Wisata Religi Wali Lima

 

apa sih wali itu? tentunya bukan wali murid ya gays. wali adalah orang yang beriman dan bertaqwa tetapi ia bukan nabi. wali alloh mempunyai perbedaan dalam tingkat keimanan, ketakwaannya serta kedekatannya kepada alloh.

pernahkah kalian ke wali lima? tentu sudah tidak asing lagi kan dengan wisata religi wali lima.

disini saya akan bercerita tentang pengalaman saya ketika ziaroh ke wali lima.

saya mulai mengenal yang namanya ziaroh wali itu ketika saya masuk di pondok pesantren kelas tujuh Madrasah Tsanawiyah. ya saya bersyukur bisa mengikuti ziaroh wali walaupun hanya ke wali lima.

 

Persiapan Untuk Ziaroh Wali Lima

saya dan teman-teman saya ketika mau ziaroh rempong sekali, namanya juga pertama kali ikut ziaroh.maklumlah ya, kita semua pulang sekolah mampir ke pasar untuk membeli baju dan sendal baru untuk di pakai ketika ziaroh.

setelah kita muter-muter mencari baju kita pindah ke toko lain untuk membeli makanan,minuman dan permen. ya begitulah kita layaknya anak kecil yang suka membawa makanan kalau pergi kemana-mana walupun akhirnya tidak di makan juga sih.

kita semua berangkat ziaroh pada malam hari, kita ngumpul di sekolahan yang tempatnya lumayan jauh dari asrama.karena kita tidak sabar inggin cepat-cepat pergi untuk ziaroh kita semua berangkat setelah maghrib dengan berjalan kaki. kita berangkat ziaroh itu jam 9 malam.

Perjalanan Menuju Wali Lima

sekitar jam sembilan kita semua berangkat menuju wali lima. kita mengawali keberangkatan kita dengan doa dan sholawat.

ketika di bus guru kita mengajak kita untuk beristighosah agar kita bisa di beri keselamatan di sepanjang perjalanan. setelah istighosah selesai kita melanjutkannya dengan karaokean, gila bukan wkwkwk.. 

dengan berkaraoke kita menjadi tidak ngantuk sampai di tempat tujuan. ada yang suka lagu sholawat dan ada juga yang suka koploan.

 Tujuan Pertama Sunan Ampel

tujuan pertama kali ini adalah Sunan Ampel yang sering di katakan dengan bapak dari para wali. karena dengan dengan tangannya banyak lahir pendakwah islam yang ada di jawa.

nama asli Sunan Ampel adalah Raden Rahmat. di juluki dengan Sunan Ampel karena beliau mempunya gelar kewaliannya dan juga tempat tinggalnya di Ampel dekat dengan Surabaya. saya senang sekali bisa berziaroh ke makam wali yang sangatlah berjasa.

setelah tahlilan selesai mkita pun langsung cap cuss menuju tempat pembelanjaan kita semua mencari oleh-oleh. biasanya kalau di sunan ampel itu identik dengan roti maryamnya.

tidak hanya itu kita sebagian juga banyak yang beli buah karena banyak banget orang yang berjualan buah-buahan seperti kurma, apel, sawo, jeruk dan harganya juga terhangkau sih.

banyak sekali orang jualan kita aja yang sudah di rencanain mau beli sorban buat oleh-oleh saking banyaknya pilihan sampek-sampek bingung dan akhirnya ngak jadi beli wkwkwk.  setelah selesai belanja kita semua melanjutkan perjalanan lagi menuju gresik.

Sunan Giri

Tujuan ke dua adalah makam Ainul Yakin Sunan Giri yang terletak di kawasan Sidomukti,Kebomas-Gresik, Jawa Timur sebelum kita sampai di makam persenayanan Sunan Giri, terlihat banya

k para pedagang kaki lima yang berjajaran.

ada juga tukang delman yang stand by, bersiap untuk mengantarkan peziarah untuk berkeliling di deket makam sunan giri.

cungkup Sunan Giri sangatlah unik terbuat dari kayu jati yang di ukir dengan cat warna gradasi coklat tua kemerahan. dan terdapat dua ukiran ular yang letaknya tepat di depan pintu masuk cungkup makam.

makam Sunan Giri ini termasuk makam yang sangat menanjak dian tara wali lima. setelah berjalan melewati banyak trap tangga kita menemukan lagi stan-stan penjual pakaian, makan khas gresika(pudak dan jajanan lainnya), souvenir, dan buku-buku literatur islam.

ohh iya Sunan Giri juga memiliki banyak julukan lho diantaranya adalah Raden Paku, Muhammad Ainul Yakin dan Joko Samudro.

setelah kunjungan kita dari Sunan Giri selesai kita menuju tempat selanjutnya.

 

Sunan Drajat

tujuan ketiga yaitu Sunan Drajat  yang letaknya di Desa Drajat, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dan menjadi salah satu tujuan wisata religi.

nama asli Sunan Drajat adalah Raden Qosim, yang mendapat gelar Raden Syarifudin. Filosofi Sunan Drajat terabadikan dalam sap tangga ke tujuh dalam tataran kompleks yang melambangkan kemiskinan dan Relif kayu yang di cungkup. memang makam Sunan Drajat terlihat sangat sederhana.

kita langsung menuju makam untuk segera untuk tahlilan dan berdoa bersama. penjualnya pun lumayan banyak kok biasnya yang banyak di beli adalah peyek udang biasnya harganya yang kecil 5000 yang besar 10.000. 

biasanya di drajat juga banyak penjual pisang susu yang rasanya itu enak sekali…

setelah semuanya sudah berbelanja kita melanjutkan lagi…

 

Makam Maulana Ishaq

selanjutnya kita menuju ke makam Maulana Ishaq yang tempatnya sangat indah kita bermalam di makam Maulana Ishaq. tempat maulana ishaq sangatlah indah di dekat pantai yang masih bersih dan ketika pagi hari melihat sunset dari tepi pantai yang sangat indah mempesona.

subehanalloh kita bisa melihat betapa indah ciptaan alloh SWT. tak lupalah kita untuk mengabadikan moment yang kayak gituan, maklumlah cewek wkwkw..

setelah kita semua mandi kita langsung mengunjungi makam Maulana Ishaq untuk tahlilan dan doa bersama. setelah selesai kita berdoa bersama kita bergegas langsung untuk sarapan pagi dan menikmati indahnya pagi hari duduk di pinggir pantai. 

kemudian kita memutuskan untuk melanjutkan wisata religi kita, di tengah perjalanan kita semua melihat pantai yang sangat luas yang membuat ingin sekali turun ke pantai tersebut.

Sunan Bonang

Sunan Bonang mempunyai nama asli Syeh Maulana Makhdum anak dari Raden Ali Rahmatulloh Sunan Ampel. setelah kita turun dari bu banyak sekali orang yang berusaha untuk mencuri/ memfoto kita dengan diam-diam. kemudian memajangnya di depan bus agar yang di foto mau unkuk membelinya. dan banyak sekali becak yang berjejeran yang telah siap untuk mengantarkan peziaroh  ke makam karena jarak antara parkiran dengan makam lumayan jauh.

kalau saya sih menghemat jadi kita sebagian ada yang naik becak dan banyak juga yang jalan kaki.

sesampai di makam kita langsung bergegas untuk tahlilan dan doa bersama. adzan dhuhur pun berkumandang kita memutuskan untuk sholat di masjid Bonang. subehanalloh masjidnya sangatlah indah, bagus, bersih, dan nyaman di pakai untuk beribadah.

setelah sholat adalah yang saya tunggu-tunggu yaitu berbelanja.saya dari rumah sudah merencanakan untuk membeli sarung di Bonang.akhirnya saya dan teman-teman saya mencari-cari sarung yang bermotif bagus.

setelah kita menemukan motif yang bagus kita menawar harga sarung yang telah kita pilih. ya namanya juga cewek ngak afdol kalau tidak menawar wkwkw …

setelah kita selesai belanja kita semua bergegas untuk cepat-cepat pergi ke bus karena takut kalau ketinggalan dan di marahi oleh Pak Guru. karena waktu masih sore dan 5 wali sudah kita datengi kita minta bonus ke Pak Guru untuk menambah satu makam lagi yaitu Asmoro Q ondi.

Asmoro Qondi

Maulana Ibrahim Samarqandi yang lebi di kenalnya dengan sebutan Asmoro Qondi. Asmoro Qondi adalah ayah dari Sunan Ampel.

setelah kita sampai di makam Asmoro Qondi kita berkumpul bersama untuk melakukan tahlilan dan doa bersama.

keluar dari makam juga tidak kalah dengan yang lainnya kita juga menjumpai banyak stan-stan yang sedang berjajaran. ada yang menjual baju, batik, sarung, boneka, nangka, asesoris dan masih banyak lagi.

memang kalau di makam Asmoro Qondi itu identik dengan bau ikan-ikanan banyak sekali orang yang berjualan ikan, trasi, petis dan panggangan.

karena tempatnya yang dekat pantai maka sebagian pekerjannya menjadi penelayan. kita pun sempet mampir ke pantainya untuk melihat pesona alam yang indah. terdapat banyak kapal dipinggir-pinggir pantai.

Hikmah Mengikuti Wisata Religi

banyak hikmah setelah kita semua mengikuti wisata religi di antaranya:

       1.mendekatkan diri kepada alloh

  1. menambah wawasan
  2. menghilangkan beban pikiran dan stress
  3. refreshing

Sekian dari pengalaman saya semoga bermanfaat…

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: