oleh ulah tangan manusia sendiri dengan adanya pertumbuhan teknologi dan dan industri serta dengan bertambahnya populasi penduduk yang semakin banyak.

Sebelum kita membahas tentang penyebab pemanasan global, Apa sih yang dimaksud dengan pemanasan global itu?

Pemanasan global sangatlah berkaitan dengan pencemaran lingkungan lebih utamanya ke pencemaran udara yang ada diseluruh dunia ini.

Pemanasan global merupakan suatu proses peningkatan suhu rata-rata yang ada di bumi baik dalam lapisan atmosfer, daratan, dan lautan.

Faktor Penyebab Terjadinya Pemanasan Global

Faktor penyebab pemanasan global
from : pixabay

Pernahkah kalian tau apa saja yang menjadi penyebab pemanasan global? Pemanasan global atau yang sering disebut dengan global warming merupakan pancaran sinar matahari yang cahayanya sampai menembus ke lapisan atmosfer.

Sehingga  pancaran itu dapat menyebabkan sebuah radiasi yang gelombang nya akan gelombang nya di serap oleh gas rumah kaca sehingga menyebabkan sebuah gelombang yang terperangkap ke dalam sebuah atmosfer bumi.

Lalu yang menyebabkan pemanasan global itu apa saja?

Berikut merupakan penyebab pemanasan global antara lain :

1. Meningkatkan Gas Karbon Monoksida dari Kendaraan Bermotor

Penyebab terjadinya pemanasan global yang disebabkan karena aktivitas manusia itu sendiri, semakin banyak dan padatnya penduduk yang ada diseluruh dunia  ini dan populasi manusia akan terus bertambah maka jumlah jumlah kendaraan bermotor pun juga akan selalu bertambah.

Gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor adalah karbon monoksida yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia dan gas monoksida juga menyebabkan efek rumah kaca dan itu juga termasuk penyebab pemanasan global.

2. Efek Rumah Kaca

Penyebab efek rumah kaca salah satunya adalah diakibatkan karena efek panas yang dipantulkan ke permukaan bumi yang terperangkap oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer.

Sehingga akan mengalami pemberhentian dan tidak dapat diteruskan kembali keluar angkasa dan berakibat akan panas cahaya matahari tersebut akan di pantulkan di permukaan bumi.

Efek juga dapat memberikan manfaat bagi bumi dan juga makhluk hidup yang ada di bumi. Namun, jika pemanasan global sangat berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kehidupan makhluk di sekitar lingkungan hidup yang ada di bumi.

Gedung bertingkat dan rumah yang mempunyai konsep kaca juga tidak dapat menyerap panasnya matahari sehingga cahaya akan memantulkan cahaya matahari ke atmosfer.

Panas tersebut akan tertahan di atmosfer oleh polusi udara dari karbon dioksida, metana, sulfur dioksida, dan juga uap air.

Sehingga panas yang diserap tersebut akan kembali ke permukaan bumi dan tersimpan. Proses ini akan terjadi dalam jangka waktu yang lama dan akan mengakibatkan suhu rata-rata di permukaan bumi akan terus meningkat.

3. Gas Buang Dari Industri

Gas buang dari industri akan mengakibatkan efek rumah kaca yang dapat berpengaruh juga dengan kehidupan makhluk hidup karena dapat menyebabkan pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik yang sangat berlebihan.

Karena asap pabrik akan mengeluarkan gas yang berbahaya seperti gas karbondioksida, karbon monoksida, gas metana, dan yang lainnya.

4. Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol

Cloro Four Carbon(CFC) adalah mesin yang dapat ditangani, CFC merupakan bahan kimia yang dicampurkan menjadi sebuah bahan yang digunakan untuk memproduksi peralatan rumah tangga.

Dan bahan itu biasanya terdapat pada kulkas ataupun AC  yang akan menimbulkan pemanasan global.

5. Luas Hutan yang Semakin Menurun

Luas hutan yang sekarang semakin menyempit juga dapat menyebabkan pemanasan global, Karena adanya pembakaran hutan yang sering secara liar akan membuat lahan hutan semakin berkurang.

Karena hutan yang berperan penting sekali untuk makhluk hidup dan hutan merupakan paru-paru dunia.

Efek hutan yang semakin berkurang adalah cuaca akan semakin memburuk dan tidak ada yang membantu karbondioksida menjadi oksigen. Oleh karena itu, pernafasan pun akan menjadi terganggu karena cuaca yang kekurangan oksigen sehingga akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara.

6. Polusi Kendaraan dari Bahan Bakar Bensin

Faktor penyebab pemanasan global

Kendaraan yang ada di seluruh dunia ini juga dapat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pemanasan global ini, karena kendaraan  yang menggunakan bahan bakar minyak seperti mobil, motor dan kendaraan yang lainnya hasil pembuangannya akan menghasilkan gas karbondioksida.

Nah, karbondioksida ini sangatlah berpengaruh besar terhadap pemanasan global ini sangat mempunyai pengaruh untuk kesehatan karena banyak nya polusi yang tercemar dilingkungan apalagi pada penduduk yang mayoritas tinggal dipinggir jalan.

7. Boros Dalam Pemakaian Listrik

Boros pemakaian listrik juga menjadi penyebab dari pemanasan global. Karena adanya penggunaan listrik yang sering akan menyebabkan penguapan pada listrik.

Seharusnya supaya memakai listrik secara efisien sesuai dengan kebutuhan saja sehingga tidak menimbulkan pemanasan global, walaupun tidak terlalu memiliki pengaruh namun juga dapat menambah gas karbondioksida sehingga cepat terjadinya pemanasan global.

Tidak heran jika disepanjang jalan pernah kita lihat banyak sekali orang yang kampanye ataupun di tv yang menghimbau untuk menghemat listrik. Karena jika kita terus-terusan menggunakan listrik yang berlebihan akan merusak lingkungan sekitar ataupun merugikan diri kita sendiri dan bisa membuat lingkungan kita tercemar.

8. Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan

Gas metana yaitu gas yang menyebabkan pemanasan global, karena gas metana sangatlah berpengaruh dalam pemanasan global dan pemanasan global adalah gas yang merupakan urutan kedua penyebab utama terjadinya pemanasan global.

Gas metana adalah gas yang disebabkan karena bahan-bahan organik yang kekurangan dari hasil pemecahan bakteri pada pertanian, perkebunan, dan juga peternakan.

Contohnya adalah semakin banyak produksi hewan ternak maka akan semakin banyak maka gas metana akan semakin meningkat yang akan dilepaskan dipermukaan bumi.

9. Konsep Rumah Modern

Konsep rumah yang modern juga dapat mengakibatkan pemanasan global. Karena adanya perkembangan dunia semakin berkembang, maka manusia lebih memilih mendesain rumahnya dengan banyak terdiri dari kaca.

Hal ini sangatlah berparuh karena cahaya matahari yang tidak dapat masuk ke dalam dan cahaya yang memantul ke cahaya akan menimbulkan efek rumah kaca, karena cahaya yang akan mengenai bangunan tidak akan bisa menyerap cahaya dan cahaya juga akan dipantulkan lagi ke udara yang akan memberi pengaruh lebih cepat terjadinya pemanasan global.

10. Pengrusakan Hutan

Pengrusakan hutan akan menjadi penyebabkan terjadinya pemanasan global juga. Karena hutan memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida dan akan menghasilkan oksigen. Jika penebangan hutan semakin banyak maka karbon yang berkumpul di atmosfer dapat menyebabkan pemanasan global.

Reboisasi atau penanaman pohon dan penghijauan hutan sangatlah dibutuhkan karena agar pohon-pohon yang ada di sekeliling hutan dapat tumbuh subur dan lebih cepat, sehingga dapat mengurangi pemanasan global karena banyak nya pohon yang akan membantu menyerap gas karbondioksida dan akan menghasilkan oksigen.

11. Pencurian Hasil Hutan yang Merajalela

Pencurian hutan yang merajalela akan sangat mempengaruhi terhadap pemanasan global. Karena manusia tidak bertanggung jawab dan tidak bisa memanfaatkan hutan dengan baik, tetapi malah menggunakan lahan yang sembarangan, menebang pohon secara liar, dan penggundulan hutan.

Hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap pemanasan global, karena semakin sering adanya pencurian hutan maka lingkungan sekitar akan semakin tercemar yang akan menimbulkan dampak kerusakan hutan dan kerusakan pada pernafasan.

Oleh karena itu, di indonesia ada yang namanya hutan lindung dengan pengawasan oleh pemerintah sehingga hutan lindung akan terjaga kelestariannya.

12. Pembakaran Sampah Secara Berlebihan

Pembakaran sampah secara berlebihan setiap hari dapat juga menjadikan terjadinya pemanasan global. Pembakaran sampah yang terkadang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan sampah yang sudah dibakar ditinggalkan begitu saja.

Semua itu akan menyebabkan oksigen kita terhambat karena gas metana telah menangkap karbondioksida dan oksigen pun akan sulit dihasilkan.

13. Kekurangan pepohonan

Sedikitnya pepohonan akan menjadikan faktor terjadinya pemanasan global juga, karena pepohonan juga dapat membantu untuk mengatasi suhu panas dan menghirup karbondioksida yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. Jadi kita harus menanam pepohonan yang banyak agar dapat membantu kenyamanan lingkungan kita.

Manfaat pohon sangatlah bagi lingkungan kita, karena pohon bisa membuat lingkungan menjadi sejuk, mengurangi polusi, dan jauh dari pencemaran udara.

14. Polusi udara dari industri pabrik

Di Indonesia memang lebih banyak industri pabrik di bandingan bisnis usaha yang dijalani masing-masing orang. Padahal semakin banyak industri pabrik yang berkembang maka akan menyebabkan banyak kerugian asap yang yang dihasilkan dari pabrik industri tersebut.

Sehingga akan mengakibatkan polusi udara yang akan membuat lingkungan menjadi tercemar dan akan semakin banyak terjadinya pemanasan global pada bumi.

Dampak Pemanasan Global

Dampak pemanasan global
from : pixabay

 

Dampak pemanasan global atau global warming adalah terjadinya peningkatan suhu rata-rata yang ada di bumi. Tetapi, ada banyak dampak yang terjadi akibat pemanasan global, diantaranya yaitu :

1. Perubahan Iklim dan Cuaca

Pemanasan Global dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suatu iklim dan cuaca di berbagai penjuru dunia. Hal ini dikarenakan kondisi atmosfir yang berubah di berbagai lokasi akibat pemanasan global tersebut.

2. Hujan Asam

Asap hasil pembakaran batu bara dan minyak akan menghasilkan suatu emisi SO dan nitrogen oksida. Ketika kedua gas tersebut bereaksi di udara maka akan menghasilkan asam nitrat, asam sulfat. Inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya hujan asam.

Nah, hujan asam ini juga dapat mengakibatkan kerusakan seperti benda-benda logam, merusak tanaman, mengakibatkan kesulitan bernafas, dan lain sebagainya.

3. Es Kutub Utara dan Selatan Mencair

Sebagian besar daerah kutub utara dan selatan akan tertutup oleh es yang dapat memantulkan cahaya matahari. Global warming akan menjadikan es  yang berada di kutub utara dan selatan mencair.

Jika es di kutub utara dan selatan terus mencair maka panas matahari akan semakin banyak terserap dan menimbulkan panas. Selain itu, semakin cepatnya es mencair akan mengakibatkan berbagai binatang di kutub utara dan selatan kehilangan habitatnya.

4. Permukaan Laut Naik

Suatu permukaan air laut akan semakin tinggi secara perlahan-lahan itu, disebabkan karena adanya pencairan es yang berasal dari kutub utara dan kutub selatan tadi

Kalau sudah begitu, Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab Terjadinya Pemanasan Global itu?

cara mengatasi pemanasan global
from : pixabay

 

Pemanasan global bisa diatasi oleh tindakan yang nyata oleh semua umat manusia yang ada di berbagai penjuru dunia. Eksploitasi alam juga harus dikendalikan dengan baik.

Berikut ini adalah upaya-upaya yang sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi pemanasan global yaitu :

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor sudah sangat membantu untuk manusia saat ini sebagai alat transportasi. Tetapi, kita juga sering lupa bahwa asap kendaraan bermotor dapat menyumbang CO2 yang mengakibatkan pemanasan global

Untuk mencegah global warming, kita dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggunakan angkutan umum. Maka, polusi udara akan menjadi berkurang dan dapat membantu mengatasi global warming.

2. Menjaga Kelestarian Alam

Eksploitasi hasil alam yang berlebihan lebih banyak merugikan ketimbang menguntungkan untuk jangka panjang. Penebangan dan pembakaran hutan untuk membuka lahan sudah seharusnya dikendalikan atau dihentikan.

Menanam kembali pohon di lahan yang dibakar/ ditebang merupakan langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk mengatasi pemanasan global.

3. Mengontrol Pemakaian Listrik

Mengurangi pemakaian listrik yang berlebihan untuk membantu mengatasi pemanasan global, dengan mengontrol pemakaian listrik maka kita akan lebih hemat energi dan hemat biaya.

4. Mengendalikan Limbah

Limbah dapat mengeluarkan gas berbahaya ke udara. Gas yang membahayakan ini selain menimbulkan bau busuk, juga akan menyebabkan efek rumah kaca yang menyebabkan panas matahari terperangkap di permukaan bumi.

Dengan mengendalikan limbah, baik limbah rumah tangga maupun limbah industri, maka hal ini dapat membantu mengatasi global warming.

“Semua ada di tangan kita sendiri, jangan sampai kebodohan merusak bumi ini”

Demikian penjelasan ringkas tentang pengaruh pemanasan global, dampak,dan cara sederhana untuk mengatasi pemanasan global. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: